Aki Bermasalah? Percayakan Pada Shop&Drive Saja!


Salah satu momen yang membahagiakan bagi keluarga kami adalah mudik saat hari raya. Entah hari raya Lebaran atau hari raya Qurban. Momen dua kali setahun itu selalu kami tunggu-tunggu. Sebisa mungkin, kami sekeluarga selalu pulang kampung merayakan lebaran sambil silaturahmi mengunjungi orang tua, keluarga dan sanak saudara. Mumpung orang tua masih pada sehat, mumpung masih ada umur, dan mumpung ada rezekinya, Insya Allah kami akan pulang ke kampung halaman.

Hari raya Idul Fitri tahun ini berhasil kami rayakan di kampung bersama keluarga tercinta. Alhamdulillah banyak suka cita di sana. Namun, perjalanan mudik lebaran Idul Adha kami tiga bulan yang lalu terancam batal. Pasalnya, mobil kami mati dua hari sebelum perjalanan mudik dimulai.

Pagi itu, saya berinisiatif mencuci mobil sendiri. Biasanya yang tugas mencuci mobil adalah suami. Tapi pagi itu saya sedang mendapat hidayah sehingga saya semangat sekali untuk mencuci mobil. Setelah selesai mencuci mobil, saya lantas mencoba menghidupkan mobilnya berniat mau memanaskan mobil yang tidak terpakai selama beberapa hari.

Maka di pagi yang cerah tersebut, saya coba menyalakan mobil dan betapa kagetnya saya karena mobil mati tidak mau menyala. Aduh gimana ini! Sudah dicoba putar kunci kontak beberapa kali kok tetap tidak menyala. Ada indikator yang menyala juga, tapi saya tidak paham betul dengan indikator-indikator ini. Saya bisa menyetir mobil tapi untuk urusan mesin mobil saya angkat tangan. Saya serahkan semuanya kepada suami. Bahkan kalau bisa mobil bensinnya sudah full tank, bersih, kinclong luar dalam, saya tinggal injak gas dan pergi. Wekekek.

Mobil Mati Tiba-Tiba

Nah pas tau mobil tiba-tiba mati gak bisa nyala, saya panik sekali. Mana di rumah tidak ada siapa-siapa. Suami ada di kantor. Tetangga juga tidak ada, semuanya pergi kerja. Tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk mengecek kondisi mobil saya tersebut.

Langkah pertama, saya coba-coba sok tau dengan baca-baca buku petunjuk manual mobil. Mencoba mencocokkan lampu indikator yang menyala dengan keterangan yang terdapat di buku petunjuk tersebut. Terus saya mengerti atau tidak? Enggak donk! Putus asa, saya malah makin pusing.

Kedua, saya coba googling cari info di internet. Ya kali ada yang pernah nulis pengalaman yang sama dengan saya dan saya setidaknya jadi lebih tau langkah emergency apa saja yang bisa saya lakukan dari rumah untuk memperbaiki mobil yang tiba-tiba mogok ini. Ketemu atau tidak infonya? Sayangnya tidak. Tepatnya saya yang tidak mengerti harus bagaimana. Mungkin saja sebetulnya ada di Google tapi sayanya blank sama sekali.

Ketiga, saya kirim pesan ke suami mengabarkan kalau mobilnya mogok, mati, dan tidak mau menyala. Suami coba terka-terka dan kasih clue, mungkin akinya yang soak. Sudah usang dan minta ganti. Memang sudah beberapa tahun ini katanya akinya belum pernah diganti. Dia coba menenangkan saya dengan akan mencoba mengecek apa yang terjadi dengan mobil kami nanti malam selepas dia pulang kantor.

Namanya saya ya kalau panik ya panik aja. Gimana kalau nanti mobilnya mati beneran dan gak bisa hidup padahal kami mau mudik. Kepikiran untuk nebeng mobil adik saya aja yang juga akan mudik.

Oke, saya lalu kirim pesan ke adik saya untuk ikut nebeng pulang ke kampung. Cerita kalau mobil saya mati dan kudu di service sepertinya. Adik saya tinggal di Jakarta sedangkan saya tinggal di Bandung. Rencananya kami akan mudik ke Purworejo, Jawa Tengah. Karena mobil saya mogok, saya minta adik saya untuk nyamperin kami di Bandung pas pulang lebaran Idul Adha kemarin. Dari Bandung, nanti kami akan sama-sama ke rumah orang tua di Purworejo. Diapun setuju dengan usulan saya dan saya sekeluarga diizinkan nebeng mobilnya untuk ikutan mudik ke kampung.

Skenario pertama aman. Kalau mobil kami masih enggak bisa dinyalain, maka kami bisa nebeng mobil adik ke kampung. Sementara mobil kami mungkin akan ditinggal dulu di rumah dan nanti baru akan di service sekembalinya dari kampung halaman.

Setidaknya saya sedikit lega dengan plan A ini. Plan selanjutnya tinggal tunggu nanti hasil pemeriksaan oleh suami nanti malam sepulang dari kantor.

Ternyata Akinya Soak

Benar saja, sepulang dari kantor, suami langsung turun tangan mengecek kondisi mobil. Dia coba menyalakan mobil dan memang ternyata tidak bisa alias mati. Dibukanya kap mobil dan coba diperiksa secara manual dicari apa yang salah. Dari hasil pemeriksaannya, sepertinya memang mengarah kepada aki soak. 

Langsung saja suami nyeletuk kalau dia mau telpon Shop&Drive. Saya yang waktu itu belum kenal dengan Shop&Drive agak bengong dengan celetukan suami ini. Ya gimana ya, saya benar-benar buta tentang mesin mobil dan dunia perbengkelan. Tidak tau sama sekali. Bahkan nama Shop&Drive baru pertama kali saya dengar dari suami. Jadi ketika suami inisiatif googling untuk mencari nomor telpon Shop&Drive, saya pasrah aja. Saya percaya dengan kemampuan, keahlian, dan networking suami tentang masalah mobil kami ini.

Saat menelepon Shop&Drive ini, saya dengar suami menceritakan problem masalah mobil kami yang mati akinya. Disebutkan juga tipe mobil kami dan jenis aki yang digunakan. Saya juga mendengar suami menyebutkan alamat rumah kami dan nomor telepon dimana kemungkinan besar mekanik dari Shop&Drive akan datang ke rumah untuk memperbaiki aki mobil kami. Wah senang sekali ya dengar mekanik mobil bisa datang ke rumah tanpa perlu repot-repot ke bengkel. Tidak lupa, suami menanyakan kisaran harga untuk pengantian aki mobil kami supaya kami bisa menyiapkan uang untuk pembayarannya. Disebutkan oleh Shop&Drive bahwa harga aki untuk mobil kami  (tipe GS) adalah Rp875.000,00.

Sekitar satu jam setelah menelepon, sang mekanik dari Shop&Drive datang membawa aki mobil yang telah kami pesan sebelumnya. Sang mekanik ini dengan cekatan langsung memeriksa kondisi aki mobil kami. Lalu menggantinya dengan yang baru.

Shop&Drive Membantu Menyelesaikan Problem Aki Soak Mobil Kami

Aki Mobil Kami Sudah diganti dengan Aki Mobil Baru Jenis GS oleh Shop&Drive
Aki Mobil Kami Sudah diganti dengan Aki Mobil Baru Jenis GS oleh Shop&Drive

Saya yang tadinya pesimis bahwa mobil tidak akan bisa dipakai buat mudik ternyata sudah bisa diperbaiki malam itu juga. Terdengar sayup-sayup obrolan suami saya dan mekanik mengenai kondisi aki mobil saya yang memang sudah soak dan saatnya diganti. Sang mekanik terlihat begitu lihat mengganti aki yang soak ini dengan aki kering yang baru. Dan ketika sudah selesai, mobil segera dinyalakan. Wow, langsung menyala! Berarti memang akinya yang soak.

Kami sangat tertolong dengan adanya layanan delivery ini. Kami tidak perlu keluar rumah malam-malam untuk membeli aki. Hanya bermodalkan jadi dan handphone, urusan mengganti aki jadi sangat mudah. Delivery dari Shop&Drive ini juga memudahkan kami yang tidak bisa mengganti aki sendiri.

Aki yang kami pilih adalah aki jenis GS yang Maintenance Free. Keunggulan dari aki GS Maintenance Free ini adalah [sumber: shopanddrive.com] sebagai berikut:

  • Tangguh untuk Iklim Tropis Indonesia – Didesain khusus untuk iklim tropis Indonesia.
  • Tanpa Perawatan – Tidak perlu lagi mengecek dan menambah air aki, sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan. Kerusakan aki karena kelalaian mengecek dan menambah air aki menjadi tidak ada.
  • Daya Start Tinggi – Aki MF GS Astra dapat menyimpan energi listrik lebih lama, bahkan cocok untuk digunakan pada kendaraan yang relatif jarang dipakai atau kondisi mesin mobil dingin.
  • Bebas Korosi/Karat – Sehingga kebersihan mobil dan aki lebih terjaga.

Selain tipe GS, ada juga aki tipe “hybrid” dan tipe “premium”. Kedua tipe aki ini bisa didapatkan juga di Shop&Drive.

Alhamdulillah urusan aki mobil kami sudah beres. Lega. Wah kalau mobilnya sudah baik lagi berarti kami tidak jadi nebeng mobil adik saya donk. Akhirnya kami jadinya mudik dengan menggunakan mobil sendiri. Adik saya tidak jadi mampir ke Bandung, namun ia langsung lewat jalur utara via tol Cipali sedangkan kami via jalur selatan. Kami bertemu di rumah orang tua kami di Purworejo dan bisa sama-sama berkumpul untuk merayakan hari raya Idul Adha dengan penuh suka cita dan kebahagiaan.

Sekilas Tentang Shop&Drive

Kalau misalnya teman-teman ada yang belum tau tentang Shop&Drive, yuk kita kenalan dulu. Tak kenal maka tak sayang, makin kenal makin sayang. Iya enggak? Iyain aja ya🙂

infografik-shopdrive

Shop&Drive (S&D) adalah outlet ritel modern otomotif, yang menyediakan suku cadang yang bersifat umum & banyak digunakan, dengan kualitas terpercaya. Seperti dikutip dari laman Shop&Drive (www.shopanddrive.com), dulu saat tahun 1998 PT Astra Otoparts mendirikan “SUPER A”, sebuah bisnis retail modern otomotif pertama di Indonesia. Pada awal berdiri, fokus bisnis ini adalah pada produk suku cadang roda empat. Seiring dengan perkembangan bisnisnya, pada tahun 2000 “SUPER A” berubah nama menjadi “SHOP&DRIVE” dengan  konsep bisnis yang fokus pada fast moving parts, quick service, dan related service hingga saat ini.  Jadilah Shop&Drive seperti yang kita kenal saat ini.

Konsep bisnis ini hadir dalam 2 (dua) tipe outlet, yaitu Shop&Drive dan Super Shop&Drive. Keduanya sama-sama melayani penggantian oli, aki, shock absorber, dan lainnya. Yang membedakan adalah Super Shop&Drive juga melayani penggantian ban & spooring balancing. Lengkap ya!

Sudah tau belum kalau kita bisa menjadi salah satu partner dari Shop&Drive. Caranya kita bisa bekerjasama melalui waralaba. Ohya, sudah banyak partner Shop&Drive di seluruh Indonesia. Outlet Shop&Drive tersebar di mana-mana. Sudah ada lebih dari 300 outlet loh.

Dalam menjalankan bisnis ini, Shop&Drive berlandaskan 5 pilar utama yaitu; Trustworthy, Uniformity of Service, Quick & Reliable, Personalized dan Green Company. Shop&Drive berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pelanggannya. Keseragaman pelayanan antara outlet milik sendiri dan outlet franchise merupakan hal yang utama, sehingga kemanapun customer bertransaksi, yang ditemui adalah Shop&Drive yang sama.

Alasan Kami Memilih Shop&Drive

Urusan Aki Mobil Serahkan pada Shop&Drive Saja!
Urusan Aki Mobil Serahkan pada Shop&Drive Saja!

Meskipun ada banyak toko aki lain, namun kami memilih Shop&Drive untuk memperbaiki aki mobil kami yang soak. Ada banyak alasan mengapa akhirnya kami menjatuhkan pilihan pada Shop&Drive, yaitu:

  1. Layanan 24 jam. Bisa ditelpon kapan saja, bahkan saat tengah malam. Nomor telponnya 15-000-15. Ohya, waktu sang mekanik datang, kejadiannya malam hari sekitar pukul 9 malam. Di saat-saat seperti ini, orang-orang biasanya sudah mulai menutup tokonya dan mulai istirahat. Tapi tidak dengan Shop&Drive yang ternyata membuka layanannya 24 jam. Keren!
  2. Bisa delivery. Ini penting banget karena mobil kami mogok di rumah dan tidak bisa dijalankan sehingga layanan perbaikan di rumah sangat kami butuhkan.
  3. Barang yang dijual terjamin asli dan bergaransi.
  4. Harga barang pas sesuai yang tercantum di sistem sehingga tidak perlu tawar-menawar. Beda dengan toko konvensional yang harganya bisa jadi lebih mahal.
  5. Pelayanan cepat. Begitu ditelpon untuk datang ke rumah, mekanik Shop&Drive akan datang ke rumah sekitar 15-60 menit kemudian.
  6. Mekaniknya berstandard Astra dan ramah. Mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan seputar aki dan masalah mobil kami.
  7. Bisa tukar tambah. Aki kami yang lama bisa ditukar tambah dengan aki yang baru. Lumayan kan. Aki lama kami dihargai Rp75.000,00 sedangkan harga aki barunya adalah Rp875.000,00 sehingga kami hanya mengeluarkan uang Rp800.000,00
  8. Outletnya tersebar di mana-mana. Di Indonesia, ada sekitar 300an outlet tersebar. Di Bandung sendiri ada 20 outlet dan 2 diantaranya ada di dekat komplek tempat tinggal kami.

outlet-shopanddrive

Tips Merawat Aki Mobil Agar Lebih Awet

Seorang teman berbagi tips juga kepada kami tentang bagaimana menjaga agar aki mobil tetap awet dan tidak mudah soak/tekor. Mungkin setiap orang punya cara yang berbeda bagaimana menjaga agar aki mobil tetap awet, tapi ini cara-cara yang disarankan oleh teman saya agar aki mobil kami tetap awet. Caranya sebagai berikut ya:

  1. Rajin memanaskan mobil. Jika mobil tidak dipakai setiap hari, usahakan untuk selalu memanaskan mobil setidaknya dua hari sekali.
  2. Menyalakan AC mobil jika dalam kondisi kabin mobil terasa panas saja. Jika dingin, tidak perlu menyalakan AC.
  3. Audio mobil juga hanya dinyalakan ketika perlu saja.
  4. Membiasakan menonaktifkan semua panel yang berhubungan dengan kelistrikan sesaat sebelum mesin dimatikan (AC, audio, lampu plafon, dll) dan juga jangan lupa menutup pintu mobil dengan rapat.

Apakah teman-teman punya tips lain bagaimana menjaga agar aki mobil kami lebih awet? Coba sharing yuk.. siapa tau kita bisa saling melengkapi.

***

Begitulah pengalaman keluarga kami bertransaksi di Shop&Drive untuk pembelian aki secara delivery. Alhamdulillah masalah aki soak dan mobil mogok terselesaikan dengan bantuan Shop&Drive. Kami jadi bisa mudik ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga.

Sejauh ini kami sangat puas dengan pelayanan Shop&Drive. Terima kasih Shop&Drive sudah membantu menyelesaikan permasalahan mobil kami. Kalau teman-teman punya masalah juga tentang aki dan seputar mobil, mending ke Shop&Drive aja. Jagonya!


Shop&Drive

Website: http://www.shopanddrive.com/

Fanpage: Shopanddrive

Instagram: shopanddrive

Twitter: shopanddrive

16 thoughts on “Aki Bermasalah? Percayakan Pada Shop&Drive Saja!

  1. Kmrn aki mobilku jg mati mbak. Beli di shopndrive ini, tp orgnya ga dtg k rmh sih.. Suami yg dtg ksana, ambil akoh nya dan dtg sendiri.. Jd mungkin lbh murah ya krn aku cm byr 600 rb.. Sama sih, aku jg ga ngerti soal beginian :p. Jd kalo suami beli di sana udh aku anggab pasti bgslah😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s