Busy Book Untuk Anak

review busy book

Yeay! Akhirnya punya juga busy book untuk Akmal dan Azril. Setelah sekian lama menanti, akhirnya kesampaian juga. Yap, blogpost kali ini mau bahas review busy book ya teman-teman, khususnya busy book handmade buatan Teh Uwien, owner  dari Crafter Diary.

Untuk teman-teman yang belum tau, apa itu busy book, intinya ini semacam mainan yang dipakai anak-anak. Bentuknya seperti buku (book) yang disetiap halamannya ada berbagai macam aktivitas. Mulai dari mencocokkan gambar, merangkai huruf/angka, dan lain-lain. Pokoknya dengan bermain busy book ini diharapkan anak-anak bisa menjadi lebih sibuk (busy) dengan aktivitas di buku ini.

Ada juga yang menyebut busy book ini dengan nama quiet book atau soft book karena bahannya memang terbuat dari kain yang lembut.

Soft Book
Akmal Sibuk Main Busy Book

Teman-teman, kalau disuruh mengaku ketrampilan apa yang paling lemah di saya? Saya bisa ngaku, kalau jawabannya adalah crafting! Saya selalu salut dan heran banget dengan kemampuan Mbak-Mbak, Teteh-Teteh yang dengan ketelatenan dan kesabaran tingkat tinggi bisa merangkai kain-kain perca digabung-gabung jadi satu dan berhasil jadi barang yang lucu-lucu. Alamak, mereka super banget lah.

Saya selalu tidak sabar mengerjakan pekerjaan seperti itu. Rasanya kok ribet ya. Dulu, pernah nyoba kristik. Tau kristik gak? Itu loh kerajinan tangan yang pakai kain jaring-jaring dan benangnya di sulam di atas jaring-jaring tersebut membentuk pola tertentu. Ada yang gambarnya masjid, bunga, hewan, pemandangan dan lain-lain. Saya pernah coba bikin motif masjid dari tahun 2007 sampai sekarang belum selesai. Masih separuh jalan. Mau nerusin udah keburu malas duluan. Hahaha. Bayangkan hampir 10 tahun enggak beres. Hiks. Saya memang payah kalau urusan crafting beginian. Sama aja kayak impian menjadi fashion designer yang gagal karena ternyata saya gak bisa gambar.

Baca: Impian Menjadi Fashion Designer

Jadilah, saya sadar diri. Kalau ternyata kecerdasan saya enggak di situ tempatnya. Saya tau, kalau saya cerdas di urusan pembuatan nama bayi dan nama usaha. hahaha.  Sekalian promosi boleh, yess. Nah, berhubung saya enggak canggih di urusan kerajinan tangan macam crafting and drawing, saya lebih baik menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya. Serahkan saja sama mereka, kita tinggal tunggu hasilnya, bayar, dan barang dijamin akan memuaskan. La wong yang bikin saja sudah ahlinya gitu.

Contoh Busy Book
Ini Gimana Cara Mainnya, Bu?

Akmal ini lagi seneng-senengnya nonton TV dan YouTube. Biar gak ketagihan terus-terusan nonton TV dan YouTube, saya harus berpikir biar gimana dia gak selalu nonton TV/YouTube. Saya usahakan bikin mainan sendiri ala rumahan gitu yang murah meriah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi mungkin lama-lama Akmal jadi bosan dengan permainan yang itu-itu aja. Saya dan Akmal perlu penyegaran. Tsah, kayak apa aja ya penyegaran. 😛 Sepertinya, busy book menjadi jawaban yang tepat untuk kami 🙂

Baca: Inspirasi Permainan Rumahan untuk Balita

Akhirnya, dua minggu yang lalu, orderan dua buah busy book saya datang, masing-masing satu untuk tiap anak. Sengaja order dua soalnya saya enggak mau mereka rebutan. Orderan busy book ini sengaja juga disesuaikan dengan umur dan ketrampilan masing-masing. Akmal (4,5 tahun) dapat busy book dengan jenis kegiatan yang lebih komplek/lebih rumit dari pada busy book milik Azril (2 tahun).

Manfaat Busy Book

Apa sih manfaat busy book ini? Mungkin teman-teman ada yang mau tau ya. Saya sih baca-baca busy book ini manfaatnya bagus untuk perkembangan anak, sampai-sampai saya rela ngantri masuk waiting list biar bisa dapat busy book-nya Teh Uwien.  Ini beberapa manfaat busy book yang bisa saya tuliskan:

  1. Menstimulasi motorik anak, misalnya anak bisa mencocokkan gambar, bentuk, atau bisa membedakan mana permukaan yang kasar, mana permukaan yang halus.
  2. Melatih kesabaran anak dan membuat emosi anak menjadi lebih stabil.
  3. Merangsang daya imajinasi anak.
  4. Membuat anak sibuk dengan bukunya dan bisa teralihkan dari nonton TV atau gadget. 

Review Busy Book by Uwien Budi

Pertama terima paket, Akmal Azril kelihatan antusias banget pengen segera buka paketnya. Paketnya lumayan gedhe dan dibungkus dengan kertas kado yang eye catching jadi mereka tertarik banget. Wajah mereka semakin sumringah begitu melihat ternyata dalamnya adalah busy book. Apalagi melihat cover busy book-nya. Punya Akmal cover-nya pesawat, sedangkan punya Azril cover-nya mobil. Pas banget dengan favoritnya mereka.

Ini review singkat saya tentang busy book untuk anak made by Uwien Budi ya.

Ukuran

Review busy book

Busy book buatan Teh Uwien ini lumayan besar ukurannya, melebihi ekspektasi saya. Saya kira tadinya ukurannya agak kecil sebesar buku tulis biasa. Eh tapi pas datang ternyata lebih besar dari bayangan saya. Wow, seneng donk dapat buku yang besar. Apalagi anak-anak dengan buku yang lumayan besar ini, mereka jadi lebih gampang maininnya.

Kalau gak salah, busy book ini ukurannya 30 cm x 25 cm. Tepatnya berapa ya, hihihi, maafkan saya enggak bisa ngukur detail soalnya enggak punya penggaris di rumah. Wkwkwk.

Bahan dan Aksesoris

mainan edukatif untuk anak

Bahan utamanya terbuat dari kain lembut yaitu kain flanel. Lembut banget dan aman untuk anak. Aksesorisnya macam-macam, tergantung dari jenis aktivitasnya. Ada resleting, beads, kancing, dan lain-lain. Tidak ada aksesoris yang tajam. Warnanya colorful banget, cocok dengan dunia anak-anak.

Aktivitas

Homeschooling montessori

Di busy book buatan Teh Uwien ini ada 4 lembar kain yang terdiri dari 7 buah aktivitas. Halaman belakang kosong, tidak ada aktivitas.  Azril paling suka aktivitas mencocokkan bentuk, menanam lobak dan wortel, dan pakai telpon. Kalau Akmal paling suka aktivitas belajar mekanisme hujan. Seruuu, mereka sampai pada berebutan gitu. 😀

Jenis-jenis aktivitasnya ada yang ditempel, ada yang dijahit, ada juga yang pakai prepetan, tergantung gimana aktivitasnya.

Harga

bermain di rumah

Sstt… harganya terjangkau loh. Coba aja cek di luar negeri, harganya bisa puluhan dollar. Tapi kalau beli di Teh Uwien, harganya sesuai lah dengan kantong kita. Menurut aku yang gak bisa ngecraft ini, busy book Teh Uwien ini termasuk busy book yang murah dan berkualitas.

Bermain busy book ini tentunya anak-anak gak bisa ditinggalin gitu aja ya disuruh main sendiri. Tapi tetap butuh bantuan pengawasan dan bimbingan orang tua. Ada baiknya, orang tua tetap menemani anak bermain busy book supaya anak-anak tetap mendapat informasi dan cara bermain yang tepat. Akmal dan Azril tetap saya awasi kalau main soalnya mereka suka berebutan walaupun sudah punya masing-masing. Hihihi, soalnya menarik-menarik sih isi bukunya.

Buat teman-teman yang lagi nyari mainan edukatif buat anaknya dan gak mau ribet, mendingan beli aja busy book kayak punya saya ini di Teh Uwien. Recommended produknya. Ramah juga loh orangnya, tanya-tanya dulu aja gak papa. Nih kontaknya Teh Uwien:

Blog: http://www.uwienbudi.com/

Instagram: @crafterdiary

Semoga bermanfaat ya!

Comments

  1. Waaah busy book nya teh Uwieeen
    Bagus yaa dan edukatif, jadi pengen jugaaaa

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, ini bagus banget ^^
      yuk di beli yuk…

  2. wahhh Kreatif banget ia, cocok nih untuk jadi stimulus anak …
    Thanks Infonya, sangat bermanfaat

    1. Armita Fibriyanti says:

      Betul, cocok banget buat anak-anak 🙂

  3. zata ligouw says:

    waa lucu busy book-nya, jadi inget dulu pernah bikin, tapi emang harus telaten banget, jadi kalo bisa beli dengan harga terjangkau pastinya mendingan beli ya, hehehe..

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yap, mendingan serahkan pada ahlinya 🙂

  4. Uwien Budi says:

    waaa… alhamdulillah kalau suka. Biasanya aku nanya dulu cover depan mau gambar apa, kemarin langsung bikin aja karna pengen cepet jadi dan ngerjain yg lain. Syukur banget kalau suka.

    Aku juga lupa ngasih tau hihihi maafkeun. itu foto yg ada keterangan Ini Cara Mainnya Gimana, itu membuat rantai, Teh. Di dalam kantongnya ada 24 lembar kain warna-warni (atau berapa ya saya lupa.)

    Aku wa cara mainnya ya 🙂

    1. Armita Fibriyanti says:

      Suka banget… puas.. jahitannya rapiii.. makasih ya Teh Uwien, sukses selaluuh!

  5. Hilda Ikka says:

    Eh bagus banget nih buat kado ponakan, hihi

    1. Armita Fibriyanti says:

      Boleh, bener juga, bisa buat kado 🙂

  6. evrinasp says:

    kreatif, bikin anak mau utak-atik dan mikir ya, lebih simple dari pada beli mainan terus yang bisa jadi nanti numpuk aja sesudahnya

    1. Armita Fibriyanti says:

      Betul Kak, Alfi juga bisa nih mainan kayak gini 🙂

  7. Sang Jubah says:

    wah bagus ini buat mainan anak-anak, edukatif banget

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, ini permainan yang mendidik untuk anak-anak 🙂

  8. Sinta Legian says:

    Waaaaaa… Lucuuuu.. Pengen bikin, bisa ga ya..

    1. Armita Fibriyanti says:

      Kalau ragu-ragu mending beli aja mbak. hehe

  9. Hastira says:

    nanti kalau aku punya cucu aku bikinin busy book ah

    1. Armita Fibriyanti says:

      Ide yang bagus 🙂

  10. Wahhh busy booknya lucu,,jadi pengen punya anak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *