MPASI Perdana Raden Akmal


19 Januari 2013 – 19 Juli 2013.

Akmal sekarang sudah mulai memakan asupan nutrisi selain ASI. Yap, tepat hari ini Akmal berumur 6 bulan. Meskipun banyak halang rintang selama 6 bulan pertama masa menyusui, tibalah saatnya sekarang Akmal mencicipi makanan tambahan.

Kalau diinget-inget, pas ASIX kemarin hampir mulus perjalanan Akmal minum ASI. Tapi, ada dua rintangan besar:

  1. Pas umur 5.5 bulan, Akmal udah disuapin pisang 1 sendok sama Mbah Utinya. Gegara Akmal saya tinggal kelamaan sama Mbahnya karena urusan perut. Saya dan suami makan sebentar di luar. Sebelum berangkat, saya sudah susui Akmal. Nah menurut Mbah Utinya, Akmal rewel nangis terus, sama Mbahnya di kasih pisang. Diem deh. Gak cuma Akmal yang diem, saya juga diem (plus sedikit ‘ngomel’) begitu tau Akmal disuapin. Takut aja kalau Akmal sembelit. Gimana lagi, pisang udah masuk perut, masa mau disuruh muntahin. Huhuhuhu.. Untungnya Akmal gak sembelit pas udah di kasih pisang ini.
  2. 3 hari yang lalu, ketika tiba-tiba tetangga saya pagi-pagi ngasih Akmal biskuit TAN*O. Katanya Akmal mulutnya kecap-kecap liat makanan dan dikasihlah itu biskuit (dewasa) ke Akmal katanya habis setengah. Saya kemana? kebetulan nih Akmal lagi di gendong-gendong sama ‘dia’ diluar rumah dan saya balik dulu bentar ke dalam rumah untuk manasin air buat mandiin Akmal. Eh.. pas saya balik lagi ternyata Akmal udah di kasih Tan*o itu.. Hiks. rrr…rasanya pengen meledak. Inget lagi puasa, saya gak jadi numpahin kekesalan saya. Langsung saya ajak Akmal pulang dan mandiin dia dengan diselingin beberapa tetes air mata. Malamnya, Akmal nangis kejer 30 menit dan batuk-batuk. Entah itu karena faktor si biskuit itu atau yang lain, yang jelas malamnya Akmal jadi gelisah dan gak tenang tidurnya.

Well, itulah.. Ngasuh anak gak bisa sendirian (dalam arti yang benar-benar sendiri). Masih ada campur tangan pihak lain yang kadang merisaukan seperti itu. Tapi jangan sampai gara-gara hal yang tidak mengenakkan ini, hubungan kita ke orang tua dan tetangga jadi buruk. Jadikan pelajaran dan berikan mereka pengertian bahwa anak kita tidak makan sembarang makan. Ini anak premium, makannya pun istimewa…

Kembali ke MPASI.

Hari pertama, saya memberikan jus melon dan sejari melon. Pagi-pagi setelah bangun tidur, saya beri dia sejari melon yang kemudian sukses masuk ke mulut Akmal beberapa kali. Di hisap-hisap dengan mimik muka yang aneh dan di becek-becek beberapa kali. Dua jam kemudian, saya coba teruskan dengan memberinya jus melon dengan cara disuapi, lumayan banyak yang bisa masuk ke mulutnya. Tidak dimakan semua, tapi Akmal sudah mampu menghabiskan setengahnya. Berhenti makan karena dia nangis-nangis ngantuk pengen tidur.

Akmal disuapin sama Bune
Akmal disuapin sama Bune
Coba disuapin ayah sebelum berangkat kerja
Coba disuapin ayah sebelum berangkat kerja
Coba makan sambil duduk sendiri sandaran di  Blossom Chairnya dia
Makan sambil duduk sendiri sandaran di Blossom Chairnya dia

Akmal masih makan sambil di pegangin badannya tapi tidak sambil di gendong dan jalan-jalan kemana-mana karena Akmal belum kuat untuk duduk sendiri. Sudah bisa duduk tegak, tapi masih 1 menitan doang. Setelah itu duyung-duyung.. dan.. bruk.. ambruk deh. Namanya juga belajar. Normal ya kalau salah-salah dan masih jatuh bangun. Begitu juga proses makan yang saya yakini juga sebagai salah satu proses belajar.

4 thoughts on “MPASI Perdana Raden Akmal

  1. Asyik Akmal sudah makan MPASI 🙂 Memang kesel banget ya mba, kita mah sudah berjuang memberikan ASI eksklusif, eh.. gak taunya ada yg memberikan makanan sebelum waktunya, tapi… tetap semangat ya… 🙂

    Like

  2. 3 minggu lg arsya mulai mpasi sebaiknya buah apa aja yg boleh di berikan??
    Sebenernya sy agak khawatir soalnya dulu kakaknya pas pertama bgt d mulai pd usia 5,5bln,kasih pisang hbis 2 sndok mkn kmudian d ksih bubur instant ce*elac,mi*na dkk pas usia 8 bln q coba bikin sendiri bubur dr beras+syur,nasi+sayur yg d blendr tp cuma 2 suap d coba beberapa hari ga da perubahan trus balik lg k bubur instan jd lama makannya krna msh tnggal breng ortu jd mau d ksih buah2an macem2 nanti aja msih bayi ini,paling cuma pisang aja,menjelang usia 1thn baru mau makan bubur dri beras.smpai skarang susah makan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s