Bye Bye Diapers


“Akmal, sekarang kita mau ke luar, Ayah dan Ibu ada perlu. Akmal boleh ikut tapi kalau mau pipis atau *ek bilang ya nanti”

Kalimat tersebut selalu saya ulang-ulang jika kami hendak keluar rumah. Saya memang selalu berusaha membiasakan Akmal (sekarang 22 bulan) untuk tidak mengenakan popok/diapers jika diluar rumah. Kalau di rumah saja, memang sudah tidak pakai diapers lagi sejak umurnya 10 bulan. Alhamdulillah sekarang sudah bisa menikmati bepergian tanpa harus khawatir dia mau buang hajat di tengah jalan. Kemudahan ini bisa mulai saya rasakan ketika Akmal berusia 1.5 tahun saat ia mulai bisa di ajak komunikasi dua arah.

Bisa pergi-pergi dengan membawa anak yang sudah bebas dari diapers itu sesuatu sekali. Salah satu kebahagiaan Ibu muda yang gak perlu lagi mengalokasikan pos dana belanja untuk beli diapers. Yeay! Uangnya bisa dipakai untuk yang lain. Tapi kadang saya ya masih was-was jika keluar rumah lebih dari 4 jam. Anak ini nanti bakalan ngompol gak ya, *ek gak ya.

Empat bulan lalu, saya mudik ke Purworejo, Jawa Tengah. Perjalanan dengan kereta api memerlukan waktu kurang lebih 8 jam dari Bandung. “Udah pakaiin aja lagi diapers-nya daripada kamu nanti repot, apalagi nanti cuma berdua sama Akmal” Kata Suami. Iya, akhirnya saya bekali Akmal dengan diapers, satu dipakai dan satu lagi untuk cadangan. Kebetulan saya harus pergi sendiri (berdua dengan Akmal) karena suami harus dinas ke luar kota.

Akmal Main-Main dalam Kereta
Akmal Main-Main dalam Kereta

Sebelum dan selama perjalanan saya terus sounding ke Akmal kalau mau pipis bilang ke Ibu. Tiap jam saya tanyain apa dia mau pipis atau gak. Eh beneran, tiap kali dia mau pipis, dia bilang. Saya langsung bawa dia ke toilet yang ada di dalam kereta dan currrr… lega. Hehehe.

Sampai di rumah orang tua, saya cek diapers Akmal. Kering pemirsa. Berhasil gak ngompol selama 8 jam perjalanan. Good job, Akmal! Perjalanan kembali ke Bandung lagi juga Alhamdulillah dibahagiakan tanpa adanya setetes pipis pun di diapers Akmal.

Mulai Toilet Training

Bebasnya Akmal dari diapers tidak terjadi semata-mata dalam waktu sesingkat-singkatnya. Proses toilet training (TT) Akmal dimulai ketika ia masih 10 bulan karena keteledoran saya. Iya, keteledoran saya. Saya teledor karena tidak disiplin memeriksa diaper Akmal. Saya tidak melihat bahwa ternyata dia *ek di diapernya, sampai akhirnya beberapa jam kemudian ketika saya berniat menganti diapernya, saya menemukan cairan kuning kental itu sudah berubah warna menjadi agak kehijauan, yang berarti bahwa pasti si Akmal sudah pup beberapa jam yang lalu. Bad me!

Parahnya, beberapa bagian kulit Akmal terkelupas, memerah, dan iritasi. Saya langsung sedih melihatnya dan menyesali keteledoran saya ini. Sejak saat itu, saya bertekad bahwa saya harus lebih care dengan Akmal dan berniat membebaskan Akmal dari diaper.

Seminggu pertama TT, saya sering ajak Akmal bolak-balik ke kamar mandi, paling tidak sejam sekali untuk pipis. Kadang berhasil kadang tidak. Masih sering gagalnya. Di dalam kamar mandi, dia tidak mau pipis, begitu di ajak keluar, eh malah pipis di luar kamar mandi. Saya biarin aja dia ngompol di luar, paling saya tinggal ngepel dan keringkan. Kadang juga masih ngompol di kasur.

TT ini sangat menguras fisik dan mental saya. Berkali-kali ada adegan pipis-ganti celana-cebok-ngelap-ngepel-ngelap lagi dalam sehari atau sekedar nongkrong di kamar mandi nungguin anak sampai pipis. Capek! Kalau lagi gak ada kerjaan sih enak, TT bisa dilakukan sambil santai dan bercanda dengan Akmal. Lah kalau lagi banyak deadline dan semuanya minta didahulukan gimana? Halah biyung, cenut-cenut…

Akmal (10m) tidur nyenyak tanpa diaper
Akmal (10m) tidur nyenyak tanpa diaper

Untunglah, drama TT sekarang sudah mulai menunjukkan episode terakhirnya. Saya mulai panen keberhasilan Akmal membebaskan dirinya dari dekapan diapers. Prestasi buat Akmal (dan kami tentunya). Haha. Bye bye diapers!

18 thoughts on “Bye Bye Diapers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s