gejala ketindihan
Tips & Informasi

Gejala Saat Terkena Ketindihan Atau Sleep Paralysis

Gejala Saat Terkena Ketindihan Atau Sleep Paralysis. Hai teman, pernah ngerasa ketindihan gak?

Sleep paralysis atau yang sering kita kenal dengan istilah ketindihan yang dimana merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada saat kita tidur. Menurut Raj Dasgupta, MD, anggota dari American Academy of Sleep Medicine, penyebab dari terjadinya ketindihan adalah di mana seseorang kekurangan tidur. Stres, kecemasan, pengidap narkolepsi, serta tidur di tempat baru yang terkadang membuat khawatir juga. Ini bisa menjadi salah satu penyebab ketindihan terjadi.

Ketindihan sendiri sebenarnya tidak menakutkan, namun memang beberapa hal lainya yang bisa dialami membuat terasa menakutkan. Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi saat kita mengalami ketindihan.

  1. Terasa Sulit Bernafas

Kenapa ketindihan bisa terasa sangat menakutkan dan dapat memicu panik selain bisa membut penderita tidak bisa bergerak. Dan juga seakan-akan tidak bisa bernafas atau tersedak. Dimana terasa seperti ada sesuatu yang menahan pada dada bagi orang yang mengalaminya.

Tidak jarang orang-orang bahkan menyebut ada setan yang sedang duduk di atas kita. Dalam pikiran kita sedang tertahan di stage REM di mana pola napas yang mengalaminya berada paling rendah. Dan pada saat itu kalian terbangun dan ingin mengambil napas dalam-dalam namun hal itu tidak bisa.

  1. Tidak Bisa Bergerak

Bagi orang yang sudah mengalami ketindihan biasanya mereka merasa tidak bisa bergerak. Seperti ditindih oleh sesuatu. Biasanya sekeras apapun untuk berjuang bergerak dan untuk terbangun rasanya sangat sulit.

Untung saja ini hanya sementara dan hanya dalam beberapa menit lagi bisa bergerak kembali. Menurut salah satu dokter, ada pemisah antara tubuh dan pikiran jadi pikiran untuk terbangun. Akan tetapi belum bisa mengikuti dan terjadi lumpuh sementara. Ini yang membuat sangat mengerikan jika hal ini terjadi.

  1. Hal Tak Terduga

Memang ketindihan bisa membuat kita panik dengan serangkaian hal yang dialaminya. Beberapa orang mengalami ketindihan menyebutkan bahwa yang dialaminya tidak terduga seperti melayang di atas tubuh atau bisa melihat tubuh yang tergeletak.

Memang rasa panik akan muncul sebagai reaksi kita pada saat mengalami ketakutan. Kalian seharusnya tetap tenang dan jangan panik. Yakinlah ini akan berlalu, tetap tenang dan biarkan tubuh kalian mengejar kerja otak kalian.

  1. Seperti Ditemani

Memang begitu banyak macam-macam orang  yang mengalami kejadian pada saat mengalami ketindihan. Seperti halnya seakan terasa ada orang lain di dalam kamar, di depan pintu atau di didepan jendela. Yang memang pada saat itu terjadi pikiran kita sedang terbangun dan mewaspadai sehingga kita masuk dalam sebuah pertahanan.

Bisa saja ini terjadi seperti sebuah halusinasi yang berlebih. Seperti ada yang menghampiri sosok mengerikan dan terkadang akan ada ular atau serangga yang merayap. Namun sebenarnya kita hanya tergeletak tak berdaya dan sulit untuk menyelamatkan diri.

  1. Sulit Untuk Kabur

Memang banyak yang akan dialami saat ketindihan berlangsung. Seperti sulit bangun, bergerak, bernafas ataupun berbicara. Seakan mengerikan dan menjadi ketakutan sendiri. Terasa sulit juga untuk kabur atau bangun. Terkadang orang-orang akan fokus untuk menggerakan tangan kaki atau mencoba berteriak sekeras mungkin agar dapat membebakan dari ketindihan.

Ternyata begitu ya teman rasanya ketindihan. Teman pernah merasakan ketindihan? Share di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.