GO my business ON .. via Internet


Tau kan kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia selain Cina, India, dan Amerika. Tapi kamu tau gak kalau di Indonesia, diperkirakan ada 405 bayi lahir setiap jamnya loh (Harian Analisa, 2012). Dalam sehari berarti ada 9.720 bayi lahir ke dunia. Ini berarti ada 9.720 pasang orang-tua yang membutuhkan nama bayi untuk diberikan kepada anaknya.

Wow, ini peluang bagi saya untuk membuat jasa pembuatan nama bayi. Jika setiap hari ada 10% saja (97 orang) dari orang tua yang menghubungi saya untuk dibuatkan nama bayi, pasti usaha di bidang pembuatan nama bayi ini bisa lebih berkembang.

Membuat nama bayi

Berawal dari peluang tersebut, tahun 2010 saya membuat sebuah usaha jasa di bidang pembuatan nama bayi. Awalnya baru ada satu-dua orang saja yang memesan nama bayi. Itupun karena mereka saudara, teman kantor, atau temannya teman yang rata-rata mendengar info usaha saya dari mulut ke mulut. Masih sepi pelanggan. Wah bisa-bisa tidak maju nih usahanya kalau begini terus caranya, bisa-bisa gak ada pendapatan nih ūüė¶ Sementara saya membutuhkan pemasukan untuk membantu suami mencari nafkah.

Aduuh, gimana ya caranya biar naikin omset bisnis? Saya ingin bisnis ini bertambah besar dan saya mau bekerja dari rumah sehingga tidak banyak meninggalkan keluarga. Saya juga mau berbisnis yang unik, kreatif dan berdasar pada kemampuan knowledge.

GO ONLINE!

Mau gak mau, saya harus main digital strategy biar keuntungan maksimal dengan biaya minimal.  Saya harus berstrategi biar bisnis yang baru dimulai ini bisa makin joss dan eksis. Berarti saya harus tau internet donk, lah percuma kalau bisa pakai laptop dan punya HP canggih tapi gak bisa internet. Melek, buka mata, buka jendela dunia. Saya gunakan seluruh perangkat yang bisa mengoptimalkan pendigitalan bisnis ini dari mulai penggunaan laptop, smartphone, langganan internet bulanan, pasang wi-fi di rumah, sampai memanfaatkan wi-fi gratisan ketika saya harus keluar rumah.

Memulai bisnis dengan berbasis internet itu modalnya GO ON. Kita harus GO biar bisnis ON, kita perlu ACTION biar bisnis makin UP. Coba kita lihat teori GO ON ini.

Armita Nama Bayi

  1. PEMASARAN

Kalau kita mau maju, berarti kita harus usaha keras. Gencar promosi biar produk atau jasa kita dikenal luas. Ada beberapa strategi yang saya gunakan untuk melancarkan proses promosi ini.

  • Jejaring sosial

Punya Facebook, Twitter, Instagram, Kaskus, E-mail jaman sekarang itu wajib. Selain gratis kita juga bisa narsis. Sambil nampang, pelanggan bisa datang. Sering-sering bercerita mengenai bisnis yang sedang kita jalani di jejaring sosial terbukti mampu mengenalkan bisnis kita ke teman yang ada di jaringan kita. Dalam kasus saya, banyak teman dalam jaringan saya yang kemudian merekomendasikan saya kepada saudara atau kerabatnya yang membutuhkan bantuan pembuatan nama bayi. Ohya, sebaiknya apa yang di posting-kan dalam jejaring sosial bervariasi untuk menghindari kebosanan.

  • Website

Saat saya belum mampu untuk beli website yang berbayar, saya memanfaatkan layanan blog gratisan dari blogspot yang murah meriah. Setahun saya melakukan penetrasi pasar dan mengenalkan tentang bisnis pembuatan nama bayi ini. Tepat setahun setelah menemukan pasar, kemudian saya mulai mengeluarkan uang untuk membeli domain dan mengaktifkan promosi. Kan keren tuh kalau sudah punya website yang belakangnya .com. Harga untuk membuat sebuah website memang bervariasi dari yang murah sampai perlu menyewa konsultan untuk pembuatannya. Mau untung lebih yang umpannya jangan tanggung-tanggung.

Namun, jika bisa, sesedikit mungkin mengeluarkan uang untuk pembuatan website karena kita bisa memanfaatkan pembuat website online, teman, ataupun keluarga yang bisa di nego untuk membuatkan website. Ohya, buku-buku cara pembuatan website juga sudah banyak dijual loh. Kita bisa membelinya di toko buku.

Sudah punya website, yang paling penting adalah terus menjaganya supaya up to date. Saya sendiri berusaha mengposting tulisan paling tidak seminggu sekali supaya terus ada yang baru di web saya.

  • Iklan

Banyak kok website di internet yang menyediakan layanan iklan gratis. Kita bisa nampang di kaskus, toko bagus, berniaga dll. Bahkan kalau di youtube bisa sekalian majang videonya. Saya sendiri memasang beberapa iklan gratis di media tersebut bahkan saya juga rela mengeluarkan uang untuk biaya iklan.

2. PEMBAYARAN

Hampir seluruh pelanggan saya tidak pernah bertatap muka langsung dengan saya. Kami berkomunikasi melalui e-mail, facebook, twitter, WhatsApp dan SMS. Masalah pembayaran pun sudah tidak ada yang membayar lewat uang tunai. Sebisa mungkin mudahkanlah konsumen untuk melakukan transaksi bisnis dengan kita karena ada kemungkinan pelanggan akan kabur jika proses pembayarannya terlalu sulit. Setelah itu, secepat mungkin layani order para pelanggan. Pada kasus saya, pembayaran bisa dilakukan dengan:

  • Internet Banking

Adanya layanan internet banking yang banyak disediakan oleh bank memudahkan para nasabah untuk bertransaksi tanpa perlu datang langsung ke bank. Internet banking hanya membutuhkan layanan internet dan komputer. Layanan ini sangat membantu saya dan konsumen ketika akan bertransaksi. Kita bisa melakukan transaksi dari rumah maupun kantor dalam waktu lima menit saja.

Supaya bisnis lebih maju, saya sudah beberapa tahun terakhir ini menggunakan jasa internet banking dari sejumlah bank. Saya tidak hanya punya satu akun internet banking saja. Beragamnya konsumen membuat saya harus memiliki beberapa akun bank juga sehingga memudahkan pembayaran. Sebaiknya punya akun yang bekerja sama dengan ATM Bersama dan ATM Prima. Ini untuk mengurangi biaya.

  • Mobile/SMS Banking

Mobile dan SMS banking membutuhkan ponsel untuk mengaktifasikannya. Bagi konsumen yang tidak memiliki komputer atau laptop dapat menggunakan layanan jenis ini. Kelebihannya, mobile dan SMS banking ini dapat dilakukan di daerah terpencil dengan menggunakan HP saja yang penting ada sinyal. Nasabah dapat mengakses rekening bank, transfer, uang ataupun melakukan pembayaran tapi tidak bisa menarik uang seperti mesin ATM.

Layanan ini pun sangat membantu saya terutama ketika ada transaksi dari pelanggan. Saya dapat kapan saja dan dimana saja memeriksa apakah transfer uang jasa dari pelanggan sudah sampai atau belum.

  • Transfer via ATM maupun teller

Ada beberapa pelanggan yang juga masih memanfaatkan layanan transfer via ATM maupun datang langsung ke teller di bank. Ini biasanya dilakukan oleh para pelanggan yang tidak memiliki internet banking, mobile banking, maupun SMS banking.

Semua langkah dalam Teori GO ON bisa dilakukan kalau ada jaringan internet. Tidak ada internet, matilah bisnis ini. Taukah kamu, jika ada salah satu provider internet yang saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia, dialah AXIS. Jika selama ini kamu bermasalah dengan layanan internet dari provider lain, kamu bisa mencoba layanan internet dari AXIS. Kenapa? Karena harganya terjangkau, layanannya stabil, nyaman, murah dan cepat was wes wos loh. Apalagi adanya Program Internet Untuk Rakyat dari AXIS  makin menguatkan posisi AXIS sebagai provider internet yang murah dan paling bersahabat dengan rakyat. Internet dari AXIS tidak terlalu mahal tapi akan banyak mengajarkanmu banyak hal.

Sebagai seorang pemula di dunia bisnis via internet, saya tidak boleh terlalu cepat menyerah. Saya membiarkannya dunia internet mengambil perannya. Dan memang, pada awalnya tidak terlalu banyak pendapatan yang saya terima. Tapi saya harus terus maju karena saya percaya bahwa BIG SUCCESS comes from BABY STEPS. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana saya mendapat uang tambahan untuk keluarga jika tidak ada internet karena hampir seluruh proses bisnis saya dilakukan via internet.

Dimana pun dan kapanpun saya perlu tetap mengendalikan bisnis ini hanya dengan mengkoneksikan internet. Dan taukah kamu? Berkat internet, bisnis saya sekarang sudah lebih melejit dan dikenal, bahkan sempat beberapa kali dimuat di tabloid, salah satunya NOVA. Untunglah dunia semakin digital dan saya melek internet. Tak ada internet, tak ada pendapatan.  Saya bisa bekerja dari rumah, mengatur sendiri jam kerja saya, masih bisa melayani keluarga, menikmati uang dari bisnis sendiri, tidak pernah bergelut dengan macet dan tidak pusing memikirkan hari ini pakai baju kerja yang mana.

***

Artikel ini diikutsertakan pada lomba blog “Melek digital untuk startup business blog competition” yang di adakan oleh¬†Dunia Axis

Sumber:

Harian Analisa, 2012. Setiap Jam, 405 Bayi Lahir di Indonesia. http://www.analisadaily.com/news/read/2011/05/18/1331/setiap_jam_405_bayi_lahir_di_indonesia/#.UKHFr4d1-jU. Di unduh 13 November 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s