Belanja Online


Belanja Online
Belanja Online. Sumber gambar freepik.com

Belanja Online. Sudah beberapa bulan ini nilai tukar dolar terhadap rupiah menguat. Nilai rupiah semakin melemah. Daya beli pun menurun. Ya, kita semua tahu bahwa sekarang harga-harga kebutuhan pun ikut naik. Hal ini berdampak terhadap naiknya harga barang-barang di pasaran terutama barang-barang impor. Namun tak bisa dielakkan bahwa keberadaan barang tertentu, meskipun itu impor, tetap dibutuhkan oleh kita.

Menghadapi keadaan ekonomi bangsa yang saat ini sedang kurang baik, kita memerlukan beberapa strategi agar tentunya situasi ekonomi rumah tangga tidak turut memburuk. Terlebih bagi ibu rumah tangga sebagai menteri perekonomian keluarga dituntut harus pintar-pintar mengatur pos pemasukan dan pengeluaran agar pasak tidak lebih besar daripada tiang.

Namun di satu sisi, kita tetap perlu belanja untuk melanjutkan hidup. Lantas bagaimana caranya apabila kita harus membeli barang tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Salah satunya adalah dengan berbelanja online. Melalui belanja online, kita bisa tahu harga sebuah produk yang kita inginkan langsung. Bisa juga membandingkan dengan produk sejenis yang di jual oleh para online shop.

Kini belanja online semakin mudah loh dengan semakin banyaknya toko online dan e-commerce (semacam mall tapi online gitu). Toko online dan e-commerce ini menawarkan banyak dagangan dan menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, elektronik, baju, kebutuhan bayi, sampai keperluan untuk menunjang hobi kita.

Aku sendiri suka belanja online di e-commerce karena:

  1. Barangnya lengkap, menjual berbagai macam perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan kamu dari mulai kebutuhan rumah tangga, elektronik, kosmetik, tas, skamung, baju bayi, dan sebagainya.
  2. Banyak diskon. Ini yang ditunggu-tunggu. Dengan adanya diskon yang ditawarkan, tentunya kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan tempat lain. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah lagi, kita bisa memanfaatkan diskon yang sering di tawarkan oleh para penjual online tersebut. Sebut saja bulan Agustus 2015 kemarin. Banyak penjual online yang menawarkan diskon sampai 70% dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun. Mau dapat tambahan diskon lagi? Manfaatkan menu newsletter. Dengan berlangganan newsletter, kita bisa mendapatkan diskon tambahan lagi. Biasanya nilainya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Lumayan banget kan. Ibu-Ibu mana yang gak suka belanja online.
  3. Bisa COD. Kamu bisa bayar ketika barangnya sudah kamu terima di rumah.
  4. Ongkos kirim gratis. Ada e-commerce yang punya program gratis pengiriman ke seluruh Indonesia loh. Keren ya.
  5. Aman. Kalau belanja online lewat e-commerce, aku suka lihat alamat webnya. Kalau ada huruf s dibelakang http sudah dijamin bahwa bertransaksi di web tersebut pasti aman karena sistem security mereka yang sudah diatur sedemikian baiknya.

Sudah beberapa tahun belakangan ini aku suka belanja online. Beberapa keuntungan dari belanja online yang sering aku rasakan:

  1. Irit ongkos. Beda dengan belanja di supermarket atau pasar, dengan belanja secara online kita tidak memerlukan ongkos. Hanya duduk di depan layar komputer atau bisa juga menggunakan smartphone Tinggal pilih barang yang kamu butuhkan, bayar, dan tunggu barang sampai di rumah kamu.
  2. Irit waktu. Dengan belanja online kita tidak perlu takut terjebak macet di jalan sehingga ada waktu beberapa jam yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan yang lain.
  3. Irit tenaga. Bayangkan, jika pergi belanja ke supermarket atau pasar, kita pasti jalan ke sana ke mari untuk mencari barang yang akan di beli. Pulang dari belanja, badan capek dan pegal. Dengan belanja online, kita tinggal duduk, geser-geser mouse dan barang yang akan dibeli dengan mudah bisa ditemukan. Capek dan pegal tentu tidak terasa.
  4. Irit biaya jajan. Biasanya, kita pasti pergi makan ketika belanja di supermarket. Setidaknya jajan meskipun kecil-kecilan. Nah, dengan belanja online pengeluaran untuk makan dan jajan sudah pasti tidak ada. Lebih hemat kan?

Asyik kan ya belanja online. Selamat berbelanja. Ingat, tetap gunakan uang kamu dengan cermat dan sesuai kebutuhan.

9 thoughts on “Belanja Online

  1. Belanja online itu juga bikin ga merasa bersalah karena bayar pake transfer, haha tapi abis itu baru sadar saldo udah menipis. Emang kadang belanja online jadi racuuuunn banget dan bikin nagih karena modalnya cuma smartphone atau laptop dan token atau mobile banking…

    Like

    1. Betuuull.. eh tapi aku tetep seneng belanja online loh, soalnya pas Pak kurir dateng nganterin barang tuh rasanya seperti dapat hadiah. Seneng pas buka paketnya rasanya seperi buka kado. Terlepas barangnya sesuai atau tidak dg pesanan ya. Waktu kecil aku jarang dapat kado soalnya, hehehe.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s