Cara Mudah Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Finansial

Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. Halo teman-teman. Gimana kalian semua kabarnya hari ini? Semoga semua tetap baik ya. Di saat pandemi seperti ini aku hanya berdoa semoga kita semua sehat-sehat, jauh dari mara bahaya.

Hari ini tuh hari pertama masuk sekolah lagi setelah libur kenaikan kelas selama 3 minggu. Anakku yang sulung naik kelas 3. Sedangkan anakku yang tengah naik kelas 1 SD.

Punya anak dengan jarak yang berdekatan seperti ini sebenarnya berat juga ya. Karena biaya sekolah sekarang tuh gak murah. Terutama untuk sekolah swasta. Fyi, kedua anakku sekolah di swasta semua.

Baca: Biaya Masuk SD Swasta di Bandung

Biaya masuk sekolah swasta sekarang butuh uang berjuta-juta. Kalau gak disiapkan menyicil sejak dini memang akan terasa berat.

SD di Bandung

Pengalaman Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Aku pernah dihubungi seorang kerabat. Yang tiba-tiba telpon minta dana talangan untuk masuk SMP Swasta. Perlu uangnya cukup banyak, sampai belasan juta.

Ya maaf aja, aku gak bisa kasih bantuan segitu banyak. Karena mintanya mendadak. Dan memang aku lagi gak pegang uang cash banyak-banyak. Semua uang kami tuh sudah ada alokasinya. Jadi aku cuma pegang uang cash sebesar kebutuhan kami sebulan dan dana darurat aja.

Kerabatku bilang, kalau dia butuh uang buat masukin anaknya ke SMP karena uangnya gak cukup buat masuk ke sekolah incarannya ini.

Biaya melahirkan 2019

Aku heran karena selama 6 tahun ini dia benar-benar gak mencicil biaya masuk SMP. Sementara dia tuh sebenarnya punya waktu selama 6 tahun buat mempersiapkan. Agak kesel sih karena selama ini kemana aja. Kan waktu masuk SMP tuh sebenarnya bisa dipastikan tahun berapanya.

Katakanlah dia memang keuangannya seret. Buat makan aja susah. Lah, kalau buat makan aja susah kenapa harus maksain masuk sekolah swasta yang diincar. Kan banyak juga sekolah negeri yang bagus dengan biaya yang lebih terjangkau. Bahkan gratis.

Katakanlah orang tua harus berusaha sebaik mungkin buat sekolah anak. Cari berbagai macam cara buat nyekolahin anak. Ya sih, tapi kalau habis masukin anaknya ke SMP tersebut, terus dia terlilit hutang, bukannya hidupnya akan makin susah.

Belajar Dari Masa Lalu

Berkaca dari pengalaman saudaraku ini beberapa tahun lalu, aku jadi belajar bahwa menyiapakan dana pendidikan untuk anak tuh perlu banget. Ini sesuatu yang bisa dihitung.

asuransi jiwa syariah
Belajar Menyiapkan Perencanaan Keuangan yang Baik

Aku cari-cari info berapa dari biaya masuk SD, SMP, SMA, bahkan sampai biaya kuliah anak sejak anakku masih kecil-kecil. Aku hitung manual kali dengan inflasi 10% beberapa tahun ke depan. Ketemu deh total berapa biaya pendidikan per jenjang sekolah per anak. Tarik mundur butuh berapa tahun persiapannya dan berapa biaya cicilannya per bulan.

Agak ribet ya kalau cerita gini karena enaknya ini pakai file Excel jadi ketauan berapa angka nominalnya.

Tapi dari pada ribet begini, sekarang tuh udah ada lembaga yang bisa bantuin perencanaan keuangan kita dengan cara hitung berapa biaya pendidikan yang anak perlukan sekaligus ngitungin berapa cicilannya per bulan. Gak ribet kayak aku hitung manual.

Mengenal PRUCerah dari Prudential Indonesia

Pas banget nih pas aku lagi butuh info tentang perencanaan keuangan untuk sekolah anak, aku ikut sebuah webinar yang diselenggarakan oleh Prudential tanggal 8 Juli 2021 yang lalu.

prudential indonesia instagram
Foto Lengkap Pengisi Acara Webinar PRUCerah oleh Prudential Indonesia

Salah satu pihak yang peduli dengan kebutuhan orang tua akan persiapan dana pendidikan anak adalah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Prudential Indonesia baru-baru ini kembali berinovasi dengan meluncurkan solusi Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah (PRUCerah). 

PRUCerah merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah pertama di industri asuransi jiwa Indonesia yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan.

Webinar ini dihadiri oleh:

  1. Jens Reisch selaku President Director Prudential Indonesia
  2. Himawan Purnama selaku Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia
  3. Ivan Ahda, Pegiat Pendidikan dan Ketua Jaringan Semua Murid Semua Guru
  4. Donita Nugroho, selebritas dan ibu dari dua orang anak
Prudential Indonesia Call Centre
Gambaran Biaya Kuliah di Beberapa Universitas di Indonesia

Fyi, PRUCerah ditujukan bagi orang tua berusia 19-55 tahun yang saat ini sedang mempersiapkan pendidikan anak mereka (usia 1-18 tahun) dengan pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel yaitu selama 5 tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

PRUCerah tidak hanya menawarkan manfaat dana pendidikan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk pendidikan tinggi, namun juga memberikan manfaat bebas kontribusi ketika orang tua meninggal dunia, menderita cacat total dan tetap atau kondisi kritis.

PRUCerah Asuransi yang Berbasis Syariah

“Inovasi PRUCerah yang kami luncurkan hari ini merupakan produk asuransi jiwa yang diharapkan dapat membantu memastikan bahwa perjalanan panjang orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi anak-anak terus terlindungi secara optimal dari berbagai risiko. Inovasi ini juga merupakan wujud keseriusan kami dalam mendukung kemajuan sektor edukasi yang telah menjadi prioritas perusahaan sejak lama, dan bahkan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment Prudential Indonesia,” menurut Jens Reisch.

Prudential Indonesia Instagram
PRUCerah Asuransi Jiwa Syariah

PRUCerah ini berbasis syariah ya teman-teman. Asuransi jiwa syariah ini bisa memenuhi kebutuhan teman-teman yang memang concern dengan prinsip syariah. Komitmennya “Syariah untuk Semua”.

PRUCerah juga menjadi bagian penting dari aspirasi perusahaan untuk menjadi kontributor terkemuka ekonomi Syariah Indonesia dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera agar mereka bisa mendapatkan yang terbaik dalam kehidupannya

Jadi jelas ya teman-teman. Daripada bingung nanti menyiapkan dana pendidikan anak seperti saudaraku, mendingan kita sebagai orang tua menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini.

Kalau bingung cara menghitungnya, bisa hubungi Prudential Indonesia untuk ikut PRUCerah. Nanti akan dihitungin oleh mereka sesuai kebutuhan kita. Coba call Prudential Indonesia call centre 1500085 atau prudential indonesia instagram @id_prudential.

Semoga teman-teman sudah tidak bingung lagi ya gimana cara menyiapkan dana pendidikan anak yang mudah. Cari sekolah terbaik dan persiapkan dananya sejak dini dengan perencanaan keuangan yang baik pula. Jangan sampai kalang kabut kayak saudaraku itu.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.