HRIS System
Tips & Informasi

HRIS Sistem, Ketahui Alasannya Mengapa HRD Perlu Menggunakannya

HRIS Sistem, Ketahui Alasannya Mengapa HRD Perlu Menggunakannya. Human Resources Development atau biasa disingkat dengan HRD adalah sebuah bagian dalam perusahaan yang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia tersebut meliputi kegiatan rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, kompensasi dan benefit, serta hubungan industrial.

Keseluruhan kegiatan tersebut harus diselesaikan oleh HRD dengan sefisien dan efektif mungkin. Akan tetapi, sistem kerja manual kadang membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih lama untuk diselesaikan. Oleh karena itu, HRD perlu beralih menggunakan cara baru yang lebih efektif dan efisien, salah satunya dengan menggunakan HRIS Sistem. Mengapa demikian? Inilah alasan mengapa HRD perlu segera beralih dari sistem konvensional menuju sistem yang lebih modern, yaitu HRIS.



HRIS Sistem, Ketahui Alasannya Mengapa HRD Perlu Menggunakannya

1. Potensi Kesalahan karena Human Error Besar

Sistem konvensional biasanya dilakukan secara manual, baik dari pencatatan, perhitungan, maupun pengarsipan. Seluruhnya. Karena dilakukan secara manual, maka kemungkinan terjadinya kesalahan lebih besar. Salah satunya dikarenakan oleh faktor human error. Hal ini bisa saja terjadi karena kekurang telitian, fokus, ataupun kondisi karyawan yang sedang kurang prima.

Hal tersebut jelas berbeda apabila dilakukan dengan menggunakan software HRIS. Dengan HRIS, seluruh pendataan, pencatatan, arsip, hingga laporan akan dilakukan dengan seakurat mungkin. Tidak berhenti di situ, HRIS Sistem juga akan mengintegrasikan keseluruhannya sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah.

HRIS Sistem
Kerja jadi lebih efisien dengan HRIS Sistem

2. Pencarian File yang Sulit dan Memakan Waktu Lama

Dengan sistem konvensional, pencarian data akan cenderung sulit dilakukan dan membutuhkan waktu lama. Apalagi jika dalam satu penyimpanan tersebut terdapat berkas serupa yang hampir sama.

3. Sistem Laporan yang Tidak Efisien

Sistem laporan konvensional umumnya dilakukan melalui email atau print out berupa kertas. Hal tersebut tentu saja sudah tidak efektif lagi.

Saat ini, seluruh kegiatan harus mulai dapat diintegrasikan dalam satu aplikasi. Sehingga pekerjaan lebih mudah untuk dikontrol. Dan hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan HRIS Sistem.




4. Potensi Kehilangan Data

Dalam sebuah pekerjaan, hilangnya data dapat menjadi sebuah masalah besar. Hilangnya satu data dapat membuat pekerjaan lain terganggu bahkan bisa jadi menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Dan hal ini kerap terjadi pada sistem konvensional dikarenakan sistem yang error ataupun human error.

Berbeda dengan HRIS. Dengan menggunakan software HRIS setiap data akan disimpan dengan sistem Cloud, sehingga keamanan dapat lebih terjaga.

5. Kurang Sistematis dan Tidak Terkontrol

Data pada sistem konvensional tidak akan terintegrasi dengan pusat. Oleh karena itu, pimpinan cabang maupun pusat akan kesulitan dalam melakukan kontrol pada kinerja karyawannya. Selain itu data yang kurang terorganisir dengan baik dan sistematis dapat menyulitkan pemegang kepentingan dalam perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan.

Berbeda dengan HRIS. Dengan HRIS, pusat tidak akan merasa kesulitan untuk mendpatkan data. Hal tersebut dikarenakan HRIS memiliki sistem data yang terpusat. Dengan demikian pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa menunggu data terlebih dahulu.

Baca: Software ERP, Solusi Terbaik Untuk Bisnis




Itulah lima alasan mengapa HRD saat ini perlu beralih dari pencatatan manual ke HRIS Sistem. Namun, ketika akan beralih menuju HRIS, perusahaan perlu mempertimbangkan tipe HRIS yang cocok dengan perusahaan.

HRIS yang baik haruslah memiliki fitur yang lengkap serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal tersebut disediakan oleh Talenta, salah satu penyedia jasa software HRIS. Selain kelengkapan fitur, Talenta juga memberikan kemudahan akses dengan fitur mobile employee self service yang disediakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.