Agar Anak Terbiasa Mandi Air Dingin, Ini Loh Caranya!


Agar-Anak-Mandi-Air-Dingin

Agar Anak Terbiasa Mandi Air Dingin, Ini Loh Caranya! Musim hujan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Alhamdulillah ya, setelah kemarin kita berulan-bulan kesulitan air.

Musim hujan identik dengan cuaca yang dingin. Kalau sudah dingin begini, biasanya kita inginnya meringkuk di bawah selimut. Bawaannya lapar dan pengen makan terus. Ritual mandi pun jadi jarang. Padahal mandi adalah salah satu aktivitas bersuci yang penting loh. Gara-gara musim hujan, jangan sampai kita jadi jarang mandi ya.

Kalau anak-anak gimana ya? Apakah mereka akan tetap rajin atau jadi ikutan jarang mandi juga? Hmm… semoga tetap semangat mandi ya anak-anak!

Ritual memandikan bayi merupakan aktivitas yang gampang-gampang susah terutama bagi ibu yang baru saja memiliki bayi. Bayi yang baru lahir biasanya dimandikan dengan air hangat sampai umurnya mencapai beberapa bulan. Bahkan, banyak juga Ibu-ibu yang tetap memandikan anaknya dengan air hangat meskipun anaknya sudah menginjak usia sekolah SD.

Banyak ibu yang menanyakan kapan sebenarnya bayi boleh dimandikan dengan menggunakan air dingin karena kemampuan mandi dengan air dingin ini haruslah dilatih sejak dini. Jika bayi terlahir cukup bulan dan dalam kondisi yang sehat dan normal, sebenarnya bayi usia dua bulan pun sudah bisa mulai dilatih mandi dengan menggunakan air dingin. Namun, jika bayi lahir prematur atau kurang bulan, maka sebaiknya mandi dengan air dingin dapat ditunda sampai usianya enam bulan. Pada usia enam bulan ini, sang bayi prematur sudah memiliki kemampuan fisik yang lebih sempurna dan adaptasi yang lebih baik.

Saya sendiri lebih suka memandikan anak-anak dengan air dingin daripada air hangat karena ternyata mandi dengan air dingin itu banyak manfaatnya. Ini dia manfaat mandi dengan air dingin *1, 2):

  1. Membuat badan menjadi lebih segar.
  2. Menjaga kesehatan kulit dan rambut karena mandi dengan air dingin dapat mengencangkan pori-pori kulit, mendorong detoksifikasi, dan membuat kulit menjadi lebih cerah.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah.
  4. Mengatur suhu tubuh.
  5. Merangsang penurunan berat badan.
  6. Meminimalkan depresi.
  7. Meningkatkan gerakan limfatik.
  8. Memperdalam pernafasan.
  9. Meningkatkan energi dan fikiran.

Anak saya yang besar, Akmal, pertama kali saya ajak mandi air dingin pas umurnya 4 bulan. Lalu, benar-benar mulai sering mandi air dingin umur 6 bulan. Alhamdulillah sukses sampai sekarang Akmal menjelang 3 tahun, mandinya tetap dengan air dingin.

Lalu, si kecil yang sekarang berumur 6 bulan. MulaiΒ trainingΒ mandi air dingin saat usianya 2 bulan. hihihi. Kecil banget ya. Pertama-tama sih memang nangis, tapi lama-lama biasa. Nah pas Azril ini mulai umur 4 bulan, tiap hari dia dimandiin air dingin. Brrr.. dingin-dingin seger. Padahal rumah tinggal kami di Bandung loh, yang mana kadang jam 11 siang, air di bak mandi masih terasa dingin.

Mandi Air Dingin. Segaarrr :)
Mandi Air Dingin. Segaarrr πŸ™‚

Ini, saya mau berbagi pengalaman dengan Ibu-Ibu lain yang mungkin mau mulai mengajarkan anaknya untuk belajar mandi dengan air dingin.Β Berikut tips-tips.

  1. Perhatikan kondisi bayi. Sebisa mungkin bayi dalam kondisi sehat dan tidak sedang sakit. Jika bayi sedang kurang fit, sebaiknya tunda dulu untuk mengajaknya mandi dengan air dingin.
  2. Ajak bicara bayi. Sampaikan bahwa dia akan dimandikan dengan air dingin. Walaupun bayi belum bisa bicara, tapi ia bisa mendengar dan mengerti apa yang kita sampaikan. Saya sering mengganti kata air dingin dengan air ‘segar’. Terdengar lebih ramah di telinga anak-anak. Hehehe.
  3. Siapkan baju, celana, kaos kaki, handuk, minyak telon atau kayu putih dan kosmetik yang akan dipakai bayi setelah mandi. Lebih baik disiapkan diawal sebelum bayi mandi supaya nanti jika sudah selesai mandi tidak perlu repot mencari-cari lagi. Selain itu, jika seluruh perlengkapannya sudah siap dari awal, kemungkinan bayi kedinginan lebih kecil.
  4. Atur suhu air, kurangi suhu secara bertahap supaya bayi tidak kaget.
  5. Siapkan mainan yang disukai bayi yang bisa dimasukkan ke dalam bak ya. Kalau bisa mainan yang tahan air supaya tidak cepat rusak. Mainan ini akan digunakan sebagai ‘teman’ mandi sambil bermain.
  6. Jangan langsung masukkan bayi ke dalam bak air dingin. Usaplah dulu kepalanya dengan air dingin, lalu dada dan punggung kemudian kakinya. Setelah itu, bayi boleh dimasukkan ke dalam bak yang berisi air dingin.
  7. Mandikan ia seperti biasa dan jangan terlalu lama supaya bayi tidak kedinginan.
  8. Jika sudah selesai, angkat bayi dari bak mandi dan keringkan dengan handuk.
  9. Oleskan minyak telon ke seluruh badan bayi supaya hangat sambil melakukan pijatan lembut.
  10. Pakaikan baju dan celana yang telah disiapkan tadi, beri kecupan hangat di pipinya dan ucapkan selamat bahwa ia sudah berhasil mandi dengan air dingin.

Jika sudah terbiasa, memandikan air dingin akan menjadi hal yang mudah bagi Ibu dan tentu juga menyenangkan bagi sang bayi. Bahkan, mandi bisa menjadi ritual bermain sambil belajar yang ditunggu-tunggu. Selamat mencoba dan semoga tips memandikan bayi dengan air dingin ini bermanfaat ya.

Baca juga: Tips Toilet Training Bayi

Salam,

Armita

Sumber:

  1. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-mandi-air-dingin.html
  2. http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2014/03/manfaat-mandi-air-dingin-pagi-hari.html

43 thoughts on “Agar Anak Terbiasa Mandi Air Dingin, Ini Loh Caranya!

  1. Armita daei Bandung, hmmm… baca ulasan di atas jadi ga ada alasan sebagai orang Bandung di daerah Ledeng yg super dingin. Disini airnya yahuuud, dingin banget. Tapi sebenernya Ima terbiasa mandi air dingin, makah seger, cuma anak2 masih sering pake air hangat. Tipsnya mau dicoba, ah, makasih yaaaak

    Like

  2. Terima kasih artikelnya mbak, saya kadang masih suka kasian mandiin anak pake air segar hehe.. Baru bisa akhir-akhir ini dan ternyata memang bisa cuma kadang mungkin itu ibunya aja ya yang ga tega padahal anaknya baik-baik saja.
    Salam hangat untuk anaknya πŸ™‚

    Like

  3. Aku sebenernya prefer mandiin anak2 pake air dingin. Tp krn mbah utinya selalu mandiin pake air anget jd pada manja. Protes dan gak mau mandi klo ga pake air dingin. Dek paksi paling susah adaptasi mandi pake air dingin.
    Klo duo kakaknya masih mendingan.

    Like

  4. Anak saya pernah terbiasa mandi pake air hangat (saat di Aussie ada kran air hangat, yang sebenernya buat kalo winter aja harusnya). Gara-gara ini, mereka jadi nggak kuat air dingin saat di Indonesia (jarang lah ya rumah yang punya kran air hangat kecuali di hotel). Sekarang sih udah terbiasa lagi, meskipun di Bandung. Dibiasakan gak pake air hangat. Oya, anak-anak saya mah udah gede, usia SD πŸ˜‰

    Like

  5. Aku juga ntar gitu ke anak kedua
    Dulu Cica kan ada eyangnya
    Kalau mau tak mandiin air dingin langsung diprotes
    “Jangan ah kasihan. Bapaknya aja sampai SD mandi air anget.”
    Hahaha aku langsung mingkep
    Kalau pulang Lampung atau eyangnya ke sini pasti Cica dimandiin air anget
    *mindahin komen dari pesbuk hahahaha

    Like

  6. saya masih tinggal sama mertua Mak. Beliau tampaknya sangat anti ngasih anak air dingin. Buat bersihin pup aja musti air hangat. Kadang kalau beliau gak ada, saya suka curi2 pake air dingin. Anakku teriak-teriak protes deh jadinya. Hehehehe..

    Like

  7. Mantap akmal&azril.. pantesan waktu ke dago akmal mandinya pake air dingin.. padahal mah airnya kayak air es.. miskah ajah yg di cibitung mandinya air anget.. sekalinya pake air dingin langsung pilek.. hayuk ah miskah belajar mandi air dingin kayak mas akmal&azril

    Like

  8. Kalo di daerahku dingin banget mbak airnya, soalnya di lereng gunung, biasanya masih pake air anget mandinya, pernah sih pake air dingin, tapi kasian anaknya, jadi menggigil kedinginan.

    Like

  9. Kalau mandi sore air segar juga? Batas mandi paling sore jam berapa ya? Sepupu-sepupuku sering main di rumah pas pulang sekolah sampe magrib gitu. Mereka pulang jam 5 sore, sampe rumah kadang jam setengah 6an karena jemputannya antar yang lain dulu. Terus mereka suka mandi sebelum ngaji gitu, tapi aku suruh pake air anget sih. Kasian soalnya, ngga tega udah sore dingin :p harusnya gimana ya, Mba?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s