cara daftar gopay
Dapur dan Makanan

Bisnis Kue Ulang Tahun di Bandung Bisa Dioptimasi Saat Masa Pandemi

Bisnis Kue Ulang Tahun di Bandung Bisa Dioptimasi Saat Masa Pandemi. Bulan Mei kemarin, anakku yang nomor 2, Azril ulang tahun. Tepatnya ke lima tahun. Yeay! Udah gak balita lagi dia dan sekarang memasuki masa anak-anak.  Sudah lulus TK A dan Insya Allah tahun ini lanjut naik ke TK B.

Selamat Ulang Tahun Azril

Ulang tahunnya itu pas banget dengan bulan puasa. Tadinya sih gak mau ada perayaan apa-apa. Biasanya juga gak pernah ada perayaan apa-apa sih. Soalnya di keluargaku tuh gak biasa ada party-party gitu. Aku sendiri juga gak terlalu nyaman kalau ada di tempat ramai-ramai macam perayaan ulang tahun.

Selain itu, duitnya juga terbatas. Emang gak pernah ada budget khusus buat ngadain ulang tahun. Paling sekedar kue ulang tahun aja yang harganya sekitar 100 ribuan. Paling mahal 150 ribu.

Apalagi bulan Mei kemarin kan lagi masa-masanya pandemi corona tuh. Yang kalau mau ngeluarin uang belanja tuh butuh hitungan banget. Hiks. Pendapatan seret tapi pengeluaran ada terus. Makanya, kudu pinter-pinter atur uang. Belanja kalau benar-benar butuh. Yang penting makan ada lah buat sekeluarga. Kebutuhan lain yang sekunder, tersier dan kuarter tunda dulu.

Huh, sampai segitunya ya efek si COVID19 ini. Menggerus pundi-pundi keluarga kami 🙁

Maju mundur mau rayain ulang tahun Azril yang ke lima. Bolak balik nanya suami beneran gak nih mau rayain ulang tahun. Ragu soalnya dana terbatas dan kondisi lagi pandemi korona begini. Takut jadi fitnah juga kalau ngadain acara ramai-ramai. Kan gak boleh ngadain acara yang orangnya berkumpul lebih dari 10.

Hasil diskusi dengan suami, akhirnya kami cari jalan tengah. Antara tetap bisa nyenengin anak tapi sederhana dengan tetap memperhatikan anjuran pemerintah untuk tidak mengadakan acara yang mengundang keramaian.

Yaitu dengan beli kue ulang tahun aja dan dirayain di keluarga sendiri. Tempatnya di rumah aja. Yang datang semua anggota rumah alias cuma 5 orang aja. Aku, suami, dan 3 anak. Cukup fair kan ya.

Nah sekarang tinggal gimana beli kue ulang tahunnya. Aku angkat tangan kalau suruh bikin. Gak bisa. Tepatnya belum bisa. hahaha. Karena belum belajar. Bisa-bisa aja sih, tapi aku belum minat dan belum mau. Wkwk.

Di Mana Beli Kue Ulang Tahun di Bandung?

Beli  kue ulang tahun di Bandung tokonya juga pada gak buka. Kan masih PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Bepergian ke luar rumah juga masih terbatas.

Sampai akhirnya aku inget kalau ada ibu dari teman Akmal (anakku yang sulung) yang dia tuh  jago banget bikin kue ulang tahun. Rumahnya juga gak jauh dari rumahku. Malah keitungnya masih tetangga. Beda desa aja. Jadi gak perlu jauh-jauh buat beli kue ulang tahun anak buat Azril.

Buru-buru deh aku kirim WhatsApp ke dia. Minta pesan kue ulang tahun anak laki laki. Gak lupa aku minta price list atau daftar harga kue ulang tahun yang dia bikin.

Surprisingly, harganya ramah di kantong dan pas banget sama budget keluargaku. Bolu ulang tahun yang ukuran loyang 16 cm, harganya Rp 75ribu aja. Sedangkan yang lebih besar, ukuran loyang 22 cm, harganya Rp 140.000. Murah kan? Coba bandingkan harga kue ulang tahun di tempat lain yang harganya sekitar Rp 200.000 untuk 1 kue ulang tahun.

bisnis kue ulang tahun
Kue Ulang Tahun Azril Saat Usia 5 Tahun

Kue ulang tahun jadi pas hari ulang tahun Azril. Senang banget karena sesuai janji aku bisa kasih hadiah kue ulang tahun buat anakku. Gak besar memang, tapi cukupnya buat dia senang hati. Kelihatan dari raut mukanya yang sumringah dan senyum terkembang dari mulut kecilnya.

Cara Jual Kue Ulang Tahun Murah dan Mudah

Sedikit cerita tentang pembuat kue ulang tahun anakku ini ya. Tetanggaku ini, dia udah mulai usaha bikin-bikin kue ulang tahun beberapa tahun belakangan. Dia gak hanya jago bikin kue ulang tahun, tapi juga panganan lain. Kayak bolu marmer, bolu ketan hitam, pizza, donat jadul, donat J.co, pastel, dan lain-lain. Aku udah berkali-kali pesan di dia. Gak kehitung berapa kali deh bolak-balik pesan. Karena makanannya itu emang enak, cocok sama lidah keluargaku, dan harganya juga gak mahal-mahal amat.

Maksimalkan WhatsApp dan Media Sosial (Facebook dan Instagram)

Sayangnya, tetanggaku ini hanya aktif jualan via WhatsApp dan Facebook saja. Instagramnya aktif, tapi gak terlalu aktif-aktif banget.

Padahal ya lumayan kan ya kalau media sosialnya dioptimasi buat jualan kue ulang tahun Bandung murah dan bolu bikinannya. Walau mungkin baru sekitar wilayah kami di Cileunyi, Rancaekek, Jatinangor, Cibiru, dan daerah Bandung lainnya.

Buat teman-teman yang mau bisnis kue ulang tahun, coba deh dimanfaatkan semua fitur di WhatsApp dan juga media sosial (Facebook dan Instagram). Cari caranya optimasi media sosial di Google atau di Youtube ya.

Daftar Merchant Gopay

Satu lagi cara buat optimasi bisnis kue ulang tahun. Yaitu dengan daftar GoFood atau daftar merchant Gopay. Caranya cukup sediain KTP, nomor rekening, nomor HP, dan foto produknya yang mau dijual.

Jadi kalau nanti ada orang-orang yang mau order kue ulang tahun di Bandung tinggal klik pencarian kue ulang tahun Bandung di menu GoFood. Gampang kan ya.

Coba deh nanti aku bilangin deh ke tetanggaku kalau ketemu siapa tau dia tertarik untuk masukin menu-menu buatannya ke GoFood. Moga-moga sih mau. Soalnya lumayan kan ya bisa naikin omset penjualannya ya.

daftar merchant gopay
Buka Puasa Pakai Kue Ulang Tahun

Keuntungan Punya Bisnis Kue Ulang Tahun Online

Banyak sih keuntungannya kalau mau daftarin jualan kue ulang tahun, makanan dan minuman ke GoFood. Ya secara kan sekarang zamannya online semua. Pesan apa-apa tinggal pencet HP barang langsung diantar sampai depan rumah kita sendiri.

Dengan daftar Gopay untuk usaha, kita bisa beralih transaksi dari tunai ke non tunai. Di saat zaman corona begini banyak orang yang takut pegang uang. Transaksi hampir semua cashless. Gak pakai uang tunai.

Pembayaran Gopay juga aman. Bisa bayar dengan nominal yang pas, gak perlu repot tunggu uang kembalian.

Pas banget dukung program pemerintah buat untuk diam #dirumahaja selama masa pandemi karena COVID19 ini. Walaupun sekarang udah agak longgar ya peraturannya karena udah ada relaksasi, tapi baiknya sih tetap di rumah aja kalau gak urgent pergi ke luar rumah.

Cara Daftar Gopay

Kalau misalnya teman-teman masih bingung gimana caranya daftar Gopay, sebenarnya gampang banget kok. Udah banyak yang nulis tutorialnya di Google. Tinggal di searching aja kata kata kunci cara daftar Gopay di Gojek. Yang penting sih kita udah punya akun Gojek. Setelah itu, ikutin aja petunjuknya.

Cara top-up uang nya juga mudah. Bisa via mobile banking atau ke minimarket terdekat. Tinggal bilang aja mau top up Gopay.

Aku sendiri seneng banget dengan adanya e-money macam Gopay kayak gini. Gak repot harus bawa-bawa uang tunai ke mana-mana. Pada dasarnya aku emang suka transaksi cashless begini jadi aku dukung banget program-program semacam ini.

Gimana teman-teman, mau ngembangin bisnis kue ulang tahun di Bandung seperti tetanggaku gak?

Terbuka kesempatan juga loh untuk mengembangkan bisnis kue ulang tahun juga di kota lain. Kenapa? Orang ulang tahun setiap hari pasti ada. Sekarang juga ekonomi sudah bergeliat lagi. Aku lihat orang-orang sudah mulai spending money banding masa lockdown kemarin. Bisnis menggelora lagi.

Yuk! Jangan lupa optimasinya ya!

27 Komentar

  • Nchie Hanie

    Aahh, Met milad buat Azriil, sehat selalu ya Nak, jadi anak sholeh.
    Btw lucu bet kue ultahnyaa, menarik, simple.

    Nah banyak banget sekarang bisnis kulineran go onlen, Gopay juga sangat membantu banget apalagi kalo ada promo2.

  • Damar Aisyah

    Nah ini temen2ku yang tadinya jualan kue offline udah pada online semua. Awalnya pakek WA sekarang sudah pada eksis di GoFood. Kalau aku jelas aja suka beli pakek GoPay, diskonnya mantul banget.

  • Firsty Ukhti Molyndi

    anaknya banyak sih ya mbak? lebih dari satu jadi berasa rame udah rumahnya. hehe..
    iya ini lebih baik ngadain ultah di rumah aja. beli kue, tiup lilin, baca doa, makann, cuci piring, selesai hehhe

  • Suciarti Wahyuningtyas

    sekarang tuh banyak sekali bisnis makanan yang dipesan secara online, termasuk bisnis kue ulang tahun ya mbak. Kemarin waktu lebaran aku pun pesan kue ditempat biasa pesan kue ulang tahun untuk anakku.

  • Lina Sophy

    Eh kak Azril baru ultah, selamat meski telat, semoga makin pinter. Btw kalau sudah bisa transaksi pakai gopay enakan banget memang bisnis kuliner. Gampang buat semuanyaaaa ya customer ya seller

  • Dedew

    Wah, apik banget kue ultah Dek Azril dan harganya pun terjangkau, lebih banyak pelanggannya kalau dioptimasi lagi termasuk daftar merchant Gopay ya

  • Indah Juli

    Tetangga rumahku, punya bisnis kue, dan sepertinya jadi merchantnya Gopay untuk usaha ini.
    Karena ku pernah mau pesan makanan, lihat nama toko kue onlinenya ada sebagai salah satu merchant.
    Selamat ulang tahun Azril, barakallah fii umrik.

    • Idah Ceris

      Bikin kue ultah itu ngga mudah ya, Mbak. Selain harus bisa bikin kuenya, kudu bisa bikin hiasannya, gitu. Mau ditambah karakter apa, harus bisa. 😀 Merchat Gopay ini membantu bangett para pelaku ukm ya, Mbak.

  • Efi Fitriyyah

    Kuenya lucu ih, Mit. Ku jadi pengen nyicipin nih. Beneran murah. SI ibu ngambil laba berapa sih? Ku jadi inget tetanggaku yang jualan es kelapa. Aku pernah nanya kenapa ga pasang go food padahal es kelapanya ini enak dan murah. Dia bilang ga ngerti. Wah aku kasih tau dia ah biar bisnisnya makin laris

  • Ririe

    Apapun bisnisnya, jalur online menjadi salah satu jalur pemasaran yang tak boleh diabaikan. tak terkecuali kue ultah kini bisa online. Btw, kalau lihat kue ultah tuh bawaannya gak tega kalau di potong-potong, so cute soalnya

  • Ida Raihan

    Murah amat itu kue ultah Mak. Apa gak capek di tenaga aja itu bikinnya ya. Hihi. Kalo aku selalu bikin sendiri kue buat anak-anakku, jadi tau banget capeknya nyuci bekas ngadon kue, apalagi kue ultah kan berminyak gitu.

  • Liza

    Benar banget ini mbak. Di masa pandemi, bisnis kue ulang tahun dan kuliner lainnya semakin laris manis. Temanku yang punya usaha ini mengakuinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.