Memanjakan Mata di Raja Ampat


 

Memiliki hamparan laut yang lebih luas, menjadikan Indonesia terkenal dengan wisata baharinya. Tak jarang banyak wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk menikmati lautan dan pantai untuk mengisi liburan mereka. Tak terkecuali provinsi paling timur di Indonesia ini, ya benar Papua. Kota ini bak surga bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan lautnya.

Jika teman-teman belum punya rencana liburan akhir tahun nanti, masukkan kota yang satu ini menjadi destinasi liburan yang hendak dikunjungi. Letaknya ada di Papua Barat, Kepulauan Raja Ampat. Lokasi ini mulai banyak diperbincangkan para traveler tahun 2012 silam. Raja Ampat memiliki pemandangan bawah laut yang siap memanjakan mata teman-teman.

Pesona bawah lautnya yang sangat menakjubkan, menjadikan Raja Ampat banyak dikunjungi para penyelam kelas dunia. Sekitar 75% spesies ikan di dunia akan teman-teman temui jika menyelam ke bawah laut Raja Ampat. Ekosistem alam dan laut di kawasan ini juga masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Sekitar 610 pulau yang membentang di sekitar laut Raja Ampat, tak akan membuat teman-temanberhenti mengucap syukur kepada Sang Maha Pencipta. Raja Ampat menawarkan banyak objek wisata yang siap membuat liburan teman-teman berkesan mulai dari snorkeling, diving dan masih banyak lainnya.

Dengan snorkeling, teman-teman akan dimanjakan pemandangan terumbu karang yang tumbuh subur di bawah lautan. Sedangkan jika melakukan aktifitas diving, teman-teman akan dimanjakan dengan banyak spesies ikan di lautan Raja Ampat yang siap menghampiri dan memanjakan mata. Bahkan, ikan yang belum pernah teman-teman lihat juga tersedia di pulau yang satu ini. Jumlah ikan di bawah lautan Raja Ampat mencapai 1500 spesies.

paradise-945318_1280

Jika teman-teman berkunjung ke Raja Ampat jangan melewatkan tempat-tempat ini  :

  1. Pulau Wayag

Dari Kota Sorong untuk ke pulau ini memakan waktu sekitar enam jam menggunakan kapal, letaknya di Desa Waiego Barat, Raja Ampat, Papua Barat. Harga untuk menyewa kapal memang agak menguras kantong, tapi dijamin tidak menyesal ketika sampai di Pulau Wayag. Pulau ini merupakan pusat keindahan Raja Ampat, yaitu terdapat pulau-pulau kecil yang membentang di tengah lautnya.

Ketika menyusurinya menggunakan kapal, pandangan pun tidak akan terlepas melihat keindahan yang dimiliki Papua satu ini. Memiliki air laut yang sangat jernih, memudahkan wisatawan melihat ikan-ikan berenang dengan bebas di lautan dengan jelas dan mata telanjang. Suburnya terumbu karang di bawah laut juga siap memanjakan mata teman-temanketika berada di Pulau Wayag.

2. Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan saksi bisu perang dunia kedua di Raja Ampat. Di pulau ini banyak terdapat bangkai kapal dan pesawat perang yang tenggelam di lautannya. Kini, bangkai kapal dan pesawat tersebut menjadi daya tarik Pulau Salawati bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Raja Ampat, Papua. Karena bangkai kapal menjadi tempat tinggal ikan dan terumbu karang yang dengan subur tumbuh di bawah lautan Salawati.

3. Pulau Misool

Pulau Misool salah satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat, yang berbatasan langsung dengan Laut Seram dan lautan lepas yang merupakan jalur ikan besar termasuk paus. Daya tarik di pulau satu ini adalah Blue Water Mangrove, dijuluki seperti itu karena banyak ditumbuhi pohon bakau yang jika dilihat perpaduan hijaunya pohon tersebut dengan birunya air laut siap memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Teman-teman yang menyukai fotografi harus datang ke pulau ini saat berkunjung ke Raja Ampat, karena pemandangan bawah lautnya yang sangat memukau. Ikan warna-warni dan suburnya terumbu karang wajib teman-teman abadikan menggunakan kamera khusus bawah air. Pulau Misool masih jarang terjamah oleh wisatawan karena lokasinya yang terpencil, maka dari itu pemandangan bawah lautnya masih terjaga keindahannya.

Wisata ke Raja Ampat memang memerlukan biaya yang tidak sedikit mulai dari tiket pesawat dan penginapan. Untuk itu, wisatawan harus merencanakan dengan matang dan harus dipersiapkan jauh hari. Teman-teman bisa menginap di Waiwo Dive Resort ketika memutuskan untuk jalan-jalan ke Raja Ampat.

Waiwo Dive Resort merupakan resort murah yang terdapat di Raja Ampat. Letaknya di Pulau Waisai, merupakan Ibukota Raja Ampat, dari Pelabuhan Waisai resort ini dapat ditempuh sekitar 30 menit saja dengan mobil. Resort yang satu ini terbilang paling murah di Raja Ampat karena pemiliknya orang Indonesia.

sea-79606_1280

Terdapat 12 cottage, yang masing-masing cottagenya dapat menampung 3-4 orang lengkap dengan fasilitas kasur, kipas angin dan kamar mandi. Daya tarik lain dari resort ini adalah ketika duduk-duduk santai di depan cottage karena suasana hutan hijau siap menyegarkan teman-teman, pokoknya siap memanjakan para tamu yang menginap.

Resort ini terletak di pinggir pantai, jadi bisa berenang kapan saja ketika teman-teman mau. Sesekali juga bisa memberi makan ikan di dermaga kecil pinggir pantai sekitar resort. Waiwo Dive Resort juga menyediakan fasilitas diving dan snorkeling bagi wisatawan yang menginap, harga paket tersebut dibanderol  mulai dari 50rb sampai 550rb /hari.

Wah, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menemukan wisata bawah laut yang memukau. Teman-teman hanya perlu ke timur Indonesia dan akan langsung menemukan lokasi wisata yang tidak kalah cantiknya dengan Maldives. Jadi, sudah siapkah teman-teman untuk memanjakan mata di Raja Ampat?

 

2 thoughts on “Memanjakan Mata di Raja Ampat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s