Pilihan Sepatu yang Nyaman Untuk Aktivitas Sehari-Hari


Halo teman-teman. Bentuk kaki saya itu termasuk kaki yang ramping. Kecil tapi panjang. Yang mana bentuk kaki ini seimbang dengan bentuk tubuh saya. Iya, Alhamdulillah saya punya body yang jadi impian perempuan di mana-mana. Hahaha. Boleh sombong lah ya, hahaha, kalau badan saya itu langsing semampai. Tinggi saya 158 cm dan berat 48 kg. Ideal banget kan? Kan? Kan?

Tapi di blogpost kali ini, saya enggak akan cerita bagaimana bisa punya body kayak gini apalagi sudah melahirkan dua orang anak 4 tahun dan 1,5 tahun lalu. Saya enggak punya tips khusus menurunkan berat badan pasca melahirkan. Memang udah settingan dari sononya kalau badan saya enggak bisa gemuk meskipun makan berpanci-panci. Hahaha, senangnyaaaa🙂

Ngomong-ngomong tentang bentuk kaki saya yang langsing, sebenarnya saya bisa pakai jenis alas kaki apa aja. Mulai dari sepatu kets, wedges, sandal, boots, atau bahkan stiletto. Sebenarnya saya suka sekali dengan sepatu jenis stiletto karena membuat saya makin tinggi dan langsing. Kaki saya jenjang dengan angkle yang kecil. Dulu waktu masih kerja kantoran, saya pede sekali tampil dengan sepatu jenis stiletto ini. Tapi sejak berkarir dari rumah, saya jadi jarang sekali pakai jenis sepatu jenis stiletto. Ya kali masa mau nongkrong di rumah pakai stiletto. Ohya, stiletto itu jenis sepatu berhak tinggi.

Lalu jenis sepatu apa yang menjadi favorit saya sekarang? 

Sepatu flat adalah salah satu jenis sepatu favorit saya sekarang. Sebenarnya tidak hanya sekarang saja sih, tapi udah dari dulu. Jenis sepatu ini sudah jadi kesayangan saya sejak dari zaman sekolah dulu sampai sekarang jadi emak-emak. Dan sepatu flat inilah yang sekarang support banget hampir seluruh kegiatan saya sehari-hari. Mulai dari kegiatan belanja ke supermarket, jalan-jalan, menghadiri acara blogger, meeting  dengan klien, mengantar anak atau suami, dan lain-lain. Buat menyetir mobil atau buat naik motor, saya suka pakai sepatu flat karena melindungi seluruh kaki.

Enaknya sepatu flat itu, pakainya gampang banget. Tinggal slobok slobok dan gak perlu ribet harus pasang tali.

sepatu-tasku-kita-9

Ohya, pernah ada yang nanya kenapa saya memakai sepatu ketika menyetir mobil. Karena alasan kenyamanan nih sebetulnya. Saya enggak bisa menyetir dengan menggunakan sandal jepit sebagaimana yang biasa suami saya lakukan. Sandal jepit itu terlalu lentur dan nekuk-nekuk saat saya injak kopling atau gas. Yang ada malah menganggu pijakan kaki saya.

Saya pernah lupa, mau pergi ke minimarket dan ternyata saya pakai sandal jepit. Ngerasa gak enak, sandal jepitnya saya lepas dan lebih memilih nyeker atau tanpa alas kaki saat menyetir. Sandalnya baru dipakai lagi sesaat sebelum turun dari mobil. Nyetir nyeker itu gak enak ternyata, panas kakinya euy.

Buat saya, alas kaki yang nyaman saat menyetir mobil adalah sepatu yang empuk, dengan alas kaki yang tidak terlalu tipis atau tidak terlalu tebal, lentur, dan tanpa hak. Kalau alas kakinya terlalu tebal, injakan rem, pedal dan gas itu gak berasa. Sedangkan kalau terlalu tipis, kaki malah jadi panas. Jenis sepatu yang cocok dan memenuhi kriteria tersebut adalah sepatu kets dan sepatu flat. Rasanya kalau menyetir dengan dua jenis sepatu tersebut lebih merasa percaya diri, nyaman, dan aman.

Dua minggu yang lalu, saya berkesempatan mencoba dua pasang sepatu flat yang dikirim oleh seorang teman kuliah saya dulu. Begitu sampai di rumah, saya tidak sabar membuka paket sepatunya dan tadaaa surprise banget melihat sepatu-sepatu flat cantik-cantik dan tampak feminim banget. Langsung saya cobain dan tau gak? Sepatunya pas banget di kaki saya. Enggak kegedean dan juga enggak kekecilan.

Untunglah hari itu di Bandung sedang cerah-cerahnya. Padahal biasanya hujan deras sekali sampai banjir, air meluap ke mana-mana. Allah sedang baik dan cuaca seperti bersahabat dengan saya dan memberi kesempatan kepada saya untuk ambil kamera dan foto-foto. Yeah!

sepatu-wanita

sepatu-flat

See? cakep banget kan di kaki saya? Seenggaknya itu yang saya rasain hehehe. Dan emang nyaman buat dipakai sehari-hari untuk mendukung aktivitas saya. Bahkan kemarin saya sempat pakai sepatu yang warna salem itu untuk menghadiri acara bakti sosial di Panti Asuhan Al Hilal Bandung. Sengaja pilih sepatu yang salem karena sesuai dengan outfit saya yang ngepink.

Baca: Bakti Sosial di Panti Asuhan Al Hilal Bersama Bursa Sajadah

Saya berangkat dari rumah dengan menggunakan mobil. Pas menyetir saya pakai sepatu flat yang warna salem itu. Lumayan nyaman. Saat menginjak rem, gas, atau kopling juga rasanya enak. Tapi mungkin karena sepatunya masih baru ya jadi agak sedikit kaku. Wajar sih menurut saya untuk ukuran sepatu baru.

Kebetulan pas sampai di lokasi acara, hujan deras sekali. Sempat sedih karena masa sepatu baru dipakai buat hujan-hujanan. Nanti kalau rusak dan cepat jebol gimana ya? Tapi masa iya saya harus nyeker ke lokasi acara demi menyelamatkan sepatu baru dari guyuran hujan. Jadi weh saya nekat menerjang hujan dengan alas kaki baru yang totally basah kuyup. Bahkan separuh kaki saya juga basah saking gedenya hujan. Padahal saya sudah pakai payung dan sedikit lari dari tempat parkir mobil ke gedung Panti Asuhan Al Hilal.

Pulang dari acara bakti sosial ini, Alhamdulillah hujannya sudah reda. Saya pakai sepatunya lagi dan Alhamdulillah sepatunya lumayan kering, gak basah kenyep-kenyep. Inilah salah satu enaknya pakai sepatu flat, cepat kering🙂

Ohya, alas kakinya terbuat dari karet jadi lumayan keset dan gak licin kalau dipakai jalan. Penting ya, soalnya kan saya gak mau terpeleset dan jatuh gara-gara sepatu licin. Setelah dipakai beberapa jam, sepatu ini juga enggak bikin lecet kok.

Buat teman-teman yang sekarang lagi mencari sepatu flat untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari, nih saya punya beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan panduan dalam memilih flat shoes dengan tepat. Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, kalau misalnya teman-teman punya tips yang berbeda dengan saya, please feel free bagi-bagi tipsnya juga di kolom komentar.

Tips Memilih Flat Shoes

sepatu-tasku-kita-10

1. Pilih yang Sesuai Ukuran dan Bentuk Kaki

Memakai sepatu yang kebesaran atau kesempitan itu sangat tidak nyaman. Pilihlah sepatu flat yang sesuai dengan ukuran kaki teman-teman. Kaki saya nomornya 38 dan kalau pun misalnya saya beli online dan gak bisa nyobain sepatunya langsung, saya akan cari yang ukurannya 38. Kalaupun model sepatu yang saya incar sedang tidak ada yang nomor 38 karena stocknya kosong, saya mendingan pilih model lain daripada memaksakan pilih nomor yang di atasnya atau di bawahnya. Misalnya sudah jatuh cinta banget sama modelnya tapi nomornya enggak ada, ya udah tunggu aja dengan sabar sampai restock lagi atau lebih baik pesan/PO.

Karena kaki saya langsing dan jenjang, sebenarnya cocok-cocok aja mau pakai tipe flat shoes yang depannya runcing atau tumpul atau membulat, yang pinggirannya terbuka atau full cover. Itulah enaknya saya, bisa pakai model apapun asal nyaman. Saya pernah membaca kalau kaki teman-teman termasuk yang jenis lebar, sebaiknya hindari flat shoes dengan ujung meruncing.

2. Pilih yang Nyaman

Saya cenderung lebih menyukai sepatu yang simple dan tidak terlalu banyak aksesoris. Selain itu juga nyaman, empuk, dan mendukung aktivitas saya. Saran saya, hindari memilih sepatu hanya karena modelnya sedang tren tapi tidak nyaman dan tidak sesuai dengan kepribadian teman-teman.

3. Pilih Warna yang Tepat

Warna sepatu yang netral seperti warna hitam, abu-abu, coklat, putih, akan lebih fleksible dan bisa dipadupadankan dengan baju-baju yang kita punya. Saya biasanya pilih yang warna netral atau pastel.

4. Coba Dulu Sebelum Pakai

Namanya barang fashion memang enaknya dipegang dan dicobain ya sebelum dibeli. Kita bisa merasakan sepatunya nyaman atau tidak, lentur atau tidak, pas atau tidak dengan bentuk kaki kita, dan bisa juga melihat tampilan keseluruhan sepatu saat dikenakan di kaki kita.

Kalau kita gak ada waktu untuk belanja di toko, belanja sepatu secara online bisa kita manfaatkan. Memang sih kita jadi enggak bisa nyobain sepatunya tersebut. Tapi kita bisa lihat spesifikasi sepatunya, disesuaikan dengan kebutuhan kita.

5. Pilih Bahan dan Kualitas yang Tepat

Sepatu yang baik adalah sepatu yang mendukung kenyamanan setiap aktivitas kita. Memilih bahan sepatu yang menyerap keringat merupakan salah satu langkah awal memilih sepatu yang tepat. Selain itu, pilih juga sepatu flat yang memiliki tingkat perawatan mudah. Yang kalau kotor cuma tinggal perlu di lap aja sudah bersih.

sepatu-tasku-kita-8

Gampang kan ya diterapkan tips-tips di atas. Semoga bisa membantu teman-teman ya supaya tidak pusing lagi milih sepatu flat yang tepat. Ohya, kalau teman-teman mau punya juga sepatu flat yang kayak punya saya di atas, bisa beli di toko teman saya ya. Cek linknya di bawah ya. Ada banyak juga model flat shoes yang lain. Tidak hanya menjual flat shoes saja, tapi juga tersedia tas dan dompet wanita. Ini produk Indonesia loh, yuk kita support karya anak bangsa!

Website: https://taskukita.yukbisnis.com/

Instagram: @galshop1


Sponsored post, please read disclosure

5 thoughts on “Pilihan Sepatu yang Nyaman Untuk Aktivitas Sehari-Hari

  1. Aku skr jg lbh suka pake flat mbak. Dulu jaman2 masih sekolah, kuliah, tiada hari deh tanpa high heels😀. Walo sakit ditahanin demi kaki jenjang :p. Skr udh ga kuat😀. Udh inget umur juga. Dan kaki yg udh ga sanggub jalan jauh kalo pake high heels. Jd flat shoes yg paling fav..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s