Liburan Keluarga Tanpa Merana, Begini Caranya!


“Yah, bulan depan kita banyak pengeluaran loh. Mau bayar pajak mobil, mau ke Pangandaran terus ke Jogja. Siapin uangnya ya…”

“Oke, rezeki sudah ada yang ngatur”

“Ya enggak, maksud aku kan perlu direncanakan, dihitung baik-baik. Ya bener sih rezeki sudah ada yang ngatur, tapi kan kita perlu atur-atur”

“Ya” jawab suami singkat.

***

Perbincangan saya dan suami sore itu berakhir dengan kekesalan. Tepatnya, saya yang kesal. Suami sih woles aja. Yap, saya kan maunya kalau pengeluaran itu diatur baik-baik, terencana, gak ada pos-pos yang bocor. Kalau jalan-jalan sudah diatur itenerarynya, mau ke mana aja, berapa hari, nginep di mana, budget berapa dsb. Tapi kalau suami itu orangnya santai, yang penting berangkat dan bisa pulang lagi ke rumah dengan selamat. Mau makan di mana nginep di mana itu terserah, gimana keadaan nanti yang bicara. Yap, khas lelaki banget. 

Makanya kadang saya malas banget jalan-jalan. Baru ngrencanain aja udah bentrok gini sama suami. Wkwkwk. Weekend di rumah, ngeblog sambil ngagoler di kasur itu lebih dari cukup buat saya daripada ribet dan ribut.

Tapiii…sebenarnya ada hasrat terpendam juga, pengen pergi jalan-jalan sama keluarga (saya, suami, dan anak-anak) soalnya kami jarang banget jalan-jalan yang sengaja jalan-jalan. Terakhir itu seingat saya awal tahun 2016 ini. Waktu itu kami ke Taman Satwa Cikembulan Garut, yang lokasinya dekat dari rumah, tanpa macet, relatif murah, dan ramah anak. Jalan-jalannya pun mendadak, begitu pengen langsung berangkat. Gak pernah yang jalan-jalan dengan well planned. Kadang sudah direncana, tapi seringnya gagal. Makanya kami mending jalan-jalan yang mendadak gitu modelnya.

Taman-Satwa-Garut
Jalan-Jalan Dadakan Awal Tahun 2016 di Taman Satwa Cikembulan, Garut.

Armita-Akmal-Azril -Cerita

Keinginan untuk bisa jalan-jalan sekeluarga dengan perencanaan yang baik membawa saya untuk mengikuti Talkshow Sunlife Bersama Blogger Bandung. Acaranya hari Minggu kemarin tanggal 31 Juli 2016 di Cafe Halaman, Paris Van Java, Bandung. Acara mulai pukul 13.00 sampai kurang lebih pukul 16.00

Dari acara tersebut, ekspektasi saya, nanti saya bisa tau gimana tips dan triknya bisa jalan-jalan bersama keluarga dengan perencanaan yang lebih baik, jauh dari merana, tidak hanya sekedar jalan-jalan dadakan seperti yang keluarga saya selama ini lakukan.

Kira-kira, harapan saya terpenuhi gak ya oleh talkshow ini?

Liburan-Keluarga-Sun-Life
Sun Life Bright Advisor

Talkshow dibuka dengan perkenalan dari Sunlife Bright Advisor yaitu media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Di portal online ini, kita bisa menanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan kita baik tentang asuransi maupun investai. Atau kalau mau bertanya tentang kesehatan, pendidikan dan perencanaan keuangan lain juga boleh. Tentang perencanaan jalan-jalan juga bisa kok. Gratis, gak perlu bayar loh karena kita gak perlu bayar apapun atau beli produk asuransinya. Tapi kalau mau beli ya gak papa.  Sesuaiin aja sama kebutuhannya, nanti Bright Advisornya akan dengan senang hati membantu.

Bright Advisor Sun Life
Sun Life Bright Advisor

Saya lihat beberapa blogger yang hadir di talk show ini antusias menanyakan hal-hal seputar asuransi, mana yang lebih baik asuransi atau investasi, dan sebagainya. Untunglah para Bright Advisors yang hadir di talk show ini cakap dan lugas dalam menjawab pertanyaan blogger Bandung yang kritis-kritis.

Acara berlanjut dengan presentasi yang dibawakan oleh Ibu Joice Tauris Santi, seorang wartawan senior Kompas yang sudah malang melintang selama 17 tahun di dunia media. Beliau penulis buku juga dan sudah sangat sering jalan-jalan keliling dunia.

Mengikuti pemaparan dari Ibu Joice seperti menemukan jawaban dari pertanyaan saya, tentang bagaimana merencanakan liburan yang fun dan gak ngabisin duit. Yap, apalagi kalau bukan perencanaan yang baik.

Liburan-Keluarga-Sun-Life-Joice
Ibu Joice Tauris Santi Cerita Gimana Biar Liburan Tidak Berakhir Merana 😀

Berikut point-point perencanaan agar liburan kita tetap asyik tanpa meninggalkan hutang sepulang dari liburan. Hari gini liburan sambil ngutang? no..no… big no! Sorry la yaaw!

  1. Tetapkan tujuan liburan. Liburannya mau ngapain nih, mau ibadah (umroh), refreshing, cari berita, kuliner, mendalami budaya lokal, atau cuma mau sekedar ngabisin duit? Menentukan banget loh ini, menetapkan tujuan liburan di awal biar selama liburan gak melenceng ke mana-mana.
  2. Waktu. Mau liburan kapan? Kalau saya senengnya liburan pas low season, jadi gak crowded dan ini pengaruh banget sama budget. Pas gak lagi musim liburan, tentu harga tiket lebih murah. Tapi kalau punya anak-anak yang sudah masuk usia sekolah, agak repot juga sih kalau mau liburan pas low season. Saya belum ngalamin soalnya anak-anak masih balita semua dan belum ada yang masuk sekolah. Ohya, kalau sudah tau waktunya mau liburan kapan, bisa pesan tiket jauh-jauh hari, misal setahun sebelumnya. Tiketnya jauh lebih murah.
  3. Ke mana. Misal keluarga saya, akhir bulan ini mau ke Jogja karena ada keperluan keluarga. Sekalian ngeberesin keperluan keluarga, pulangnya mampir ke objek wisata di sekitar Jogja.
  4. Budget. Ada 6 pos pengeluaran yang biasanya terpakai selama liburan: transportasi, penginapan, makanan (15%), biaya rekreasi, oleh-oleh, dan biaya tidak terduga. Usahakan semua dana untuk liburan ini adalah hasil tabungan, jangan pernah hasil hutang. Repot sendiri bok kalau liburan hasil hutang. Pulang liburan bukannya seger malah pening. Kalau bingung atur anggaran untuk liburan, coba konsultasikan ke Bright Advisor, mereka akan dengan senang hati dan terbuka membantu kita menyelesaikan masalah.

Tips nih. Ohya, kalau mau liburan tapi dana terbatas, caranya kita bisa tekan pengeluaran dengan pintar-pintar memilih moda transportasi dan penginapan. Untuk transportasi, misalnya, kita bisa pilih penerbangan yang murah (low cost carrier) atau pilih penginapan di budget hotel (hotel dengan layanan standard sesuai dengan kebutuhan konsumen).

Ke empat point di atas itu, masih PR banget buat saya dan keluarga yang suka liburan dadakan. Padahal mah ya, kalau direncanakan baik-baik dan dikomunikasikan dengan lebih baik, pasti bisa loh! Yuk ah semangat, belajar merencanakan dengan baik lagi!

SunLifeFuturePlan Parmadi
Parmadi yang Memaparkan Tentang Bagaimana Tips dan Trik Selama Travelling. Sumber Foto: Twitter Sun Life Indonesia

Seorang travel blogger yang juga merangkap sebagai fotografer, yaitu Parmadi Budiprasetyo kemudian melengkapi paparan dari Ibu Joice. Ada banyak hal yang bisa dipelajari saat bepergian, misalnya, mempelajari hal yang baru, bersosialisasi, mendapatkan perspektif baru, dan juga membahagiakan. Hal terpenting dalam sebuah traveling adalah menikmati prosesnya.

Apa yang disampaikan oleh Parmadi ini ada benang merahnya dengan yang disampaikan oleh Ibu Joice. Agak mirip, tapi saling melengkapi. Parmadi banyak membahas tentang pengalamannya berkelana dan hal penting menurut dia ketika traveling itu adalah bersama siapa karena partner perjalanan itu menentukan asyik atau enggaknya sebuah perjalanan. Jalan-jalan udah kayak nikah aja ya 😀 wekekek.

Ada satu hal yang penting dilakukan sebelum melakukan liburan tapi saya dan keluarga tidak pernah melakukannya: cek kondisi kesehatan misalnya tes alergi. Hihihi. Untunglah saya dan keluarga semuanya tidak ada yang alergian, semuanya normal. Biasanya sih, saya dan keluarga cek kesehatan biasanya yang umum-umum saja dan bisa dilakukan sendiri, misalnya dalam kondisi baik, sedang tidak demam atau sakit berat lainnya. Bahkan kalau sedang flu atau batuk, sebaiknya tinggal saja di rumah, istirahat cukup supaya lekas kembali sehat.

Daaann, satu hal yang terpenting lagi dari traveling adalah memiliki asuransi kesehatan yang menjamin kita selama bepergian. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi selama kita traveling. Dengan adanya asuransi kesehatan yang menjamin selama kita traveling, setidaknya akan membuat kita lebih tenang menikmati masa liburan kita. Oke, ini juga penting, tapi saya dan keluarga belum punya. Hiks. Ini PR.

Sebelum mengakhiri acara, Sun Life membuka sesi tanya jawab dengan Parmadi, Fabie (Senior Manager Digital & Social Media Marketing), dan Kaiser. Peserta terlihat antusias dengan melayangkan berbagai pertanyaan. Penanya terbaik dapat hadiah loh, seru ya!

Ohya, selama talk show ini ada juga lomba live tweet di mana para blogger yang menang live tweet juga mendapatkan hadiah. Ada Teh Efi, Kang Ali, dan Teh Yeni dari Blogger Bandung. Selamat ya, semuanya 🙂

SunLifeFuturePlan Penanya Terbaik
Penanya Terbaik Mendapatkan Hadiah dari Sun Life. Sumber Foto: Twitter Sun Life Indonesia
SunLifeFuturePlan
Pemenang Live Tweet Competition. Sumber Foto: Twitter Sun Life Indonesia
SunLifeFuturePlan BloggerBandung
Sun Life Berfoto Bersama Blogger Bandung. Sumber Foto: Twitter Sun Life Indonesia.

Mengakhiri talk show ini dengan berfoto bersama antara Sun Life dan member Blogger Bandung. Semua tampak bahagia!

Pulang dari acara ini jadi bertekad untuk kembali lagi meluruskan niat untuk melakukan perencanaan keuangan keluarga yang lebih baik, terutama dalam hal perencanaan keuangan untuk liburan keluarga supaya tidak merana. Siap? Yess!

Jadi, kita jadi liburan nih? Yess, but well planned please, baby!

13 thoughts on “Liburan Keluarga Tanpa Merana, Begini Caranya!

  1. Klo di keluargaku..malah aku yang suka ” ngalir” mbak… Berangkat aja dulu. Suamiku yang tipe terencana. Tapi kadang acara liburan gagal total; sampai tujuan…anak merengek minta beli mainan, setelah dibelikan, merengek lagi minta pulang…mau mainin mainan baru dirumah.. Wkkk..wkkk

    Like

  2. Iya, biasanya kalau udah jalan-jalan sering lupa diri. Tahu-tahu bocor aja, abis jalan-jalan malah bingung. Memang perencanaan keuangan harus dilakukan secara matang. Nice info mba.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s