Serius Tapi Santai di Fun Blogging 6


serius tapi santi di Fun Blogging 6

Sabtu dan Minggu itu enaknya diisi dengan kegiatan santai setelah berlelah-lelah bekerja di hari Senin sampai Jumat. Caranya macam-macam. Bisa dengan istirahat saja di rumah, nonton TV, berkebun atau jalan pagi sehat mengelilingi komplek rumah. Bisa juga berkegiatan di luar rumah misalnya olahraga, jalan-jalan ke tempat wisata, mall, atau silaturahmi ke rumah kawan dan saudara. Apapun kegiatannya yang penting santai ya biar kita bisa kasih nafas sebentar ke jiwa raga dan membiarkan jiwa raga kita istirahat sejenak. Harapannya kita bisa kembali segar dalam menjalani kegiatan di minggu yang akan datang.

Begitulah biasanya hari Sabtu dan Mingguku, tidak jauh-jauh dari acara santai bersama keluarga. Tapi ada yang tidak biasa di akhir pekanku tiga minggu yang lalu. Sabtu 5 September 2015 menjadi hari Sabtu yang berbeda. Tidak ada istirahat di rumah. Aku malah justru sibuk  serius menghadiri sebuah kelas belajar yang sudah lama aku nanti-nantikan.

Saking semangatnya, aku langsung mendaftar begitu tau bahwa kelas belajar tersebut di buka untuk para blogger di wilayah Bandung dan sekitarnya. Sebelumnya, lima sesi kelas belajar yang diasuh oleh Mbak Shintaries, Mbak Haya Aliya Zaki dan Teh Ani Berta semuanya  dilakukan di Jakarta. Lalu aku pun sedih dan menangis di pojokan karena pengen ikutan tapi kalau di Jakarta kayaknya kejauhan deh.

Reportase dari teman-teman blogger yang sudah menghadiri kelas belajar tersebut banyak berseliweran di timeline. Aku lihat foto-foto mereka mempertontonkan keseruan acara. Aku pun baca beberapa tulisan reportase yang mereka tuangkan di blog. Semuanya keren dan sukses bikin iri. Aku bertekad bahwa suatu saat aku pasti akan masuk kelas sama seperti mereka.

Awal Agustus 2015, aku lihat di timeline Facebook Mba Shinta kalau kelas belajar Fun Blogging 6 akan diselenggarakan di Kota Bandung. Huaaa.. aku langsung membuka mata lebar-lebar seakan aku gak percaya. Beneran ini akan ada di Bandung?! Aku baca lagi dengan seksama dan yup, benar, kelas akan dibuka di Bandung. Yes, aku langsung share beritanya dan mention suami agar diijinkan menjadi murid Cikgu.

Malam hari sebelum kelas Fun Blogging 6 diadakan aku sudah heboh di rumah. Perbekalan dan alat perang mulai aku siapkan. Smartphone dan power bank aku charge semua dan pastikan bahwa daya baterai terisi penuh. Laptop juga aku siapkan. Gak wajib sih bawa laptop tapi untuk jaga-jaga mendingan aku bawa aja.

Baju ganti anak-anak, popok, selimut, minyak telon, dan gendongan bayi juga sudah aku masukkan dalam satu tas tersendiri. Hah, ngapain bawa ginian juga?! Soalnya aku nanti tidak akan hadir dengan membawa diri sendiri tapi juga hadir bersama sejumlah pasukan perang. Total ada tiga pasukan yaitu satu suami dan dua anak. Kesemuanya tidak bisa ditinggalkan di rumah.

Anak yang kecil (Azril ) masih usia empat bulan, masih ASI ekslusive jadi dia harus ikut. Anak yang besar (Akmal ) juga pasti ingin ikut kalau lihat Ibunya pergi. Di rumah tidak ada pengasuh, pun tidak ada kerabat yang bisa dititipin anak. Jalan satu-satunya adalah membawa anak-anak dan suami untuk ikut menimba ilmu. Lagian acaranya kan pas akhir pekan ya, hari santai bersama anak-anak. Jadi deh kami heboh dan ramai kayak rombongan sirkus. Hehehe.

Kabar bahwa nanti aku akan membawa anak sudah aku sampaikan sebelumnya ke cikgu. Minta ijin aja, takutnya gak dibolehin. hehehe. Alhamdulillah cikgu mengijinkan soalnya acaranya santai. Tapi kalau bisa tetap ada yang bantuin pegang anak untuk gantian terutama pas nanti dimateri yang akan disampaikan oleh Mba Shinta, begitu pesan cikgu.

Baiklah. Berbekal ijin dari suami, semangat menuntut ilmu, dan taburan hadiah yang melambai-lambai, rombongan kami pun berangkat. Walaupun sempet nyasar, sampai jugalah kami di lokasi acara tepatnya di Grapari Digilife Dago Jl. Ir. H. Juanda Dago Bandung. Padahal tinggal di Bandung, tapi masih aja nyasar dan gak hafal-hafal dengan jalan di sini. Payah.

Acara bakalan dimulai jam 09.00 tapi kami sudah sampai di lokasi setengah jam sebelumnya. Sengaja datang lebih pagi biar bisa istirahat sebentar dan nyari tempat duduk yang pewe. Sengaja nyari tempat duduk yang di depan tapi pinggir dan dekat dengan colokan listrik.

Aku duduk di pinggir biar akses keluar masuk kelas gampang, soalnya kan aku bawa bayi. Khawatir dianya rewel minta nenen dan sebagainya. Kalau nyari tempat duduk yang deket colokan listrik ini penting banget buat ngecharge hp atau powerbank yang sudah kehabisan dayanya. Kan nanti bakalan ada lomba live tweet tuh yang pastinya butuh hp on terus sepanjang hari. Gak lucu banget kalau lagi ikutan lomba live tweet terus hpnya mati padahal ada hadiah HP ANDROMAX dari Smartfren yang siap dibawa pulang untuk juara pertama lomba live tweet ini. Keren banget kan, siapalah yang gak mau dapat HP keren macam ini. #goforit

This slideshow requires JavaScript.

Sepertinya seluruh peserta sudah datang. Ice breaking dulu berkenalan dengan sesama peserta Fun Blogging 6. Masing-masing peserta memperkenalkan nama pribadinya, alamat blog dan akun sosial medianya misalnya twitter dan/atau instagramnya. Suasana yang tadinya kaku sudah mulai mencair dan santai. Tawa ringan terdengar disela-sela perkenalan ini. Tiba giliranku dan aku pun memanfaatkannya untuk memperkenalkan diriku, alamat blogku, akun twitter dan instagramku di @armitafibri (please follow ya hehe ). Anakku Azril juga sekalian aku kenalin loh. Sayang Azril belum punya akun medsos. Perlu dibikinin gak ya?

Dari sesi perkenanalan ini, aku tau bahwa peserta Fun Blogging 6 beragam loh ternyata. Tidak hanya Ibu-ibu seperti aku tapi banyak juga yang masih single. Ada Bapak-Bapaknya pula. Para pembuat film/movie maker pun ada loh yang ikutan hadir. Keren ya Fun Blogging 6 bisa merangkul berbagai profesi.

Perkenalan sudah, saatnya belajar. Tema belajar kali ini adalah Dari Hobi Menjadi Profesi. Sebuah tema yang menjanjikan bahwa jika kita menyenangi sesuatu/passion mengapa tidak kita jadikannya sebagai profesi kita. Bisa gitu?! Bisa donk! Para cikgu akan membeberkan rahasianya satu per satu.

RAHASIA PERTAMA


Mbak Haya menyampaikan materi tentang 'Writing Great Content'
Mbak Haya menyampaikan materi tentang ‘Writing Great Content’

Rahasia pertama datang dari Mba Haya yang menyampaikan materi tentang bagaimana Writing Great Content. Sebagai pemanasan Mba Haya menceritakan prestasi-prestasi yang pernah beliau capai dari blog. Subhanallah, aku sampai ternganga lihat prestasi mom blogger dan editor ini. Ternyata gak cuma aku yang mangap sambil bilang wow. Aku lihat peserta lain juga berdecak kagum. Mata pun terbuka lebar dan alis terangkat ke atas demi melihat deretan $$$-nya Mba Haya.

Aku mulai bertanya dalam hati, itu kok bisa ya Mba Haya dapat banyak $$$ dari blog. Hebat banget. Giliran aku kapan?! Iri dikit boleh ya, tapi kan irinya yang baik agar aku termotivasi sepeti Mba Haya.

Rupanya, deretan $$$ di rekening tabungan Mba Haya itu sumbernya dari tulisan di blog yang ‘bertenaga’. Ada 12 tips yang beliau sampaikan bagaimana membuat tulisan agar menjadi lebih powerful. Salah satunya adalah menulis dengan jujur, sesuai minat dan berdasarkan pengalaman. Misalnya genre blog aku kan seputar kehidupan anak, parenting, nama bayi, dan dunia penerjemahan. Ya tuliskan tentang itu karena itulah yang aku kuasai. Gak usahlah sok-sokan nulis tentang otomotif yang dunianya gak aku kenal sama sekali. La wong nyuci motor atau mobil aja gak pernah, kok mau gaya-gayaan nulis dunia yang lekat dengan pria itu.

Ada satu poin yang disampaikan Mba Haya dan itu ngena banget di aku. Selama ini aku mah update blog ya update aja. Yang penting ada tulisan baru di blogku, yang penting blogku tidak jamuran dan banyak sarang laba-labanya. Kebanyakan tulisan curhat geje. Aku sekedar nulis dan publish tapi tanpa memperhatikan konten. Apakah tulisan aku itu bermanfaat bagi yang membaca atau tidak?! Jawabannya aku gak tau.

Padahal ya menurut Mba Haya, salah satu cara agar membuat pembaca loyal dan betah berlama-lama di blog kita adalah sajian tulisan yang bermanfaat, dikemas dengan apik, dan dimanja dengan foto yang mendukung konten tulisan. Di sini aku sedikit menyesali tulisan asal-publishku dan sejak itu aku mulai bertekad untuk membuat tulisan yang mendatangkan manfaat bagi pembaca.

Be So Good, They Can’t Ignore You – Steve Martin.

Kami berdua menikmati materi yang disampaikan oleh Mbak Haya.
Kami berdua menikmati materi yang disampaikan oleh Mbak Haya.

Aku menikmati banget materi yang disampaikan Mba Haya. Sekali-kali menulis poin-point materi di notebook yang sudah aku siapkan malam sebelumnya. Aku ambil foto Mba Haya dan beberapa slideshow materi beliau. Di sela-sela Mba Haya mengungkap rahasia bloggingnya, aku menggoyang-goyang kereta bayi Azril. Alhamdulillah dia tertidur pulas jadi aku bisa khusyuk menyimak materi Mba Haya sedangkan Akmal ikut Ayahnya ngemall di BIP.

***

Tepat jam 12 siang, selesailah materi pertama dari Mba Haya. Lanjut dengan perkenalan produk dari CNI, salah satu perusahaan yang menjadi sponsor Fun Blogging 6 ini selain Smarfren.

Acara dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan siang. Peserta terlihat lahap menikmati santap siang yang sudah disediakan oleh panitia sambil bercengkrama dan menambah keakraban dengan peserta lain. Aku juga memanfaatkan waktu istirahat siang ngobrol dengan Sofie dan Yani yang datang jauh-jauh dari Garut demi Fun Blogging 6. Keren deh semangatnya patut diacungi jempol.

***

RAHASIA KEDUA


Materi Kedua dari Mbak Shinta. Akmal juga ikut serius belajar.
Materi Kedua dari Mbak Shinta. Akmal juga ikut serius belajar.

Rahasia kedua disampaikan oleh Mbak Shintaries. Kalau dengar nama Mba Shintaries aku pasti langsung inget sosok perempuan hebat dalam design blog yang bersih dan rapi. Jago coding, juara ngulik blog dan hal-hal yang berbau IT. Sudah malang melintang lah di dunia perbloggingan internasional. Dunia Mbak Shinta ini mah seperti jauh banget sama aku yang gaptek teknologi. Huhuhu. Aku mengiodalakannya sejak lama. Suka diem-diem baca blognya  tapi jarang ninggalin komen. Hahaha, silent reader gitu ceritanya.

Padahal yah, komen di blog teman itu penting loh menurut Mbak Shinta. Selain sebagai cara untuk bersilaturahmi sesama blogger, cara blogwalking dan meninggalkan komen ampuh untuk meningkatkan kepopuleran blog kita. Gampangnya, blog kita akan cepat terindeks dan nama kita akan mudah dikenali oleh Google atau mesin pencari lain.

Tuh kan penting komen di blog teman. Tapi bukan komen yang asal njeplak ya. Komenlah yang baik dan santun. Oke, baiklah. Mari aktif untuk blogwalking dan meninggalkan jejak di blog teman.

Di sesi kedua ini, materi Mbak Shinta tentang Advancing Your Blog Platform. Beliau buanyak banget ngejelasin tentang blog yang ideal seperti apa, design blog, belajar membaca Google Analytic, Klout Score, dan juga optimasi sosial media. Materinya seru dan asyik banget. Banyak yang gak aku tau sebelumnya tentang blog terutama Google Analytic/GA. Banyak yang nanya tentang GA ini dan Mbak Shinta dengan sabar menjelaskannya ke peserta. Aku agak ngerti sedikit, tapi banyak yang belum ngertinya. Hahaha. Kudu belajar lebih banyak lagi nih.

Meskipun materi yang disampaikan oleh Mbak Shinta ini agak serius dan sedikit njlimet tapi peserta sibuk memperhatikan loh. Aku yakin gak ada peserta yang ngantuk. Padahal kami habis makan siang. Biasanya kalau di kelas belajar lain,  siang hari adalah saat-saat terngantuk. Peserta tertidur karena kekenyangan dan juga materi yang membosankan. Tapi tidak di kelas Fun Blogging 6. Mbak Shinta dan tim berhasil membuat mata kami melotot dan pikiran kami sibuk untuk memperbaiki tampilan blog.

Aku sedikit ketinggalan materi Mbak Shinta karena aku keluar kelas sebentar untuk mengganti popok anakku yang sudah penuh dengan air pipis. Hihihi. Kelasnya dingin jadi dia pipis-pipis terus. Untungnya materi Mbak Shinta ini bisa diunduh di grup Facebook Fun Blogging jadi aku bisa mengejar materi yang sempat kelewatan tadi.

RAHASIA KETIGA


Peserta serius memperhatikan materi yang disampaikan Teh Ani.
Peserta serius memperhatikan materi yang disampaikan Teh Ani.

Rahasia ketiga diungkap oleh Teh Ani Berta, seleb blog keturunan Batak Sunda. Siapa sih blogger yang gak kenal dengan Teh Ani Berta? Kalau gak kenal sama beliau, sini aku jitak. Hahaha. Teh Ani juga sama dengan Mbak Haya dan Mbak Shinta, sudah bergelut di dunia blogging sejak tahun 2000an ketika aku masih imut-imut dulu. Prestasi Teh Ani luar biasa baik di komunitas blogging maupun secara pribadi. Pernah tergabung di Kementrian dan dipinang brand ternama. Pundi-pundi rupiahnya juga menggunung. Ngiler?! Hahaha, sama donk.

Di sesi terakhir, Teh Ani bicara tentang How To Monetize Your Blog Through Branding. Yap, Teh Ani ngajarin 25 peserta bagaimana beternak uang melalui blog. Untuk sampai ke tahap seleb blog ini Teh Ani juga gak mudah loh. Jangan bayangkan sebulan dua bulan buat blog terus bisa jadi seterkenal ini. Gak ada proses ujug-ujug atau instant. Teh Ani mulai hobi menulisnya sudah lama. Bertahun-tahun yang lalu. Dari mulai tidak berbayar, hanya diberikan imbalan ucapan terimakasih sampai sekarang bayarannya sudah berdigit-digit. Berapa sih digitnya? ssstt.. rahasia donk. Hanya member Fun Blogging aja yang tau.

Pesan Teh Ani yang gak pernah aku lupa, aktifkan lagi sosial medianya. Konten sudah bertenaga, tampilan blog sudah kece, dan sekarang saatnya mengoptimasi sosial media untuk berinteraksi dengan orang lain. Bisa dengan cara sebar-sebar link, membalas komentar teman, adakan kuis kecil dan sebagainya. Lama-kelamaan teman akan betah berkunjung ke blog kita and money will follow as long as you do your great jobs.

Selama pemaparan sesi ketiga dari Teh Ani ini aku gak banyak nulis atau ngetweet. Akunya sibuk memperhatikan materi. Sayang banget kalau kehilangan materi dari Teh Ani ini. Padahal yah kalau rajin ngetweet, Smarfren sudah menyediakan Andromax untuk dibawa pulang loh.

***

This slideshow requires JavaScript.

Alhamdulillah tujuh jam belajar di kelas Fun Blogging 6 ini kelar juga. Gak terasa, tau-tau sudah jam empat sore. Di akhir acara, panitia membagikan doorprize. Ada empat peserta yang beruntung mendapatkan doorprize ini yaitu Teh Erri, Teh Eva, Teh Ida, dan Teh Aini. Selamat ya semuanya.

Saat-saat terakhir yang ditunggu adalah pengumuman pemenang livetweet #funblogging6 #goforit dengan hadiah powerbank untuk pemenang kedua dan Andromax dari Smartfren. Rejeki tak disangka-sangka mampir ke aku. Alhamdulillah jadi pemenang kedua dan berhak atas powerbank. Pemenang pertama livetweet adalah Nurul Wachdiyyah dan tentunya Andromax Smartfen berhasil mendarat ke tangannya.

Alhamdulillah, meninggalkan ruang belajar di Grapari Digilife Dago dengan hati yang senang dan ilmu yang sudah diserap dari Cikgu. Sangat bermanfaat dan segera aku aplikasikan. Terima kasih banyak Fun Blogging 6!

This slideshow requires JavaScript.

Sebelum pulang ke rumah, kami mampir dulu ke BIP (Bandung Indah Plaza) yang terletak tidak jauh dari Grapari Digilife. Ngapain? Makan dan ngemall sebentar. Selesai belajar di Fun Blogging 6 rupanya perutku keroncongan, aku kelaparan. Hahahaha. Banyak ilmu berharga yang harus diserap dan diendapkan di otakku sehingga pencernaan harus bekerja lebih keras demi terserapnya semua ilmu tersebut.

See, akhir pekan bisa kok diisi dengan acara yang serius tapi santai. Gabung aja dengan kelas Fun Blogging 7 mendatang ya. In Sha Allah ada di Surabaya tanggal 7 November 2015. Save the date ya. Aku sarankan arek-arek Suroboyo cepetan ndaftar, soale seat terbatas loh. Buanyak yang bakalan daftar pastinya dan tentunya akan bertabur hadiah gadget dari Smartfren. Sukses untuk Fun Blogging 7 dan seterusnya!

38 thoughts on “Serius Tapi Santai di Fun Blogging 6

  1. bagi bagiin link pematerinya dong, kan bisa lihat2 blognya mereka yang powerful dan branded itu 😀

    maulah kalau acara ada di Medan nih, seru, terutama hobi jadi penghasilan. Sekarang ini aja blog saya baru mulai babak baru 😀

    mari berkunjung

    Like

  2. Akmal maen ke mol, azriel ikut kuliah blogging, kerenn ::) ,,,,!,
    Aku dah baca smuanyaaaa,…aaaahhhh pengnnnnn tapi 7 jam lama juga ya mb mit, pulangnya jam berapa?
    Aku masi bingung biar bisa dpt rangking atas di google ncarian kata kuncinya gimana

    Like

    1. 7 jam gak kerasa Gus. Soalnya keren banget materinya. Pulangnya jam 4 sore. In Sha Allah nanti ada lagi kelas yang di Jakarta. Ikut aja.
      Kalau utk yang bisa masuk page one, pakai intonasi SEO. Ilmunya rada serius. Aku juga belum begitu ngerti kok.

      Like

      1. kalau pakai wordpress sedikit enak ya mbak soalnya sedikit terbantu dengan plugin SEO Yoast.
        dan artikelku juga lumayan sudah ada yang nangkring, tapi untuk yang wp self hosted 🙂

        Like

  3. Ooh emang suka ke bandung teh? jangan di BIP dong.. ke resort2 yang sekrang betebaran dimana-mana hehe.. kelebihannya itu pesona alam yang mempesona lagi menyejukkan mata dan dahaga #eaa hehe
    sebelumnya tks info artikelnya, sangat bermanfaat salam bloger ka 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s