Dari Halaman Belakang


Suami lagi serius banget metikin kacang tanah yang habis dipanen dari kebun belakang. Awalnya, kacang ini dikasih temennya si Mas, namanya Teh Keisha. Dikasih banyak, Alhamdulillah banget. Iseng-iseng, sebagian kecil aku tanam, eh ternyata numbuh dan udah bisa di panen.

Kacang panen pertama, cuma dapet segini. Satu piring kecil pun gak penuh. Saya rebus, cuma kemakan sekali duduk. Hmm.. yang sedikit memang enak ya, maka makanlah secukupnya, jangan berlebih-lebihan. Disyukuri aja, biar nikmatnya tambah banyak.

Saya pernah bahas disini, kalau pare ini salah satu sayuran favorit saya. Sebenernya udah beberapa kali panen pare dari belakang rumah, tapi jarang saya postingkan. Tiap panen, saya bisa metik 2 buah pare, lumayan bisa dua kali makan. Paling sering saya masak sama saus tiram. Campurannya kadang tempe, udang, kerang. Kalau lagi gak punya apa-apa, ya kosongan aja. Cukup pare, udah terasa nikmatnya. Saya makan itu pare sendiri aja, la wong suami gak doyan pare. Heu, padahal enak, bisa ngurangin diabetes loh Mas. Saking gak sukanya, si pare mau di cabut sama dia. Waduh, saya langsung mencak-mencak kalau dia beneran nyabut tuh tanaman merambat.

Ini foto udah *agak* lama sebenernya, sekitar 3 minggu lalu, diambil pas pulang dari mudik lebaran 2012.  Isinya tanaman cabai yang saya tanam di kemasan bekas susu cair. Cabainya keliatan sedikit menyedihkan soalnya 10 hari gak kesiram akibat kami mudik. Hujan pun tak turun, jadi si cabai terpaksa puasa. Ohya, sampai tulisan ini mengudara, udah ada 10 pot cabai di kemasan tetra pack ini. Saya dan si Mas suka minum susu cair, daripada tempatnya dibuang, mending saya manfaatkan buat urban gardening aja.

Sebenernya, si Mas juga pernah nyaranin ke saya buat minum susu hamil yang dijual di supermarket-supermarket itu. Iklannya di tivi juga rame. Ho, saya langsung mentah-mentah menolak konsumsi susu hamil itu, udah harganya mahal, repot lagi bikinnya. Kalau susu cair kan tinggal syoor langsung glek. Cepet dan praktis. Bicara soal kualitas gizi, wow..jangan tanya. Susu hamil (yang rata-rata berbentuk bubuk) itu punya kualitas yang masih di bawah susu UHT.

Nah kalo ini, saya lagi mau tanam singkong. Tempatnya masih di belakang rumah juga. Sebenernya lahan belakang rumah saya gak luas kok, cuma saya jejel-jejelin aja biar muat. Tanahnya cuma seukuran 18m2, saya bagi dua. 9 m2 buat tanaman hias sisanya buat sayur-sayuran. Paket combo two in one. Hehe.

Pas pulang mudik kemarin, Bapak saya pas lagi panen singkong. Saya dibekalin satu kardus singkong mentah buat di bawa ke Bandung. Alamaaakkk.. jauh-jauh dari Purworejo di bawain singkong, mana berat pula. Wohooo, tapi saya punya arjuna yang siap bawa tuh singkong mentah sampai rumah.

Daripada cuma singkong mentah yang sekali makan abis, saya inisiatif minta dibawain batang singkongnya sekalian ke Bapak. Mau saya tanam di belakang rumah Pak. Siap-siap nyediain sayuran hijau buat ngASI nanti. Kan kalau udah agak gedhe, daunnya bisa disayur. Jadi sumber vitamin yang bagus dan murah. Daripada beli… *emak-emak pelit*

Ini foto batang singkongnya udah di tanam. Semoga lekas bersemi, bisa panen deh. Ohya, bisa panen dan makan dari kebun sendiri itu rasanya luar biasa lohh.. Puas. Kalau ada orang yang meneliti Indeks Kepuasan saya, maka skornya 95% dan bisa masuk kategori sangat puas. *nggookkk.. sindrom tesis*

Saya juga dibekalin pandan wangi sama si Bapak. Sebenernya kalo pandan ini bukan di bekelin sih. Saya yang minta ke Bapak buat dicariin ke tetangga di Purworejo. Berhubung di Bandung saya gak tau mau minta sama siapa, ya udah pas pulang mudik kemarin saya minta tolong sama Bapak buat mintain ke tetangga. Hehe. Makasih ya Pak udah mau bantuin anakmu yang sukanya ngrepotin ini :*

Daun katuk dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Mumpung kehamilan saya sekarang masih 20w, saya udah siap-siap nyari stimulator ASI buat si Baby A kalau nanti dia udah lahir. Masih 4 bulan lagi sih, tapi saya rasa ini waktu yang tepat buat mulai nanam katuk. Jadi nanti pas si Baby A udah lahir, si katuk udah bisa langsung di masak. Segerr.. Si katuk-katuk ini juga bawaan dari Purworejo, hasil si Bapak nyariin ke tetangga 🙂

21 thoughts on “Dari Halaman Belakang

  1. mitaaaaaaaaaa, baru nge-BW lg neh. wah halamannya udah penuh sm tanaman ya? kami baru gali sumur neh. klo ngebangun baru mulai akhir tahun depan setelah adik nikah coz lahan mau dipinjam dl

    Like

      1. weeee sama donk, ini kt k yiyi mengencangkan ikat pinggang buar bayar rumah, emang harus dr sekarang mit mumpung anak masih kecil n kedepannya yg dipikirin bukan rumah lagi tapi biaya pendidikan anak *jiyaahhh curhat

        Like

      2. setuju kak, kata suami juga gitu… untung dulu ngambil rumah pas blm punya anak.. klo tahun depan mungkin ceritanya udah beda.. di perumahan sini, harga rumah naik Rp 10 juta/bulan kak.. ngeri -_-

        Like

      3. parah banget ya naiknya, iya kudu nabung banyak jg mit, ini makanya jalan terseok-seok buat membangun rumah hehe, berakit2 dahulu yaa biar seneng kemudian. semangat!!!!

        Like

  2. teh, minta penjelasan dunk ttg susu uht yg lbh baik dr susu bubuk bahkan susu hamil sekalipun. Kok bs gt y. Sy minum susu uht jg. Pas hamil skr beralih ke an…m tp malah muntah. . .

    Like

  3. mbak, mo tanya… nanam singkong yg dari batangnya tuh gmn ya? apakah tinggal potong batangnya (bagian mananya?!) trus langsung coblosin ke tanah? trus brp lama ya baru berbuah? aduh…maap nih mba bnyak nanya nya….hehehe nuhun yah

    Like

  4. Mbak.. share donk.. cara nyemai tanamannya pake karton bekas UHT .. terus tanah nya campur pupuk ga? apa tanah aja? ..
    saya punya bibit cabai sama tomat..baru mau coba tanem.. dirumah lihat bnyk karton bekas UHT kok menjanjikan (*hemat) dari pada beli polybag ya.. 😀 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s