Melahirkan dengan bantuan Dana BPJS


Melahirkan dengan bantuan Dana BPJSMelahirkan dengan bantuan Dana BPJS. Sebelumnya kan saya sudah cerita tentang proses melahirkan anak kedua bagian 1 dan 2, nah sekarang saya mau sharing seputar penggunaan dana BPJS untuk biaya persalinan ya. Siapa tau saat ini sedang ada ibu yang akan melahirkan dan sedang membutuhkan informasi mengenai biaya melahirkan dengan dana dari BPJS.

Salah satu alasan saya memilih tempat melahirkan kemarin adalah klinik bersalin tersebut menerima pasien BPJS. Kenapa? Karena itulah satu-satunya asuransi yang saya miliki. Suami saya seorang abdi negara jadi BPJS yang kami miliki adalah BPJS askes.

Memasuki kehamilan ke 35 minggu, saya baru cari-cari informasi mengenai persalinan yang dibantu BPJS. Salah saya juga gak cari dari awal hamil, malah baru cari informasi sebulan sebelum melahirkan. Bad me. Ah tapi daripada tidak sama sekali, mending telat. Bukan begitu?

Nah umur kehamilan 35 minggu ini, saya baru memutuskan untuk bersalin di klinik tempat dulu saya melahirkan Akmal. Sebelumnya saya masih bingung mau melahirkan dimana. Sebelumnya pula, saya selalu berpindah-pindah tempat periksa, dari dokter A, B, C, sampai D. Sampai pada masa menjelang kelahiran, saya baru tau kalau di klinik tersebut menerima pasien BPJS. Heuheu… tau gitu dari awal aja periksa ke klinik ini.

Biaya periksa kehamilan di klinik tersebut gratis karena ditanggung BPJS. Kemarin pas diperiksa saya gak dikasih obat, karena masih ada obat dari pemeriksaan sebelumnya. Jadi cuma USG dan konsultasi bidan. Gratis.

Nah pas melahirkan, saya seharusnya bayar sekian jut untuk biaya persalinan. Tapi karena saya mengajukan diri sebagai pasien BPJS, biaya persalinan dikurangi Rp 600.000. Iyap, BPJS Cuma nanggung Rp 600.000 saja, selebihnya dibayar sendiri oleh pasien. Saya kira bakalan ditanggung semuanya sama BPJS, tapi ternyata cuma ditanggung Rp 600.000 ajah. Tapi ini sudah Alhamdulillah ya, dapat segitu, daripada gak sama sekali. Masih ada untungnya.

Jumlah uang ini sama dengan pas melahirkan Akmal kemarin. Biaya lahirannya dikurangi Rp 600.000. Bedanya, kalau pas melahirkan Akmal, kami harus full bayar dulu ke klinik dan kemudian klinik akan membuatkan surat pengantar untuk mencairkan dana bantuan dari Askes sebesar Rp 600.000. Nah surat pengantar ini harus dibawa ke kantor ASKES (reimbursement) dulu, baru kami dapat uang tunainya.

Kalau pas melahirkan anak kedua kemarin, biaya lahiran langsung dikurangi Rp 600.000, kami tinggal bayar sisanya. Surat pengantar untuk mencairkan uang tidak perlu dibuatkan lagi. Lebih praktis memang, gak perlu bolak-balik ke kantor asuransi untuk mencairkan uang. Lagian kantor ASKES juga sudah gak ada.. Huehehe..

Ohya, saya lahirannya normal spontan ya. Gak pakai induksi, gak pakai vacuum. Dan tidak ada indikasi medis atau kelainan yang mengharuskan saya untuk dirujuk ke rumah sakit. Jadi saya cukup melahirkan di klinik dengan dibantu oleh bidan kesayangan yang sudah dua kali menangani kelahiran saya.

Alhamdulillah, walaupun cuma dibayar Rp 600.000 oleh BPJS, tapi bersyukurlah bahwa saya tidak mengalami gangguan apapun selama persalinan tersebut. Semua lancar, sehat, selamat, dan persalinan lembut yang saya idamkan bisa tercapai.

Banner tentang BPJS di salah satu rumah sakit di Bandung yang saya temui, bukan di klinik tempat saya melahirkan.. hehe, saya gak punya fotonya.
Banner tentang BPJS di salah satu rumah sakit di Bandung yang saya temui, bukan di klinik tempat saya melahirkan.. hehe, saya gak punya fotonya.

Kalau mau melahirkan dengan dibantu BPJS, ada prosedurnya.. Bisa di googling ya, sudah banya kok yang nulis duluan tentang ini. Pokoknya kalau tidak ada indikasi medis/kelainan/resiko tinggi saat kehamilan, sang Ibu bisa melahirkan di puskesmas atau bidan yang bekerja sama dengan BPJS (cek-cek dulu ya). Baru kalau ada indikasi medis/kelainan/resiko tinggi terhadap kehamilan, biasanya sang Ibu akan dirujuk ke rumah sakit. Ini biasanya bisa dibayarin full oleh BPJS (dari yang saya baca di internet sih). Kalau sang ibu tetep mau keukeuh lahiran di rumah sakit atas kemauan sendiri dan tidak ada rujukan, biayanya ditanggung sendiri. Kurang lebih seperti itu prosedurnya, ikutin aja ya.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pakai dana BPJS untuk persalinan mudah kok, yaitu fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi surat nikah, dan fotokopi kartu BPJS. Sudah, empat itu aja. Siapin dari jauh-jauh hari ya, jadi begitu mendekati saat lahiran gak repot harus nyiapin ini itu.

Ternyata BPJS juga menanggung biaya pasca lahiran loh. Seminggu pertama setelah melahirkan, biaya kontrol gratis alias ditanggung BPJS. Sebulan kemudian juga masih gratis. Horaaay πŸ˜€ Saya kan pas udah selesai nifas langsung pasang KB IUD, eh ternyata di tanggung sebagian sama BPJS loh,, lumayan banget kan. Biaya pasang KB IUD Rp 275.000 dan pihak BPJS nanggung Rp 100.000. Alhamdulillah kan.. walau gak semuanya ditanggung.

Segitu aja pengalaman saya pakai dana BPJS untuk persalinan. Dengar-dengar ada juga yang ditanggung penuh oleh BPJS, tapi saya gak berpengalaman. Mungkin ada yang mau berbagi pengalamannya?

Baca juga: cerita lain tentang Pengalaman Menggunakan BPJS yang dirasakan oleh teman-teman saya.

120 thoughts on “Melahirkan dengan bantuan Dana BPJS

    1. Saya gak langsung berhubungan dg BPJSnya mba, langsung dengan klinik bersalinnya.. pas pengalaman lahiran kemarin, pelayanan kliniknya bagus, orangnya ramah, dan membantu banget buat urus BPJS ini.. bahkan diingatkan ^_^

      Like

      1. blh share rs gpi beiji sm hermina depok. mending mana ya u sc krn anak ke 4 hrs sc wkt anak. ke 3 sc di hrapan depok meninggal 1hr 6jam kapok ksitu.. ini tkt kejadian mknya br 2bln aq udh wanti jauh2 hr.. tlg bntu info ya moms..

        Like

    1. Kelas 1 Mak. Saya lahirannya kan di klinik dan tidak ada kasus emergency, semuanya normal, jadi yg ditanggung cuma segitu.. Kalau mau ditanggung semuanya harus ada indikasi medis yg merujuk utk tindakan selanjutnya, misalnya perlu di induksi, vacuum, atau malah operasi sesar.. Kalau normal yg ditanggung kalau mau di klinik pratama atau puskesmas yg ditunjuk oleh BPJS. Nah klinik tempat lahiran saya, bukan klinik pratama Mak, jadi yg ditanggung cuma segitu. Hehehe.. saya kira juga bakalan semua, eh ternyata cuma segitu.. tapi ya segitu juga Alhamdulillah yaaa ^__^

      Like

    2. mau share juga nih bund, 2014 saya melahirkan sc di RSIA Evasari rujukan dari puskesmas karena sungsang. seluruh tindakan medis sampai kontrol bayi pertama dgn dokter spA juga di cover. saya kena biaya sekitar 300ribuan untuk pembelian obat paten. itu aja sih bund. saya pake bpjs kelas 1. yg saya tau kadang beda kelas, beda yg dicover. imunisasi untuk bayi yg pertama kali juga di cover bund. spt HB 0 dll. pokoknya yg awalan aja. setelah melahirkan. klo seminggu kemudian hanya konsultasi doker SpA aja yg dicover. kl mau imunisasi, imunisasinya bayar sendiri. waktu awal2 kemunculan bpjs sih saya gak mengalami kendala macem2 bahkan daftar aja cuman nunjukin kartu bpjs. (skrg kn harus pke fotokopi kk,ktp, bpjs). πŸ™‚

      Like

  1. rina melahirkan raras caesar mba, di RS PMI Bogor. alhamdulillah ditanggung hampir full. iya, hampir, karena rina ada mengeluarkan sedikit dana, Rp. 200.000,-. rina lupa apa yang tidak ditanggung waktu itu.

    karena suami abdi negara seperti suami mba πŸ™‚ kami memeutuskan menggunakan satu-satunya fasilitas asuransi yang memang diperuntukan untuk kami.
    belajar dari pengalaman caesar melahirkan khansa yang mencapai belasan jutjut πŸ˜€

    kalau dari segi pelayanan, memang harus banyak dimaklum. RS PMI itu pusatnya RS yang melayani bpjs di bogor. jumlah pasiennya, masyaAllah jangan ditanya!
    jadi saat periksa di dalam poli kandungan, semua serba cepat, konsultasi pun terbatas.

    alhasil, untuk kontrol kandungan rina tidak selalu ke PMI. rina ngejar dokter kandungan rina ke RS lain dimana dia praktek. kontrol di PMI hanya awal dan akhir-akhir menjelang kelahiran untuk rekam medis bekal operasi nantinya.

    sebenarnya rina sempat ketakutan untuk operasi caesar dengan bpjs karena sempat baca beberapa testimoni dan satu artikel yang bercerita tentang diirit-iritnya obat dan benang saat menjalani operasi caesar bpjs.
    artikel itu ditulis seorang dokter yang mengoperasi istri temannya sesama dokter. katanya karena pengiritan itu, dia harus melihat pasien yang jerit-jerit kesakitan pasca operasinya.

    dan… rina pun mengalaminya. kesakitan yang amat sangat jauuuuuuuuh lebih sakit dari pasca caesar pertama kali. di saat kesakitan itu rina sempat marah-marah sama suami, ngga mau lagi pakai bpjs! rina sudah terlanjur suudzon karena baca artikel itu.

    tapi di hari ke-2, sakit sudah hilang. dan di hari ke-3 saat waktunya pulang dan tau bahwa hanya membayar dua ratus ribu, rina pun sangat bersyukur alhamdulillah.

    insyaAllah nanti anak ke-3 pakai bpjs lagi πŸ™‚

    Like

    1. Rinaaaa, thanks banget ya udah mau share pengalamannya ^__^. Aku baru dapat cerita langsung dr temen yg pakai bpjs utk operasi sesar.. Alhamdulillah jadi semakin tercerahkan. Bapakku dulu sempet operasi mata karena ada gangguan glaukoma, pakai BPJS, alhamdulillah juga ditanggung hampirrrr 100% juga, cuma bayar juga kurang dr 100rb utk nebus obat yg gak ada di apotek bpjs.
      Btw, ini Rina pas melahirkan Raras udah ketahuan mau operasi sesar dari awal ya?

      Like

  2. kok cuma 600rb ya bun? adik saya operasi caesar di cover full di rs.hermina depok, tmn saya istrinya melahirkan jg full dia.nulis statys di fb sgt lengkap n terimkasih bgt sm bpjs. adik saya kelas 1 jg.

    Like

    1. mba siti..seriuss full 100% di cover di RS Hermina Depok ?? saya ada rencana mau Sc dsana..tp ko ragu ya..kykna dsana mahal sekali …khawatr ga di cover ntr bisa kena biaya mahal ?? BPJS saya BPJS kelas 2..ngaruh ga c kelas2 BPJSnya ?? mohon sharingannya mba..terima kasih sebelumnya

      Like

  3. adik saya sedang hamil, dan harus operasi caesar. di RS di kota saya, justru yg dpt BPJS yg melahirkannya secara caesar, kalo melahirkan normal, gak ditanggung BPJS, katanya sih… saya juga blm banyak tanya2 juga

    Like

    1. Iya Mak, karena yg lahiran sesar memang biasanya yg perlu tindakan dan memang biasanya di cover full oleh bpjs. Alhamdulillah saya bisa lahiran normal tidak perlu sesar karena saya dan bayi dalam kondisi sehat semua..

      Like

      1. G juga,aq 2 bln yg lalu lahiran normal full gratis g sepeser pun nambahin d RS swasta pula.pas dh merasakan mules aq lgsg k RS g k Puskesmas dan g minta rujukan ap2 ,d trima dgn baik oleh para perawat dan bidan d RS tu.

        BPJS top lh

        Like

      2. Syukurlah jika pengalaman Ibu seperti di atas. Pengalaman saya berbeda. Itulah gunanya kita berbagi.

        Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog saya dan mau berbagi pengalamannya ya.

        Like

  4. Salam kenal mbak. Mau tanya nih, saya kan sedang hamil anak ke2, usia kandungan 4bln dan baru tahun ini saya pakai bpjs (untuk anak pertama saya pake asuransi margie, asuransi perusahaan dri suami). Waktu melahirkan anak pertama kan saya cesar, yg ke2 ini katanya mesti cesar lagi karena jaraknya di bawah 2tahun. Apakah nanti waktu melahirkan anak ke2 ditanggung sepenuhnya ma bpjs? Karena yg ke2 ini kan mau nda mau harus cesar.
    Dan pertanyaan ke2, alur pemeriksaan bpjs itu gimana sih mbak? Karena saya baru pertama kali pakai bpjs. Suami saya pegawai swasta. Tiap mw periksa, kami mesti ke dokter keluarga /dokter yg sudah ditunjuk bpjs. Nah, klo sudah dari dokter keluarga, rujukannya kemana? Ke bidan atau bisa langsung rs? Karena tadi saya barusan priksa, saya ke dokter keluarga dulu, setelah itu dokter keluarga merujuk ke bidan. Dokternya bilang tidak bisa ke rs kalo tidak ada gangguan kehamilan. Padahal saya searching di inet katanya klo dirujuk itu ke rs, apa bidan termasuk fase lanjutan tingkat 2? Karena saya penginnya bisa usg tiap bulan seperti dulu waktu masih pake asuransi margie.
    Mohon sharing dan info2nya bunda2, soalnya jadi galau nih gara2 pelayanan bpjs yg tdi saya dapatkan. Terima kasih.

    Like

    1. Salam kenal ya Mba Novi dan selamat atas kehamilan keduanya. Setau saya memang rujukannya seperti itu. Dokter keluarga akan merujuk ke bidan. Kalau tidak ada kasus gawat tidak akan di rujuk ke rumah sakit. Baru dirujuk ke rumah sakit jika bidan sudah tidak bisa menangani. Di bidan biasanya memang tidak bisa usg. Kalau mba mau USG mending ke dokter kandungan aja, bisa bayar sendiri atau pakai asuransi margie nya.

      Semoga membantu ya.

      Like

  5. kalo istri saya melahirkan sesar dan menggunakan bpjs alhamdulillah biaya ditanggung penuh bpjs, tetapi sekarang kendalanya pada anak saya yg memerlukan penanganan intensif dari medis dan memerlukan biaya 1,5 smp 2 juta per hari, sampai hari ini sudah 5 hari,sekarang saya bingung karna tidak ada persiapan biaya sebanyak itu! saya berusaha men cari pinjaman ke orang yg saya anggap mampu tetapi masih belum mendapatkan hasil, klo saya tau anak dalam kandungan bisa di ikutkan dalam anggota bpjs sebelumnya pasti sudah saya daftarkan!sayang saya taunya sudah terlambat dan sekarang saya bingung harus cari bantuan kemana?

    Like

    1. Anak saya yang pertama dulu juga sempat di rawat di NICU Pak dengan biaya 2juta/hari selama 5 hari. Saya bisa merasakan bagaimana perasaan Bapak dan keluarga sekarang. Semoga adik bayi lekas diberikan kesembuhan ya Pak. Aamiin.

      Like

  6. Alhamdulilah ya bisa menikmati pelayanan BPJS. Semoga pemerintah bisa meningkatkan pelayanan di BPJS karena di daerah saya sangat susah untuk mendapatkan pelayanan bila menggunakan kartu ini.

    Like

  7. Salam kenal mbak.. mbak aku abis melahirkan anak pertamaku. Awalnya aku mau persalinan di bidan dekat rumahku. Tpi krena ada kelainan aku dirujuk kRS. Kebetulan diRS ini ada peraturan dalam 1hari pengguna bpjs dibatasi max 5. Alhasil aku musti pakai biaya sendiri. Kira2 biaya persalinanya bisa di claim k bpjs gk ya mbak? Klo bsa gmn cranya.

    Like

    1. Dear Ibu Anna, selamat atas kelahiran ananda ya Bu. Semoga kelak ananda dapat menjadi pribadi yang baik dan berbakti. Untuk klaim ke BPJS saya sendiri sebenarnya kurang paham. Biasanya di setiap rumah sakit, ada petugas khusus dari BPJS yang bisa membantu memberikan penjelasan lebih detail. Mungkin Ibu bisa langsung ke bagian informasi rumah sakit tersebut.

      Like

  8. Bunda…
    Aq mau tanya nih masalah kandungan dg bpjs, awalnya lahiran pertama aq kan di bidan sec normal dan gk pke bpjs dg biaya 1,5
    Nah yg ke 2 ini aq bingung karna bpjs aq ini blum pernah aq pake,aq mau pake di kehamilan ke2 ini, langkah awal pertama aq periksa dan usg di rs bersalin dan gak ad bpjs, setelah di usg ternyata kehamilan aq yg ke2 ini ada masalah dan harus balik lagi 2minggu lagi, nah biar bpjs aq k pake aq harus kemana dulu yah, apa aq periksa awal lagi di puskesmas yah??? Karna langkah awal bjs aq di puskesmas

    Like

  9. mb mau nanya,aq kan faskes 1 ny di klinik serang posisi aq kerja di serang…tapi aq mau lahiran dijawa ..na itu gmna y apakah aq harus pindah faskesny atau tidak perlu?

    Like

    1. Setau saya peraturannya seperti itu Bu. Saya pernah periksa kandungan di salah satu puskesmas di Jawa Tengah sedangkan BPJS saya terdaftarnya di Jawa Barat. Tetap tidak bisa dipakai Bu BPJSnya, jadi saya tetap harus bayar. Mungkin bisa dipakai untuk kondisi darurat, bisa ditanyakan ke faskes tempat Ibu mendaftar. Semoga membantu ya.

      Like

      1. Kasay mau tanya tempat lahiran kasay di klinik mana yah ? Kasay di bandung juga kan ?? Mohob info nya ,makasih

        Like

  10. Bund, klu pke BPJS / JIS yg dri jokowi itu apa bedanya ya? Usia kehamilan saya 22week ni, mw melahirkan pke bpjs cm saya blm bikin KK sama suami saya. KK saya msh nyampur sama ortu , klu pke Bpjs tuh hrz bikin KK dulu donk yaa bund ? Tlng infonyaa

    Like

  11. sebelumnya makasih bgt lho bund info nya ttg bpjs ini, soalnya aku masih buta bgt nih ttg bpjs. ini kehamilan pertama n usia baru 4bulan, rencana sih penginnya kalo emg bisa pake bpjs suami (suami karyawan swasta) buat persalinaan pengin dipake tuh biar hemat biaya juga. tapi bund, kalo bpjs suami terdaftar nya di jkta tp aku penginnya lahir di jawa, apa dananya bisa dipake/di salurin buat di kampung gt bund ? apa harus bikin baru atas nama saya sendiri ? sedangkan status ktp juga belum diperbaharui masih lajang n kk masih ikut ortu, gimana baiknya ? mumpung masih ada waktu bebrapa bulan sblm lahiran jadi pgn tau info sebanyak2 nya nih , mohon bantuan nya yaa bund ({})

    Like

    1. Halo Bun, selamat ya atas kehamilannya. Semoga lancar sehat selamat. Ohya, pengalaman saya pakai BPJS, BPJS saya terdaftar di Bandung dengan KTP dan KK Bandung. Waktu saya mau pakai di Jawa (di rumah orang tua) BPJS tidak bisa dipakai sehingga kemarin saya pakai umum. Jika ingin lebih jelas, bisa langsung tanya ke petugas BPJSnya langsung ya..

      Like

      1. Bantu jwb pertanyaaan bunda Unik krn kasusku persis ky gitu…
        suamiku krja di jkrta…kary swasta…persalinan anak kedua di Semarang
        tdnya faskes pertama di puskesmas jatinegara kaum.

        kl bunda Udah mantap untuk melahirkan di jawa…mnta suami ke hrd perusahaan ceritain kasusnya.
        kmrn AQ lngsung dibuatin(dipindahin faskesnya) Dan dapat kartu bpjs kesehatan baru.ohya..tanyain sm kelg di jawa faskes tingkat prtama yg terdekat..Dan sreg di hati.

        makan waktu Kira2 2 mnggu.yg dipindahin faskesnya hanya AQ Bund…suami+ anak pertamaku tetep faskesnya di puskesmas jatinegara kaum.

        semoga membantu

        Like

  12. Mbak mau tanya donk , soal persalinan nya sy lg hmil 8 bln pngen nya si lahiran pake bpjs tp faskes 1 sya puskesmas ada si pelayanan bersalin 24 jam. Tp kyak nya gak nyaman de klu lhran d puskesmas bsa gak ya sya lahran d rmh bersalin yg sdh brkerja sma jg sm bpjs. Klu boleh tnya mbak faskes 1 nya d mn apa lngsung d klinik bersalin itu..

    Like

    1. Bisa Bu, saya melahirkan di Bidan Praktek Swasta yang bekerja sama dengan BPJS. Faskes 1 saya berbeda dengan tempat saya melahirkan. Saran saya, Ibu Shisca coba tanya ke klinik bersalin yang tersebut apakah bisa melahirkan dengan BPJS di situ. Semoga membantu ya Bu.

      Like

  13. Bun, , klo saya kan d Garut tp lahiran ny mau d jkrt N saya lupa bwa surat nikah dan blm bkn KK teruz ktp ny jg msh stts blm nikah . .
    Teruz saya kan risent dri tmpt krj sblm lahiran . .
    Apakah msh bisa pke krtu BPJS ?

    Like

      1. kalau rs al islam yg di jl awibitung (cicadas) bisa ga ya? soalnya domisili rumah saya lebih dekat di awibitung daripada al islam yg di soekarno hatta..

        Like

  14. Salam kenal bund..aq mw tanya persalinan dg bpjs itu sama aja kn fasilitasnya baik yg ketengakerjaan dr kantor atau yg mandiri…aq kn bpjsnya mandiri..rencana nanti kalo udh usia kehamilan 8bln si dedek jg mw aq daftarin skalian..biar jg bisa pke bpjs..nah masalahnya faskes aq kn puskesmas..d puskesmas itu blm 24 jam & blm bisa buat bersalin..harapan saya kn semiga bisa lahiran normal..nah itu nanti misal mw lahiran d bidan yg berjejaring bpjs itu apa lgsg ato pke rujukan dr puskesmas..

    Like

    1. Salam kenal kembali ya Bu.. selamat atas kehamilannya ya Bu dan semoga lancar sampai persalinan nanti.

      Setau saya bisa langsung Bu ke bidan bpjs, karena kemarin saya langsung. Untuk lebih pastinya, Ibu bisa tanyakan langsung ke bidan yang Ibu tunjuk ya.

      Semoga membantu.

      Like

  15. Salam kenal bund..mau tny kl boleh tau bunda melahirkan anak kedua d klinik yg bekerjasama dgn bpjsnya d klinik mana y?sy d bandung n sedang hunting klinik bersalin spt tempat bunda melahirkan..trims..

    Like

  16. Bunda,,salam kenal..
    Mau tny bund,,kl boleh tau dmn klinik yg bekerjasama dgn bpjs tempat bunda melahirkan anak keduanya?kebetulan sy sedang hunting klinik bersalin yg ada kerjasamanya dgn bpjs..trims..
    Bs lgsg kontak sy k: krizch711@gmail.com

    Like

  17. Asalamualaikum wr.wb..salam sejahtera …
    Saya mau tanya nih…saya punya sdr yg saat ini barusaja mlhirkan dlm keadaan prematur….krn rumahsakit yg dituju peralatanya kurang memadahi akhrny si bayi d rujuk k rumasakit pusat provinsi…krn si bayi pasti kan blm pny bpjs nih….apakah biaya selama d rumasakit yg d rujukan itu d tanggung bpjs??
    Sekian terimakasi
    Wasalamualaikum wr.wb

    Like

  18. Mak klo sya pengen lahiran caesar pke bpjs tpi gk ada ganguan ato indikasi yg mengharusnya caesar kira2 bs gk yaa klo pke bpjs soalnya sy takut kalo lhir normal

    Like

  19. BPJS ini memang sangat banyak membantu ya, beberapa kali papa dan sepupu saya masuk UGD bisa terbantu juga dengan adanya BPJS ini. Bahkan ngga bayar sama sekali. Semoga kedepannya makin besar nilai pertanggungannya ya mba, apalagi untuk ibu yang melahirkan,

    Like

  20. Mohon doanya ya mba…sebentar lagi aq akan melahirkan anak ke dua mba…terima kasih sdh bagi info2 ttg menggunakan BPJS….ini anak pertama q pake BPJS…dulu blm ada siech program BPJS ….hehehhehe…nanti rencananya mau melahirkan di RS aja mba….soalnya anak pertama sesar….makanya info mba berguna sekali buat kami yg pemula pemakai BPJS……sempat ketakutan juga sie baca artikell yg obatnya inilah itulah….tp setelah tau jdi qt cpt mengurusnya….alhamdulillah sdh siap semua berkas mau melahirkan…mhn doanya ya mba agar bs melahirkan normal….hehehhe

    Like

  21. Salam kenal mba,,
    saya lagi hamil anak kedua 4bulan,anak pertama baru 2tahun dan lahir secara sesar,,
    saya buat bpjs di bekasi tapi mau lahiran di Bandung bisa ga ya?
    Mba ada info atau kenalan bidan yang pro VBAC ga ya?
    Terima Kasih,

    Like

  22. Ass,bunda istri saya lagi hamil insya Allah lahirin anak ke 4 saya penggna bpjs pekerja penerima upah apa biayax masih di tanggung bpjs yaa bund?lgian dokter menyarankan ops caesar nantinya mengingat istri saya ada riwayat cedera otak dua tahun lalu abis di operasi krena kecelakaan pas melahirkan anak ketiga….apa biayax nanti masih bisa di tanggung bpjs yaa bund……

    Like

  23. salam kenal yaa mbak, nyasar ke sini karena lagi galau mau pake BPJS apa engga pas melahirkan nanti. Pengalaman sepupu kemaren ini lumayan banget soalnya kalo terpaksa SC, karena pake BPJS itu gratis tis tis.
    Tapi masih berdo’a komat-kamit nih supaya bisa lahiran normal spontan aja di bidan deket rumah.

    Like

    1. Aamiin. Semoga bisa normal spontan ya Mbak. Ohya, lebih baik disiapkan aja segala sesuatunya termasuk jika ingin menggunakan BPJS. Kalaupun nanti gak ke pakai ya gak papa, kalau jadi ke pakai nolong banget BPJS nya.

      Like

      1. minta info dong mbak, perlu gak sih ganti kartu askes ke BPJS dulu? Aku belom ganti kartu nih dari dulu.
        Terus ini mau daftarin calon bayi di perut juga sekalian. Hadeeuhh rempong nian tapi demi jaga-jaga semua akan ku jalani *lebey*

        Like

  24. haloo mba,seneng bs baca blog ini..
    saya rencana mau lahiran di hermina bogor bulan depan,
    kebetulan memang kami punya asuransi swasta dan juga bpjs,sy msh membandingkan yg terbaik mau memakai yg mana,
    krn setau sy kl yg asuransi swasta di hermina bogor plafon sy hanya msk di kelas 2,kl bpjs katanya bs di kelas 1,
    apa ada info ttg hal ini mba?
    bagaimanapun pgnnya yg terbaik ya…mohon doanya πŸ™‚

    Like

    1. Halo. Terima kasih sudah bersedia mampir ke sini ya. Semoga persalinannya bulan depan lancar ya.

      Kebetulan saya gak punya pengalaman melahirkan dengan 2 asuransi: swasta dan bpjs. Mohon maaf saya belum bisa membantu ya karena saya gak tau.

      Salam,
      Armita.

      Like

  25. Buk saya ingin tanya..
    Istri saya hamil dan ingin melahirkan diluar kota (medan)
    Posissi saya sekarang diduri riau..
    Kira2 syaratnya apa2 aja ya buk.?
    Terimah kasih..

    Like

  26. Hai mba mau ikutan share nih.
    saya melahirkan anak pertama saya (pakai BPJS) pada tanggal 14 oktober 2015 yang sebelumnya tanggal 13 oktober setelah magrib tiba2 keluar air kaya ketuban mungkin karna disebabkan setelah saya kepleset dikit 1 jam sebelumnya.
    Akhirnya saya dan suami menuju klinik faskes 1 dekat rumah dan langsung ditangani bidan yang jaga kebetulan ada 3 orang. setelah mereka periksa ternyata memang benar ketuban saya udah pecah terus bidan2nya periksa semuanya deh. karna blm ada bukaan dan baby saya dulu blm masuk jalan rahim dan saya ga mules sama sekali (malah cengengesan di dalem klinik) akhirnya bidan2 ngerujuk saya ke RS. Islam Sukapura, Jakarta Utara. karna rmh saya daerah jakarta Utara. soalnya bidannya ga bisa induksi jadinya dirujuk deh.
    tgl 13 malam antara jam 8 dan jam 9 saya sampai di RS tersebut dan langsung ke IGD nya. saya langsung disuruh berbaring di ranjang dan suami yang urus surat rujukan dari klinik dan smua administrasinya.
    tanggal 14 dini hari jam 2 siang saya baru dapat kamar itupun harus turun kelas dari kelas 1 ke kelas 2 (malah mau ditaro di kelas 3 karna full. karna suami ga mau akhirnya dicari dan pas ada 1 orang baru keluar).
    masuk ruang inap lalu dibawa ke ruang bersalin, diperiksa ini itu, rekam jantung janin, induksi lewat vagina.
    Jam 3 pagi udah kerasa mules dan ga kuat minta SC cuma dokter disana ga kasih karna tunggu efeknya 6 jam setelah induksi pertama lewat vagina.
    jam 8 pagi, 6 jam setelah induksi pertama saya diinduksi lagi tapi disuntik. lalu kontraksi hebat. jam 10.05 melahirkan dengan normal melalui 2 induksi dan plasenta keluar 5 menit kemudian.
    observasi sampai jam 6 sore dan alhamdulillah semua baik.
    lalu besoknya tanggal 15 saya udah blh plg ke rumah setelah suami ngurus semua administrasi untuk kami keluar karna kami menggunakan bpjs. kata suami saya lumayan ribet dan capek antrinya. (kami boleh pulang jam 9 pagi baru bisa pulang jam 4 sore setelah selesai urus semua buat administrasi bpjsnya).
    dapet bingkisan dan buku melahirkan dari rumah sakit. di doain juga loh disana. mungkin karna RS Islam kali ya..
    dan kami bertiga akhirnya pulang dengan tidak membayar sepeserpun ke RS cuma bayar uang taxi buat pulang dan biaya makan suami aja hihihi..

    semoga bisa menjadi referensi πŸ™‚

    Like

    1. Alhamdulillah, selamat atas kelahiran babynya ya Bu. Semoga menjadi anak yang kuat, berbakti dan bermanfaat ya Bu. Terima kasih juga sudah bersedia berbagi pengalaman melahirkan dengan biaya nol rupiah melalui BPJS.

      Like

  27. saya di tolak klinik/bidan untuk menggunakan BPJS karena usia kandunga sya sudah 23 minggu. sebelumnya saya periksa ke RS, di karenakan juga kartu bpjs saya baru aktif lagi karena pindah kerja. kalau bgtu bgaimana ya mba?

    Like

  28. Mba armita ,sy mau tny niii
    Brti faskes 1 mba dimana? Ap perlu gnti faskes 1 di klinik yg mba tempatin buat lairan itu ?
    Ak lg hmil ud 37 mnggu. Rncna pke BPJs tp tenagKesehtn yg dklinik faskes 1 ku mragukan krn bru lulusan 2014 mb.Jd ak cr jlinik brsalin yg mlyani bpjs. Uda nemu dkt rmh nma ny klinik afifa . ak googling kyny g trmsuk dfrr faskes 1 .trs gmn niii? Ak bgung

    Like

  29. Bun Armita , waktu mengurusi kelengkapan surat seperti fotocopy KTP , kartu keluarga .
    Apakah di cek validasi nya terlebih dulu oleh klinik nya ? atau hanya di cek kartu bpjs nya saja aktif atau tidak

    Terima kasih bun

    Like

  30. Ass wr.wb
    Bund mau nanya skrg saya hamil uk 30week
    Bulan ke 5&6 kmrn saya periksanya di dr spog yg praktek di klinik pake biaya sendiri lalu bulan ke 7/ 28week ortu nyaranin buat periksa ke dr bpjs saya. Stlh konsultasi ditanyain tuh mau lahiran dimana sy sama ortu pengenya di rs pantiwilasa semarang tp selama periksa gaada kelainan yg mengharuskan sesar alias bisa lahir normal. Lalu dr bpjsnya bilang bisanya pake bpjs di rumah sakit kalo sudah pembukaan 4 langsung lari ke igd. Itu bener ga sih bund? Apa gak perlu surat rujukan? Kan pasti perlu konsul sm dokter di tmpt mau lairan kan biar dokternya tau kondisi ibu&debay sblm proses melahirkan? Trmksh sblmnya maaf banyak nanya bund baru pertama pake bpjs hehe..

    Like

    1. Walaikumsalamwrwb. Kalau BPJS setau saya bisa langsung ke IGD Bu kalau sudah kerasa mau melahirkan πŸ™‚ Kalau mau konsul dulu ke dokter kandungan beberapa hari sebelum melahirkan juga bisa, biar bisa dipastikan kondisi bayi dan ibunya sehat. Semoga membantu ya Bu, informasi ini. πŸ™‚

      Like

  31. Salam kenal bun , klo saya kan d cimahi tp lahiran ny mau d sukabumi dan saya lupa bwa surat nikah dan blm bkn KK terus ktp ny jg msh stts blm nikah . .
    Terus saya kan risent dri tmpt krj sblm lahiran . .
    Apakah msh bisa pke krtu BPJS ?

    Like

  32. mbak..kalau boleh tau nama kliniknya apa ya?saya lokasi didepok juga..sudah 35 week usia kandungan saya..kalau bisa dapat pengurangan 600rb kan lumayan..makasih mbak

    Like

  33. makasih mbak atas infonya.saya adalah seorang suami yang baru saja istri saya positif hamil dan melihat catatan ini sangat membantu saya dalam mempersiapkan kelahiran debay nya.hehe “seneng bgt ceritanya πŸ™‚ ” mbak.trus yang jadi pertanyaan waktu paling lambatnya kapan menjadi peserta bjps agar proses kelahiran bisa ditanggung oleh BPJS nya?apakah bisa didadak atau harus sekian bulan menjadi peserta bpjs agar lahirannya bisa ditanggung.mksh banyak kalo sedianya dapat membalas catatan kecil ini.

    Like

  34. Istri saya melahirkan rumah sakit ibu dan anak (Zainab) Pekanbaru lwt op cesar..malah ga bayar sama sekali alias gratis tis tis…Alhamdulillah

    Pas anak lahir, RS langsung keluarkan surat keterangan lahir, dan menyuruh saya mengurus BPJS anak tanpa harus mengeluarkan biaya jaminan dsb, 20 menit siap..seminggu anak & istri dirawat pas pulang cuma ngeluarin biaya 6 rb perak untuk materai..luar biasa Rizki allah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s