• Demam pada anak
    Finansial

    Cinta Hidup Selamanya, Kita Tidak

    Punya anak laki-laki 3 yang semuanya masih kecil-kecil. Kadang kepikir gimana kalau suami sebagai sang pencari nafkah utama tiada. Sanggup gak nanti aku menghidupi kami berempat?⁣ 🤔 Ah, bukan berempat. Tapi berlima. Karena suamiku juga punya tanggungan lain. Yaitu kakaknya yang sekarang lagi sakit dan tidak bekerja. Otomatis segala kebutuhannya ditanggung suamiku. Selama ini suamiku menanggung 5 orang (kakaknya, istri, dan 3 anak) dan dirinya sendiri. Jadi kalau suamiku meninggal, kendali rumah tangga pindah ke aku semua. Termasuk menghidupi 5 orang ini. Bisakah aku? ⁣ Belakangan ini aku mulai memikirkan untuk beli asuransi jiwa untuk memberikan perlindungan supaya nanti kalau suami gak ada, aku masih punya dana buat kami hidup.…

  • Cara Mudah Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
    Finansial

    Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

    Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. Halo teman-teman. Gimana kalian semua kabarnya hari ini? Semoga semua tetap baik ya. Di saat pandemi seperti ini aku hanya berdoa semoga kita semua sehat-sehat, jauh dari mara bahaya. Hari ini tuh hari pertama masuk sekolah lagi setelah libur kenaikan kelas selama 3 minggu. Anakku yang sulung naik kelas 3. Sedangkan anakku yang tengah naik kelas 1 SD. Punya anak dengan jarak yang berdekatan seperti ini sebenarnya berat juga ya. Karena biaya sekolah sekarang tuh gak murah. Terutama untuk sekolah swasta. Fyi, kedua anakku sekolah di swasta semua. Baca: Biaya Masuk SD Swasta di Bandung Biaya masuk sekolah swasta sekarang butuh uang berjuta-juta. Kalau gak…

  • Literasi keuangan untuk anak
    Finansial

    Cara Mudah Anak Mengenal Nilai Uang Melalui Cha-Ching Kid$ at Home

    Cara Mudah Anak Mengenal Nilai Uang Melalui Cha-Ching Kid$ at Home. “Kapan kita jalan-jalan keluar negeri, Bu?” Menjawab pertanyaan anak umur 8 tahun seperti ini agak tricky ya. Karena bukan hanya masalah pandemi Covid-19 yg belum beres, tapi juga masalah duit yang dibutuhkan tuh gak sedikit. Perlu alokasi anggaran buat 5 orang mulai dari beli tiket bolak-balik, uang makan di jalan, hotel, transportasi dll. Kebayang kan berapa duitnya kalau pergi bawa segini orang. Kalau lagi ditanya begini sama Akmal, ini lah saatnya diskusi sama dia. Bahwa pergi jalan-jalan tuh juga butuh uang. Uangnya dapat dari mana? Kerja. Kalau uangnya belum cukup, ya nabung sampai terpenuhi. Mengenal Program Cha-Ching Kid$ at Home…

  • Harga Masuk SMA Swasta 2020
    Finansial,  Lifestyle

    Biaya Masuk SMA Swasta Terbaru Tahun Ajaran 2021-2022

    Biaya Masuk SMA Swasta Terbaru. Beberapa tahun lagi, anakku akan masuk SMA. Tapi dari hari ini aku udah mulai penasaran berapa sih biaya masuk SMA itu. Tahun kemarin, aku sempat survei biaya masuk SMP. Udah pernah aku tulis juga di blog. Nah kali ini aku akan survei berapa biaya kalau masuk SMA swasta. Baca: Biaya Masuk SMP Swasta Kalau SMA negeri kan biasanya gratis ya dan tergantung dengan zonasi juga. Maka, aku gak akan terlalu risau dengan biayanya. Nah yang bikin aku risau dan harus mulai dari sekarang nyiapin biayanya, adalah biaya masuk SMA swasta. Syukur-syukur anakku bisa masuk SMA negeri dapat beasiswa ya biar murah dan gak terlalu berat biayanya.…