Hati-Hati Penipuan Dengan Modus Mandiri E-Cash


Hati-Hati Penipuan Dengan Modus Mandiri E-Cash. Kejadian ini menimpa saya kemarin siang, saya hampir tertipu. Kronologinya begini.

Kemarin siang, sebuah invitation masuk ke BBM saya. Saya memang sengaja menyebarkan PIN BBM saya kepada publik untuk memudahkan urusan usaha yang saya jalankan dalam bidang konsultasi nama bayi dan perusahaan. Maka ketika ada orang asing/orang yang tidak saya kenal secara pribadi meng-invite BBM saya itu sudah menjadi hal biasa, maka tanpa pikir panjang langsung saja saya approve. 

Lima menit sebelumnya, saya baru saja selesai mengupload beberapa foto barang dagangan saya di OLX. Supaya memudahkan transaksi jual beli, saya meninggalkan nomor HP saya dan nomor PIN BBM di OLX ini. Jika ada calon konsumen yang berminat dengan barang dagangan saya, calon konsumen tersebut bisa langsung menghubungi saya. 

Sebuah undangan BBM masuk atas nama Amirullah. Dilihat dari foto profilnya, ia adalah laki-laki dewasa berumur sekitar 30-35 tahunan dan mengenakan seragam dinas berwarna biru. Saya accept undangannya dan berikut kira-kira obrolan kami. Obrolannya gak sama persis, tapi kira-kira garis besarnya seperti ini.

Amirullah: “Ini yang jual baju ya?”

Saya: “Bener, mau?”

A: “Bajunya berapaan Gan?”

S: “Baju yang mana? Dapat kontak saya dari mana?

A: “OLX”

S: “Lihat aja di OLX, sudah saya upload dan deskripsi lengkap”

A: “Kirim sini aja Gan gambarnya, biar jelas!”

Sudah agak curiga saya di sini, mau beli tapi kok malah seperti maksa minta kirim gambar. Padahal biasanya kalau pembeli online itu kirim hasil screenshoot barang yang dia inginkan dan tanya ke penjualnya.

Kemarin saya lagi baik dan agak malas sebenarnya meladeni dia. Tapi saya masih mikir, oh mungkin dia mau beneran beli. Ya sudah, terus saya kirim deh tiga gambar/foto baju yang saya jual.

A: “Ada ukuran apa aja Gan?

S: “S-XXXL”

A: “Berapaan harganya?”

S: “75rb”

A: “Oke saya mau dua, warna putih size L. Ini alamat saya, berapa totalnya”

Dia langsung kirim foto KTP dan SIM dengan nama Amirullah alamat di Makassar. Sayang saya gak ingat detail alamat rumahnya. Tapi nama, alamat, dan fotonya antara KTP dan SIMnya sama. Sama juga dengan foto profilnya di BBM. Pekerjaannya PNS.

Saya coba ngecek biaya ongkirnya via JNE. Ongkos ke Makassar dari Bandung itu Rp 26.000 jadi totalnya Rp 176.000 untuk dua kaos.

Kecurigaan saya bertambah pas dia langsung deal pengen beli dua kaos ukuran L. Padahal yah saya baru selesai upload barang dagangan di OLX itu sekitar 5 menit sebelum si penipu yang pakai identitas Amirullah ini datang untuk bertransaksi. Weleh, kok cepet banget ya. Biasanya saya butuh beberapa hari sampai ada yang benar-benar mau beli.

Tambah curiga lagi pas dia kirim foto KTP dan SIM. Ngapain dia sibuk-sibuk kirim foto KTP dan SIM coba. Kualitas fotonya buruk pula agak blur. Well, sampai sini saya memang agak curiga, tapi masih menaruh harapan. Ya kali dia mau beli beneran dan males ngetik alamatnya yang panjang. Mending aja identitasnya di foto dan dikasih ke saya fotonya.

S: “Totalnya Rp 176.000, ini no rekening saya. Kabarin kalau udah transfer ya”

A: “Saya nanti transaksi via Mandiri. Tapi saya punyanya E-CASH. Agan ke ATM ya, nanti kalau sudah di ATM saya baru transfer”

Tambah lagi curiganya, ngapain saya harus ke ATM kalau dia mau transfer, transfer mah tinggal transfer aja. Saya memang punya rekening di Bank Mandiri, tapi tetap malas kalau harus ke ATM, jauh.

S: “Gak bisa, via transfer bank aja”

A: “Saya punyanya cuma e-cash Mandiri, ke ATM ya, saya tunggu sekarang!”

S: “Gak bisa, kamu setor tunai aja”

Mulai kesel, karena dia maksa-maksa nyuruh saya ke ATM saat itu juga. Males banget saya ke ATM siang bolong kemarin mana anak lagi tidur. Masa saya harus gotong-gotong anak ke ATM. Kan sayang waktu tidur dia terganggu. Terus, saya juga lagi sambil ngerjain pesanan nama bayi.

A: “Ini caranya kalau e-cash Mandiri” – Dia sambil ngirimin foto screenshoot dari Bank Mandiri cara bertransaksi via Mandiri E-Cash.

S: “Saya tau” – Padahal saya gak tau aslinya, tapi udah kadung dongkol, pura-pura aja tau cara bertransaksi e-cash Mandiri.

A: “Ke ATM ya sekarang, saya tunggu”

S: “Gak bisa”

A: “Ya sudah!”

Langsung delcon.

Yaaah.. dia langsung ngedelcon, padahal belum sempat saya simpan foto KTP dan SIMnya, belum sempat screenshoot percakapannya, dan belum sempet ngomelin kalau dia ternyata mau nipu. 😀

Pas dia ngedelcon, saya langsung yakin kalau dia penipu. Mungkin penipunya gak bernama asli Amirullah, bisa saja namanya lain. Tapi dia menggunakan identitas Amirulllah. Dia bisa saja nemuin KTP dan SIM atas nama Amirullah ini dan kemudian disalahgunakan sebagai alat untuk mengelabui calon korbannya. SIM dan KTP digunakan untuk meyakinkan calon korban, secara kan SIM dan KTP itu bukti identitas yang resmi. Nama kontak BBM dan foto profilnya pun sengaja dibuat sama, biar calon korbannya makin yakin. Fotonya resmi, semacam foto 3×4, atau 4×6 yang kemudian difoto/scan dan digunakan untuk foto BBM. Foto ini kemungkinan ada di dompet ketika ditemukan oleh si pencuri.

Kemungkinan sebab dia minta saya kirim foto adalah dia lupa baju yang dijual yang mana. Dia pasti invite banyak PIN penjual/pedagang. Dengan cara dia minta saya kirim foto, dia jadi tau saya jual baju yang mana.

Buat teman-teman yang jualan online, hati-hati dan tetap waspada ya. Penipu itu dimana-mana. Macam-macam saja sekarang cara penipu mengelabui kita. Saya jadi inget kejadian pas bulan puasa kemarin, beberapa hari sebelum Lebaran, tetangga saya ketipu juga, laptopnya ke gondol sama si penipu.

Baca: Hati-Hati Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Jika pun saya jadi ketipu, memang nilainya gak seberapa, cuma sekitar Rp 176.000 saja. Tapi pasti akan keinget-inget dan jadi sedih. Dan nilai segitu itu mayan banget kan bisa buat beliin baju anak.

Hikmahnya, gara-gara kejadian ini saya jadi tau kalau ada penipu yang memanfaatkan uang elektronik/E-Cash. Kebetulan aja banknya Mandiri. Saya jadi browsing cara-cara penipu mengibuli korbannya dengan e-cash ini. Macam-macam caranya. Googling aja coba. Ada yang kena ratusan ribu sampai jutaan. Kasian. Banyaknya sih modus menang undian gitu dan ternyata masih banyak yang percaya.

Pernah ngalamin kejadian serupa atau mirip-mirip gak? Terus gimana, si penipu ini diapain sama kalian?

195 thoughts on “Hati-Hati Penipuan Dengan Modus Mandiri E-Cash

  1. Teman saya ada yang hampir ketipu mbak. Dia juga sudah belain datang ke atm. Bank Mandiri juga. Modusnya hampir sama. Untungnya dia langsung nyadar hampir ketipu. Si penipu juga agak kaget pas nanya berapa saldonya, dia bilang hanya berapa ratus ribu. Lalu dia minta norek sodara atau temannya yang sama2 mandiri, karena katanya kali beda bank nggak bisa. Karena sudah tahu akan ditipu ya dia pura-pura ikuti instruksinya. Pas di akhir ‘digetok’lah dia kalo mau nipu. 😀

    Like

      1. nih saya baru ditelponin samadi wa, saya kerjain dulu ya ni orang ampe cape bener, sama modusnya baru aja posting di olx, sama orang makasar dari dialeknya, balik dikerjain nih tukang tipu

        Like

  2. Penipuan sekarang canggih ya mbak, ada aja modusnya. Kalau aku yang terakhir kemarin dapet duit 10 juta dari mandiri, terus dipaksa ke atm sekarang juga. Dia tanya juga berapa lama jarak kantor sama atm mandiri terdekat. Maksa banget deh! Akhirnya curiga kan yah, ini mau ngasih hadiah tapi kok ngotot banget, penipuan nih

    Like

  3. Wah. Iya, aku selalu meninggi radar kecurigaannya kalau ada yang nyuruh-nyuruh kita cepat-cepat pergi ke ATM, atau wanti-wanti, jangan sampai ada orang yang tahu ya kalau lagi transfer. Udah deh, biasanya itu nipu.

    Like

  4. Saya pake Mandiri, Mit. Itu mah kelihatan banget nipunya ya. Nyebelin. Saya kadang2 mikir yg kena tipu sebenernya orang2 dgn tingkat pendidikan gak bagus deh. Mereka yg jadi targetnya, orang2 yg mikirnya sering gak logis. Atau yg gak ngerti. Soalnya penipuan model begini mah udah kelihatan gelagatnya dr awal. Eh mereun sih. Heuheuheu.

    Like

  5. Modus macam gini banyak banget yah, kaka saya pernah kena juga. Semoga cepet disadarkan mereka yang cari uang dengan cara licik dan haram. Syukur ya mba ngga kena jebakan si badman. huhuhu

    Makasih banyak sharenya. 🙂

    Like

  6. hari ini tanggal 09092016 tepatnya jam 10.56 saya di telfon dari nomor 082177193173,dia ngakunya dari Telkomsel dan nomor saya mendapatkan hadiah sekitar 8 jt,lalu dia nanyain,” udah ada belom terima sms e-cash,lalu sy jawab blom ada tu,lalu beberapa detik kemudian smsnya masuk,BANKMANDIRI :e-CASH anda telah menerima transfer dari 081369580473 sebesar Rp 8,00 Ref:20160909296249105450. Saldo anda Rp 8,00.
    karean sbelumnya sudah pernah denger dan lihat modus penipuan spt ini di medsos / youtube,sy iya2in aja orangnya.trus kondisi sy pada waktu itu lg kerja,kerjaan numpuuuk bgt trus orangnya getol bgt telfonin sy terus,sy bilangin aj k orgnya maaf ya pak,klu setahu sy hadiah spt itu bukannya ada pemberitahuan resmi di situs telkomsel,tp dia ngotot klu inilah pemberitahuan resminya.Dan akhirnya kesabaran sy pun habis ,sy maki2 tu orang, sy bilangin mas tobat napa hidup itu klu dari nipu gg bakalan barokah trus dia ngeluarin kata2 kasar,ya sy kasarin balik,sy bilangin aj “woi anjing,klu kw mau nipu2 aq! kw salah orang setan,aq lg sibuk,masih byk kerjaan yg lebih penting dari pada ngeladenin kamu bangsat!” trus sy matiin tu hp. Sejam kemudian si Penipu dengan nomor +6282177193173 sms sy isinya : SETAN KAMU YA SAYA BUNUH KAMU KAMU KIRA SAYA TIDAK TAU .SY BERSUMPAH KAMU 2 X 24 JAM KAMU PASTI JADI MAYAT.
    maaf terlalu panjang curhatnya…smoga yang baca tidak tertipu dgn modus yg seperti ini

    Like

  7. 20 april 2016. Sekedar berbagi cerita buat teman2, kebetulan baru aja terjadi. Hampir dah saya ketipu ama bangsat ini no hp penipunya 0812-7207-9983. Dia mau beli barang dagangan saya di olx. Harga 480. Sempat tawar2 melalui wa saya. Suruh dikirim barang yang saya jual ke penerima yuki hardianto dibogor. Dia sempat Wa kan ke saya bukti tranafer e cash mandiri sekaligus foto copy ktp berikut alamatnya.Tapi yang buat curiga kok saya suruh k atm dulu trus di suruh top up isi saldo e cash mandirinya dengan atm saya. Sesuai dengan nominal yang akan dia bayar k saya.. bego ni org masak dia mau beli barang kita kok bayarnya pake uang kita. Emang monyet penipu kelas teri. Hati2 terpancing. Mungkin bagi saudara2 yang kurang paham dengan mandiri e cash bisa tertipu. Karena penipu ini bisa screenshot bukti pengiriman sesuai tanggal dan waktu pada saat transaksi hari tersebut. Mungkin klw mau tanya2 bisa wa saya 081360517828. Demikian kisah nyata ini.. hehe bye

    Like

    1. Barusn saya dihubungi sama ini nomer dengan modus yg sama juga. Untungnya dlu sempet bisnis online shop jd ada rasa curiga. Makasih ini infonua ngebantu banget buat ngeyakinin kalo dia penipu😂😂😂

      Like

    2. barusan sy juga hampir kena..suruh transaksi pake bahasa inggris..untung nggak sampe kena krn saldo di atm di ambil dulu sampe saldo 0 baru transaksi..penasaran aja modus nya..ternyata suruh top up ke rekening dia
      sempat kirim id sy..jd takut kalau disalahgunakan

      Like

    3. Thanks infonya…penipu dgn no hp 0812-7207-9983 ternyata masih hidup. Hari ini saya nyaris jadi korbannya, Dia hubungi saya via WA, modusnya pura-pura mau beli dagangan saya di OLX. Langsung googling nomor hpnya dan terarah ke halaman ini. Thanks again…God bless us.

      Like

  8. alhamdulillah gak kejebak ya mbak. Kalo enggak ya pasti nyesek. Berapa pun jumlahnya tetap aja ditipu tuh nggak enak. Kalau aku tuh dulu sering dapat telpon menang undian. Eh, maksa suruh transfer ke atm biar uangnya bisa keluar. Udah basi sih kalo ini.
    Dulu pernah juga ada sales yg jual kacamata yang datang ke rumah-rumah. Maksa banget minta dibeli. Pas dibilang aku nggak punya uang, eh dia malah nanya : Ibu punya cincin atau kalung? ibu punya brankas gak di rumah? letaknya di mana bu? itu ngomongnya dengan nada yang panjang gitu deh. Kayak menginstruksi gitu. Aku langsung tutup pintu cepat-cepat. Takut kehipnotis. Pas aku ngintip dia pergi, ternyata ada laki-laki yang nunggu di jalan depan rumah. Duuuh.. serem banget. Semoga kita semua selalu dilindungi Allah dari hal-hal seperti ini. Aamiin..

    Like

    1. Aku kalau lagi gak ada suami gak berani nerima-nerima sales yang penjual gitu Mbak, paling mentok sampai teras rumah aja. Gak pernah mempersilahkan masuk.

      Tapi emang sekarang kita perlu waspada ya Mbak akan segala kemungkinan penipuan.

      Like

  9. Ngeri ya. Sempat baca juga beberapa pengalaman soal penipuan via ecash mandiri ini. Tapi aku sendiri blom tau ecash mandiri beneran ada ga sih? Dan kaya apa yg benernya.
    Semoga selalu dilundungi dari penipuan ya, mbak.

    Like

      1. Mba kalo misalnya udah ikutin apa yang sipenipu bilang. Nanti kedepannya kalo ada yg tfr apa uangnya bakal ketarik pindah ke si penipu? Mohon bantuannya

        Like

  10. Pernah teh. Tapi dia nggak bilang e-cash. Bukan via bbm lagi, langsung nelepon. Untungnya saya mah pake ebankin kan, ketauan yaa transfer ato nggak. Nggak usah ke ATM.

    Pernah juga bilangnya dapet hadiah, tapi harus ke ATM, saya iyain aja. Terus saya rekam percakapannya, hihihihi. Kasian kalo nimpa ke orang yang nggak tau, kayak mamah saya. Udah percaya aja, untungnya mamah nggak punya rekening bank. Yang nipunya zonk deh. 😀

    Like

  11. Saya tadi baru aja pasang iklan di olx, trus gak lama kemudian ada yg invite bbm dan nanya2 dagangan saya. Ujung2nya mau beli tapi bisa transfernya cuma pake e cash. Koq perasaan ada yg aneh ya.

    Saya pernah denger penipuan lewat e cash, tapi belum tau modusnya sperti apa. Sebelum jawab saya buru2 browsing di google dgn keyword penipuan mandiri e cash. Hasilnya ketemulah blog ini.

    Saya pastiin ke si “pembeli” kalo saya cuma terima pembayaran via transfer. Dia masih maksa saya untuk ke atm mandiri untuk ambil tunai pembayarannya. Tapi saya ngga mau
    Hasilnya saya langsung di delcon, 😀

    Kelihatannya target sipenipu adalah olshop yang baru, jadi keburu nafsu kalo terima order.

    Terima kasih sis atas informasinya. Semoga semakin mempersempit ruang gerak para penipu.

    Like

  12. Sama bangeeet tehhh saya juga ngalamin hari ini, untuk saya agak mikir jadi nggak ketipu alhamdulillah. Abisnya aneh transfer mah via bank ke bank lewat atm praktis ini pake harus ngambil ke atm mandiri sedangkan kartu saya BCA hahahaha semakin banyak aja jenis2 penjahat jaman sekarang. Waspadalah!!!

    Like

  13. aku jualan di OLX dan dia katanya mau beli. Dia pake e-cash dan katanya harus konfirmasi apalah itu, eh ternyata tiba-tiba uang saya malah diambil semua dan atm saya tertelan mesin. Gimana dong:(

    Like

      1. Kasian banget mbak nya 😥
        Emang klu jualan di olx kyk gtu mba… saya jg baru nyoba jualan di olx, baru posting dah banyak yg invite, umumnya sih minta kirim gambar, trus main pesan cpt2 aja, tanpa banyak tanya, biasanya kan klu kita mau beli barang pasti tanya detailnya kan. Ujung2 nya nyuruh kita k atm ktanya dia mau bayar sm mandiri e cash, saya blg aja ga bs k atm n transfer aja. Jahat banget nyari makan dr hasil nipu org.

        Like

  14. info yg menarik.
    akhir akhir ini penipu mengincar para pedagangan. biasanya dia gak nawar lg dan langsung kirim foto ktp nya ujung2 nya giring kita ke atm. sekali kena anda akan kena lg krn ini sindikat. mohon pihak berwajib bisa memburu para pelaku penipuan yg sdh sangat meresahkan.

    Like

  15. Hahahh saya juga ngalemin ini, baru aja. Di add BBM sama Ibu-Ibu, minta foto baju yg saya jual. Eh saya kirim aja 5 foto. Gilee langsung blg ‘OK saya ambil semua’. Kemudian saya jelaskan silakan melakukan pembayaran ke rek saya blablabla.

    Besoknya ini Ibu bilang dia bayar via e-Cash. ‘Sis kamu ke ATM Bank Mandiri sekarang untuk tarik uang kamu melalui e-Cash’. Lah ribet amat saya harus ke ATM segala?! Idihh mager bgt lagi. Lalu saya jawab ‘Sis, gak bisa langsung transfer ke rek saya aja? Biar mudah sis’. Dan ternyata dia tetep keras kepala kalo dia bayar pake e-Cash. Terus ngirimin prosedur cara tarik e-Cash itu.

    Yahh tadinya saya pikir ini Ibu-Ibu rempong aja yg ngotot mau pake sistem e-Cash. Namun karena gak tahu-menahu ttg sistem e-Cash ini, saya pun browsing. Dan yakin kalau Ibu Rempong ini mau nipu saya. Hadehh. Sedih sih ternyata cuma penipuan. But Thank God udah terhindar dari scam ini.

    Like

  16. maaf mb.. numpang tanya.. sy baru tau soal mandiri e cash.. kalau benar seseorang telah mentransfer sejumlah uang ke rekening kita(bank lain selain mandiri) apakah uang itu langsung masuk ke rek kita?
    mohon pencerahannya

    Like

    1. Kalau yang saya baca dari webnya Bank Mandiri: mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone, dimana yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

      Jadi nanti uangnya masuk ke handphone kita, jadinya kayak saldo pulsa gitu Mbak.

      Like

    2. Mbak kmrn sore sya kena tipu sejumlah uang untungnya gk byk,awalnya intive bbm sya tanyain iklan di olx mau beli hp, tpi byrnya pki mandiri e-cash sya d srh k atm untuk ngmbl uang hp,trs menipu suruh sya cek saldo trs di foto lalu d kirim k penipuh biar sma2 percaya sma ttl saldonya,hbs itu penipuh kirim fto struk k bbm sya blgnya gk bisa d transfer klo saldo saya sedikit,penipuh srh sya mskn atm k mesin srh mskn no e-cash penipuh, kya d hipnotis nurut aj,kta aq koq srh tknnya no ini2 gk ttl uang pmbyrn hp, udah berhasil keluar stuk kirain duit hp kn, trs sya liat k potong duit d atm sya, awas klo mba2 tau sm no e-cash 083177890337

      Like

  17. Wah sama saya juga hampir ditipu sama si amirullah itu maksa banget suruh saya ke atm, saya ada screenshoot DP bbm nya + pinnya. Cuma keburu di delcont pas mau SS chatnya.

    Like

  18. Hehehe…..Tadi saya juga hampir ketipu :).Saya jual batu koleksi saya di OLX.Katanya Harus lewat e-cash.Saya disuruh pergi ke atm malam malam.Masa katanya mau beli semua.Nama Orangnya MICHAEL. S dari malang.Waktu itu dia nanya atm apa?Saya jawab mandiri.Seandainya saya bilang BRI atau yg lain gimana jadinya ya mba?Di atm lain ada e cash gak.Kayanya penipuan ini banyak untuk seller baru dan org yg kurang ngerti e cash ya mba.

    Like

    1. Malam mbak arvi, ini kasusnya sama punyaku. Nama dan alamatnya sama. Saya tadinya percaya mbak sama dia, soalnya sebelumnya ada yang order barang dengan jumlah banyak tapi benar2 dibayar dan tunai tidak pakai e-cash. Saya sampai cek ke bank mandiri langsung apakah benar ada transaksinya benar2 sudah dilakukan, tapi pihak bank mengatakan tidak ada. Lalu aku tunjukkan bukti dia sudah melakukan transaksinya, dan pihak mandiri pun bilang ini palsu. Saya masih kepo waktu itu mengapa dia selalu ngejar saya untuk mengaktifkan kode otp, jadi jika kita mengaktifkan kode otpnya uang yang ada di saldo kita akan dikuras sama penipu. Oh ya sebelumnya dia minta saya memfoto besar saldo diatm saya, waktu itu tinggal dibawah 300ribu lalu dia ngirim screensht yang isinya transaksi gagal karena saldo penerima dinawah 550. Untung saya konsultasi dengan pihak mandiri

      Like

  19. Wah..ini crt yg sm mbk ..brusan ada yg tawar jualanku d OLX..pk mandiri ecash .. udah diel nih..akunkasih no rek BCA ku..dia blng gk bs mbk..sy pknya mandiri ecash…kl k BCA gk bs..tp k bank lain bisa..aneh yaa…sekarangkan sdh online semua..apa iya dia nipu jg..

    Like

  20. Saya juga uda sering mau ditipu cara mandriri ecash. Buka iklan di OLX dia tanya harga dan ongkirnya tanpa nawar lagi, dan ujung2nya saya diminta ke mesin ATM. Langsung tak delcon dah pin BBM nya. Perasaan dah sering saya mau ditipu dengan cara transfer mandiri ecash. Tapi sayangnya saya uda tahu duluan tentang mandiri ecash.

    Like

    1. wah itu br aja sy jg kjadian sprti itu..jual brg di olx trs si penipu minta diinvited bbm lalu mulai transaksi bilng oke sy ambil brgnya lalu dia ksh bukti transfer e cash mandiri cmn agak curiga nm sy yg ditransfr bd tp atm sy bca..apkah bisa juga mb itu saldo bca qt dikurasnya?infonya

      Like

  21. Aq juga sama mb, sama persis malah,, tpi aq juga gk ngira dy penipu cz dy pdnya mau pesan 1 lusin tas mb,, ya aqnya iyain ae mb,, trus sekarang uangq malah ketelan katax dy dah tf 1juta lebih

    Like

  22. Aku baru aja ngalamin, tapi udah feeling ini penipuan krn org nya maksa bgt. Namanya di ktp dan bbm diah mualina sari. Foto PP pake jilbab, kirim ktp, beli ga pakai nawar, pdhl harga barang aku hampir 1jt. Pas dia kasi bukti mandiri e-cash, aku bilang aku hrs cek saldo dulu via klikbca. Stlh dicek ga ada, aku bilang aku akan telp CS bca dan bsk akan ke bank mandiri lsg utk verifikasi. Orgnya bilang…bsk aja dilanjutin ngobrol nya. Lahhh…ini penipu bloon, udah telp nya malam2, males lah ke atm. Udah gitu kirim bukti ecash nya 1,5jt. Mana ada buyer bayar kelebihan byk gitu hehehe. Lsg aku google n baru baca lagi marak penipuan mandiri ecash ternyata

    Like

  23. Aku juga hampir kena tipu mb,
    Modusnya mau beli tas yg aku upload di olx juga
    persis sama banget, dia minta kirim gambar minta totalan trs dia mau bayar pakai mandiri e-cash
    Dia kasih tau gimana cara ngambil uangnya juga, terakhir tanya kapan mau ke atm buat ambil uangnya?
    Tp aku bilang transfer via bank aja,tp dia ngotot pake e-cash
    Tetep aku g mau, soalnya kesannya kok maksa banget
    Karena aku nolak trs akhirnya aku Langsung didelcont
    Dalam hati dah g beres orang ini

    Like

  24. ya kita sebagai penjual lebih jeli. Logikanya ketika ada pembeli mau beli barang ke kita ya silahkan pembelinya di suruh transfer/ke atm ngapain kita sebagai penjualnya harus ke atm. Jadi Lebih teliti dan jeli ketika jualan online.

    Like

  25. Wah untung aja curiga tadi , terus cari di google ternyata sama pelakunya. Kalo boleh nanya mbak kalo ngirim no.rek doang gppa kan?

    Like

  26. Baru aja ngalami kejadian kyak gtu..jual hp senilai 4jt..dia mau hrg 3.7jt… Saya kasihkan aja krn emank hp lama gak kpake..drpd ntar rusak. Nyuruh ke atm skrg juga.. Kok ati gak enak..coba googling..ternyata bener mw nipu.. Krn kesal saya ngomong agak keras..eh d dc… Tp smua percakapan sdh saya screenshot… Alhamdulillah gak jadi ketipu…

    Like

  27. Iya benar……sy jg kemarin 23 oktober 2016 hampir tertipu dgn pengguna e cash mandiri..
    Aq kan jualan di olx dan ada yg pengen order via WA., namanya customer ya pastilah kt layani dan akhirnya dia pengen transaksi dgn e cash….setelah sy cek kok nggak ada yg masuk ya… Bukti yg dikirim ada tp itu bukan bukti transfer tp slip untuk mindahin dananya sebesar 594.000 sesuai jumlah transaksinya, kami konfirmasi ulang dan selanjutnya sang penipu itu minta. :
    * ngancam jk mmg dia sudah transfer dan akhirnya kami fotokan rekening tersebut yg slalu kami kosongkan
    * setelah itu minta rekening kami diisi setidaknya di atas 500 rbi, kamipun mengikuti maunya tp kami sudah tahu jika ini modus penipuan tp krn penasaran maka kami pun mengikuti permintaanya
    * rekening kami isi kembali 1 juta….kami cek ternyata saldo nggak nambah tp kami diamkan saja
    * setelah itu aksinya mulai dijalankan dengan memberikan panduan tuk ke ATM, disini kami makin curiga dan ternyata benar penipunya nggak sabar dan menelpon kami tp kami abaikan
    * akhirnya penipunya kebakaran jenggot dan marah2 sampai mengancam akan melaporkan kami ke olx dan akan kepengadilan
    * kami persilahkan saja toh semua bukti percakapan kami sudah screen shoot
    * akhirnya penipunya gigit jari……hehehehe
    Ini nomer Hp nya : 08121 3353 774 dan minta kami topup untuk mandiri ecash nya di no. 0822 8121 6990

    Like

    1. Mau nanya ni Kalo udah ngasi no rekening begitu ttep aman kan gan? Saya jg td digituin sm pembeli untung saya baca penipuan ini jd ga saya lanjutin cuma udh terlanjur ngasih no rekening saya nih.

      Like

  28. mau tanya , saya juga pernah kena modus seperti ini tapi saya mengikuti perintah nya sebelum nya saya belum tau e cash itu apa , untung nya saldo saya 0 ,kalo misalkan saya udah mengikuti perintah dia semua nya , apakah dia bisa membobol atm kita atau menarik uang di atm kita kalo di atm kita ada isi nya?

    Like

  29. Sya baru sja. Ke jadian 😁😁.. awal nya saya ga tau.. sya jual Bass di Olx.. ga lama ada yg Invit saya. Nawarin barangnya anehnya dia langsung Fix tanpa nego2 lagi. Dia ga banyak nanya.dia mau transfer sekarang. Barangny di kirim bsok. Senin. Kta dia ga masalah. Pas dia bilang pake E-cash . Sya ga tau biasanya transfer biasa. Atau tunai. Akhirnya. Sya di ajarin caranya. Katanya sya suru Ke ATM dulu. Karna E-cash transaksinya seperti itu. Tanpa berpikir panjang. Sya hampir ke ATM. Tp sya . Kabarin temen sya. Dulu. Sontak temen sya kaget. ! Kalo tarnsaksi kaya gtu jangan. Mau. Akhirnya sya. Buka. Google. Akhirnya. Ketemu Artikel. Ini. Alhamdulilah. Akhirnya sya yakin klo dia mau nipu. Kembali. Sya. Bbm si penipu itu. Sya bilang tunai aja. Dia bilang ga bisa. Dia maksa. Trs. Tp sya ga mau. Sya bilang. Aja sya. Takut kena modus kaya yg udah2 .. takutnya. Nnti modus. Lg wkwk. Sya bilang gtu. Akhirnya. Beberapa. Detik langsung di DC. Baru mau ane katain. Tuh wkwk.. hduh jaman sekarang . Banyak penipuan. Tp sya bersyukur berkat temen2 yg udah mau share di media. Ini. Thnks ya

    Like

  30. Wahhh saya udah 3 kali di invite di bbm macam kayak gini mba, sama persis dia minta barangnya dikirim. Awalnya tanya dan minta foto barang.. Trus berani bayar harga tinggi beserta ongkos kirimnya.. Lalu minta nomor rekening dan bilang transaksi melalui e – cash mandiri. Lalu saya tolak dan saya di blokirr. Kira kira apakah nomor rekening saya aman mbak?? Apabila ada transaksi masuk di rekening saya bisa mereka bobol?

    Like

  31. Makasih mbak infonya, baru aja saya juga mengalaminya. Setengah jam pasang iklan di olx sudah ada yang invite BBM. Dan anehnya tanpa menawar langsung kasih alamat lengkap di Depok padahal saya pasang iklan di Olx surakarta. Dia minta transaksi via mandiri e-cash, saya sendiri gak faham dengan sistem ini. Si dianya minta saya datang ke ATM madiri kalo gak transaksi dibatalin (mulai ngancam), saya ulur waktu aja kalau di sini hujan sambil cari2 info tentang mandiri e-cash. Trus setengah jam lagi bbm lagi dengan nada yang sama, saya bilang masih hujan. Trus ngacam ya udah kalo gak bisa ke ATM sekarang kita batalin aja transaksinya, saya jawab OK Gak papa belum rejeki saya. Beberapa saat kemudian di delcon, Alhamdulillah…..

    Like

  32. pengalaman di atas sama persis dengan yg di alamai sya kemarin,intinya dia modus ingin beli barang jualan sya,sya di suruh ke atm dan d suruh nyebutin nominal saldo terakhir sya.
    Karna sya masih baru dalam dunia bisnis online saya gak begitu tau ttg e-cash alhasil sya nurut aja apa yg d suruh dia.tp untungnya pas di atm mesin atm nya lg eror jd gk bisa N untungnya jg saldo nya lg limit.😊
    dia maksa2 sya utk tingkatkan saldo n minta no rek lain.
    N syangnya jg sya sudah terlanjur ngasih ktp sya ke dia sbg bukti kalo sya tidak akan menipu.sya takut ktp sya d salah gunakan.
    Buat semuanya himbauan kpd semua apabila ada yg kena tipu dgn atas nama/ktp saya mohon jangan percaya karna sya di sini jg korban.sya jg yakin ktp yg dia kasih ke saya jg bukan ktp dia asli bisa saja dia jg sama korban sama seperti sya karna gk mungkin seorang penipu ngasih tau identitas aslinya.
    hikmah dari kejadian ini sya jd tau ttg e-cash n pengalaman buat kedepannya agar tidak kena tipu lg

    Like

  33. Saya baru saja mengalaminya, alhamdulillah blom smp ke atm, dan udah curiga duluan sama pembeli.
    Saya mw jual hp bekas saya di olx, gak sampai stgh jam udah ada yg hubungi, orangnya ngaku tinggal di jakarta (saya tinggal di Medan) dan minta barang dikirim saja via jne, ngerasa aneh kok mw yah sama hape saya kan ditambah ongkir barang elektronik mahal, emang dijakarta gak ada hape begitu, saya tanya sama adik saya yg udah sering transaksi barang elektronik, kita harus minta ktp pembeli, dan pembeli jg minta ktp kita biasanya, saya minta ktp dia lgsg di Kasih, tapi anehnya dia gak ada minta ktp saya. Hahahhahah
    Saya yg belum tahu ada penipuan mandiri e-cash, dia tanya apa saya jawab, yanh anehnya dia kelihatan ngebet banget sama hape saya, itu yg bikin curiga, dia nanya no rek, yah wajar saya Kasih, trus dia nanya saldo akhir rekening saya juga, alasannya biar tahu brp yg nnti masuk, saya Kasih aja. Lalu dikirim lah spt bukti setoran e-cash, trus dijelasin hrus ke atm saat itu aja, blablabla, Untung saya pake sms banking jadi saya bersikeras kalo blom ada masuk sms banking pemberitahuan ada masuk uang, saya gak akan kirim barang, dia membujuk saya dan marah karna dia ngerasa udah transfer tapi saya gak respon, malah dia mau bawa2 polisi mw ngelapori saya, saya bilang aja saya tunggu agan di Medan saya jemput di kuala namu, hahhahahahhaha saya bru sadar apa mungkin penipuan, maka saya iseng buka internet eh ternyata ada modus begitu. Saya langsung screenshot ke dia dan suruh dia baca, lalu dia maki2 saya dan saya di delcont. Begitulah cerita saya 😂😂😂, untung blom sampe ke atm 😂

    Like

  34. Tepatnya kemarin Tgl.3-11-2016,
    Sya sudah kena tipu dgn modus mandiri e-cash.
    sya masih baru dalam dunia bisnis online,no rek sya jg BRI jd sya g tau ttg apa itu e-cash.
    Awalnya dia invite pin bb sya,dan bilang ingin beli barang sya.
    stelah itu dia minta ktp sya buat jaga2,karna sya ingin buktikan ke dia klo sya bukan penipu sya pun kirimkan ktp sya ke dia,dia jg kirimkan ktp dia ke saya.
    setelah itu dia bilang pembayarannya melalui e-cash jd sya d suruh ke atm utk memasukan kode OTP nya,awalnya sya gk mau karna dari tmpt sya ke atm lumayan jauh,tp karna dia marah2 sama sya,ngamcam sya n bilangnya saldo dia udh berkurang,tanpa pikir panjang sya pun ke atm dan melakukan langkah2 yg dia perintahkan.
    tp untungya saldo saya limit dan mesin atm nya jg lg eror alhasil gagal terus.
    lalu dia minta sya utk isi saldo lg atw minta no rek lain tp sya gk ikutin perintah dia karna sya share dulu di google n akhirnya sya jd tau ttg apa itu e-cash.
    Hikmah dari kejadian ini sya jd tau ttg apa itu e-cash,dan sya bisa lebih barhati2 lg biar gk kena tipu lg d kemudian hari.
    Untungnya dari kejadian ini saldo saya limit dan mesin atm nya eror.☺
    Tp syangnya saya sudah sempet ngikuting langkah2 dia memasukan kode OTP nya,n sya jg sudah kasih ktp saya ke dia,dan bukan tidak mungkin ktp sya nantinya akan di salah gunakan sama dia utk mencari korban lainnya.
    N sya jg ga sempet screen shot percakapan sya dgn dia
    HIMBAUAN BUAT SEMUANYA apabila menemukan modus penipuan seperti ini dgn mengatasnama kan KTP/Nama saya mohon jangan percaya,karna sya jg korban,sya yakin ktp yg dia jg kasih ke saya itu bukan ktp dia asli bisa saja dia jg korban sama seperti saya,karna tidak mgkin seorang penipu kasih indentitas aslinya.

    Like

  35. Saya barusan kena ni temen2,untung sebagian udah aq transfer ke rekening istri saya modusnya sama ama artikel di atas….stelah aq ngikutin ocehan penipu tsb sisa uang saya di atm kosong dg rasa sedih aq lgsg inget pd Allah istirja semoga diganti lbh banyak dan barokah…dan penipunya aq bbm “semoga amal perbuatan didunia dibalas nanti diakherat”
    Kita hanya bisa pasrah mungkin ini semua sudah takdir.:_(

    Like

  36. Istri saya juga kemarin kena tipu seperti komen2 di atas jual barang diolx dan disuruh ke atm mandiri melalui e cash pakai kartu atm BRI saya dan gk tau gimana ceritanya bisa terkuras isi saldo saya..yg saya ingin tanyakan apakah rekening kita aman dari si pelaku,,amankah jika saya menambahkan saldo ke Rekening saya dari sipelaku

    Like

  37. Istri saya kemarin juga kena tipu sepertu komen2 diatas modus mau beli barang dari olx..sipenipu menyuruh istri saya ke atm mandiri melalui e cash dan tdk tau bagaimana ceritanya isi saldo atm BRI saya terkuras habis..
    Dan yg saya ingin tanyakan apakah rekening saya aman dari sipelaku..jika suatu saat saya menambahkan saldo kerekening saya kembali…(apakah saldo saya aman dan tidak terus ke sipelaku atau terkuras ke sipelaku??

    Like

  38. saya juga seperti itu, baru aja beberapa menit pasang iklan di OLX langsung ada yang order, pas udh deal dia maksa2 saya suruh ke atm mandiri. dengan di iming2 tambahan untuk bensin saya bilang gamau eh langsung dia delcon saya
    sama persis seperti saya, dia ngasih photo ktp nya

    Like

  39. Memang sekarang ini harus hati-hati karena banyak sekali modus penipuan. Kalo sekarang biasanya penipu menyasar ke pelaku-pelaku penjual online karena modus mama minta pulsa sudah banyak yang tau

    Like

  40. saya baru saja kena tipu. kasusnya sama persis dengan mbak yang nulis artikel, dari tiba-tiba minat jualan yang baru saya pasang di olx, ngirim foto sim dan ktp, nyuruh ke atm dll, tp bodohnya saya nurut nurut aja sama yg si penipu suruh. Sekarang saya lagi galau gara-gara uang saya ludes 123rb. Bener kata mbak yang nulis artikel, walaupun cuma 123rb tapi rasanya sedih banget, maklum saya anak baru lulus kuliah yang masih pengangguran dan cuma punya uang dari hasil jualan kecil-kecilan (maaf curhat hehe) :(((

    Like

  41. ane jg ampir ketipu pas ane goggling dah ratusan artikel yg mirip kayak gini ..btw ane udah ngasi nama ama no rek bahaya nggak ya…
    ati ati nih nomer baru +6281369987033 masuk lewat wa

    Like

  42. Kira2 kalo yg udah pernah ketipu e cash bisa berkurang otomatis ga yaa saldo kita ? Soalnya kemaren saya hampir tertipu dia menanyakan atm mandiri tp saya ga punya trus saya pake bank bni .. Akhirnya sama si penipu saya di tuntun untuk menggunakan mesin mandiri .. Dia bilang bisa katanya pake mesin mandiri … Bodohnya saya nurut2 aja , trus seperti biasa dia menanyakan saldo tp untungnya saldo di rek bni cuma ada 56 rb … Yg saya takutin nanti kalo saya ngisi saldo lagi takutnya kesedot otomatis.. Gimana dong 😢

    Like

    1. Ak juga sama mba kejadian nya tgl 1kemarin hari ini saya gajian lewat atm mandiri,apa bisa ketarik oleh si penjahat tp saya tdk kash no rek dan pin nya

      Like

  43. hmpir aja kena saya mba kmaren sorr.tolong dishare buat temen /sdara kita.ksihan udh byk korbanya . cariii uang ny susah. ke tipu nya gampang.naudzubillah

    Like

  44. sis, sya sering bgt yg invite bbm sya buat beli brg sya, karna sya bnyak jg jualan online,hehe. kalo mnurut sya si penipu tolol itu kurang cerdas, terlalu trrburu2. makanya aku bnyak kerjain hahahaha,ampe dia aral. pura2 sya ke atm, pdahal mah g di rumah tiduran smbil nnton tv, hahaahaha. mnding gini sis, kalo ada yg gtu lagi mnding kerjain aja,hahaahaha. biar aral, bila perlu kita jebak. biar masuk bui.

    Like

  45. selamat sore mbk,mau share aja Saya jg hampir kena tipu jg, jualan di OLX ,baru kemarin pasang, tadi malem langsung ada yg minat beli by WA, trus dia cocok harga gk pake nawar, mau dikirim ke bandung, saya tanya alamat pengirimannya kmn, biarsaya cek ongkir, dia malah kirim SIM, an HANS FRISTIAN bandung 0852731395. udah saya cek kan ongkir, dan saya beritahukan ke pembeli, berapa total yg harus di transfer, dia bilang akan bayar dengan mandiri e-cash, (saya dah curiga saat dia gk nawar, dan kirim SIM nya,padahal, cm alamat kirim,gk harus kirim KTP/SIM kan?) ,saya ikutin trus chatnya saya bilang kalao dah transfer tolong kabari, biar d proses, tiba2 dia bls chat “ok ,bisa minta KTP sama Bukti Saldo terakhirnya mas, biar kita sama sama enak” gk pikir panjang, langsung aq bilang, dasar PENIPU . langsung aq blokir dan hapus chat. ya mungkin sedikit crita ini, smoga bermanfaat dan jangan sampai kena tipus dengan modus seperti ini lagi, dan smoga semuanya dalam lindungan Allah SWT,Amin

    Like

  46. Persis sama kajadian yg baru saja sy alami, dia kontak via bb dan ada yg via wa.
    sy jg blm sempet simpan percakan bb udah dia delcon duluan.
    Kalo yg via wa no.nya 0813.1658.3964.
    sy blm sempet tertipu karena sy liat2 di google ttg ecash, eh ternyata liat blog ini dan beberapa website lain mengenai penipuan ini.

    Terima kasih atas sharing nya, semoga tdk ada org lain yg kena tipu dan penipunya cepat tertangkap.

    Like

  47. Saya pernah juga mba,mw beli brg dagangan sya juga,dy pakai e cash nyuruh sya tengah mlm ke atm dy pun kirim struk tf e cash yg di edit kyknya,ktnya klu ga diambil mlm ini rek.mw dibekukan oleh bank,ngotot banget tengah mlm suruh ke atm,

    Like

  48. Sama persissssss…..malah ini kejadiannya barusan…saya iklan jg di olx, ga pake nawar kok langsung deal, pertamanya saya panggil sis sis trs, hbs itu kirim foto sim ama ktp kok fotonya malah cowok….ehhhh penipuan nihh…gemes jg lho pengennya bs nangkep 1 oknum biar pada kapok….

    Like

      1. Wahh saya baru alami ini barusan….
        Alhamdulillah setelah banyak googling .. dan namanya sama bahwa dia memang pemipu…

        Kira2 alasan dia apa ya minta dikirimin foto2 nya lagi…pdahal kan sudah jelas ada di olx nya…

        Like

      2. mbak, saya cuma kasi kan nomor rek dan tidak ke atm dan penipu nya tidak berhasil menipu saya. apa nomor rekening sya masih aman?

        Like

  49. Sama banget mba..begitu curiga googling dan ketemu blog mba ini..dan ciri-cirinya sama banget..foto pp na pake baju kemeja batik warna biru, ngirimin ktp pula..
    dan di olx juga saya ngiklan -_- dia ngotot minta foto saldo, saya bilang saya pake ibanking jadi real time kalo cek saldo eh masih juga ngotot alesan ecash ecash -_- akhirnya saya suruh beli dari tokopedia aja biar aman transfernya ke tokopedia..
    dan langsung menghilang dia..thanks banget loh mba..ternyata banyak juga yah yg di modusin..allhamdulillah saya tidak ketipu, semoga yg hilang uangnya akan digantikan rezekinya dengan yang lebih..

    Like

  50. aq udah 4x nemu model ky gtu.. pas masang iklan di olx juga . Pokoknya klo dah tau forum atau berkutat dgn jual beli di olshop insya Allah peka deh..klo gelagat tepu2 gtu. Td sy kerjain aja.. abisan gemes. eh dy blg sy bangs*t lu gan! ahahah..

    Like

    1. Mb dhini persis kejadianya sma aq,bru pasang iklan lgsun ada tlpn,bis itu minta pin bbm trus kirim fyo ktp pengirimanya sesuai yg diktp….tp aq kena jg.mslhnya aq bru denger pencairanya pakai e cash mandiri 😦

      Like

  51. ini trjdi pd sya pd tgl 13 nov 2016 kmrin,hri mnggu..modus,y sama jual barang d ol,trnsfr e cash mandiri…sya smpet k atm dan ngikutin prntah dia (karna sya g ngrti mslh e cash)..untung saldo saya 30rb,jd g mncukupi..s plaku ttep maksa hrus pake atm yg ada sldo min 500rb.sya g mau dan mlai crga krna mksa..sya searching di google,,ehh trnyata emg penipuan,,,masalah’y no rekening dan fhto sim sya udh di krm ke pelaku..rekening sya aman ga yah? trs fhto sim sya tkut d slh gunakan lgi sma pelaku…jd klo ada yg memakai fhto sim atas nama luki suhendrawan,,ala.at bogor,abaikan saja yah..terima kasih…

    Like

  52. Barusan saya juga hampir kena tipu..tp aku ngerasa ada yg aneh karna saya sales juga yg biasa ngedit data jd kliatan yg asli ato nggak.. pake dikirim screenshoot e-cash mandiri.. pake disuruh ke atm tu yg bikin aku makin yakin kalo ini penipuan… kalo transfer ya tinggal transfer aja ngapain pake diauruh ke atm…aku omongin kalo dia menipu…eeh… nomernya udah gak aktif lagi…
    Smoga ģak ada korban lagi

    Like

  53. Saya juga ngalami nih mbak, 2 penipu sekaligus dgn brg jualan saya yg berbeda. Si penipu ngotot banget mau beli barang yg saya jual di olx. Sampe mau ngajarin saya cara pakai e-cash kalau sudah sampai di atm. Langsung saya batalin aja orderan dia dgn alasan males ngurus yg ribet-ribet. Ktp, pin bb, alamat pengiriman juga udh saya capture.

    Like

  54. Alhamdulillah,,, terimakasih atas informasinya. Saya baru aja ada yang masuk lewat bbm. Dia mau beli tas, tapi gak tau gambar tas nya. Terus dia minta gambar nya. Saya kasih beberapa gambar nya, trus dia tanya 1 tas. Kebetulan yg dia tanya itu harga nya 25000. Dia heran, “ko murah banget”. Trus tanya tas yg lain, sy jawab 80000. Dia malah jawab, ” gak ada yang di atas 100 apa?”. Trus saya kasih foto yang harga di atas 100. Dia minat tuh. Tapi mau bayar lewat mandiri e cash. Langsung nyuruh saya ke ATM sekarang. Langsung saya cek google deh. Dan cara nya nipu sama persis dengan yg ada di blog ini. Terima kasih banyak atas info nya. Alhamdulillah saya gak jadi ketipu,, 🙂

    Like

  55. Hari nie sy hampir ketipu.. Ya persis gituh crita nya.. Sy upload dagangan sy di olx (5menit koq lngsg ad bbm masuk.. Nanya harga tanpa nego dia lngsg deal aj. Trs dia minta dikirim ke alamat nya.. Sy bilang ongkir sendiri ya. Tnpa basa basi dia mengiyakan.. Minta ditotal brp smua nya.. Dah seneng tuh dpt pembeli gampangan gth. Trs ak coba nawarin dagangan yg lain.. Eh dia lngsg mengiyakan jg.dia lngsg nyuruh sy ke atm, Disini sy mulai curiga..loh knp mesti ke atm kan dia yg mau transfer.. Dia nyuruh potoin saldo sy. Sy turutin aj.. Trs dia bbm sy tranfer gagal saldo penerima kurang dr 500rb.. Kecurigaan sy brtambah.. Koq bs gth.. Trs dia nyuruh pinjem atm temen atw sodara sy.. Biar cpt selese kt nya.. Ahhh sy dah bener2 curiga.. Trs sy bbm dia”cukup sampe disini aj gan.. Maaf sy ga bs trtipu.. Anda gagal menipu saya. Trima kasih.”
    Eh dia malah bbm “maksud nya?”
    Ah udah lah aku delcon aja..
    Buat pelajaran.. Bukan rejeki sy hari ini.. Pdhl lg bokek.. Untung aj ga sampe ketipu..hehe

    Like

  56. Wah sama tapi saya sudah ngeh duluan untuk sama persis bedanya saya jual sepatu untuk semuanya lebih berhati2 ya harus jelas jangan sampai berurusan dengan ATM atau pin dan nomor ponsel anda dengan orang lain yg online bshkan bukan sodara,sodara pun kita juga hati2 ya..

    Like

  57. Intinya kalau ada baik itu dari e-case ,baik itu hadiah,dari bla bla ,sms lamaran kerja kalau sampai menyuruh anda ke ATM atau apalagi sampai harus ada saldo udah pasti tidak benar jangan tergiur dengan selamat anda mendapatkan total hadiah sekian ratus juta walaupun di telpon anda harus hati2, hati2 saya sudah keseringan dan bosan modus2 begitu alhamdulilah belum pernah ada yg berhasil.

    Like

  58. Wow…ternyata OLX ga aman yah….saya juga barusan hampir tertipu via mandiri e-cash…saya baru post di OLX ga sampai 5 menit ..tiba2 dia WA, nanya barang yang saya jual…anehnya, ga ada nego dari dia..lgsg minta deal…setelah itu dia kirim foto KTP dia dan struk transfer via e-cash ke saya…pas saya cek ke rekening saya…saldo transferan pun tidak masuk…pas saya kontak balik, dengan PD nya dia bilang uang sudah di transfer dan tidak bisa di cancel….jadi saya pun telp ke bank mandiri untuk bertanya jelas ttg produk e-cash ini…dan yg dapat saya simpulkan mandiri e-cash tidak bisa di transfer ke rekening bank lain….dan ketika saya ajak ketemuan..dengan lantang nya dia bilang OK..hahaha…untung saya telp ke mandiri terlebih dahulu….untuk OLX sangat rawan sekali berjualan disana….yg saya khawatirkan…saya sempat kirim KTP saya ..semoga tidak di salah gunakan…

    Like

  59. Saya br aja ketipu td malem,saya jua hp d olx dia sms trs minta pin bbm trs dia invite trs deal harga 1,6 dia minta dikirim barangnya .. Katanya dia byr lwt e cash akhirnya aku k atm dan di atm transaksi pake bahasa inggris pas aku masukin no ecashnya dan nominalnya ko malah saldo saya yg keambil akhirnya nyadar kl saya ketipu .. Saya udh kirim foto ktp saya , takut disalah gunakan akhirnya saya lapor ke kantor polisi .. Dia ngaku namanya kiki alamat di buah batu bandung .. Bener” jahat makanin orang haram .. Ini no hpnya +62 831 77147177

    Like

    1. biasanya namanya itu palsu mba. emang biadab. saya aja udah dikit lagi kena tipu. gak kebayang masa saldo saya ilang gitu aja krn penipuan. padahal ya saya perantauan (kuliah) dn makan itu ya ngirit2. tapi untung saya cari tau ini gimana cara ambilnya dan ternyata ini penipuan. abis itu saya omelin si pelaku abis2an. saya ancem polisi abis itu dia hapus alun wa-nya.

      Like

  60. wow ternyata banyak banget. saya ngalamin hari ini. modusnya mau beli, kirim ktp, minta foto real produk saat itu juga. udah ditotal, kirim no rek saya. pertama bilangnya mau pake yg bri aza. oke, kan saya kasih no bca dan bri. ga lama dia bbm lagi, fotoin struknya. katanya pake ecash. dan saya harus ke atm untuk cairin dana biar masuk rekening, nanti dipandu dll. dikirim juga cara2nya. saya agak was2 juga, searching deh. nemu penipuan ecash kaya gini. step2nya mirip,dan lainnya. yakin mau nipu, saya bilang. di cancel aza, ribet. minta ke bank dibalikin uangnya. dia minta saya nelpon, saldonya kepotong dll. saya perhatikan lagi struknya, takut saya salah. kok no rekening pengirimnya contoh ya : ********123. terus kertasnya polos ga berlogo, biasanya kertas thermal bank, ada logo yang tercetak baik itu jelas banget atau samar2. udah gitu print nya ga rapih, ga rata. saya makin yakin ini mau nipu. akhirnya saya dimaki2 dan segala macem. langsung dia delcon. Lah kalo saya nipu kenapa saya yang di delcon? harusnya saya dong yang ngedelcon kalo saya nipu. makin canggih aza modusnya buat ngeyakinin. berhati-hatilah baik penjual ataupun pembeli online shop. makasih mba share nya

    Like

  61. memang benar itu. hati hati. saya juga ada hampir sama kejadian seperti ibu tadi. alasannya pakai e cash mandiri.
    saya bilang aja gaptek. ga ngerti. disuruh ke atm. alasan saya ga ada saldonya. kan syarat ngambil uang lewat e cash. minimal saldo 500rb di atm.
    akhirnya nyerah sendiri tu penipu… he hee…

    Like

  62. Kalau kita udah berikan no rek kita dan kita udah mengikuti langkah-langkah yang di berikan pelaku sampai top,tapi saldo kita tidak cukup dan di suruh top up saldo dulu senilai Rp.500.000 tapi saya tidak lakukan itu berpengaruh tidak di saldo kita misalnya di saat kita isi saldo apakah pelaku bisa mengambil uang kita secara otomatis selanjutnya?
    Mohon infonya mbak

    Like

    1. saya kurang tahu mas. mungkin sih mungkin. enggak. soalnya itu tergantung apasih itu, kode otp otpan gitu. tapi ya walluhualam. harus waspada juga sih.

      Like

  63. saya mau menceritakan pengalaman juga penipu dengan e-cash mandiri….kejadiannya hari ini 01/12/2016…atas nama TUKI HARDIANTO – 081295529560 posisi di bogor ktnya sih…..itu no telp nya dia. Singkat cerita dia add BBM saya, kebetulan saya barusan pasang barang di OLX, dengan harga yang saya pas kan dia langsung menyanggupinya tanpa ada nego atau apalah layaknya pembeli yng normal. Disini saya sudah curiga, biasanya kalo user beneran sih pasti ribut minta liat barang, ketemua dimana dsb, dan nego harga biasanya paling gigih dikerjakan….eehh ini kok enggak. Langsung di iya2in aja sama dia. And the show is on….dia mulai tanya rek, saya jawab pake BNI trus di bilang akan transfer dri rek BNI….trus bilang lagi kalo transfer pake mandiri. ntar saya pake e-cash mandiri….dianya tanya lagi pernah tahu transaksi itu….saya jawab BELUM…(padahal pura-pura saja saya gak tahu….) trus dia maksa saya hrs ke atm buat cek ini itu transfer dsb. Kecurigaan saya meningkat disitu….kemudian saya iya2in aja dan janikan besok baru bisa ke atm krn sedang kerja
    Kelar itu, saya njawab BBM nya kalo saya gak bisa menggunakan e-cah mandiri, kalo minat silakan transfer pake menu transfer dri mandiri ke BNI saya…..dan akhirnya dia DELCONT saya….

    Haram banget ya manusia kayak gini, cri rizqi kok pake cara dzalim gini…..semoga Alah bukaan hati nya dan bukakan pikirannya…..
    Amiin…

    Like

  64. saya barusan hampir ketipu kak, modusnya mau beli barang yang saya iklankan di olx. Sempat ngirim foto ktp dan sim, dan bodohnya saya juga nurut aja ketika disuruh ngirim foto ktp dan sim saya. Tapi untungnya saya belum sempat transfer ke e cashnya dia, dan kemungkinan Foto KTP dan SIM saya yang sudah saya kirim ke dia akan dipakai untuk menipu lagi. Saran saya bagi teman-teman semua agar lebih aware.

    Like

  65. Ya allah sist aq baru bngt ktpu sm orang itu rasanya kesel bngt untung ja sy pake BCA saldonya gak seberapa stlah saldo BCA sy habis trus orangnya minta bertransaksi lg memakai kartu mandiri,,, sy langsung timbul curiga orang ktnya sy dpt hadiah dari mandiri kan tinggal transfer ko harus gonta ganti rekening tdnya orangnya minta ATM BCA trus saldo sy dah habis eh orangnya malah minta transaksi lg lewat mandiri untuk bertransaksi tetapi sy gak mau karna sy baru sj sadar bahwa sanya sy baru transfer ke mandiri orang tersebut,,, gila tu orang ya allah knp sy harus selalu ditipu dan di tipu,padahal sy orangnya gak pernah macam2 tetapi knp ya ko nasib sy seperti ini,,,bulan puasa kmrin ktpu mobil trus lebaran duitnya di ambil temen di gasak semua sy serahin kunci rumah malah duitnya di gasak smu trus ini kejadian lagi sekarang modus mandiri ya allah, kuat kuatkanlah hati hamba,,,yg mau bantu atau sharing2 atau berbagi info bisa call.087877116738 muthohir17@gmail.com

    Like

  66. Saya baru psang iklan di olx g lama kmudian dpt customer yg deal dan ksh bukti transfer lewat e-cash. Anehnya sya cek mutasi lewat e-banking g ad transferan masuk & dy ngotot nyuruh cek di ATM. Sy yg dapet transferan kok sy yg dsruh ribet -.-

    Like

  67. Wah, saya juga hampir kena nih mbak, barusan ad yg nawar brg yg saya iklanin di olx, trus ngirimim foto ktp dan minta foto ktp saya, ga pake nawar langsung deal harga aja, pas dia mau transfer ecash saya langsung tau ini penipuan, alhamdulillah ga sempat ke atm, mohon untuk semua apabila menemukan modus penipuan seperti ini dgn menggunakan KTP/Nama saya mohon jangan percaya,karna saya jg korban,sya yakin ktp yg dia jg kasih ke saya itu bukan ktp dia asli bisa saja dia jg korban sama seperti saya

    Like

  68. Saya barusan ketipu nih, Rp. 16.000,-
    Selamat siang, saya dari Telkomsel Pusat, selamat Bapak mendapatkan uang sebesar Rp. 10.000.000,-
    Sama kaya cerita kawan-kawan di atas, tapi sempat e-money Rp. 16.000,-

    Terkahir percakapan, “sudahlah, saya sedekah buat kawan-kawan yang sedang nelpon ini kasian harus nelpon lama-lama dan berkali-kali tadi:. Yang nipu malah marah-marah.
    ——————————————–
    Alhamdulillah sudah bisa ‘bersedakah’ ala kadarnya secara online sekarang 😀

    Like

  69. Assalamualikum maaf saya mau tanya saya pernah mengalami kejadian penipuan seperti itu sedikit cerita sekitar jam 11 ada seseorg menelpon saya dan dia bilang saya mendapatkaan hadiah 8 jt dari layanan upgade e cash mandiri lalu saya pergi ke atm, ke betulan atm saya mandiri saldo saya hanya 50 rb lalu ke tarik tinggal 14 rb dan kebetulan hari ini saya gajian apakah uang saya akan ke tarik oleh si penipu,tapi saya tdk menyebutkan pin dan no rek saya mhn tlng di bantu jwbn nya min soal nya bener bener was was terima kasih

    Like

  70. Assalamualaikum wr.wb.
    Sekedar berbagi cerita dan semoga pengalaman saya ini menjadikan teman2 lebih waspada dengan segala jenis kejahatan khusus’a penipuan dengan modus mandiri e-cash ini,
    Pada tanggal 9 Des 2016 sekitar jam 4 sore ketika masih dijam kerja saya mendapat telp dari no yg tidak saya kenal (no +6281369501188), seorang laki-laki telah mengaku sebagai CS dari provider terbesar tersebut dan memberikan kabar bahwasanya saya telah terpilih sebagai pelanggan setia provider tersebut untuk tahun 2016 ini dan berhak mendapat hadiah dana tunai sebesar 8jt rupiah dan pulsa sebesar 500rb (dalam hati saya bertanya-tanya, masa iya saya terpilih sebagai pelanggan setia padahal saya pakai no ini belum lama dan itu pun saya gunakan hanya untuk layanan data’a saja), penelepon tersebut sangat meyakin saya bahwa informasi ini adalah benar, karena ditengah2 pembicaraan kami dia melakukan persamaan data dengan cara dia meminta saya untuk mengecek apakah saya menerima sms dari MyTelkomsel yg berisi 4 digit no verification code yg ada pada sms tersebut dan meminta untuk menyebutkan angka’a untuk disamakan dengan data mereka dan setelah saya sebutkan dia mengucapkan ” SELAMAT ANGKA YG BAPAK SEBUTKAN ADALAH BENAR SESUAI DENGAN DATA KAMI DAN AKAN KAMI PROSES LEBIH LANJUT” (belakangan saya tahu kalau saya bisa menerima sms verifikasi dari MyTelkomsel mungkin karena ada pihak yg berusaha mengakses aplikasi MyTelkomsel dengan memakai no hp saya), setelah itu dia memberikan arahan lebih lanjut bahwa hadiah yg akan saya dapatkan itu akan masuk ke rekening Bank Mandiri saya dan dia meyakinkan saya dengan cara menanyakan apakah saya menerima sms dari BANKMANDIRI? Dan setelah saya cek inbox sms saya ternyata memang benar telah masuk sebuah sms dari BANKMANDIRI yg berisi :

    “<e-cash: Anda telah menerima transfer dari 081295064127 sebesar Rp 8,00. Ref:20161209462375152925. Saldo Anda: Rp 8,00."

    Dia meyakinkan bahwa ini adalah benar dengan mengatakan kalau saya tidak perlu menyerahkan atau menyebutkan no rek mandiri saya,
    Dan dengan 2 hal kebenaran ini membuat saya menjadi yakin bahwa informasi yg saya terima ini adalah benar bahwa saya akan menerima hadiah itu. kemudian saya diarahkan untuk segera mendatangi ATM Mandiri untuk pengambilan dana tunai'a dengan memberikan 8 digit no verifikasi untuk diinput di mesin ATM (kemudian saya pun menuliskan no tersebut di buku agenda kerja saya) karena ini hanya akan berlaku 1 kali dan hanya melalui arahan melalui telp dari CS dan dia pun menanyakan waktu tempuh ke ATM tersebut dan saya jawab sekitar 15-20menitan dan dia pun mengkonfirmasi bahwa saya tidak perlu menutup telp saya selama saya dalam perjalanan menuju ATM, cukup disimpan disaku saja dan segera memberi tau jika sudah sampai dilokasi, kemudian saya pun bergegas mencari ATM terdekat dengan menggunakan motor namun sayang'a setelah hampir separuh perjalanan saya teringat kalau saya lupa untuk membawa buku agenda saya yg telah saya gunakan untuk mencatat no verifikasi itu karena terburu-buru dan saya pun memutuskan untuk kembali membawa buku'a..setelah sampai saya kembali memeriksa hp saya apakah masih terhubung atau tidak dengan CS tersebut dan ternyata benar org itu masih setia menunggu dan ridak memutuskan hubungan telp'a.. mungkin karena merasa sudah tidak terdengar lagi suara bising lalu lintas terdengar lah dia mengatakan "halo..halo..halo pak..apakah bpk sudah sampai di ATM'a?" Dan saya pun menjawab kalau saya belum sampai d ATM dan harus balik lagi karena no verifikasi yg dia berikan tertinggal, namun saya sedikit kaget atas respon dari org itu yg mengatakan dengan nada yg cukup tinggi "Yaelaaah paak lamaa amaaat siiih..! No itu bisa saya kasih lagi setelah sampai di ATM nanti!!" (dalam hati saya..koq seorang CS tutur bahasa'a seperti itu yaa? Biasa'a kan ramah) tanpa berpikir panjang saya pun kembali memacu motor saya untuk menuju lokasi ATM terdekat.
    Setelah sampai di ATM saya pun kembali berbicara dengan sipenelepon itu..kemudian dia memandu saya untuk mengoperasikan ATM'a dan di arahkan kepada opsi e-cash ini..karena saya belum pernah mencoba opsi ini lalu saya mengikuti semua yg diinstruksikan, dan saya diperintahkan untuk memilih opsi isi ulang yang kemudian di arahkan untuk mengisi angka 1-7 sebagai kode'a..(dalam hati saya..angka ini menunjukan nilai 1.234.567 rupiah tapi saya terus saja melakukan segala arahan'a sampai diakhiri dengan harus memilih opsi "BENAR"), akan tetapi layar mesin ATM berikut'a ternyata menampilkan tulisan:
    "saldo anda tidak cukup untuk melakukan transaksi ini"
    Dengan nada heran sipenelepon mengatakan "masa ga bisa? Coba sekarang dicheck saldo bapak sekarang berapa?" (Dan saya pun melakukan pengecekan saldo dan ternyata memang masih sama dengan sebelum'a hanya 32rb'an), dan dia meminta saya menyebutkan angka sisa saldo saya itu..kemudian saya sebutkan sesuai aktual'a tetapi mungkin sipenelepon mengira saya telah berbohong kalau sisa saldo saya segitu, dia pun meminta saya mengulangi proses'a sampai 3 kali percobaan, dengan memasukan angka yg semakin terus berkurang dari sebelum'a, yang terakhir di coba adalah angka 300rb'an dan masih saja belum berhasil dan masih terluliskan bahwa saldo tidak cukup, dan kemudian saya diarahkan untuk memilih opsi "upgrade layanan" pada layar mesin ATM, namun saya kembali heran bahwa dilayar ATM saya harus mengetikan no HP dan oleh sipenelepon saya di arahkan untuk mengetikan 12 digit no HP yg jika diperhatikan itu sama persis dengan no hp yg telah mentransfer saya sejumlah Rp 8,00 via sms yg diterima sebelum'a yaitu 081295064127,
    (Disaat itulah saya semakin yakin kalau saya sedang menjadi korban penipuan..)
    Karena merasa tidak berhasil penelepon tersebut mengalihkan telp'a ke teman'a yg dia bilang adalah atasan'a.. orang kedua itu menanyakan "apakah rek mandiri saya masih aktif atau tidak?, saya jawab klo no rek saya masih aktif dan pagi hari tadi saya masih ada transaksi,, terus org kedua itu bertanya "saldo saya berapa dan tolong katakan sejujur'a..," karena memang sisa saldo saya 32rb'an yaaa saya bicara apa ada'a.., dia pun menjelaskan kalau saldo di rek kurang dari 300rb maka hadiah ini tidak bisa diproses dan kemudian dia pun menanyakan rek bank lain yg saya punya.. tapi saya langsung mengatakan bahwa saya tidak akan mengambil kesempatan mendapatkan hadiah ini..dan ternyata itu telah membuat si penipu marah dan mengatakan bahwa saya telah melecehkan perusahaan sebesar TELKOMSEL dan mereka akan memblokir nomor kartu telkomsel saya dan juga memblokir nomor rekening bank mandiri saya.. emosi mereka semakin menjadin saja setelah saya mempersilahkan mereka untuk melakukan itu semua, toh nomor itu saya hanya gunakan untuk akses internet dan juga saldo yg ada di rek hanya 32rb'an..saya bilang kalo saya bisa saja beli lagi no baru dan saya bisa buka rek bank baru..(walaupun saya yakin kalau account bank tidak bisa sembarang di blokir apalagi bukan oleh pihak bank dan juga bukan oleh pihak berwenang), dan langsung saya saya akhiri pembicaraan telp'a..

    Dari pengalaman ini saya sangat bersyukur bisa terhindar dari penipuan..padahal dipagi hari'a saya hampir saja mentransfer semua saldo saya dari rek bank yg digunakan payrol tempat saya bekerja,

    Like

  71. Assalamu’alaikum. saya juga nyaris kena nih. jadi ceritanya saya jual dvd pembelajaran buat persiapan UN bekas saya dulu (gak kepake lagi). baru aja 5 menitan iklannya tampil di olx eh tiba2 ada yg pesen. namanya itu siapa sih raisya siapa gitu. nah dia nanyakan harganya berapa, terus sempat nego sih dia. saya tawarin 400K (udah sama ongkir) atau 370K (belum ongkir), saya udah yakin kalau si doi pasti bakal pilih yg 370K soalnya ongkir cuma 18 rb-an. eh dia justru mau 400K (mungkin supaya saya jadi makin semangat). saya minta identitasnya, dikasih nama m.aziz, asal serang sana. terus dia bilang langsung aja kirimin no rek saya supaya langsung di transfernya. tapi sebelumnya dia bilang dia pernah kejadian kalau uang yg dikirimnya dibilang blm masuk sama seller lain, supaya ga keulang lagi makanya dia minta foto saldo terakhir saya. kan udah malem hampir jam 10-an saya bilang enggga bisa soalnya atm jauh, jadi deal besok pagi. saya udah kirimin dia foto saldo rek terakhir saya 2,5jt. terus dia bilang udah trf 400K pake e-cash itu dan suruh saya ke atm mandiri. (saya engga tau apa2 dan langsung saya searching gimana caranya). itu udah siap bener atm udah ditangan tinggal otw ke atm. terus untung aja saya buka google lebih cepat dan cari tahu gimana cara nariknya dan ketemu artikel sebelah kalau ini nih penipuan. terus beberapa detik abis itu dia langsung kirim cara ambilnya gimana. dia juga udah kasih foto (editan) struk bukti transfer. Yaudah deh.. saya ladenin dia. saya bilang saya lagi otw ke pasar yg jaraknya +- >30 menit naik angkot + lagi macet pula disini. dia iya iya aja. pura2 basa-basi, saya ajak dia ngobrol, saya tanya dia ini cowo apa cewe. dia bilang dia cowo, katanya dia lagi tukeran hp sama pacarnya makanya fotonya itu foto cewe dan namanya Raisya … abis itu saya biarin di nunggu2 sampe 30 menitan terus dia nanya gmana ?. dia kirim lagi cara penarikannya. abis itu baru deh saya kirimin pesan suara “Assalamu’alaikum, agan jangan main2 ya sama saya!” terus dia pura2 bego nanya kenapa. baru dah saya omelin abis2an. dia abis itu bales bilang saya kere katanya engga mungkin saya punya uang segitu apalah gitu. pokoknya saya jelasin semua kecurigaan saya sama dia dari awal dia nawar gitu. abis itu saya ancem dia dg identitas m.aziz dan alamat di situ + no telpnya buat saya laporin ke polisi. abis itu dia langsung hapus foto profilnya sama namanya di hapus semua. mungkin akunnya udah dihapusnya juga krn takut, soalnya pesan omelan2 + nasehat saya yg terakhir udah 2 jaman belum di read2 juga sama dia. hihihi…

    Like

  72. kasus sama persis dgn apa yg aq alami barusan. aq jga pasang iklan d olx.
    d akhir bbm, dy mengakui kalo dy penipu.
    kekeliruan q adl ngasih foto ktp (demi kepercayaan pelanggan kalo postingan q bukan tipu2).
    dy bilang kalo mau pake ktp q buat aksi penipuan. aq bilang silahkan toh kluarga q banyak di kepolisian. dy lgsg ganti bbm (aq ping muncul silang).
    dy sempat almt tertuju sbg brkt :
    nama : riki sanjaya
    almt : jln. raya bekasi blok E rt 04 rw 06 no 40 kel rawa terate cakung, jakarta timur.

    Like

  73. Alhamdulilah hasil share dapet artikel ini, saya juga hampir kena tipu seperti cerita2 kalian, saya pasang iklan di olx lngsnng ada yang invite, dia tnya2 barang yang saya mau jual cukup mahal bagi saya 3,8 jt tnpa bnyak tanya dan nego dia langsng mau tf malam ini jg, saya udh curiga biasanya kan kita tu kalo beli tanya dulu kondisi barang atau apalah gtu ya , trus saya lngsng ke atm mandiri saldo saya udah ditarik semua sebelum transaksi , yaudah dia bilang harus ada 1jt di atm , kalo gak pake kartu yang laen kok jadi kesannya maksa ya udah curiga lngsng aja saya bilang disini hujan mau pulang dulu , bbmnya masih ada nih blm di dc mngkn rencananya blm terwujud kali yaa,, bersyukur banget dapet artikel ini alhamdulilah,,
    Itu cerita saya malem ini tnggal 12122016 mksh semuanya sudah bagi2 cerita

    Like

  74. informasinya sangat membantu.. tapi sayangnya tadi malam tgl 13 desember 2016 saya sudah kena tipu dengan modus e-cash saya transaksi lewat ATM disuruh memasukan kode angka setelah sadar ternyata angka tersebut nominal uang.. ATM saya habis semua sekitar 5jt lebih.. astagfirullah.. semoga uang yang hilang menjadi amal ibadah untuk saya dan semoga diberikan ganjaran mengerikan untuk si penipu.. aminn..

    Like

  75. Hari senin kmrn hampir kena tipu jg mb
    Sma kek cerita mba.. Malah sya udh ke atm eh kok malah di Suruh yg kta trasfer.. Dia ceritany pembeli. Untung sya gk sebodoh itu

    Like

  76. Baru aja kejadian di aku non.
    Atas nama henra di bali.
    Ngotot minta aku ke atm karna mau transfer via e cash.
    Saya yg jual, kenapa jadi saya yg diatur ribet musti ke atm.
    Bismillah niatnya jualan nyari berkah, mudah”an dijauhkan dari yg niat jahat.

    Like

  77. Mbak,baru aja ak ngalamin kaya begitu
    Ibu nya juga baru aja tlp minta sy ke atm
    Untung sy gogling dulu dan nemu postingan ini
    Huft,sy ikutin triknya mbak”bu maaf sy g ngerti begituan,klo mau lewat transfer biasa aja,klo g g papa g jadi,maaf ya”
    Dianya ngotot katanya g punya rek lain
    Trus ditutup,tapi ak blum di dc nih,masi nunggu triknya dia apalagi,makasi ya infonya sangat membantu

    Like

  78. wah sama niih..
    sya skrg lgi ad konsumen jga yg pke e-cash.. dy tanya saldo minimal sya. tpi berhubung saldo sya tinggal brpa ratus rupiah, jdi mau sya coba bner atw gk.nya,, cma sya mau tanya k pihak bank dlu.. bner atw nipu.. kira” gmna yaaa pndpatnya.?

    Like

  79. Saya Barusan hampir ke tipu dengan modus yang sama, dia mau beli sepatu seharga 950 ribu, terus ngirim bukti transfernya, habis itu saya disuruh ke atm mandirii ngambil uangnya, pake maksa pula nyuruhnya, karna saya kurang paham lalu saya cari cari di internet, dan ternyata juga bnyak yang hampir ketipu dengan modus yang sama

    Like

  80. Ka , aku juga sama ka
    Dia ktnya bayar lewat mandiri terus katanya
    Katanga gini : Agan Dah Tau Belum Cara pengambilan dana saya , dia langsung kirim ss cara mengambil dana bank mandiri E-cash
    Ka ? Itu penipuan kan?? Saya juga udh curiga dari awal ka … Sy tawrin dia dua sepatu lagi dia langsung mau

    Like

  81. Betul cuy. Barusan juga saya tertipu dengan modus operator axis yg mengatakan saya dapat uang cash 10 juta.. Bla bla bla…. Sehingga uang di atm bri punya saya, dah dia kuras sampe nyisa Rp 52.560 , benar2 ya allah mudah2 an si Penipu dapat KARMA yg lebih dari pada itu sampe 7 turunan Amiiin …

    Like

  82. Asslm.. Biar pada dimakan cacing sayton bangsat yg suka nipu2 kayak gitu.. Astagfirullah hampir aja ketipu 850rb melalui OLX dan Alhamdulillah nya Allah msh kasih jalan.. Hati2 ya buay kalian jgn mudah tergiur dg sesuatu yg Belum jelas dan membawa Keraguan di hati. Wasslm.. (Galih, Bekasi)

    Like

  83. Memang Biadab saya jg kemarin malam hampir ketipu … Mereka pake sebut nama Allah swt segala cuy sudah pake sumpah bahwa dia bukan penipu katanya …. Ini mesti dilaporin ke pihak yg berwajib teman2 sebelum mereka merajalela mencari korban berikutnya… Nih salah satu nomer e- cash yg mereka gunakan semalam 082182988220 kalau mereka suruh ke ATM Mandiri dan kebetulan nomer ini yg mereka gunakan,jangan mau Bos ini asli PENIPUAN!! Nomer itu sebagai sarana e cash uang elektronik!! Waspada Boooooosss!!!!!!!!!!

    Like

  84. Memang Biadab saya jg kemarin malam hampir ketipu … Mereka pake sebut nama Allah swt segala cuy sudah pake sumpah bahwa dia bukan penipu katanya …. Ini mesti dilaporin ke pihak yg berwajib teman2 sebelum mereka merajalela mencari korban berikutnya… Nih salah satu nomer e- cash yg mereka gunakan semalam 082182988220 kalau mereka suruh ke ATM Mandiri dan kebetulan nomer ini yg mereka gunakan,jangan mau Bos ini asli PENIPUAN!! Nomer itu sebagai sarana e cash uang elektronik!! Waspada Boooooosss!!!!!!!!!!

    Like

  85. Saya baru aja ketipu dengan modus persis seperti yang mbak penulis ceritakan… uang saya 4 juta lebih ludes, padahal itu uang gaji pertama saya… bodohnya saya, kenapa saya ga curiga sama sekali 😣 semoga temen-temen semua ga ada yang mengikuti nasib saya ya 😢

    Like

  86. Barusan aja sis saya hampir ketipu. Saya langsung cek di internet dengan modus ini. Karena saya gak pakai bbm jadi si penipu ini nelfonin saya terus. Modusnya juga sama persis, tiba-tiba deal aja. Awalnya saya kasih dia norek Mandiri saya, karena dia bilang pakai e-Cash Mandiri. Dari awal saya mikir, kok dia yang mau transfer saya yang repot harus ngurus eCash. Setelah itu dia modusnya bilang “transfernya tertunda”, akhirnya sama kyk sis saya disuruh ke ATM dan dia ditelfon ngasih step-stepnya. Karena saya juga pemakai eMoney saya bingung, kok ini jadi disuruh top up, akhirnya saya agak lamaan di ATM. Alhamdulillah Allah masih sayang sm saya, uang 600.000 gak jadi hilang karena saya dibantu sama mas-mas yang antre sesudah saya. Buat semuanya hati-hati ya, ini modus baru, jangan mudah terpengaruh.

    Like

  87. Motif nya dia pake kode otp,trus nanti alasan nya krm foto saldo biar sama2 enak,dan akhir ny dia yang enak dan kita yg zonk,kt d suruh pake bahasa inggris,biar kita bingung,dan saya juga korban ny,nama ny fauzan hanif,mungkin dia pake nama berbeda untuk setiap korbannya

    Like

  88. saya sedang terkena penipuan ini dr bulan agustus dan sampe sekarang belum diganti karna itu uang temen saya, temen saya sangat membutuhkan banget bulan januari ini saya gatau harus gmn lagiii ada yang mau nolong?:'((((

    Like

  89. Saya juga baru tadi pagi kena tipu. Rasanya seperti dihipnotis, dia nelpon saya nunjukin langkah-langkahnya. Lalu ya sudah saldo saya masuk ke rekening dia semua hanya sisa 45rb. Saya shock gemetar sampai nangis. Akhirnya saya ganti pin atm takutnya tersedot sm dia karna dia sudah tau pin saya. Saya bodohbgt gatau ada modus penipuan sperti ini😢😢😢😭😭😭😭😭

    Like

  90. Hari ini sya hmpir kena tipu,tpi sya tipu dluan tuh penipu hahahaa awal.a sya ga curiga krna dia pke kontak bbm prmpuan a.n ANGGIK fto dp.a prmpuan gendong bayi.
    Krna sya sblum.a hmpir kena tipu ecash jg jdi sya krjain aja itu org,,pura2 sja sya ia kan dia trf mlalui ecash,sya ksih deh no.rek suami sya TAPI nama.a sya hilangkan 1 huruf.a hrus.a Maylad tapi sya tulis Maylan kurg D.
    Alhasil dia krim bukti trf pkai nma Maylan bkn Mayland,,sya bilang ke penipu itu klau bukti trf itu asli hrus.a nma.a mayland bkn maylan.
    Si penipu tdk bisa berkutik sya bilang sprti itu dan dia dc bbm sya hahahaa

    Like

  91. Yg anda maksud amirullah adalah sy
    Pegawai dinas pemadam kebakaran
    Mkassar
    Dan gak pernah menwarkan trnsaksi Mndiri ecash. Sy slah satu pnjual di olx yg sempat di mnfaatkan identitas saya..jdi mhon di klarifikasi tulisan anda spya memperjelas
    Dan tidak mengarah ke pncemaran nama baik

    Like

  92. Barusan aja sy juga mengalami kjdian kaya gitu. Cuma via Whatsapp. Orgny maksa suruh ke atm, dan di kirim gambar mandiri e-cash. Pd saat itu sy curiga harus ada minimal saldo 500rb di atm. Pdhl sy pernah transfer pake e-cash brpapun dana di atm bisa di proses. Yg jangga malah dy kirim screenshot cara pembayaran tp ga ada alamat webny. 😄
    Habis itu sy di blokir sama tuh org dr WA.

    Ini buat pelajaran sama kita aja ke dpn jgn sampe ketipu. Dan jaman skrg makin canggih.

    Like

  93. Ya allah terimakasih hamba sudah membaca postingan, barusan saya hampir kena tipu macam ini, untung saya baca post ini deh, makasih banyak gan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s