Melejitkan Bisnis dengan Internet nan Legit

Hampir 10.ooo bayi lahir tiap hari

Bayi yang baru lahir
Bayi yang baru lahir

Kehadiran seorang bayi didalam sebuah keluarga adalah sebuah anugerah yang tak terkira. Kedatangannya pasti ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Diperkirakan ada 9.720 bayi lahir ke dunia setiap harinya (Harian Analisa, 2012). Wow, hampir 10rb bayi lahir per hari. Di satu sisi, ini merupakan ancaman ledakan penduduk di dunia dan bagi negara Indonesia tapi disisi lain hal ini berarti ada 9.720 pasang orang-tua yang membutuhkan nama bayi untuk diberikan kepada anaknya sebagai hadiah pertama nan istimewa.

Memberikan nama untuk bayi adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Tidak jarang para orang tua dibuat bingung dan bimbang dalam menentukan siapa nama bayinya. Sebuah potensi besar ada dihadapan bahwasanya hal ini bisa membawa pada sebuah bisnis dimana saya dapat membantu para orang tua tersebut dalam membuatkan nama untuk bayinya. Katakanlah, jika setiap hari ada 1% saja (97 orang) dari orang tua yang menghubungi saya untuk dibuatkan nama bayi, pasti usaha di bidang pembuatan nama bayi ini bisa lebih berkembang.

Bisnis yang tertatih-tatih

Berawal dari peluang tersebut, tahun 2010 saya memulai sebuah usaha jasa di bidang pembuatan nama bayi. Bayangan saya, bisnis ini dapat dengan mudah dijalankan. Tapi ternyata tidak seindah yang saya bayangkan. Awalnya baru ada satu-dua orang saja yang memesan nama bayi. Itupun karena mereka saudara, teman kantor, atau temannya teman yang rata-rata mendengar info usaha saya dari mulut ke mulut. Pendapatan masih ala kadarnya. Pemasaran masih manual dan sepi pelanggan. Wah bisa-bisa tidak maju nih usahanya kalau begini terus caranya dan tidak ada pendapatan. Sementara saya membutuhkan pemasukan untuk membantu suami mencari nafkah.

Oke, memang bukan kewajiban saya mencari nafkah, tapi kalau istri bisa memiliki pendapatan sendiri bukankah rasanya lebih gurih. Bisa belanja beli baju atau tas sesuka hati tanpa perlu dicemberutin sama suami. Haha. Bisa nyelipin uang kapan saja dan dimana saja sewaktu-waktu dibutuhkan kan jadi bisa digunakan. Iya gak?

Pelanggan saya segitu-gitu aja. Gak nambah-nambah. Aduuh, gimana ya caranya biar naikin jumlah pelanggan biar bisa berimbas ke omset bisnis? Saya ingin bisnis ini bertambah besar dan saya mau bekerja dari rumah sehingga tidak banyak meninggalkan keluarga. Saya juga mau berbisnis yang unik, kreatif dan berdasar pada kemampuan knowledge.

GO ONLINE!

Kalau saya masih main yang manual dan pakai cara lama, maka usaha saya pasti akan jalan ditempat. Bisa bisa malah mundur tersalip oleh usaha lain. Orang lain sudah kemana, saya masih dimana. Mau gak mau, saya harus main digital strategy biar keuntungan maksimal dengan biaya minimal. Saya harus berstrategi biar bisnis yang baru dimulai ini bisa makin joss dan eksis. Gimana ya caranya?

Hasil putar otak dan diskusi dengan beberapa teman yang juga punya usaha, hampir semua dari mereka menyarankan saya bahwa saya harus mulai penetrasi pasar dengan memanfaatkan dunia yang semakin borderless. Internet jawabnya!

Berarti saya harus tau internet donk. Gak usah saya jelaskan lah ya apa itu internet. Hampir semua dari kita pasti sudah akrab dengan yang namanya internet. Jaman sekarang kok kayaknya percuma kalau bisa pakai laptop dan punya HP canggih tapi gak bisa internet. Ibarat alat dapur, internet itu udah kayak pisau. Ada di setiap dapur dan pasti kepakainya. Pisau itu “nyawa”nya dapur dan internet juga berperan sebagai “nyawa”nya perangkat digital saat ini.

Melek, buka mata, buka jendela dunia. Saya gunakan seluruh perangkat yang bisa mengoptimalkan pendigitalan bisnis ini dari mulai penggunaan laptop, smartphone, langganan internet bulanan, pasang wi-fi di rumah, sampai memanfaatkan wi-fi gratisan ketika saya harus keluar rumah.

LETS CHANGE

“Bukan yang terkuat yang mampu bertahan, melainkan yang paling adaptif dalam merespons perubahan” – Charles Darwin.

Dalam hidup, kita selalu dihadapkan pada masalah-masalah yang terkadang membutuhkan pemecahan dengan cara yang baru. Ada kalanya kita perlu mengubah pola pikir sehingga lebih strategis dan praktis. Demikian juga dengan adanya tuntutan perubahan jaman dimana sekarang dunia menjadi lebih berkembang dan tanpa batas.

Sejak diluncurkan pertama kali tahun 1969 di Amerika Serikat, sampai dengan saat ini, teknologi internet makin berkembang. Kini hampir semua pelaku bisnis pasti memanfaatkan teknologi internet. Maka saya pun harus begitu. Lets change! Ikuti saja apa yang sudah mereka lakukan, adopsi tak mengapa selama itu baik.

Jika dunia saat ini mengoptimalkan internet untuk bermacam-macam tujuan, saya juga harus turut beradaptasi dengan adanya tuntutan ini. Saya yakin saya tidak hanya sendiri. Pasti banyak juga rekan-rekan yang punya bisnis bermodalkan internet. Ada beberapa perubahan yang saya lakukan untuk melejitkan bisnis ini dengan berbasis internet yang legit.

Kalau kita mau maju, berarti kita harus usaha keras. Gencar promosi biar produk atau jasa kita dikenal luas. Ada beberapa strategi yang saya gunakan untuk melancarkan proses promosi ini.

  • Manfaatkan Media Sosial

Punya Facebook, Twitter, Instagram, Kaskus, Path, G+, E-mail jaman sekarang itu wajib. Selain gratis kita juga bisa narsis. Sambil nampang, pelanggan bisa datang. Sering-sering bercerita mengenai bisnis yang sedang kita jalani di jejaring sosial terbukti mampu mengenalkan bisnis kita ke teman yang ada di jaringan kita. Dalam kasus saya, banyak teman dalam jaringan saya yang kemudian merekomendasikan saya kepada saudara atau kerabatnya yang membutuhkan bantuan pembuatan nama bayi. Ohya, sedikit saran, sebaiknya apa yang di posting-kan dalam jejaring sosial bervariasi untuk menghindari kebosanan. Misalnya diselingi dengan berbagi tips-tips tertentu atau update untuk menanggapi sebuah keadaan. Contohnya, sekarang lagi ramai tentang kenaikan BBM, ya bisa saja kita urun rembug terhadap fenomena ini.

  • Rebranding alamat Website

Saat saya belum mampu untuk beli website yang berbayar, saya memanfaatkan layanan blog gratisan dari blogspot yang murah meriah. Kurang lebih selama setahun saya memanfaatkan blog gratisan tersebut untuk melakukan penetrasi pasar dan mengenalkan tentang bisnis pembuatan nama bayi ini. Tepat setahun setelah saya menemukan pasar, kemudian saya mulai mengeluarkan uang untuk membeli domain dan mengaktifkan promosi. Kan keren tuh kalau sudah punya website yang belakangnya .com. Harga untuk membuat sebuah website memang bervariasi dari yang murah sampai perlu menyewa konsultan untuk pembuatannya. Mau untung lebih yang umpannya jangan tanggung-tanggung.

  • Iklan

Banyak kok website di internet yang menyediakan layanan iklan, dari mulai yang berbayar sampai yang gratis. Kita bisa memanfaaatkan forum-forum penawaran seperti kaskus, olx, berniaga, jualo, dll. Bahkan kalau di youtube bisa sekalian majang videonya. Saya sendiri memasang beberapa iklan di media tersebut. Jangan lupa update ya kalau sudah mulai pasang iklan karena pengunjung bisa merasa kecewa ketika mereka berkunjung namun ternyata update kita yang terakhir adalah beberapa bulan yang lalu.

  • Pembayaran investasi

Hampir seluruh pelanggan saya tidak pernah bertatap muka langsung dengan saya. Kami berkomunikasi melalui dunia maya dan benar-benar memanfaatkan internet. Masalah pembayaran pun sudah tidak ada yang membayar lewat uang tunai. Pembayaran untuk investasi pembuatan nama bayi ini dilakukan dengan transfer melalui rekening sehingga tidak merepotkan kami untuk bertransaksi.

Mulai Panen dari Legitnya Internet

Saya berkerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi internet
Saya berkerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi internet

Di negara tercinta kita saat ini, sudah banyak provider internet yang menyediakan layanan paket data yang harganya terjangkau, layanannya stabil, nyaman, murah dan cepat was wes wosAda yang pra bayar dan ada pula yang pasca bayar. Kita bebas tinggal pilih provider internet mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tidak perlu bingung karena banyak tersedia di pasar.

Ada berbagai macam tantangan yang saya hadapi dalam mengembangkan bisnis yang mengandalkan internet ini. Misalnya saya pernah mendapati pesanan yang aneh-aneh dari salah seorang pelanggan. Nama bayinya harus bernuansa matematika, karena kedua orang tuanya adalah guru matematika. Ada juga seorang ibu yang sedang di ranjang persalinan (menjelang proses kelahiran) menelepon dan meminta dibuatkan nama anak yang harus dibuatkan saat itu juga.

Sebagai seorang pemula di dunia bisnis via internet, saya tidak boleh terlalu cepat menyerah. Saya membiarkannya dunia internet mengambil perannya dan saya melakukan apa yang terbaik yang bisa saya lakukan. Saya harus terus maju karena saya percaya bahwa kesuksesan comes from baby steps. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana saya mendapat uang tambahan untuk keluarga jika tidak ada internet karena hampir seluruh proses bisnis saya dilakukan via internet.

Namun demikian segala tantangan justru menuntut saya untuk menjadi semakin kreatif. Alhamdulillah sejak mengoptimalkan internet kini bisnis ini makin agresif. Tiap hari ada saja yang pesan melalui internet karena setiap hari ada yang melahirkan, sampai-sampai saya tidak bisa mengalihkan matanya sejenak dari internet.

Dimana pun dan kapanpun saya perlu tetap mengendalikan bisnis ini hanya dengan mengkoneksikan internet. Berkat internet, bisnis saya sekarang sudah lebih melejit dan dikenal, bahkan sempat beberapa kali dimuat di tabloid dan mejeng di televisi. Terimakasih internet nan legit. Kini mimpi saya mulai menjadi nyata dan terbuka peluang untuk melakukan differensiasi ke pembuatan nama perusahaan.

armita consultant di swa

Armita Jessica Live Pesbuker ANTV Nama Anak JOKOWI 27 Okt 2014

Armita Live acara di INBOX oktober

Armita Consultant di Parenting Indonesia

Armita Consultant di E-Detik

Armita Consultant di Apa Kabar Tanoto Foundation

 

Jika ada kesempatan untuk menghadiri sebuah workshop tentang industri event, pariwisata dan ekonomi kreatif pasti saya akan senang sekali. Apalagi jika saya bisa bertemu langsung dengan para pakarnya karena nanti saya bisa berdiskusi lebih mendalam.Dengar-dengar ada The 7th Indonesia MICE Outlook 2015 & Awards 2014 yang akan diselenggarakan 10-12 Desember 2014 besok. Saya sih tertarik banget ingin menjadi salah satu orang yang beruntung di dalamnya. Doakan ya, siapa tau ini rejeki saya untuk hadir disana. Aamiin.

Sumber:

Harian Analisa, 2012. Setiap Jam, 405 Bayi Lahir di Indonesia. http://www.analisadaily.com/news/read/2011/05/18/1331/setiap_jam_405_bayi_lahir_di_indonesia/#.UKHFr4d1-jU.

banner GA susindra III

Comments

  1. Susanti Dewi says:

    unik mak bisnisnya, pembuatan nama bayi. sukses terus ya…

    1. iya, terimakasih ya mak udah berkunjung ke blog saya 😀

  2. Susi says:

    Luar biasa ya mak..berbisnis dari pembuatan nama dan sukses! Saya surprise beneran loh. hihihi…
    di bisnis online memang dituntut kreatifitas dan keberanian membuat inovasi. Manfaatkan semua fasilitas yang ada dan bersiap menikmati legitnya bisnis online. Terima kasih untuk ulasannya. Semoga semakin sukses bisnisnya.

    Jabat erat dari Jepara,
    Susindra

    1. thank you Mak Susi sbg juri yang baik sudah datang berkunjung ke blog saya. Iya betul Mak, memang semakin ke sini kita harus makin kreatif ya 😀

      Salam juga dari Bandung 😀

  3. Wiiiih, ini juaranyaa niiih… congrats yaa…

    1. Hehe, iya Mak. 😀 Jadi malu

  4. siti latifah says:

    selamat ya,,,tulisannya memang menarik mba..:)

    1. Iya, terimakasih ya Mba 😀

  5. Yanet says:

    Bukan cuma tulisannya yang keren, track record yg nulis juga keren. Pantes jadi juara. Selamat ya mbak… ^_^

    1. Hehehe Alhamdulillah. Terimakasih 🙂

  6. evrinasp says:

    mitaaaaa, congratzzz, saya kurang update nih….. pokoknya lanjutkan usaha mu mita, saya seneng banget sama kreatifitas mita yang menghasilkan rejeki dari rumah dan udah kemana2

    1. thank you kak ev

  7. […] Baca: Melejitkan Bisnis dengan Internet nan Legit […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *