Mobil Sahabat Generasi Muda


Yang masih muda, coba tunjuk tangan ya… Kamu kah orangnya?

Saya ikut ngacung boleh? Boleh lah ya. Meskipun emak-emak udah punya buntut dua anak, masih boleh kan ngaku muda? haha, maksain boleh lah.

Katanya, yang masih masuk golongan anak muda itu yang lahir tahun 1981 ke sini. Kalau yang lahir tahun 1981 – 1995 namanya Generasi Y dan mereka yang lahir setelah tahun 1995 namanya Generasi X. Saya lahir tahun 1986 berarti masuk Generasi Y ya, Alhamdulillah masih terbilang generasi muda. Yeah!

Anak muda seperti saya ini dan sahabat muda yang lain, kalau pergi-pergi pasti butuh mobil ya. Apalagi kalau pergi jarak jauh. Kalau saya, mobil itu fungsi utamanya buat ngangkut anak-anak karena mereka masih kecil-kecil. Dengan mobil, pergi bersama anak-anak menjadi lebih aman daripada dengan motor atau angkot.

Hari Jumat kemarin (28 Oktober 2016), saya dan beberapa teman Blogger Bandung menghadiri talkshow di Cafe Atmosphere Jalan Lengkong Besar nomor 97 Bandung. Talkshow yang mengusung teman “Memilih Mobil Terbaik untuk Anak Muda” ini diselenggarakan oleh Mobil123.com bekerja sama dengan Toyota.

Saya tiba di lokasi sekitar pukul 16.15. Saat itu hujan turun lebat sekali di Bandung. Untung saya ke lokasi bawa mobil, jadi tidak terlalu kehujanan. Hanya kehujanan sedikit dari lokasi parkir ke ruangan talkshow karena saya nekat lari gak pakai payung.😀

Sampai lokasi, saya disambut dengan nyanyian band khas anak muda dan langsung mengisi formulir registrasi. Sambil menunggu acara dimulai, saya mengambil secangkir teh hangat sekedar menghangatkan badan yang kedinginan karena sempat kehujanan sedikit sebelumnya.

Baru juga teh saya habis setengah cangkir, mbak-mbak cantik pembawa acara menyampaikan bahwa acara sebentar lagi akan dimulai. Asyiikk, udah gak sabar nih. Apalagi pas ngelihat temanya tuh anak muda banget, cocok!

Ohya, nanti saya akan cerita tentang tip-tip buat sahabat muda yang lagi nyari mobil, gimana caranya biar sahabat muda gak nyesel dengan pilihannya. Tapi, sebelum masuk ke tip-tipnya, saya mau cerita dulu ya tentang Mobil123.com ini. Jadi Mobil123.com ini portal online yang mempertemukan antara penjual mobil dan calon pembeli. Paham kan ya, Mobil123.com ini hanya perantara ya gaes, bukan situs penjualan mobil.

Di talkshow kemarin, ada tiga pembicara, yaitu:

  1. Deni Rohmat (Sales Supervisor Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung)
  2. Indra Prabowo (Managing Editor Mobil123.com)
  3. Irwan Nurfiandy (Head of Marketing Mobil123.com)

Materi dari ketiganya, sangat menarik bagi saya. Ya simply karena ini materi saya banget. Biar gak lupa materinya, sempat saya simpan di Twitter saya (@armitafibri – follow ya). Jadi sambil jalannya acara, saya sambil live tweet gitu. Hasil dari live tweet-nya saya rangkum di blog ya dan spesial buat sahabat muda saya kalian boleh baca. Jangan lupa dipraktekkan ya tip-tipnya karena saya yakin ini pasti berguna banget terutama buat sahabat muda yang memang sekarang lagi nyari mobil.

blogger-gathering-bandung-7TIP MEMBELI MOBIL UNTUK ANAK MUDA


1. Beli yang Ekonomis

Ekonomis itu maksudnya dengan uang yang sedikit kita bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya atas barang tersebut. Namanya anak muda, biasanya (biasanya loh ya), uangnya kan masih terbatas. Masih kuliah atau baru selesai kuliah atau baru masuk kerja, baru mulai bisnis, dan belum mapan. Tapi udah kepingin beli mobil untuk support kegiatan/kerjaan dia. Makanya dengan dana yang terbatas, gimana sahabat muda bisa beli mobil yang sesuai kebutuhan.

Caranya, pilihlah mobil yang harganya terjangkau. DP (down payment) kecil dan cicilan murah. Yang penting sahabat muda bisa bayar uang DPnya dan cicilan bulanannya gak mahal-mahal amat. Sahabat muda yang baru pertama kali beli mobil/first buyer biasanya akan membeli mobil yang harganya sekitar Rp150 jutaan seperti Toyota Agya. Dengan DP 20 jutaan dan cicilan sekitar 3 juta sahabat muda sudah bisa beli mobil ini.

blogger-gathering-bandung-3

2. Konektivitas

Anak muda sekarang mana ada yang bisa lepas dari gadget. Kemana-mana pasti bawa gadget. Dari acara makan sampai ke kamar mandi pasti gadget gak pernah lepas. Sering lihat anak muda selfie di toilet? Iya, itu kerjaan anak muda zaman sekarang.

Makanya, mobil anak muda zaman sekarang juga perlu support hobi anak muda yang gak bisa jauh-jauh dari gadget ini. Misalnya, lengkapi fiturnya dengan audio sehingga sahabat muda bisa setel musik favoritnya ketika dia menyetir. Selain audio, lengkapi juga dengan fitur yang bisa nyambung ke GPS gadget kita. Jadi udah gak perlu bawa-bawa peta segedhe gaban. Kalau mau pergi-pergi dan sahabat muda belum tau arah tujuannya, tinggal hidupin aja Waze atau Google Mapsnya. Tinggal koneksikan gadgetnya ke mobil tau-tau nyampe tempat tujuan karena sahabat muda tinggal dengerin instruksinya aja.

blogger-gathering-bandung-5

3. Keamanan

Buat saya, yang sering pergi-pergi sambil bawa anak-anak, pilih mobil yang aman itu penting banget. Buat melindungi saya dan juga anak-anak. Mobil yang dilengkapi dengan airbags itu penting loh, jadi kalau istilahnya ada apa-apa di jalan, misalnya kecelakaan, penumpang di dalam mobil bisa terlindungi. Cari juga yang dilengkapi dengan rem ABS yang bisa mencegah roda terkunci saat sahabat muda harus mengerem mendadak. Plus perlu juga cari yang dilengkapi dengan Vehicle Stability Control yang membantu keseimbangan mobil saat mobil sahabat muda ada tikungan tajam.

Ohya, faktor lain yang juga jadi pertimbaan saat sahabat muda ingin membeli mobil adalah segi desain yang keren dan futuristik. Kayak saya misalnya, nyari mobil yang cantik dan warnanya oke. Kebetulan mobil saya warnanya merah marun yang menurut saya itu keren banget dan gak pasaran. hahaha. Desainnya juga dinamis!

blogger-gathering-bandung-2

Salah satu mobil dari Toyota yang cocok buat generasi muda, terutama muda mapan (kisaran umur 27-31 tahun) adalah Toyota Sienta. Mobil jenis ini memang baru diluncurkan sekitar bulan Mei 2016 lalu oleh Toyota untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang membutuhkan mobil untuk berbagai keperluan. Cocok banget untuk keluarga muda karena mobil ini bisa diisi oleh 7 penumpang.

Kenapa Sienta cocok buat sahabat muda? ya karena Sienta ini memenuhi ketiga kriteria di atas. Kalau sahabat muda punya budget bisa coba hubungi dealer Toyota terdekat atau coba mampir ke Mobil123.com buat cari referensinya. Dengan harga tunai sekitar Rp230 juta, sahabat muda bisa bawa pulang mobil dengan konsep MAV ini (Multy Activity Vehicle). Kalau mau coba cara kredit juga bisa, coba mampir ke webnya Toyota deh, di sana tersedia fitur simulasi kreditnya.

Toyota Sienta. Sumber foto: toyota.astra.co.id
Toyota Sienta. Sumber foto: toyota.astra.co.id

Nah kalau misalnya sahabat muda lebih tertarik beli mobil yang bekas/second daripada mobil baru karena beberapa pertimbangan (misalnya budget terbatas), bisa juga kok beli aja mobil yang bekas. Di Mobil123.com banyak yang jual.

Eits, tapi hati-hati loh kalau mau beli mobil yang bekas. Kalau gak jeli dan teliti takutnya sahabat muda malah dapat mobil yang jelek. Bukannya untung malah jadi buntung. Saya punya tip nih gimana kalau sahabat muda mau beli mobil bekas.

1. Pilih Dealer Terpercaya

Di Mobil123.com, seluruh dealer sudah diverifikasi, benar-benar dealer mobil yang menjual mobil tanpa boongan. Cari aja di Mobil123.com mobil yang sahabat muda inginkan, bandingkan dengan yang sejenis. Tandai mobil yang diincar, kalau perlu diprint biar jelas.

2. Cek Fisik Langsung

Namanya beli mobil kita pengen ngelihat langsung donk ya, bukan seperti beli kucing dalam karung. Sudah puas lihat foto-fotonya di Mobil123.com, kita perlu datangin langsung dealer/pemilik mobilnya langsung.

Pilih mobil yang tidak pernah kena banjir. Cara ceknya gini:

  • Periksa lampu depan mobil. Kalau lampunya berembun padahal masih baru beli mobilnya patut dicurigai kena banjir.
  • Cek daerah tempat tinggal pemilik mobil, apakah daerah langganan banjir atau bukan.
  • Cek karpet bawah mobil. Kalau mobilnya pernah kena banjir, karpet bawahnya sudah tidak lembut lagi melainkan seperti rambut gimbal.

Pilih juga mobil yang tidak pernah kena kasus. Bukan mobil hasil rampasan atau curian. Caranya cek di kantor polisi terdekat, mobil tersebut pernah kena kasus atau belum. Ohya, cek juga mobilnya sudah lunas atau belum. Kalau statusnya masih mobil cicilan, cek riwayat cicilannya, apakah pernah nunggak atau belum.

3. Cek Riwayat Servis

Mobil yang di servis secara teratur, performanya akan bagus. Kalau mobil yang jarang di rawat dan pemiliknya jorok, pasti performa si mobil jadi ogah-ogahan alias buruk.  Bisa dipastikan mobilnya bakalan banyak masalah ke depannya.

Caranya, coba cek di tempat servis mobil. Misalnya kayak Toyota punya Auto2000 yang bisa bantu sahabat muda untuk ngecekin riwayat servis si calon mobil. Tinggal sebutin plat nomor atau nomor rangka si mobil dan nanti petugasnya akan dengan senang hati menceritakan riwayat servis mobil incaran sahabat muda.

Kalau misalnya ragu, sahabat muda bisa lakukan general check-up di bengkel kepercayaan sahabat muda. Kalau saya dulu pas beli mobil bekas, saya bawa teknisi kantor yang ngerti mesin mobil dan memang tiap hari kerjaan doi ngurusin mobil-mobil di kantor suami. Dia bantu banget ngecekin mobil yang jadi kandidat kami.

blogger-gathering-bandung-1
Blogger Bandung di Talkshow “Memilih Mobil Terbaik untuk Anak Muda” bersama Mobil123.com

Fyuhh, lumayan juga ya prosedurnya kalau mau beli mobil bekas. Harus cek ini dan cek itu dulu. Ya memang sih, agak ribet dikit. Tapi kalau sudah ketemu yang cocok Insya Allah klik dan berjodoh.

Praktisnya memang beli saja mobil yang baru. Tapi kalau dana terbatas, mau gimana lagi, membeli mobil bekas adalah pilihan. Coba tip dan trik saya di atas ya, saya yakin bermanfaat. Jangan lupa mampir Mobil123.com ya!

17 thoughts on “Mobil Sahabat Generasi Muda

  1. Mobil 123 ini memang solusi jitu bagi yang mau nyari mobil, baik mobil baru mau pun bekas, ya Teh? Tak hanya itu, sekedar pengen cari edukasi ttg tips memilih mobil pun, bisa banget main ke sana. Kece deh ini m-123.🙂

    Like

  2. Ngacuuung paling tinggi aku generasi Z (jiwanya) *ditimpukin Mobil Toyota Sienta

    Kece banget ya Fitur2nya Mobil Toyota Sienta, Cocok banget buat Anak Muda dan Mamah2 Muda plus Mamah berjiwa muda

    Like

  3. saya masih punya motor mbak, masih bisa kemana2, entar deh beli mobil kalau udah punya rumah ya. tapi basicly pengen puny amobil juga sih, belum bisa nyetir dengan baik sampe sekarang, baru bisa keliling kompleks, belajar pakai mobil orang

    Like

  4. Pilih-pilih mobil impian bisa bikin bingung sendiri, mba. Liat yang ini lucu, yang itu ekonomis. Hahaha. Sampe sekarang aku masih setia pakai mobil tipe mini SUV☺.

    Like

  5. Kalau saya selalu ngaku-ngaku muda *serasa muda, jiwa muda, buat menghibur diri😀
    Semuanya sekarang dipermudah oleh internet ya. Yang udah niat beli mobil, tinggal ubek2 mobil123.com. Kalo jodoh, bisa langsung akad #eh.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s