Begini Caranya Menghemat Listrik Ala Ibu Rumah Tangga


Adv. Hai ibu-ibu, ada yang nyadar gak sih kalau harga listrik makin naik. Padahal kayaknya kebutuhan listrik rumah tangga kita gak pernah berkurang ya. Oleh sebab itu, kita sebagai pengelola keuangan rumah tangga wajib cermat atur-atur biaya kebutuhan listrik supaya hemat dan tagihannya gak membludak.

Sebenarnya menghemat listrik bukanlah hal yang sulit. Kalau bisa konsisten melakukan hal-hal berikut ini, niscaya penggunaan listrik di rumah akan menjadi semakin hemat. Berikut saya bagi tipsnya ya biar tetap hemat listrik:

  1. Menggunakan Meteran Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah konsep penggunaan listrik dengan mengisi token sebelum daya listrik di meteran habis. Biasanya token listrik dijual dalam nominal tertentu seingga kita leluasa memilih sesuai ketersediaan dana. Cara ini cukup ampuh untuk menghemat listrik. Karena kita bisa menekan pengeluaran bila daya listrik sudah mulai menipis. Lama-kelamaan pasti kita semakin terbiasa dengan gaya hidup hemat listrik setiap hari.

2. Mengganti Lampu Biasa dengan Lampu Hemat Energi

Harga lampu hemat energi memang sedikit lebih mahal daripada lampu biasa. Tetapi jenis lampu ini efektif untuk menekan penggunaan listrik. Cahaya lampu hemat energi tidak kalah terang dengan lampu biasa. Selain itu, lampu hemat energi biasanya juga bisa membuat kita lebih irit karena tidak mudah putus, memiliki garansi, dan bisa digunakan dalam waktu lama.

3. Memanfaatkan Inovasi Perabot Hemat Energi

Ternyata bukan hanya lampu saja yang dilengkapi teknologi hemat energi. Karena ternyata kompor induksi juga memiliki kemampuan yang sama. Dengan menyiapkan kompor induksi di rumah, berarti kita tidak perlu menggunakan gas dan hanya mengandalkan sedikit listrik saja. Beragam kompor induksi berkualitas tersedia secara lengkap di MatahariMall. Tinggal meng-klik situs belanja online yang satu ini, maka kompor induksi yang kita inginkan pun bisa segera dipesan secara praktis.

4. Mengajak Anggota Keluarga Lain untuk Berhemat

Supaya kebiasaan menghemat listrik semakin efektif, tentu saja kita juga harus mengajak anggota keluarga lainnya untuk ikut melakukan penghematan. Caranya sangat mudah, mulai dari mematikan benda-benda elektronik yang sedang tidak digunakan. Selain itu, kita juga bisa mengajak anggota keluarga untuk melakukan aktivitas lain yang tidak banyak berhubungan dengan listrik selama berada di rumah. Hematnya biar bareng-bareng.

Bila kita berhasil melakukan penghematan listrik di rumah, berarti kita berkesempatan memiliki kelebihan dana. Sehingga nanti kita bisa menggunakan kelebihan dana tersebut untuk kebutuhan lain yang tidak kalah penting. Selamat berhemat!

9 thoughts on “Begini Caranya Menghemat Listrik Ala Ibu Rumah Tangga

  1. Saya masih belum bisa beralih pada token listrik, buat saya mah itu menyusahkan heheh karena saya suka lupa isi token atau hal lainnya heheh, lebih enak pakai listrik konvensional aja deh, dan alhamdulillah masih bisa hemat

    Like

  2. Aku masih pakai listrik pasca bayar. Tapi di rumahku masih 900 watt. Standar rumah sini. Sebulan rata rata 120 ribu. Aku yg bayarin sih. Maklum aku pengguna terbanyak soalnya komputeran all day long hahaha..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s