Cara Mempromosikan Bisnis Kita di Media Sosial

Cara Mempromosikan Bisnis Kita di Sosial Media. Hai teman-teman. Punya anak dua laki-laki semua sambil mengurus rumah tangga tanpa ART dan bisnis yang dijalankan dari rumah itu gampang-gampang susah. Pada saat yang bersamaan saya harus menjadi seorang chef, suster, pendongeng, supir, perencana keuangan, juru gambar, dan sebagainya di samping sebagai seorang konsultan nama dan penerjemah tentunya, dua profesi yang sekarang sedang saya geluti juga. Ohya, di sela waktu, saya juga nyambi jadi blogger.

Baca: Melejitkan Bisnis dengan Internet nan Legit

Kurang lebih tiga tahun belakangan ini, profesi ibu rumah tangga yang “ngantor” di rumah saya jalani, melayani pesanan dari para klien yang ingin dibuatkan nama baik nama bayi maupun perusahaan, dan juga pesanan dokumen terjemahan. Ada beberapa tips yang bisa saya bagi untuk teman-teman nih, seputar bagaimana memanfaatkan sosial media yang kita punya sembari mempromosikan bisnis yang kita jalani. Kebetulan bisnis saya bergerak di bidang jasa dan tips di bawah ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kalau misalnya teman-teman punya pengalaman berbeda dan bisa ditambahkan, please feel free to add yours di kolom komentar ya.

Memanfaatkan Sosial Media untuk Bisnis

Baca: Cara Memulai Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Punya Blog

Punya blog itu bisa menunjukkan apa yang kita geluti/tekuni, apa yang terjadi di balik layar bisnis, menceritakan bagaimana proses kita memenuhi pesanan klien, plus juga bisa sebagai sarana untuk menunjukkan portofolio kita. Para pembaca blog kita atau bahkan calon klien bisa dengan mudah melihat bagaimana cara kita bekerja, tingkat kreativitas, bahkan layanan jasa yang kita sediakan. Ohya, jangan lupa gunakan foto/gambar yang kece ya buat ditampilin di blog biar pengunjung pada betah. Plus tambahkan icon sosial media untuk memudahkan pembaca membagi blogpost kita di sosial media mereka.

2. Gabung dengan Komunitas di Facebook

Bisa gabung dengan komunitas blogger atau dengan teman-teman lain yang punya usaha sejenis. Kalau saya banyaknya gabungnya dengan komunitas blogger dan penerjemah. Di dua komunitas itu, sering banget dapat job. Kalau komunitas pembuat nama setau saya belum ada karena memang tidak banyak orang yang menekuni usaha sebagai konsultan nama.

3. Bagikan Kabar Terbaru di Facebook, Twitter dan Instagram

Tiga sosial media ini yang paling berpengaruh ya di Indonesia. Twitter dan Instagram itu flownya cepet banget, beda dengan Facebook. Kita mah udah khatam ya main Facebook. Wkwkwk. Kalau di Twitter dan IG, kita harus tau jam-jam yang pas kalau mau share produk/jasa jualan kita. Kalau waktunya gak pas, percuma kita ngetwit dan posting foto di IG karena orang gak lihat apa yang kita bagikan. Waktu terbaik untuk share berita di Twitter dan IG itu jam sekitar jam 09.00, 12.00, 16.00, dan 19.00 Kalau saya masih sering sesempetnya sih, hehehe, harusnya dijadwalin gitu ya.

Ohya, kalau main di IG jangan lupa pakai hashtag yang berkaitan ya. Saya seringnya pakai ini #konsultannama #namabayi #namabayiunik #namaanak

4. Main di Pinterest

Oke, ini masih PR banget buat saya soalnya saya jarang banget main di Pinterest. Pinterest ini cocok buat mereka yang buka jasa desain, gambar, produk, kerajinan, dll. Katanya kalau mau sukses di Pinterest, lebih baik kita gunakan gambar yang “vertikal” daripada yang horizontal karena orang cenderung lebih suka klik yang vertikal, tampilannya terlihat lebih besar di Pinterest. Ohya, tuliskan deskripsi produk yang detail dan jelas ya supaya orang lebih gampang nyari apa yang mereka butuhkan.

Ada satu sosial media lagi yaitu Path, tapi circle di Path itu terbatas, emang sih dia dikhususkan untuk yang lingkaran terdekat saja. Saya gak begitu main di Path, update sepentingnya saja karena ya itu lingkarannya terbatas dan teman saya di Path gak banyak. Terus, saya itu udah tiga kali bikin Path dan ketiganya lupa password semua. Ya sudah, uninstall saja lah, maksimalkan Facebook, Fan Page, Twitter, Instagram dan Blog.

Baca: Problem Solved Berkat Internet

Ya udah segitu aja tips mudah dari saya tentang gimana caranya mempromosikan bisnis kita lewat sosial media, yang mau nambahin boleh banget ya. Ceritanya ini saya terinspirasi dari tulisan Mbak Indah Juli yang membahas tentang fenomena media sosial sebagai ajang curhat. Kalau saya, daripada buat curhat gak jelas, mending medsos dipakai buat jalan bisnis. Ya gak?

Terakhir, follow akun sosial media saya yaa… ada di sidebar kanan, please 😉 Wkwkwk, tetep promosi ya 😀

Love, love!

Armita

Comments

  1. echaimutenan says:

    main di pinterest ini susah2 gampang–”
    aku lagi nyoba jual kesana cuma belum diliriiikkk

    1. Iya Mbak, saya kebanyakan cuma buat nyari-nyari ide kalau di Pinterest mah.. belum maksimal 😀

  2. IG saya gak main gak ngerti mainnya, pdhl prnh bikin akun ya saya hapus. Pinterest main buat pajang foto2 bunga2 koleksiku, klo promosi blm sih 😀 ,

    1. IG keren Mbak, saya paling suka di IG sih..

  3. aku punya pinterest, tapi cuma aku buat sbg mesin pencari foto aja wkwkw XD
    kalo promosi jualan sih di FB, IG sama twitter 😀

    1. Sama, saya juga buat cari-cari inspirasi kalau di Pinterest 🙂

  4. IndahJuli says:

    Aku tuh kagum sama dirimu yang berhasil bisnis via sosial media.
    Kepengen tapi belum tahu apa yang mau dibisnisin 😀
    Terima kasih sudah berbagi ya 🙂

    1. Mbak Indah mah karyanya udah banyak banget..keren keren semuaaaa tulisannya 🙂

  5. waaah pemakaian medsos yang positif. aku suka idenya. kalo timbul tenggelam pakai medsosnya bakal sukses gak ya ? soalnya aku tipe orang yg gak pantengin medsos tiap saat. kl mo share blog ato ada waktu luang
    nah lho, aku kasih pr nih hehehe….

    1. Memang sih kudu konsisten 😉

  6. rahmiaziza says:

    Pinterest masih binguuung. Salut maak padamu bisa maksimal mempromosikan diri sebagai jasa pembuat nama via socmed. Aku masih belum maksimal neeeh

    1. Mbak Rahmi juga keren dg Mak Iritsnya :*

  7. Ibu Jerapah says:

    Kalau aku jualan buku anak, kira2 enakan di sosmed apa ya teh? Masih malu2 ih jualan di sosmed :p

    1. Dessy mah banyak followersnya 🙂 laku yaaa bukunya!

  8. zamsjourney says:

    salam kenal mbak 🙂 siap menerapkan nomer 1,2 dan 3 nya. Klo nomer 4 emang gak main 😀

    1. Salam kenal kembali. Yang nomor 4 gampang-gampang susah sih 🙂

  9. azizahnazi says:

    saya baru mau mulai maaak… ngenes banget rasanya buat promoin fanspage fb biar banyak yang nge like

    1. Semangat ya Mbak!

  10. Aku belum main ke pinterest nih mbak 🙁

    Habis baca postingan ini aku coba ah tipsnya, makasih ya mbak 🙂

    1. Ayuuukkk, saya juga belum maksimal di Pinterest nih

  11. Molly says:

    Kunci dari semuanya kayaknya siy tetep harus konsisten ya mba. Mau join di komunitas manapun atau punya akun seabrek, kalo ngga dikelola serius dan konsisten, ngga bakal jadi apa-apa. Tfs ya :).

  12. lialathifa says:

    dulu sempat punya bisnis, memang sosmed itu membantu bgt, tapi blm pernah coba pinterest, thanks infonya

    1. Sekarang bisnisnya gimana Mbak? Yuk main Pinterest, saya gak terlalu bisa euy 😀

  13. hihihi…makasih tipsnya, bisnis apa ya yang cocok buat saya?

    1. Teteh apa ya? buku? kosmetik?

  14. Wadiyo says:

    setahuku setiap media sosial bisa optimal untuk produk tertentu.
    bagaimana dengan Pinterest ya, produk aoa yang bagus dijual di sana?
    terima kasih

    1. itu ada penjelasannya di blogpost saya produk apa yang pas di Pinterest 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *