Biaya Masuk SD di Bandung

Biaya Masuk SD di Bandung

Biaya Masuk SD di Bandung. Tahun depan (2019), Akmal mulai masuk SD. Tapi saya sudah mulai gerilya cari-cari informasi tentang SD dan biaya masuk SD di Bandung timur, Cibiru, Cileunyi, Jatinangor, Rancaekek dan sekitarnya. Sebenarnya, survei SD di Bandung ini sudah dilakukan sejak tahun lalu. Walau baru hanya sekedar tanya-tanya ke tetangga, saudara, dan teman, tapi kan tetap aja judulnya survey. Wkwkk.

Nah, mulai diseriusin survei-survei itu sejak awal tahun 2018 ini. Bahkan masuk salah satu resolusi tahun 2018-ku. Soalnya kan biasanya sekolah (terutama sekolah swasta), mulai buka pendaftaran tuh. Banyak SD yang mulai ngirim leaflet ke TK-TK. Sejak itu, saya mulai ngumpulin leafletnya dan jadi bacaan rutin saya dan suami di rumah.

Baca: Resolusi Tahun 2018

Beberapa pertimbangan yang saya jadikan dasar saat memilih SD untuk Akmal adalah:

  1. Jarak

Lokasi SDnya dekat dari rumah. Kalau kejauhan suka kasihan lihat anak harus bangun sebelum subuh lalu berangkat pagi-pagi banget. Bahkan lebih pagi dari pada waktu berangkat kerja ayahnya. Soalnya kalau kesiangan dikit, jalanan udah macet. Kalau kejauhan, anak juga jadi capek di jalan. Bukannya semangat sampai sekolah, tapi malah lemah letih lesu macam gak dikasih makan seharian.

  1. Akreditasi

Yap, saya memilih SD yang sudah stabil. TK gak papalah belum terakreditasi, toh TK sebenarnya baru ajang anak-anak kenalan dan bersosialisi dengan teman. Tapi kalau SD, udah saya hitung sebagai tingkat pendidikan yang serius. Apalagi kalau lancar dan gak ada halangan apa-apa, sekolah di SD bakalan 6 tahun. Makanya saya mau nyari SD yang paling enggak akreditasinya A.

  1. Biaya

Murah/mahalnya sekolah itu emang relative sih. Mahal menurut saya, belum tentu sama mahalnya menurut orang lain. Jadi, pas cari SD di sekitaran Bandung ini, saya coba cari yang biaya dari uang pangkal, bulanan, sampai kelulusan nanti yang biayanya reasonable dan terjangkau oleh kantong saya dan suami.

  1. Fisik bangunan dan lingkungan

Kalau bisa kamar mandi/toiletnya bersih, dirawat dengan baik, dan gak bau pesing. Karena toilet mencerminkan isi dari bangunan keseluruhannya. Saya sendiri suka jijik kalau melihat fasilitas toilet yang agak jorok. Malah seringnya gak jadi pipis/p*b di tempat tersebut. Mending milih ditahan dan nyari tempat baru. Wkwkw.

Terus, kalau bisa, sekolahnya rada luas dan rindang. Biar gak panas-panas amat. Jadi anak bisa berteduh kalau dia kepanasan. Apalagi Akmal kan sukanya lari sana ke mari.

  1. Berbasis agama

Yap, saya dan suami pengennya anak-anak sekolah di SDIT. Biar tertanam nilai-nilai keislamannya sejak dini.



Survei SD di Bandung ini masih akan berlanjut sampai beberapa waktu yang akan datang. Paling enggak, sampai saya menemukan SD yang cocok dan sesuai dengan kriteria di atas. Nah, sementara, ini saya mau bagi-bagi info ke teman-teman. Barangkali lagi ada yang nyari info dan biaya seputar masuk SD di Bandung, Cileunyi, Jatinangor dan sekitarnya. Mudah-mudahan ini bisa membantu. Nanti di update lagi kalau udah dapat informasi terbaru.

  1. SDIT AL MUMTAZ

Alamat: Jalan Pesantren no. 1A, Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Bandung.

Lokasinya masih satu area dengan TK Sukahaji, yang sudah berdiri lebih dulu.

Web: www.almumtaza.sch.id

Rincian pembayaran pendaftaran dan registrasi masuk SDIT Al Mumtaz tahun pelajaran 2018 – 2019

  • Pendaftaran : Rp 200.000
  • Biaya perlengkapan, kegiatan, dan spp bulan Juli: Rp 1.850.000
  • Seragam: Rp 600.000 (laki-laki), Rp 700.000 (perempuan)
  • Infak bangunan: Rp 6.000.000. Alumni TK Sukahaji bisa dapat diskon Rp 1.000.000
  • SPP: Rp 350.000/bulan
  • Lain-lain: uang buku paket dan ekstra kulikuler.

Total biaya masuk SD Al Mumtaza: sekitar Rp 8.750.000

  1. SD PLUS AR-RAHMAT

Alamat: Jalan Villa Bandung Indah No 5. Cileunyi, Bandung

Biaya pendaftaran masuk peserta didik baru tahun 2008/2019 di SP Plus Ar-Rahmat Cileunyi

–> Gelombang I (1 Januari – 30 April 2018)

  • Uang pendaftaran : Rp 250.000
  • Dana pengembangan pendidikan : Rp 2.500.000
  • SPP : Rp 250.000/bulan

Total biaya masuk SD Plus Ar-Rahmat: Rp 3.000.000

–> Gelombang II (1 Mei – 30 Juni 2018)

  • Uang pendaftaran : Rp 250.000
  • Dana pengembangan pendidikan : Rp 3.500.000
  • SPP : Rp 250.000/bulan

Total biaya masuk SD Plus Ar-Rahmat : Rp 4.000.000

  1. SD Q-TA HAMASAH

Alamat: Jalan Villa Bandung Indah Kp. Manjah Beureum 02/04 Cileunyi Kulon, Bandung

Rincian administrasi keuangan masuk SD Q-TA Hamasah

  • Uang bangunan: Rp 2.850.000
  • Uang pendaftaran: Rp 150.000
  • Biaya psikotest: Rp 150.000
  • Seragam: Rp 550.000 (laki-laki), Rp 600.000 (perempuan).
  • Buku paket: Rp 600.000
  • SPP: Rp 200.000/bulan

Total biaya masuk SD Q-Ta Hamasah: Rp 4.500.000 (laki-laki), Rp 4.550.000 (perempuan).

Ada fasilitas jemputan dan catering per pekan (5 hari) dengan biaya Rp 50.000

  1. SDIT INSAN TELADAN

Alamat: Komplek DPR Blok F No. 20 Cileunyi Kulon, Bandung.

Biaya pendidikan di SDIT Insan Teladan sbb ya:

  • Pengembangan kurikulum : Rp 1.035.000
  • Kesiswaaan : Rp 1.272.000
  • Intrakurikuler : Rp 379.000
  • Pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana: Rp 5.897.000
  • Seragam : Rp 1.249.000

Total biaya masuk SD IT Insan Teladan: Rp 9.832.000

Total biaya ini belum termasuk diskon. Kalau bayar sampai 15 Maret 2018, dapat diskon 30%. Kalau bayar lunas sampai 15 April 2018, diskonnya 20%. Kalau bayar lunas sampai 15 Mei 2018, dapat potongan 10%.

SPP: Rp 425.000/bulan

Biaya pendaftaran : Rp 350.000

Formulir pendaftaran bisa dibeli sejak bulan November 2017.

  1. SD AL MA’SOEM

Alamat: Yayasan Pendidikan Al Ma’soem (YPAM) Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor – Sumedang Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 website: http://almasoem.sch.id

Biaya masuk SD Al Ma’soem yang informasi biayanya saya dapat langsung dari tetangga yang nyekolahin anaknya di sana.
  • Uang pangkal : Rp 6.000.000
  • Uang SPP: Rp 700.000
  • Jemputan: Rp 220.000

6. SD TUNAS UNGGUL

Alamat SD Tunas Unggul: Jalan Pasir Impun nomor 94, Bandung.

Total biaya masuk SD Tunas Unggul Rp 26,5 juta. Informasi detailnya menyusul ya soalnya filenya hilang. Huhu.

7. SD TERPADU KRIDA NUSANTARA

Alamat SD Terpadu Krida Nusantara: Jalan Desa Cipadung Cibiru Bandung. Telp. (022) 7830509 – 7806125 Fax. (022) 7806125

Biaya masuk SDT Krida Nusantara:

  • Biaya pendaftaran: Rp 300.000
  • Biaya Pendidikan : Rp. 12.500.000,- (Uang pangkal, Seragam, Buku,Out Door, SPP Juli)
  • SPP (termasuk makan siang / snack ) : Rp. 600.000,- / bulan

Total biaya masuk SD Terpadu Krida Nusantara Bandung Rp 13.400.000

8. SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru

Alamat SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru di Jalan Cibiru Bandung. Rincian biaya masuk SD Laboratorium (Lab School) UPI Kampus Cibiru nya saya tunjukkan di gambar di bawah ini aja ya. Soalnya malas mau nyalin ulang. Wkwk.

biaya_masuk_lab_school_UPI_Cibiru

Jadi total biaya masuk Lab School Cibiru adalah Rp 13.050.000

9. SDIT IMAM BUKHARI

Alamat lokasi SDIT Imam Bukhari di jalan Caringin Km. 20,5 Sayang, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Total biaya masuk SDIT Imam Bukhari Jatinangor ini sekitar Rp 13-14 juta. Biaya bulanannya Rp 820.000 (yang pakai jemputan). Kalau non jemputan Rp 570.000. Rinciannya bisa dilihat di gambar berikut ini ya:

Imam Bukhari

Uhm.. lumayan mahal juga ya masuk SD swasta sekarang. Makanya karena biayanya banyak, harus disiapkan sejak dini. hihihi. Bismillah, semoga sing lancar rezekinya.. Aamiin.

Ohya, kebanyakan (hampir semua ding), SD yang saya survei memang SD swasta karena biasanya untuk tingkat SD, yang swasta bagus-bagus. Beda dengan SD di daerah asal saya di Purworejo Jateng sana. Dimana mostly SD negeri lah yang bagus-bagus.

Untuk persyaratan pendaftaran masuk SD, biasanya harus memenuhi beberapa hal berikut:

  1. Usia anak 6-7 tahun
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Membayar biaya pendaftaran
  4. Fotokopi akte kelahiran
  5. Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 lembar
  6. Fotokopi kartu keluarga
  7. Lembar isian guru
  8. Mengikuti tes psikologi

Semangat berburu SD ya buebuuu! Tonton juga video ringkasan biaya masuk SD di Bandung tahun 2018 ini di channel YouTube saya, ya!

 

 

60 thoughts on “Biaya Masuk SD di Bandung”

  1. Teh Mita sama tahun dpn insyaAlloh neyna masuk SD aku uda ancer2 dari taun kemarin di cimahi SDIT mahil2 tp ternyta di Bandung diurutan terakhir listnya mayan y teh apalagi itu ada yg 26juta wkwkwk kencengin iket pinggang ini mah. Di cimahi masi kisaran 9-15jutaan teh klo yg uda aku survey jd pengen nulis ini jg hahahaha

    • Iya, itu katanya soalnya yang biaya masuknya 26 juta itu sekolah yang bagus, banyak yang pengen masuk situ. Qiqiqi… Ayo Teh Herva, tulis juga blogpost tentang biaya SD di Bandung 😀

    • Assalamualaikum, teh boleh minta info sd di daerah sekitaran cimahi margaasih. Saya tinggal di margaasih. Saya lagi nyati sekolah buat anak saya. Kebetulan 2 tahun lagi baru mau masuk.sd.

      • Walaikumsalam WrWb. Maaf Teh, kalau daerah Cimahi saya kurang tahu berapa biaya masuk SD-nya. Soalnya jauh dari tempat tinggal saya sekarang.

  2. Nah…ini yang aku lakukan setahun yang lalu…hehhe…
    Karena rumah di sekitaran Dago, jadi rata-rata harga SD ya segittuu deeh…((20 jt ke atas))
    Qodarulloh,
    Dikenalkan temen sama SD bermanhaj salaf yang ada di Buah Batu.
    In syaa Allah masalah jarak, akan menjadi ikhtiar kami dalam menuntut ilmu.

    Selamat memilih, teh…
    Semoga dapat yang pas di hati.

  3. Kemarin ada temen curhat biaya masuk TK anaknya hampir 17jt. TK internasional sih. Ku ngeri sendiri dan jadi bayangin gimana nanti jaman anakku. Terus kepikiran punya anaknya 2 aja deh gamau banyak2 haha
    *nes, cari bapaknya dulu kali Nes

    Semoga segera bisa memilih SD yang cocok dihati dan kantong ya teh

    • Hahaa, cari laki yang bisa menjamin kemerdekaan finansial Nes, jadi urusan bayar sekolah SD semudah kibas poni. Wkwkwk

  4. Lumayan jg ya biaya masuk SD. Harus siap2 dr skrg. Setuju klo jarak hrus dipertimbangkan apalagi utk Bdg yg sdh macet kasihan mood anak. Beda sama waktu aku kecil mkin jauh sekolahnya mkin bangga *maklum anak desa hehe…

    • Ah iya betu banget. Saya dulu sekolahnya juga jauh soalnya ngejar sekolah favorit. Kita aja yang dewasa suka pusing menghadapi macet ya apalagi anak kecil 🙁

  5. Wah, tahun depan giliran aku nih survey-survey cari SMA buat Kayla. Dari sekarang udah mulai ngintip2 sih tapi belon ada yang sreg :))

    Jarak emang jadi pertimbangan sih, jangan sampe anak2 jadi pada kecapean di jalan karena kena macet yah.

    Selamat memilih SD yaaaah 🙂

  6. Emak jaman now ya anak mau sekolah survey2 dulu
    Kalau emak jaman old… lihat nilai anaknya, terus sesuaikan sama sekolah negeri yg sesuai

    Aku pun nyari sekolah cica 2 tahun bo hahaha

  7. Waduh, biaya sekolah makin mahal aja, ya. Itu baru SD. Gimana SMP, SMA, dan kuliah, ya? Ayo ayo ayo… yang rajin kerjanya. Buat sekolah mah, pasti ada jalannya. *Ngomong sama diri sendiri* :)))))

  8. walaupun anakku masih balita dan bukan domisili di Bandung, tapi perlu nih jadi ada bayangan keperluan dana yang harus dipersiapkan mulai sekarang. semangat! thx infonya mba 🙂

  9. Saya agak deh-degan malah sama harganya mbak hehehe, kalau di bandung aja segituan di Jakarta agak lebih tinggi dikit. Tergantung sekolahnya juga sih. Semangat mbak, semoga menemukan sekolah yang tepat untuk anakmu ya.

  10. Kalo untuk daerah Bandung sekitaran Cikutra, Dago, Tubagus, rerata malah lebih mahal lagi mbak, yg pernah sy survey SDIT Istiqomah, SDIT Salman Al Farisi, SDIT Darul Hikam, SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah… hanya Al Irsyad yg masih terjangkau buat kami, tahun lalu di Al Irsyad masuknya 17jtan, SPPnya 850k (termsk makan siang).

  11. Sama sama berburu SD neng mita..insyaAllah nailah masuk SD tahun ini. Pengalaman kmarin berburu sd dlm 2 bulan.ternyata pas dapet, qt udh harus bayar bulan depannya.langsung puasa lah qt..

    • Emang harus berburu dari awal ya Pen biar persiapannya matang dan gak harus ngerasa nguras tabungan wkwk

  12. Anakku sekarang masih di dalam perut, tapi kemarin aku udah iseng cek biaya TK favorit di daerah Bandung Timur & ulalaaa ternyata tidak murah ya Itu teh sekarang, gimana pas waktunya anakku mulai sekolah? Beneran harus rajin menabung dari sekarang. Hehehehe… Tapi insyallah biaya memang indikator kualitas lah ya. Gapapa agak mahal dikit yang penting anak dapet pendidikan dengan kualitas yang baik

  13. Masya Allah biaya sekolah sekarang ya hihi. Harus siap-siap ini saya juga dari sekarang. Tapi faktor-faktor yang disebutin di atas itu memang harus dipikirkan baik-baik. Menyangkut ke depannya. Makasih ya Mbak referensinya 🙂

  14. Ikut gabung teh….
    Sy andry (mom oliv n rubby)

    Yg jd pelajaran berharga buat sy yaitu klpun ada uang lbh baik tdk langsung melunasi biaya sekolah seluruhnya dl… Karna kita ga pernah tau kedepannya bagaimana… Seperti pengalaman sy… Mau pindah ga bs tarik uang pangkal lg… Kan kl dl bayarnya dicicil ga bakal rugi2 banget… 😀 😀

    • Oh gitu, bener juga ya tipsnya. Mendingan dicicil aja. Takut ada apa-apa. Kalau boleh tahu, kenapa anaknya mau pindah sekolah Teh?

  15. Halo Mbak Salam kenal.. aku blm pny anak tp kmrin adikku jg masuk SDIT di tangerang kota dan biaya nya jg sekitar sgtu.. hehe gapapalah ya Mbak demi pembentukkan karakter yg baik bagi diri anak.. btw mbak konsultan Nama Anak ya.. wah smoga kalau aku pnya anak bisa berkonsultasi dg Mbak Armita..

  16. Teh, anak saya baru bakal SD kira2 tahun 2021 tapi saya udah ngincer SD sejak anaknya masih di perut haha. Saya sekarang tinggal di Cileunyi tapi udah ngincer banget Tunas Unggul atau Sekolah Alam Pelopor di Rancaekek, tapi tetep cenderung ke Tunas Unggul. Jauhnya sih yaaa dari Cileunyi ke Tunas Unggul, tapi apa daya, kalau ada sekolah yang kualitas dan metode belajarnya setara Tunas Unggul di sekitar Cileunyi-Jatinangor ada ga sih teh?

  17. anakku jg msk SD thn dpn, tp baru mau survey. update lg dong sekolah lainnya di bandung timur, cileunyi dan sekitarnya. salam kenal

  18. Waaahhh makasih banyak infonya ya teh Mita.. Kebetulan tahun depan anak saya masuk SD, sudah mulai survey dari oktober karena biasanya penerimaan siswa sekolah swasta dimulai akhir tahun. Setelah survey malah makin pusing masalah biayanya, hahaha. Mungkin saya bisa tambahkan sedikit info sekolah daerah Antapani&Arcamanik buat diupdate di tulisannya teh Mita.

    1. SD Cendikia Muda
    Lokasi kelas 1-3 sama kantornya ada di Jl. Arcamanik Endah no. 35 kalo kelas 4-6 lokasinya berbeda tp masih dekat katanya. Per angkatan hanya ada 1 kelas.
    – Biaya pengembangan 17jt (kelas 4 bayar lagi 50%nya)
    – kegiatan per tahun 6jt
    – spp bulanan termasuk makan 1,4jt
    – pendaftaran 250rb
    – seragam 3 pasang 750rb
    – perangkat pembelajaran Ummi 150rb
    Totalnya 25.550.000
    Eskulnya banyak tp bayar lagi, yang paling mahal eskul renang 180rb

    2. SD Bintang Madani
    Lokasi di Jl. Terusan Pesantren no. 102, Cisaranten, Arcamanik. Per angkatan ada 3 kelas, masing2 siswanya 26 orang.
    – pendaftaran 400rb
    – dana pengembangan pendidikan 25jt
    – dana KBM per tahun 1,9jt
    – seragam 3 stel 700rb
    – spp blm termasuk makan siang 900rb
    Total 28.500.000
    Ada eskul juga, bayarnya skitar 80rb. Sekarang sedang membangun kolam renang dan play ground didalam area sekolah.

    3. SD Muhammadiyah 7
    Lokasi di Jl. Kadipaten, Antapani.
    Sulit memperoleh info biaya lengkap tentang sekolah ini karena salah satu yg favorit di Antapani jd selalu banjir calon siswa makanya sekolah gak bikin formulir. Perkiraan biayanya pendaftaran 1jt, SPP 500an rb, biaya awal 19an jt.

    Sepertinya saya akan memasukkan anak saya ke SD Muhammadyah karena 2 anak kakak saya masuk ke situ semua, yg 1 malah sudah SMP Muhammadiyah juga yg masih 1 lokasi dengan SDnya plus setelah survey SD swasta lain, ternyata lebih mahal dari SD Muhammadiyah 7, hehe.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.