Periksa Dalam di Kehamilan 37w

hamil minggu 37

Sabtu, 05 Januari 2013 (37w4d)

10.00 – Periksa pertama kali di bidan deket rumah.

  • Tensi normal 120/90 mmHg
  • Berat badan 60 kg
  • Berat badan janin maksimal 3000 gram (diukur dari tinggi fundus, tapi aku lupa berapa tinggi fundusku)
  • Pertama kali di VT/periksa dalam, wow.. rasanya makknyozz.. apalagi pas liat darah di sarung tangannya bidan
  • Panggul lebar, Alhamdulillah, tangan bidan tidak sampai di panggul bagian belakang,Β yeee.. yang artinya aku bisa lahiran normal nih.
  • Udah pembukaan 2 (bikin panik nih, tau-tau udah pembukaan 2)
  • Masuk kala 1, fase laten
  • Kalau dalam 5 hari tidak ada lahiran, tgl 10 Januari diminta periksa lagi ke bidan

12.00 – Masih bisa jalan-jalan ke Toserba Borma buat belanja mingguan sambil nahan nyeri di daerah intim & selangkangan. Ternyata rasanya joss gandoss ya kalau udah selesai VT. Perut kenceng, badan lemes. Dorong trolu belanja gak kuat, nenteng tas gak kuat juga. Suami ajalah yang gotong-gotong troli + tas.. πŸ˜€

13.00 – Pulang dari Toserba Borma, mampir dulu ke rumah teman buat silaturahmi karena hari minggunya mau hajatan sunatan anak laki-lakinya

15.00 – Sampai dirumah pas liat celana kok ada bercak darah warna coklat *sekian lama (9 bulan) gak liat bercak darah, eh aku langsung panik donk.. apalagi suami. Pantesan kok bau amis, walah ternyata ada lendir darah warna coklat ngalir dari lubang kewanitaan. Telpon bidannya gak di angkat, ya wes.. SMS aja. Kata Bidannya bisa balik lagi ke klinik buat di VT lagi, kemungkinan ada penambahan bukaan. Walah, saya ya mending nunggu di rumah sambil nunggu kontraksi teratur daripada disuruh VT lagi.. hihihi. Sambil nenangin diri, siap-siapin baju dan peralatan tempur yang mau dibawa ke klinik siapa tau lahirannya besok pagi.

18.00 – Biar rileks dan hormon cinta meningkat, jalan-jalan ke Jatos (Jatinangor Town Square), masih sambil nahan-nahan selangkangan yang perih, pegel, panas. Si bayi lagi nyari jalan lahir kayaknya

22.00 – Pulang ke rumah, berdoa, relaksasi, dan tidur. Mungkin besok pagi udah lahiran πŸ™‚

Subuh-subuh di cek, keluar lendir darah warna coklat lagi.. *uhm, apa ini tanda-tandanya ya?

Minggu, 06 Januari 2013 (37w5d)

Periksa lagi ke dokter langganan di RS Hermina Arcamanik, buat nyari second opinion.Β Sudah datang lumayan pagi, eh ternyata ngantri nya luar biasa panjang. Datang jam 09.45, baru masuk jam 13.30. Gak papalah demi si bayi, ngantri selama itu di jabanin juga (baru pertama nih ngantri segini lamanya di Hermina). *ternyata ngantri lama itu bikin kantong kempes, soalnya jajan mulu sihh… hihi

  • Tensi normal 110/80 mmHg (sedikit turun dari periksa kemarin, mungkin karena rada panik dan malamnya tidur larut. Jam 23.30 baru tidur jam 03.00 sudah bangun lagi)
  • Berat badan 60,3 kg (dalam sehari naik 300 gram)
  • Berat badan janin kira-kira 2800 gram (diukur dari hasil USG)
  • Kedua kali di VT/periksa dalam, rasanya lebih enak dari yang kemarin, soalnya udah punya pengalaman VT hari sebelumnya. Selain itu, si dokter jg gak terlalu intervensi dengan pemeriksaan dalam (tidak ada rangsangan untuk membuka jalan lahir). Dokter cuma memeriksa apa bayi sudah masuk panggul atau belum. Alhamdulillah sudah masuk dan kepala bayi sudah ter’kunci’ di leher rahim, jadi kemungkinan untuk geser-geser udah kecil *pantesan selangkangan sering nyeri & linu. Nah, menurut keterangan dari sang dokter, keluarnya flek darah warna coklat itu akibat rangsangan pembukaan jalan lahir yang dilakukan oleh bidan sehari sebelumnya. Tapi gak papa, udah 37w, bayi sudah aman dan sehat jika lahir sekarang πŸ™‚
  • Belum ada pembukaan (weeehh ini yang beda dg diagnosa dari bidan). Ambil positifnya aja. Selama kontraksi belum teratur, aku masih bisa santai leha-leha di rumah. Baru kalo kontraksi teratur, langsung meluncur deh ke tempat lahiran.
  • Indeks ketuban = 9, artinya cairan ketuban masih bagus dan cukup untuk menyokong kehidupan janinku (indeks ketuban harus lebih besar dari 5)
  • Kalau dalam seminggu tidak ada lahiran, minggu depan sudah mulai periksa rutin seminggu sekali ke dr. Rina Eka

Senin, 07 Januari 2013 (37w6d)

Flek coklat masih keluar dikit-dikit sampai tulisan ini di posting, tapi belum ada kontraksi teratur. Well, itu mungkin penipisan jalan lahir ditandai dengan keluarnya darah seperti saat haid.

Sabtu udah pembukaan 2, minggu diperiksa ternyata belum ada pembukaan. Apa bayinya masuk lagi ya??

Comments

  1. utie89 says:

    duh mba, aq udah deg deg an duluan πŸ˜•

    1. hehee…. πŸ™‚ tenang-tenang, nanti dikasih update-annya lagi yah πŸ™‚

  2. rodamemn says:

    wah..senangnya…semoga ibu n anak selamat aaaamiiiin, btw uda usg ya? ce co?
    ikutin ini nih sapatau dapat stok popok huggies new born lumayankn…

    1. udah lahir kak.. cowok πŸ™‚
      oke..mluncur… thx infonya yah…

      1. rodamemn says:

        alhamdulillah sapa namanya???

        1. kenalin kak.. namanya Akmal Albyaksa Hasan πŸ™‚

          1. rodamemn says:

            wah keren namanya…. artinya apa say??

          2. kurang lebih artinya anak yg jiwa & raganya baik πŸ™‚

          3. rodamemn says:

            waw…keren2…aaaamiiiin…

          4. rodamemn says:

            ty penasaran juga…lgsg ke tekape

  3. ika johan says:

    Mbak..kasusmu skrg persis bgt ky aku. Kmrn sore pas kontrol rutin di VT juga..masya allah..sakiiiiittt banget. Krn ga tahan aku rada teriak..trs kt susternya jamgan bersuara bu..nah lhoo..secara si suster masih muda..blm pernah kayaknya πŸ˜€
    Dan setelah vt smp skrg nulis nih..masih keluar bercak walo ga banyak.

    Trs akhirnya kamu lahiran di week brp mbak?
    Tks sharingnya yah

    1. Halo Mba Ika,
      salam kenal ya..
      iya emang VT sakit banget kalau kitanya gak rilex.. kuncinya sih kita rilex jadi otot2nya terbuka pas di VT hehehee

      akhirnya aku lahiran pas umur kehamilanku 39w2d, maju 5 hari dari prediksi

  4. rafika says:

    sama nih dari senin (22/12/14) kontraksi gx teratur sorenya keluar lendir, besoknya hari selasa jg gt msh kontraksi n sorenya keluar lendir jd sya putusin untuk k bidan.pas di VT sma bidan ktnya udah pembukaan 2 jd malamnya suami ngajak k dokter untuk nyari secon opinion, kta dokter cma kontraksi palsu n blm pembukaan, ketuban masih cukup n masih jernih tp kepala dedeknya uda masuk panggul kemungkinan maju dari perkiraan bsa jd kta dokter gx nyanpe tahun baru. kemaren rabu msh kontraksi, hari ini jg agak konttraksi tp msh terasa nyeri ringan n pagi keluar lendir agak ngeflek banyak banget, suami agak worry ni ngajak k klinik tp nanti aja lah alnya kontarksinya lum kuat n gx teratur. liat nanti sore lagi dech, mudah2an lancar….

    1. Mudah mudahan diberikan kelancaran ya Mom.. kuncinya tetap tenang ya. Biasanya kalau ke Bidan tp kontraksi belum teratur disuruh pulang dulu.

  5. rafika says:

    makasi ya mom, tp sampai skrng dedenya lum lahir, mungkin masuk lg x hehehe….

    1. Iya mom, dedenya masih betah di dalam πŸ˜‰

  6. […] laten. Pembukaan 2 ini saya alami selama 2 minggu. Selengkapnya pernah saya ceritakan di tulisan Periksa Dalam di Kehamilan 37w. Masalah justru saya hadapi ketika proses persalinan yaitu adanya pendarahan yang disebabkan oleh […]

  7. wakia says:

    kalo kpala bayi uda masuk ke pinggul emg bisa kepala.ny keluar lagi..
    trims atas jawb.ny

    1. Kalau kasus saya, janin saya sudah masuk panggul, terkunci dan alhamdulillah tidak keluar lagi. Tapi untuk jawaban yang benar, Ibu bisa menanyakan ke tenaga kesehatan (bidan/dokter) langganan Ibu ya.

  8. ame a says:

    hallo mba, mau berbagi pengalaman juga nih tentang pemeriksaan dlm, usia kehamilan saya 38 minggu lebih , kemarin di VT oleh dr saat USG,karena kepala bayi belum masuk rongga panggul, baru pertama VT jadi kaget juga, katanya memang belum masuk panggul karena panggul saya agak sempit dan belim ada pembukaan. Pulangnya saya kaget, karena ada lendir coklat di celana saya,sebelumnya tidak pernah ada. saya pikir apakah karena VT itu ya? sampai sekarang pun masih keluar walau tidak banyak, seperti keputihan. berdasarkan pengalaman mba, apakah berbahayaΒΏ dan bisa merangsang pembukaan? terus terang saya worry bgt. thanks atas sharingnya….

    1. Iya, memang setelah VT pertama biasanya suka keluar darah Bu… Kayaknya sih bisa merangsang pembukaan tapi untuk lebih jelasnya bisa tanya ke bidan/dokter langganan Ibu ya..

  9. […] Baca: Periksa VT di Kehamilan 37 Minggu […]

  10. Fitri says:

    Sama sista, aq juga gitu
    Wktu di periksa dalam rasanya maknyos banget trus pulang kerumah eh langsung ada lendir darah keluar … Aq tanya bidan katax gapapa

    Tapi udah 3 hari keluar darah terus jadinya takut banyak goyang

    1. Sekarang udah lahir belum sis babynya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *