Surat Kuasa Untuk Mutasi SIM

Cek ricek, SIM A-ku sudah kadaluarsa selama 10 bulan. Mau pergi nyetir kemana-mana kalau gak pakai SIM keder juga ya. Takut ditilang sama Pak Polisi hihihi.

SIM A-ku yang lama ini masih beralamatkan Purworejo karena dulu dibuatnya pas aku masih lajang. Setelah menikah, aku pindah ke Bandung ngikut suami. KTP pun juga ikutan pindah jadi KTP Bandung.

Daripada bikin SIM A yang baru dan pastinya ribet, mending perpanjang aja. Tapi karena SIM A lamaku sudah expired, aku jadi sedikit was-was, bisa gak ya diperpanjang. Hasil nanya sana-sini dan googling bolak-balik, ternyata SIM yang sudah kadaluarsa masih bisa diperpanjang asalkan kadaluarsanya gak lebih dari setahun. Oke sip, SIM A-ku masa kadaluarsanya masih 10 bulan, berarti masih di bawah setahun dan bisa donk diperpanjang tanpa harus tes tertulis dan ujian praktek lagi.

Berhubung kemarin aku gak sempet pulang ke Purworejo untuk cabut berkas SIM A yang lama/mutasi, aku minta bantuan Mamaku untuk cabut berkas SIM A-ku di kantor polisi Purworejo. Tentunya dengan surat kuasa bermaterai. Contoh surat kuasa untuk Mutasi SIM yang kemarin aku buat seperti ini.

SURAT KUASA

 Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Armita Fibriyanti

Nomer KTP: 12345678912345

Nomor SIM A: 567891234512

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama: Mamaku (nama ini disamarkan ya, nama aslinya mah ada kok)

Nomor KTP: 12345123456789

Untuk mewakili dan bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa guna mengurus mutasi SIM A Pemberi Kuasa di POLRES Purworejo, Jawa Tengah.

Demikian surat suasa ini diberikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 20 Agustus 2015

Penerima Kuasa                                                                   Pemberi Kuasa

 

Mamaku (pakai nama asli ya)                                                 Armita Fibriyanti

***

Sekarang SIM A-ku yang baru sudah jadi, Alhamdulillah. Bisa pergi kemana-mana tanpa dag dig dug lagi. Terimakasih Mama yang sudah membantuku untuk mengurusi mutasi SIM A-ku.

Comments

  1. Itu nama Mamanya emang Mamaku ya?
    #gagal fokus 🙂

    1. Gak Mba, sengaja disamarkan ditulis dengan “mamaku” nama aslinya mah ada.. hehehe

      1. Oalah, haha.. 🙂

        1. Takut mba, untuk menghindari hal yang tidak tidak.. wehehe..

  2. waah….berarti kudu bikin baru lagi nih aku, SIM ku sdh expired setahun lebih…hahaha. SIM Semarang tapi KTP Purworejo…

    1. Ayo bikin baru lagi mba, semangat ya..

  3. evrinasp says:

    aku malah belum punya sim A mit, padahal ada lombanya itu yg ke sulawesi tapi harus blogger dan SIm A, selamat ber fun blogging ria ya

    1. Ohya, lomba yang mana Kak? Kudet nih aku gak terlalu tau.. >.<

      1. evrinasp says:

        lomba dari blog detik ke sulawesi berpetualang dan biayanya gratis

        1. Oh gitu.. Oke kak, ntar aku cari.. makasih ya informasinya

  4. SIM telah jadi, dan nyaman kalo berkendara ke mana-mana ya, Mbak 🙂

    1. Betul Pak. Gak tentram hati kalau gak ada SIM

  5. Dee says:

    Oalah, jadi tahu, ternyata bisa tho pake surat kuasa :S

    1. Iya bisa dikuasakan Mba

  6. Baru tahu bisa diwakilin, tahu gitu dulu di wakilin ke ibu juga

    1. Iya bisa Mba… buat nanti lain kali kalau bikin SIM lagi ya Mba hehe

  7. Johannes says:

    waktu cabut berkas di kota asal, selain pakai surat kuasa, butuh apa lagi ya? tentunya sim yang asli & ktp pemilik sim yang asli juga ikut diserahkan bersama surat kuasa ke penerima kuasa juga ya? atau cukup fotocopy saja?

    thanks sebelumnya. ktp saya juga mau abis nih, alamat ktp sudah pindah juga, jadi harus urus mutasi juga.

    1. Iya, buat jaga-jaga di copy aja KTP, SIM dan surat kuasanya.

  8. untung says:

    Klo cabut berkas, surat kuasa fotokopi sim sama fotokopi ktp bisa g?
    Atau harus sim & ktp yang asli???
    Trimakasih

  9. nenny says:

    mba, itu sim asli nya harus di lampirkan gak?soalnya sim c ku msh berlaku, cm ini mau ngurus lebih awal aja mutasi nya。mksh

    1. Iya. Dilampirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *