Bakti Sosial di Panti Asuhan Al Hilal Bandung Bersama Bursa Sajadah


Assalamu’alaikum.

Teman-teman, kemarin hari Jumat 18 November 2016, saya bersama beberapa rekan blogger dari Bandung menghadiri sebuah kegiatan bakti sosial. Acara ini diadakan di Panti Asuhan Al Hilal yang berada di Jalan Peta nomor 5, Bandung. Hujan deras yang mengguyur Bandung sore itu, tidak menyurutkan langkah-langkah kami menuju lokasi. Justru dengan turunnya hujan kami mengharapkan keberkahan yang semoga juga turut mengiringi kegiatan ini.

Kegiatan bakti sosial ini adalah bentuk kepedulian Bursa Sajadah (anak perusahaan dari SKV Group) kepada para anak-anak yatim yang ada di sekitar toko Bursa Sajadah. Diselenggarakan khusus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun pemilik Bursa Sajadah H. Syahir Karim Vasandani yang ke-67. Sebagai informasi kepada teman-teman, kegiatan sosial ini tidak hanya diselenggarakan di Kota Bandung saja, melainkan juga dilakukan secara serentak di di 6 kota lainnya yaitu Jakarta, Bekasi, Bogor, Surabaya, Malang, dan Solo. Di Bandung sendiri, selain di Panti Asuhan Al Hilal, kegiatan bakti sosial juga diselenggarakan di Panti Asuhan Muhammadiyah yang terletak di Jalan Veteran nomor 118, Bandung.

bursa-sajadah-mobile-store-1
Lokasi Panti Asuhan Al Hilal dan Toko Bursa Sajadah di Inhoftank Bandung

Acara dimulai sekitar pukul 14.30 di mana kami para blogger sebelumnya berkumpul dahulu di Toko Bursa Sajadah di Inhoftank, Bandung dan kemudian bersama-bersama dengan perwakilan Toko Bursa Sajadah menuju lokasi Panti Asuhan Al Hilal yang terletak tidak jauh dari Toko Bursa Sajadah. Ada juga beberapa blogger yang langsung menuju lokasi acara dan memilih menunggu kedatangan tim Bursa Sajadah.

Lantunan ayat suci Al Quran dari salah seorang anak asuh di Panti Asuhan Al Hilal terdengar merdu sebagai simbolis dibukanya acara bakti sosial ini. Sambutan kemudian diberikan oleh perwakilan dari Bursa Sajadah dan juga pengasuh panti. Kami kemudian berdoa agar acara ini diberkahi oleh Allah SWT dan rahmat tercucur kepada semua pihak yang terlibat.

Setelah berdoa, acara dilanjutkan dengan penyerahan donasi oleh perwakilan Toko Bursa Sajadah kepada pengurus Panti Asuhan Al Hilal. Seluruh anak asuh mendapatkan donasi. Tidak lama kemudian acara ditutup dengan foto-foto dan dilanjutkan dengan makan bersama. Bahagia rasanya bisa melihat anak-anak asuh ini menikmati bingkisan dari Bursa Sajadah.

baksos-bursa-sajadah
Penyerahan Secara Simbolis Donasi dari Bursa Sajadah kepada Pengurus Panti Asuhan Al Hilal, Bandung (sumber: Instagram Bursa Sajadah)
bursa-sajadah-mobile-store-1
Foto Bersama Anak Asuh di Panti Asuhan Al Hilal Bandung (sumber: Instagram Bursa Sajadah)
panti-asuhan-al-hilal-bandung-2
Masing-Masing Anak Asuh Menerima Bingkisan dari Bursa Sajadah
panti-asuhan-al-hilal-bandung-3
Anak Asuh dan Pengasuh di Panti Asuhan Al Hilal, Bandung.

Sekilas Tentang Panti Asuhan Al Hilal Bandung

Panti Asuhan Al Hilal didirikan pada tahun 1998 oleh keluarga yang peduli terhadap keberadaan anak-anak terlantar di sekitar wilayah Bandung. Saat ini, panti asuhan mengasuh sekitar 70 anak asuh. Dari sekitar 70 anak ini, 25 anak berusia di bawah 6 tahun dan sisanya adalah anak-anak usia sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Anak-anak ini ada yang yatim, piatu, maupun anak dari keluarga kurang mampu.

Para pengasuh di Panti Asuhan Al Hilal ini memiliki niat mulia mendidik anak-anak asuhnya agar mereka memiliki kemandirian dalam hidup dan berusaha dapat mengantarkan anak-anak asuhnya ke gerbang kesuksesan. Beberapa anak-anak asuhnya sudah sukses. Mereka sudah bekerja tidak hanya di kota Bandung saja, tapi ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Saya pribadi selalu salut dan trenyuh dengan kebaikan hati para pengasuh dan donatur yang selalu bersahaja dan memiliki niat mulia mengasuh anak-anak terlantar ini. Semoga Allah balas kebaikan-kebaikan mereka berlipat ganda.

Melihat kondisi Panti Asuhan Al Hilal ini, saya lumayan sedih. Meskipun lokasinya di kota, namun aksesnya agak sulit karena harus masuk ke gang sempit yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki, sepeda ataupun sepeda motor. Mobil tidak bisa masuk. Sehingga untuk para pengunjung ataupun donatur yang ingin ke Panti Asuhan Al Hilal ini terpaksa harus parkir di pinggir jalan sepanjang Jalan Peta, Bandung. Kemudian baru berjalan kaki menuju lokasi panti asuhan ini.

Lokasi panti asuhan di gang sempit di tengah pemukiman yang padat penduduk. Gang masuknya bernama Gang Buah, dekat dengan perempatan Tegal Lega, Bandung. Ada plang besar di pinggir jalan yang menunjukkan nama Panti Asuhan Al Hilal. Dari pintu masuk gang ini kita perlu berjalan sebentar sekitar 200 meter. Panti asuhan terletak di samping masjid.

Bangunan Panti Asuhan Al Hilal terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat parkir sepeda/sepeda motor, aula, ruang pengurus, dan ruang untuk anak laki-laki. Sedangkan lantai dua digunakan secara khusus untuk anak perempuan. Pembagian ruangan ini memungkinan anak laki-laki dan perempuan tidak bercampur.

Ketika acara ini dilaksanakan, hujan deras mengguyur kota Bandung. Kondisi atap langit-langit panti asuhan yang bocor membuat air hujan mengucur dari atap panti sehingga lantai panti menjadi basah, tergenang oleh air hujan. Air hujan sempat di tampung di beberapa baskom dan ember kecil. Namun hujannya lebat sekali, sehingga tetap saja atap panti bocor dan air meleber ke mana-mana.

Saya sedih banget melihat kondisi ini. Semoga nanti ada tangan-tangan yang tergerak untuk memberikan donasi kepada panti supaya kerusakan atap bisa diperbaiki dan para penghuni panti tidak perlu khawatir kebocoran lagi saat musim hujan. Aamiin.

panti-asuhan-al-hilal-bandung
Atap Panti Asuhan Al Hilal Bocor Saat Musim Hujan
panti-asuhan-al-hilal-bandung-1
Air Rembesan Hujan

Lebih Dekat dengan Bursa Sajadah

Teman-teman, pernah mendengar tentang Bursa Sajadah? Jika belum, izinkan saya cerita sebentar ya tentang Bursa Sajadah. Supaya kita lebih kenal. Kalau sudah kenal kan nanti makin sayang.🙂

Bursa Sajadah merupakan toko pusat perlengkapan muslim dan oleh-oleh Haji/Umroh yang berdiri sejak tahun 1998. Toko ini menyediakan sajadah, karpet, beraneka macam oleh-oleh dan perlengkapan Haji/Umroh yang lengkap serta menyediakan berbagai keperluan muslim lainnya seperti baju, mukena, sarung, peci, jilbab, sarung, kurma, air zam-zam, parfum, dan lain-lain. Ada sekitar 7000 produk yang dijual di Bursa Sajadah. Banyak banget ya!

Cara berbelanja di Bursa Sajadah cukup mudah. Teman-teman bisa mengunjungi toko fisiknya yang tersebar di Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, Malang, Solo, dan Surabaya. Tapi jika teman-teman tidak sempat mampir ke toko fisiknya, jangan khawatir ya karena Bursa Sajadah juga punya toko onlinenya. Mampir saja di http://www.bursasajadah.com Insya Allah isinya sama dengan apa yang dijual di toko fisiknya. Ohya, bisa juga belanja di e-commerce seperti Tokopedia, Muslim Market, Bukalapak, Shopee, atau ke media sosialnya di Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan Google+. Wow lengkap!

Yang terbaru, Bursa Sajadah meluncurkan Mobile Store. Melalui Mobile Store ini, Bursa Sajadah bisa lebih menjangkau pelanggan-pelanggan setia Bursa Sajadah yang ada di daerah-daerah tertentu. Bisa juga kita mengundang Mobile Store Bursa Sajadah loh untuk ikut serta memeriahkan pameran atau event yang akan kita selenggarakan.

bursa-sajadah-mobile-store-1

bursa-sajadah-mobile-store
Bursa Sajadah Mobile Store (sumber: http://www.bursasajadah.com)

Mau dapat diskon saat belanja di Bursa Sajadah? Bisa banget! Caranya gabung aja jadi member Bursa Sajadah dan dapatkan diskon 15%. Untuk menjadi member ini, teman-teman perlu mengisi formulir pendaftaran member dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp50.000,00

bursa-sajadah-mobile-store-1
Kartu Diskon Bursa Sajadah

Pas hari Jumat kemarin, kebetulan saya dan teman-teman blogger berkesempatan mampir sebentar ke Toko Bursa Sajadah yang ada di Inhoftank. Pusat perlengkapan muslim dan oleh-oleh haji pertama di Bandung ini dibuka pada tanggal 27 Juli 2000 dan memang berlokasi strategis di tengah kota Bandung. Alamat lengkapnya di Jl. Inhoftank Komp. Jati Permai Ruko No. 54-58, Tegalega, Bandung, Jawa Barat. Jam operasionalnya dari jam 08.00-20.00

Di Toko Bursa Sajadah di Inhoftank ini lengkap sekali. Di bagian depan toko berjejer sajadah dan beraneka karpet. Lalu ada juga rak-rak yang berisi makanan seperti kurma, kacang-kacangan, paket kurma, air zam-zam, suvenir, parfum, dan lain-lain. Di sebelahnya, ada baju-baju untuk pria, wanita, dan juga anak-anak. Saya sempat melihat-lihat koleksi mereka terutama untuk gamis dan kerudung. Masya Allah cantiknya. Saya tergiur untuk membeli, tapi inget kalau baju-baju di lemari masih banyak, jadilah saya urung membelinya.

Kebetulan ketika kami mampir ke Toko Bursa Sajadah ini pas waktu sholat ashar. Kami sempatkan sholat ashar sebentar di mushola yang terletak di lantai dua. Masih di lantai yang sama, ada tempat wudhu, toilet, dan juga gudang tempat stok barang-barang jualan Toko Bursa Sajadah.

inhoftank7-684x455
Toko Bursa Sajadah di Inhoftank, Bandung (sumber: http://www.bursasajadah.com)
inhoftank1-684x455
Aneka Perlengkapan Muslim di Toko Bursa Sajadah Inhoftank Bandung (sumber: http://www.bursasajadah.com)
bursa-sajadah-bandung
Teh Efi, Salah Satu Blogger Bandung Sedang Melakukan Transaksi Pembelian di Bursa Sajadah Inhoftank, Bandung.

Selain Toko Bursa Sajadah yang ada di Inhoftank ini, di Bandung ada juga Toko Bursa Sajadah lain. Tepatnya di Jl. Taman Citarum No. 9 (Depan Mesjid Istiqomah) Bandung. Toko Bursa Sajadah yang satu ini telah melayani kebutuhan perlengkapan muslim & oleh-oleh haji di Bandung sejak tanggal 21 Desember 2006, berarti sekitar 6,5 tahun setelah toko yang di Inhoftank ya.

***

Pulang ke rumah ada kebahagiaan membuncah di dada saya. Bahagia bisa turut menjadi bagian dari Bursa Sajadah di kegiatan bakti sosial #SKVBerbagi ini. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi nyata tanggung jawab sosial SKV Group untuk masyarakat yang kurang mampu sehingga mereka bisa juga menikmati kebahagiaan dan tercipta hubungan yang harmonis antara masyarakat dan SKV Group.

Terima kasih dan sukses terus, Bursa Sajadah!


Bursa Sajadah

Website: http://www.bursasajadah.com

Instagram: bursa.sajadah

Twitter: bursasajadah

Fan Page: Bursa Sajadah

9 thoughts on “Bakti Sosial di Panti Asuhan Al Hilal Bandung Bersama Bursa Sajadah

  1. Waah, lengkap banget ulasannya, betul teh mita, sedih lihat kondisi panti asuhannya, dan saya sangat terkesan dengan kunjungan tersebut

    Like

  2. huiks, melihat yang bocor itu rasanya melempem hati ini Mit, kembali bersyukur..bersyukur dengan keadaan sekarang yang masih lebih baik dibandingin mereka ya .
    Moga mereka penuh berkah, sukses ya buat SKV Berbagi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s