• serum terbaik
    Beauty

    Review Serum Scarlett Combo : Niacinamide dan Retinol di Kulit Kering

    Review Serum Scarlett Combo : Niacinamide dan Retinol di Kulit Kering. Di usia 30 tahun ke atas memang warna-warni sekali ya urusan perkulitan wajahku ini. Haha. Dari mulai keriput, kering, gatal, sampai yang paling kerasa banget di aku adalah pigmentasi wajah yang kurang merata. Wajahku basicnya berwarna hangat coklat sawo gitu dengan karakter kulit kering normal. Tapi, di beberapa bagian muncul bercak-bercak putih. Tidak gatal. Bukan panu, bukan. Haha. Kata dokter sih namanya hipopigmentasi ya. Warna Kulit Wajah Tidak Rata Pertama kali aku ngrasain hipopigmentasi ini pas dulu masih remaja. Sempat gak pede juga karena beberapa bagian kulit wajah belang bentong kayak zebra cross. Kadang juga di tangan. Makanya dulu…

  • public speaking training
    Tips & Informasi

    Cara Berbeda Menikmati Public Speaking

    Aku punya PR berat di bagian public speaking. Ada rasa tidak percaya diri saat harus tampil di depan umum. Bahkan sekedar membuka acara kantor saja aku tidak PD. Apalagi jika tampil presentasi di depan khalayak yang lebih rama. Langsung ciut nyali. Padahal, dulu tuh pas kuliah aku suka banget presentasi. Dulu kan aku sering ikut lomba menulis ya baik karya ilmiah, maupun lomba di kampus yang perlu presentasi di depan umum menjelaskan tentang ide atau project gitu. Tapi setelah lulus kuliah, aku kerja di balik meja yang gak terlalu banyak ketemu orang. Kemampuan public speaking aku menurun drastis karena gak pernah dipakai lagi. Sekarang aku udah aktif kerja kantoran lagi. Otomatis lebih sering ketemu…

  • biaya pendidikan SMA Bandung
    Finansial

    Biaya Masuk SMA Bandung Tahun 2022

    Anakku memang masih lama masuk SMA. Tapi wacana mau sekolah SMA di mana dan berapa biaya masuk SMA Bandung sudah mulai kami bahas. Beberapa waktu terakhir ini aku mulai searching lagi biaya masuk SMA terbaru tahun 2022. Sebelumnya aku sudah pernah nulis tahun lalu biaya masuk SMA tahun 2021. Silahkan dibaca buat perbandingannya ya. Nah, di tahun 2022 ini, aku cari informasi biaya masuk SMA negeri dan biaya masuk swasta di Bandung yang berbeda dari tahun sebelumnya. Buat perbandingan aja. Biaya masuk SMA Istiqamah Bandung Pertama aku mulai dari biaya masuk SMA Istiqamah Bandung ya. Simple aja sih karena aku tinggalnya di Bandung dan barangkali anakku nanti mau SMA nya yang dekat…

  • biaya masuk SMP 2022
    Finansial

    Biaya Masuk SMP Tahun Pelajaran 2022/2023

    Sebentar lagi anakku masuk SMP dan aku penasaran berapa sih biaya masuk SMP di Bandung baik yang SMP reguler maupun boarding school. Aku sempat survei beberapa SMP baik di Bandung maupun luar Bandung. Baik SMP reguler maupun yang boarding school. Nah, beberapa SMP yang pernah aku survei, bisa dicek di bawah ini ya. Barangkali ada teman-teman yang juga membutuhkan infonya, bisa langsung save aja. SMP Darul Hikam Dago Giri Sekolah pertama yang aku tuju adalah SMP Darul Hikam. Sebenarnya ada beberapa lokasi kampus Darul Hikam ini. Tapi aku penasaran dengan biaya pendidikan SMP Unggulan Berasrama (Kampus Dago Giri). Biaya  masuk Darul Hikam untuk tahun pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut:  Komponen Gelombang III …