Mengungkap Fakta Saya dan Fun Blogging

SAYA-&-FUN-BLOGGING

Mengungkap Fakta Saya dan Fun Blogging. Setahun belakangan ini, saya galau. Tidur gak nyenyak, perasaan juga gak tentram. Kepikiran terus, sampai terbayang-bayang, kapan ya saya bisa seperti mereka.

Mereka yang sudah membagi foto-foto keseruan mengikuti sebuah acara sudah berhasil membuat saya iri. Foto-foto mereka berseliweran di timeline sosial media saya. Banyak juga diantara mereka yang menulis reportasenya di blog. Saya baca reportase mereka sambil membatin bahwa suatu hari, saya mau bergabung dengan komunitas itu.

Komunitas itu adalah Fun Blogging, sebuah komunitas yang digawangi Shintaries, Haya Aliya Zaki dan Ani Berta dengan kegiatan utama adalah belajar dunia perbloggingan. Anggotanya adalah para blogger baik yang sudah profesional maupun pemula seperti saya.

Balik lagi ke memori setahun lalu, ketika ketiga suhu mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa workshop Fun Blogging dengan tema Dari Hobi Menjadi Profesi akan segera digelar, saya sudah deg-degan. Saya baca pengumumannya pelan-pelan, sambil memicingkan mata. Materi? Sip! Pengisi materi? Jangan diragukan! Waktu? Bisa! Berbayar? Gak papa!

Masalahnya cuma ada di lokasi. Yak, sayang sekali workshopnya di Jakarta. Saya tinggal di Bandung dan rasanya kalau datang ke Jakarta seperti mau berlayar ke pulau sebrang, jauuuh.. Padahal yah, sebenarnya kalau nekad, Bandung-Jakarta bisa ditempuh 2.5 jam dengan catatan kondisi jalan lancar dan gak macet plus tanpa tersesat. Nah yang terakhir ini yang bikin saya jiper, takut tersesat. La wong di Bandung aja masih sering tersesat, apalagi di Jakarta. Sudah dijamin pasti tersesat, walaupun sudah pakai GPS. Hahahaa.. Parah. Iya, skill navigasi saya agak rendah 😛

Pengumuman Fun Blogging 1
Pengumuman Fun Blogging 1. Sumber Foto: Facebook Shintaries

Jiper duluan lihat lokasinya, akhirnya saya putuskan untuk tidak mendaftar Fun Blogging 1 dulu. Saya tunggu kesempatan selanjutnya .

Waktu berlalu. Lalu muncul lagi pengumuman Fun Blogging 2. Saya picingkan mata lagi. Dan betul, lokasinya masih di Jakarta. Kemudian saya pun jiper lagi. Belum jadi daftar. Hiks.

Begitupun dengan Fun Blogging 3, 4, dan 5 yang kesemuanya masih dilakukan di Jakarta. Rupanya antusiasme penduduk Jakarta dan sekitarnya terhadap workshop Fun Blogging ini masih tinggi. Nyatanya, banyak blogger Jakarta yang terus mendaftar. Sampai 5 kali sesi Fun Blogging dilakukan di Jakarta. Bahkan, saya dengar, begitu antusiasnya para blogger dengan kegiatan ini, sampai ada blogger Bandung yang rela datang ke Jakarta demi ikut belajar blogging bersama para suhu. Demi apa? Demi Fun Blogging lah!

Agustus 2015, hampir setahun setelah penyelenggaraan Fun Blogging 1, para suhu akhirnya mengumumkan Fun Blogging 6. Mata saya langsung tertuju pada lokasi and you know what? Hey, Bandung!!

Lihat lokasinya donk, ada di Bandung!
Lihat lokasinya donk, ada di Bandung! Sumber Foto: Facebook Shintaries

Sumpah, saya girang banget begitu lihat pengumuman kalau Fun Blogging 6 ini bakalan digelar di Bandung.  Gak pakai pikir panjang, saya langsung daftar.

Walaupun acaranya masih sebulan lagi, tapi dari jauh-jauh hari saya sudah mengosongkan jadwal saya dan minta suami juga buat ngosongin jadwal di hari Sabtu, 5 September 2015. Saya minta kesediaan beliau untuk ikut nganterin istri sholehahnya ini ke Grapari Digilife Bandung. Saya minta juga supaya beliau berkenan ngasuh Akmal karena selama kurang lebih tujuh jam, saya akan ada di kelas Fun Blogging 6, belajar dunia perbloggingan bersama 24 peserta lainnya.

Keikutsertaan saya di Fun Blogging 6 ini saya inget-inget terus. Supaya apa? Supaya saya gak lupa untuk hadir! Hahaha, maklumlah saya pelupa. Bahkan saya lebih ingat jadwal Fun Blogging 6 ini daripada ultah pernikahan kami tanggal 4 September,  tepat satu hari sebelum acara Fun Blogging. Sumpah (lagi)! Saya benar-benar lupa dengan ultah pernikahan kami. Malah baru ingat satu setengah bulan kemudian. Parah. hahaha. Itupun diingetin suami. Hihihi. Intinya, kami sama-sama lupa dengan ultah pernikahan kami.

Begitulah, sebegitu berharganya Fun Blogging 6 sampai ultah pernikahan pun tersingkirkan keeksistensiannya sementara.  Bright side-nya, katakanlah, keikutsertaan saya di Fun Blogging 6 sebagai kado ulang tahun pernikahan.

Ini adalah kado ulang tahun pernikahan yang untuk pertama kalinya bukan berbentuk barang. Tahun-tahun sebelumnya, biasanya suami suka kasih kado berupa barang dari mulai sepatu sampai gadget. Saya pernah dapat hadiah smartphone dari suami di ultah pernikahan kami tahun lalu. Alhamdulillah.

Baca juga: Xiaomi, Smartphone Murah dan Berkualitas

Selain fakta lupanya ultah pernikahan itu, Fun Blogging 6 juga adalah workshop tentang perbloggingan yang pertama saya ikuti. Hahahaa. Satu fakta lagi terungkap. Hihihi. Ngakunya blogger tapi gak pernah ikutan acara kopdar blogger. Heu, maafkan. Kemarin-kemarin, tiap ada undangan acara blogger, sayanya gak sempat. Entah karena bentrok jadwal, ada deadline kerjaan terjemahan, ataupun karena gak ada yang bisa jagain anak. Saya gak punya pengasuh atau saudara dekat di Bandung sini yang bisa dititipin anak ketika saya harus keluar rumah untuk ikutan acara blogger. Satu-satunya orang yang bisa saya titipin anak dengan aman adalah suami.

Itulah juga mengapa saya kemarin pas Fun Blogging 6 sampai perlu repot bawa-bawa anak segala. Anaknya gak cuman satu bo’, tapi dua. Batita semua pulak. Hahaa. Repotnya double deh. Hiaakss, gimana lagi. Untunglah para suhu mengijinkan saya bawa anak-anak walaupun kelas jadi ramai karena kehebohan mereka.

Apa yang saya dapat di Fun Blogging 6? Banyak! Nih, saya bisa dapat materi tentang gimana nulis yang baik, gimana caranya nulis agar tulisannya lebih ‘bertenaga’, gimana membuat layout blog yang lebih ramah dan responsif, gimana memanfaatkan sosial media sebagai partner blog, dan juga gimana caranya meraup pundi-pundi uang dari blog. Kesan terhadap Fun Blogging 6 sudah melebihi ekspekstasi saya.

Selain ketemu dengan para suhu: Mba Shinta, Mba Haya dan Teh Ani, saya juga berkesempatan ketemu dengan bloggers lain yang selama ini hanya saya temui di dunia maya. Saya belum pernah ketemu sebelumnya dengan mereka, satu pun belum pernah ketemu di dunia nyata. La wong saya belum pernah ikutan kopdar blogger dan Fun Blogging inilah yang membuat mimpi saya untuk bertemu blogger lain menjadi nyata. Jalinan pertemanan di dunia nyata dimulai di sini.

Baca: Serius Tapi Santai di Fun Blogging 6

Sudah, itu aja? Masih ada lagi donk! Karena ini even yang sangat saya tunggu-tunggu, tentunya saya sangat bersemangat menghadirinya seperti semangatnya keluarga menyambut rombongan haji yang baru pulang dari tanah suci. Hehehe. Di awal, saya semangat nulis dan menyimak materi yang disampaikan. Nulisnya di kertas ya. Tapi, lama-lama, karena materinya makin berat dan makin fun, saya gak sempat nulis. Lebih konsen ke materi yang disampaikan. Lalu terpikir, lebih baik di foto saja itu materi karena lebih cepat dan praktis.

Ketika tau ada sesi live tweet yang berhadiah gadget, saya makin semangat donk. Ngincer Andromax dari Smarfren sayanya. Walhasil pun, saya jadi semangat ngetwit. Tapi tetep donk, materi diperhatikan. Alhamdulillah, semangat ngetwit terbayarkan. Meskipun gak dapat Andromax, saya dapat powerbank-nya sebagai hadiah pemenang kedua lomba live tweet.

Sudah selesai sesi belajar di kelas, masih ada lanjutan dari acara Fun Blogging 6. Apalagi kalau bukan lomba blog berhadiah 3 gadget. Karena di sesi livetwit saya gagal mendapatkan Andromax, maka saya bertekad mendapatkan Andromax di lomba blognya. Segala daya upaya dikerahkan untuk menulis reportase Fun Blogging 6. Alhamdulillah, juri kecantol dengan tulisan saya dan memilih tulisan saya sebagai salah satu pemenangnya bersama dua pemenang lain (Teh Ida dan Teh Beta).

Buat saya yang gak bisa fokus di kelas besar, workshop seperti Fun Blogging 6 ini berarti banget. Saya jadi lebih bisa konsentrasi dan merasa ngeblend dengan pengajar dan peserta lain. Rasa kekeluargaan lebih merasuk. Bahkan saya bisa melayangkan beberapa pertanyaan di kelas yang mungkin menurut orang lain, pertanyaan itu begitu kecil dan gak meaning. Hihi, tapi buat saya yang masih blogger pemula ini, apa yang saya tanyakan adalah bentuk pencarian jawaban atas kegelisahan blogger kemarin sore.

Kegiatan belajar dunia blogging bersama Fun Blogging 6 tidak selesai begitu acara ditutup. Tapi sesi belajar masih berlanjut sampai sekarang karena kami diceburkan dalam group Facebook Fun Blogging. Di grup tersebut, kami berkumpul bersama para peserta yang sudah mengikuti workshop Fun Blogging 1-5.

Sekarang, Fun Blogging sudah berumur satu tahun tepatnya tanggal 12 Oktober 2015 lalu. Saya pribadi mau mengucapkan selamat ulang tahun yang pertama bagi Fun Blogging, semoga terus berjaya, semakin nambah membernya, semakin banyak pihak/brand yang mau jadi sponsor, semakin luas jangkauannya bahkan bisa sampai keluar pulau atau malah bisa go internasional. Mengapa tidak! Sesi Fun Blogging 7 bulan depan di Surabaya pun kabarnya sudah full seat dalam waktu singkat sejak dipublikasikan pendaftarannya. Prestasi yang hebat!

happy-birthday-fun-blogging

Saya berterimakasih kepada Fun Blogging yang sudah membuat saya iri. Iri yang baik sehingga mampu melecut saya untuk terus mengikuti perkembangan Fun Blogging dari sesi ke sesi dan pada akhirnya saya terdaftar sebagai peserta di Fun Blogging 6.

Saya berterimakasih kepada Fun Blogging yang sudah menjadi pioneer bagi semangat ngeblog saya yang sebelumnya bisa dikatakan kembang kempis. Dari Fun Blogging, saya juga belajar bagaimana memberikan nafas kepada blog agar ia senantiasa hidup dan mampu menghidupi.

Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan sepulangnya dari acara Fun Blogging 6 sudah mulai saya kerjakan. Misalnya, merapihkan tampilan blog, menyeragamkan akun sosial media, meningkatkan engagement dengan teman atau follower, dan tentu saja meningkatkan konsistensi dan kerajinan untuk menulis blogpost.  Bahkan saya berani mengadakan sebuah giveaway.

Baca: [Giveaway] Nama yang Paling Berkesan.

Ikutan giveaway saya ya.

Sedikit masukan dari saya untuk Fun Blogging terkait dengan waktu pelaksanaan. Misalnya, di Bandung kemarin kan cuma sehari dengan peserta 25 orang. Saya yakin blogger atau non blogger pasti banyak juga yang masih mau mendaftar. Tapi karena sudah full seat, mereka harus menunda ikut sesi berikutnya. Mungkin, ke depannya, bisa diadakan 2 hari.

Sekali lagi, selamat ulang tahun Fun Blogging, jayalah di darat, laut dan udara!

Comments

  1. zamroni says:

    Kayanya seru banget ikut fun blogging. mang di sana bisa belajar apa saja ya mba?

    1. Belajar banyak, sudah saya tuliskan di blogpost ya.

  2. sama mba, pertanyaanya sama, kapan ya bisa seperti mereka?

    1. Semoga kelas Fun Blogging segera di buka di lokasi yang terdekat dengan Mas Cahyanto ya

      1. Mas Cahyanto ki pancen keluarga besar fun blogging hihiiii

        1. Oalah, maafkan saya Mas *sungkem

  3. Raja Blackwhite says:

    Semangat terus bunda
    Betul FB ini bawa semangat baru buat saya jg semangat ngeblog meski masih belum mau jauh2 dr musik & film
    Tetap berkarya

    1. Iyap, mari ngeblog sesuai passion kita =)

  4. Ani Berta says:

    Terima kasih sudah ikut di Fun Blogging Mba, semoga bermanfaat dan Mba bisa menularkan kembali manfaat yang didapat ke orang lain 😀

    1. Sama sama Teh Ani, saya gak nyesel ikutan =) nanti kalau ada lagi yg kelas Bandung, saya mau ngajuin suami :p biar ketularan juga hehehe

  5. Salam kenal teh, saya orang Bandung juga sebenernya tapi udah 7 tahun tinggal di Bogor. Ikut Fun Blogging 5 waktu itu, senengnya bisa tambah teman di sini 🙂

    1. Salam kenal juga Teh. Bandung nya mana? Kalau saya asli orang Jawa, tinggal di Bandung karena ikut suami yg dpt kerja di sini. Eh btw kita temanan di BBM loh 🙂

  6. inda chakim says:

    yeayyy, met milad bwt fun blogging
    senengnyaaa, bs ikut fun blogging ya mbk 🙂

    1. Iya, seneng banget. Impian yang menjadi nyata =)

  7. Ealah Akmal yo melu?
    Tak kiro Azril tok

    1. Iyo, melu kabeh.. makane heboh

  8. Aku malah last minute gitu daftarnya, pas daftar ternyata udah full seat.
    Tapi emang dasar rezeki kali ya, ada yang batal ikutan jadi cepet-cepet booking takut ga kebagian lagi. Ini juga workshop blogger pertama aku.

    Pesan sponsor: diet alexa rank, yuk. Hahaha.

    1. Alhamdulillah masih rejeki ya Teh. Hayukkk,,, aku masih 1,2 juta nih.. hiks hiks

  9. Hehehee, seneng sekali ya…fun blogging pas di Bandung. Saya malah belum pernah nich. Nunggu di rumah salah satu gurunya keknya, deket sama rumah.

    1. Iya mba, so fun =)

  10. fandhy says:

    Well, untuk daerah purwokerto belum pernah diadakaan acara Fun Blogging X)

    1. Semoga nanti segera ada 🙂

  11. Semoga tambah dan selalu semangat ngeblognya, Teh.. 🙂

  12. Nandira says:

    tentunya banyak ilmu yang didapat ya mbak.
    saya sendiri malah baru star dari vakum.
    jadinya tampilan blog masih berantakan dan belum menyeragamkan sosmed yang ada 🙁

    1. Ayo kita benahi sama sama yuk mba

  13. Kagum deh sama semangatnya, bela2in bawa bayi dan rombongan demi bisa dapat ilmu di Fun Blogging :))

    Semoga kita bisa semangat terus ngeblognya yaaah!

    1. Hehehe aku kayak bawa 1 kloter ya teh, rame, berasa kayak rombongan haji 😀

  14. Ety Abdoel says:

    Dan sayapun hanya bisa berharap semoga Fun Blogging bisa sampai ke Solo.

    1. Aamiin, In Sha Allah suatu saat pasti sampai ^^

  15. Wa Saripah says:

    mau yg spt ini mak…
    di Sulawesi belum nemu yg spt ini terutama di kota kecil Raha,
    🙁

    1. Semoga nanti Fun Blogging bisa sampai Sulawesi ya Mba.

  16. saya baru tau fun blogging itu september lalu, pengen banget ikut, tapi liat acaranya hari sabtu pas waktu hari kerja saya, dan di bandunggggg….. padahal saya di Bogor, huhuhu. lagi nunggu fun blogging berikutnya di Jakarta atau di Bogor

    1. Iya, semoga nanti bisa ikut yang kelas Jakarta/Bogor ya Mba

  17. Acara rutin kah fun blogging ini? Pasti bisa dapat banyak ilmu dari acara ini ya 😀

    1. Fun Blogging diadakan sekitar tiap dua bulan sekali di kota yang berbeda. Bulan depan ada di Surabaya.

  18. inna riana says:

    senangnya ikut fun blogging 🙂

    1. Iya Mak, Alhamdulillah, akhirnya bisa ikutan juga.

  19. aduh saya liat nya kok Seru banget yah 😀

    buleipotan.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *