Senangnya Berenang di Kolam Renang Hotel Augusta Sukabumi

Kolam Renang di Sukabumi

Senangnya Berenang di Hotel Augusta Sukabumi. Yeay! Akhirnya jalan-jalan ke luar kota. Alhamdulillah bulan Februari kemarin saya dan keluarga punya kesempatan untuk jalan-jalan ke luar kota, tepatnya ke Sukabumi. Jalan-jalan dadakan dan yang sebenarnya tidak ada dalam list. Hihi, jalan-jalan dadakan yang seringkali lebih berhasil dan potensi terlaksananya lebih besar seperti pas sebulan sebelumnya kami juga jalan-jalan dadakan sambil mudik ke Purworejo.

Baca: Senja di Pantai Jetis Purworejo

Sebetulnya, pergi ke Sukabumi kemarin adalah pergi dalam rangka ikut suami kerja. Tadinya, suami yang ada jadwal mengajar di Sukabumi ini akan berangkat bersama dengan seorang temannya. Namun karena pada hari yang sudah dijadwalkan tersebut, teman suami saya ditugaskan untuk mengikuti training oleh kantor, jadi teman suami saya ini batal ikut ke Sukabumi. Sebagai gantinya, H-1 sebelum keberangkatannya ke Sukabumi, suami mengajak saya (dan anak-anak) supaya bisa ikut serta ke Sukabumi menemaninya kerja sekaligus kita jalan-jalan. Dadakan banget dan belum ada persiapan apa-apa.

Sungkan juga sih mau ikut tadinya. Soalnya saya sebelumnya gak pernah sih ikut-ikut suami dinas luar seperti ini. Malu dan takut jadi omongan, haha. Biasanya saya dan anak-anak mendingan nunggu di rumah saja sambil nunggu suami pulang dari kerja dinas luar kota.

Tapi karena kemarin kami ada undangan acara juga di Depok (adik saya mau selametan rumah), saya pikir ya sudahlah tidak ada salahnya juga ikut suami kerja ke Sukabumi. Daripada dia nanti harus bolak-balik ke Bandung lagi untuk menjemput kami dan kemudian menuju Depok. Lumayan jauh dan kasian capek kalau bolak-balik Bandung-Sukabumi-Bandung-Depok.

Jadi rencananya biar suami gak terlalu capek, kami akan ikut suami kerja ke Sukabumi. Dari Bandung kami akan ke Sukabumi dulu selama dua hari dan dari Sukabumi lanjut ke Depok tanpa balik lagi ke Bandung (Bandung-Sukabumi-Depok). Pulang ke Bandungnya nanti saja dari Depok, kalau acara selametan rumah di Depok sudah selesai.

Dari Bandung, kami berangkat pukul satu siang dan sampai di Sukabumi pukul 7 malam. Perjalanan santai kami tempuh selama 6 jam. Sebelumnya, kami sudah dipesankan tempat menginap oleh kantor suami di Hotel Augusta, Sukabumi. Saya sendiri lumayan sering dengar Hotel Augusta. Di Bandung kalau tidak salah ada 2 hotel Augusta, satu yang ada di Jalan Surapati Bandung dan satu lagi ada di Lembang. Di lokasi lain, Hotel Augusta ada di Jakarta, Carita, Garut, dan Pelabuhan Ratu.

Tiba di Hotel Augusta Sukabumi ini lumayan senang karena nuansa hotelnya tropis banget. Banyak pepohonan. Adem dan sejuk. Bahkan saking sejuknya kamar hotel pun tidak perlu pakai AC karena udaranya sudah dingin. Mungkin karena letaknya di kaki Gunung Gede kali ya jadi masih adem.

Lain kali semoga bisa saya tuliskan ya review khusus hotelnya terutama bagian kamar dan fasilitasnya. Sekarang saya sedang mau menuliskan cerita tentang review kolam renangnya dulu. Soalnya biar nyambung juga dengan blogpost beberapa waktu lalu tentang review kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Baca: Berenang Sore-Sore di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor

Berarti tulisan ini akan menjadi tulisan review tentang kolam renang yang ketiga ya di blog saya. Sebenarnya, ada total 4 tulisan review kolam renang di blog ini. Tapi tulisan yang pertama tentang kolam renang di Al Ma’soem Rancaekek Bandung itu hilang. Gak sengaja saya pencet ‘trash’ atau buang tulisan dan langsung save. Begitu sadar tadi sudah membuang tulisan, saya langsung nyesek, nyesel karena gak punya back up tulisannya. Hiks. Padahal tulisan itu lumayan banyak yang nyari terutama oleh mereka yang membutuhkan referensi kolam renang khusus perempuan karena di kolam renang di Al Ma’soem Rancaekek Bandung ini kolam renangnya terpisah antara kolam renang laki-laki dan perempuan. Saya mau nulis lagi tentang review kolam renang di Al Ma’soem Rancaekek Bandung kok sudah keburu males ya karena feel nulisnya sudah beda. Mending saya nulis review kolam renang yang lain saja.

Yang kedua, adalah review tulisan tentang kolam renang di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Garut. Nah yang sekarang saya mau tulis tentang pengalaman saya dan anak-anak berenang di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi. Asyiiik nambah lagi portofolio tulisan review tentang kolam renang.

Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas, Cipanas, Garut

Semangat nulis review kalau habis berkunjung ke suatu tempat yang baru yang belum pernah dikunjungin sebelumnya. Kebetulan banget pas bulan Februari kemarin habis ngajak anak-anak berenang di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi. Mumpung masih hangat nuansanya, mendingan saya tulis di blog ya. Sayang juga kalau gak ditulis, padahal udah ambil foto yang cakep-cakep. haha. Tinggal belajar bikin video dan unggah ke YouTube. 🙂

Saya juga masih senang sama tulisan yang berbau jalan-jalan, soalnya pengennya tahun ini bisa nambah jalan-jalan ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pengennya juga lebih konsisten nulis pengalaman jalan-jalannya di blog seperti harapan yang pernah saya tulis beberapa minggu lalu.

Baca: Ngeblog Tahun Ini Mau Ngapain

Kolam Renang di Sukabumi
Kolam Renang dari Kejauhan

Selama di Sukabumi kemarin, suami kerja. Lokasinya tempat kerjanya sih gak jauh dari hotel, hanya sekitar 1,5 km saja. Sedangkan saya dan anak-anak ada di hotel saja menunggu suami pulang kerja. Kami gak ke mana-mana. Praktis cuma ngendon di kamar hotel dan sekitarnya saja. Mau ke mana juga malas soalnya hari pertama kami di Sukabumi disambut dengan hujan rintik all day. Rencana mau berenang di kolam renang gagal karena saya gak mau anak-anak sakit gara-gara berenang pas hujan-hujan seperti ini.

Akhirnya kami menghabiskan waktu dengan menonton TV saja di dalam kamar. Sesekali keluar kamar dan jalan-jalan di sekitar hotel cari suasana lain biar anak-anak gak bosan. Beli es krim dan jajan di minimarket yang kebetulan letaknya gak jauh dari hotel. Setelah itu, kami balik lagi ke hotel, makan es krim dan jajan di dalam kamar lagi. Kalau bosan, kami keluar kamar lagi dan jalan-jalan di dalam hotel saja. Kebetulan ada outdoor playground di hotelTapi karena habis hujan, jadi playground-nya basah dan becek. Anak-anak lihat-lihat aja. Besok kalau hari terang dan cerah baru saja izinkan anak-anak main di playground ini.

Playground ini posisinya ada di samping kolam renang. Anak-anak sebenarnya bete karena tidak saya izinkan main di playground dan gak boleh berenang. Bolehnya jalan-jalan di sekitar playground  dan lihat-lihat aja.

Hari kedua di Sukabumi Alhamdulillah cuacanya cerah dan lumayan terang. Pagi-pagi jam 7 anak-anak sudah siap keluar kamar hotel dan langsung ngajakin berenang. Saya suapin dulu mereka dan kalau sudah kenyang mereka boleh berenang.

Begitu mereka sudah kenyang, kami langsung jalan menuju kolam renang. Lokasi kolam renangnya tidak jauh dari kamar kami. Kami hanya perlu berjalan kurang lebih 20 meter. Tapi jalanan menuju kolam renangnya lumayan terjal karena kontur tanahnya miring. Kolam renang ini ada di bawah, sedangkan kamar kami ada di atas.

Selain kontur tanahnya miring, jalannya juga licin karena banyak lumutnya dan Akmal sempat jatuh terpeleset gara-gara jalannya licin. Akmal juga terlalu bersemangat sampai lari menuju kolam renangnya. Untunglah dia gak papa, lecet-lecet sedikit. Baju dan celananya juga kotor kena lumut.

Ruang Tunggu

Kolam Renang di Sukabumi
Ruang Tunggu di Samping Kolam Renang

Ruang tunggunya besar dan banyak kursi-kursinya. Semuanya ada di pinggir-pinggir kolam. Ada ruang tunggu yang seperti gambar di atas ini, ada juga yang ruang tunggunya pakai payung-payung besar itu loh. Apa ya namanya, ada yang tau gak?

Ruang tunggu yang seperti foto saya di atas ini bisa juga dipakai buat tempat makan ala prasmanan. Soalnya pas saya ke sana ada deretan meja yang sedang diisi makanan gitu. Memang sedang ada acara pegawai gitu. Mungkin makannya di ruang tunggu kolam renang ini. Saya jadi kepikiran outdoor wedding party kalau begini, hihi.

Kolam Renang

Kolam Renang di Sukabumi
Kolam Renang sedang Dibersihkan

Pas banget pagi-pagi kami sampai di kolam renang (sekitar pukul 07.30), kolam renang sedang dibersihkan oleh petugas. Katanya memang tiap pagi kolam renang ini dibersihkan. Sudah jadi standard hotel lah ya. Bagus sih biar kolam renang tetap terjaga kebersihannya.

Kami menunggu sekitar 15 menit dulu supaya si Akang petugas ini benar-benar selesai membersihkan kolamnya, terutama yang kolam kecil soalnya kami berencana hanya menggunakan kolam renang kecilnya saja. Ohya, di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini, ada dua buah kolam renang: 1 buah kolam renang kecil untuk anak-anak dan 1 buah kolam renang besar untuk dewasa.

Saya sengaja tidak bawa baju renang karena lagi malas berenang. Haha. Lagian kalau saya berenang, siapa yang mau jagain anak-anak.

Begitu si Akang kasih kode kolam renang sudah ready untuk dipakai, anak-anak langsung bergegas nyemplung. Saya suruh mereka pemanasan dulu dengan jalan-jalan dipinggir kolam. Setelah itu, mereka langsung asyik main-main air di kolam renang yang kecil. Saya cukup mengawasi dari pinggi saja sambil sesekali ambil foto mereka. Gak sempat selfie soalnya muka kucel belum mandi, haha.

Kolam Renang di Sukabumi
Azril Seneng Banget Bisa Berenang Pagi-Pagi
Kolam Renang di Sukabumi
Mulai Ramai

Karena berenangnya memang masih pagi, jadi airnya agak dingin. Tapi buat anak-anak saya yang sudah terbiasa mandi dengan air dingin, kolam renang yang dingin seperti ini tidak jadi masalah buat mereka. Haha. Saya bilang aja terus bergerak di dalam air supaya badan kerasa ‘hangat’ dan tidak terlalu dingin.

Baca: Agar Anak Terbiasa Mandi Air Dingin, Ini Loh Caranya!

Air kolamnya dingin semua ya baik yang di kolam besar maupun kolam kecilnya. Beda dengan saat kami berenang di kolam renang air panas Sabda Alam Garut yang mana airnya masih terasa hangat dan beberapa titik di kolam renang tersebut masih ada yang airnya panas.

Jam 8 pagi, kolam renang mulai ramai. Beberapa anak-anak mulai datang ditemani orang tua mereka. Alhamdulillah ramai, jadi anak-anak bisa sambil belajar berinteraksi dengan orang lain.

Kalau masalah air kaporit di kolam renang, sepertinya gak terlalu kecium ya. Bagus lah, soalnya saya gak terlalu suka dengan kolam renang yang kaporitnya banyak dan berbau tajam menusuk hidung.

Kolam renang kecilnya dalamnya sekitar 50 cm. Tepatnya berapa gak terlalu ngukur juga sih, hanya kira-kira saja. Soalnya Azril yang tingginya 80 cm, gak tenggelam dan masih kelihatan kepalanya.

Fasilitas Pendukung

Salah satu fasilitas pendukung di kolam renang Hotel Augusta yang kami sukai adalah adanya playground yang lokasinya tepat di samping kolam renang. Jadi begitu anak-anak selesai berenang, mereka bisa main-main di sini. Ada ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, jembatan, dan lapangan yang bisa dipakai buat main bola.

Anak-anak paling senang main di ayunan soalnya hanya mainan ini yang relatif kering. Tempat main lain becek dan kotor sisa hujan hari sebelumnya. Bahkan saking senangnya main ayunan, Akmal sampai jatuh terjungkal karena semangat banget main ayunan. Duh Akmal jatuh mulu sik.

Kolam Renang di Sukabumi
Playground di Dekat Kolam Renang
Kolam Renang di Sukabumi
Banyak Pilihan Mainan di Arena Bermain Anak

Fasilitas pendukung lain adalah kamar kecil. Menurut saya, kamar kecilnya bagus. Ada lebih dari satu jumlahnya. Tiga atau empat kalau tidak salah. Tidak sempat menghitung dan tidak sempat ambil fotonya juga. Nuansa kamar kecilnya masih kental tropisnya dengan sentuhan batu alam dan tanaman merambat di depan kamar kecilnya. Bersih dan wangi pula. Hanya sayang letaknya agak jauh dan dipojokan sehingga anak-anak dan saya agak kerepotan kalau mau buang air kecil ke kamar kecil ini.

Ohya, yang bikin saya bahagia ketika mengajak anak-anak berenang di kolam renang di Hotel Augusta kemarin ini, Akmal bilang loh kalau dia kepengen pipis. Padahal posisi dia lagi ada di dalam kolam renangnya. Merasa kebelet pipis, dia beranjak keluar dari dalam kolam renang dan minta ke saya untuk diantar ke kamar kecil. Senang dan bangga deh dengan Akmal karena dia gak pipis di dalam kolam renang dan lebih memilih untuk buang air kecil di dalam kamar kecil. Yeay!

Harga Tiket Masuk

Saya benar-benar lupa mau menanyakan berapa harga tiket kalau misalnya mau berenang di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini. Kemarin karena kami menginapnya gratis (dibayarin sama kantor suami :D) jadi saya gak tahu berapa rincian harga tiket masuknya. Harusnya saya tanya ya ke bagian resepsionis berapa harganya. Siapa tahu ada teman-teman punya informasi biaya tiket masuk di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini, bagi infonya di kolom komentar ya.

Alamat

Kolam renang ini ada di area dalam Hotel & Restaurant Augusta Sukabumi. Alamat lengkapnya di Jl. Raya Cikukulu No. 72 Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju ke sini, kalau teman-teman dari arah Bandung, bisa ambil jalan provinsi menuju ke Sukabumi. Gampangnya sih bisa cek langsung di Waze atau Google Maps ya. Wekekek. Nanti akan melewati Sukabumi kota. Terus aja, sampai ketemu Jalan Raya Cikukulu. Letak Hotel & Restaurant Augusta Sukabumi ini ada di sebelah kanan jalan. Gampang kok cara ketemunya karena ada tulisan gedhe di depan hotelnya walaupun tulisannya agak miring.

review Hotel dan Restaurant Augusta Sukabumi
Tulisan Penanda di Depan Hotel dan Restaurant Augusta Sukabumi

Sejauh ini, puas sih dengan kolam renang di Hotel Augusta Sukabumi ini. Sok mangga buat teman-teman yang barangkali berencana ada agenda ke Sukabumi boleh loh cobain berenang di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini.

Segini aja dulu ya oleh-oleh cerita dari Sukabumi. Anak-anak senang banget bisa nyicip berenang di kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini. Semoga lain kali ada rezeki dan kesempatan main-main lagi ke Sukabumi. Pengen sih ke Pelabuhan Ratu. Doain ya, moga-moga kesampaian bisa ke sana 🙂

Makasih sudah mau mau baca review saya tentang kolam renang Hotel Augusta Sukabumi ini. Kalau berkenan, mampir juga ke media sosial saya ya dan jangan lupa like/follow.

Facebook | Instagram | Twitter

Bye!

Comments

  1. Hotel nya walaupun kecil tapi cukup hijau dan rama anak ya ada tempat bermainya. nice review mba

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, banyak fasilitas untuk anak-anak.

  2. prananingrum says:

    backgroundnya bagus ya mbak…banyak rerumputan..jadi makin betah berenangnya

    1. Armita Fibriyanti says:

      Betul, nuansa tropisnya kerasa banget

  3. retno says:

    wah dijamin anak-anak ga akan bosan nginep disini. capek main ganti renang …asal ga hujan aja hihihi…
    tulisan yang hilang ditulis ulang aja mbak…

    1. Armita Fibriyanti says:

      Keburu males Mbak, harusnya tiap selesai nulis saya bikin back up ya.

  4. sekeluarga hobi berenang ya teh? liat artikel terkait banyak review kolam renangnya 😉

    kalo aku waktu kecil seneng banget liat kolam, maunya nyebur aja. tp pas skrg2 malah ga seantusias wkt kecil, kenapa y? *malah curcol

    1. Armita Fibriyanti says:

      Mungkin sudah puas waktu kecil dulu Uni, hehe.

  5. Penjaja Kata says:

    Duh asyik ya, mbak. Jadi pengin langsung nyemplung ke situ, kayaknya adem banget. 😀

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, adem suasana dan airnya juga 🙂

  6. syuhada says:

    Paling seneng kalo bisa liburan bareng keluarga semuanya bisa ikut. Alhamdulillah ya, teh. Kayaknya sekeluarga sehat-sehat terus, sering jalan-jalannya. Semoga tetep sehat kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *