Staycation di Jakarta Saat Libur Lebaran

Staycation di Jakarta Saat Libur Lebaran

Assalamu’alaikum. Temans, sekitar 2 mingguan lagi ya menjelang hari raya Lebaran. Biasanya kan kalau mendekati akhir Ramadan gini, udah persiapan mau mudik ya. Btw, kalian ada rencana mudik gak?

Kalau aku, Insya Allah Lebaran tahun ini mau mudik. Tapi mudiknya gak ke Purworejo, Jawa Tengah tempat asalku. Tahun ini giliran mudik ke rumah mertua di Subang. Ganti-gantian gitu ceritanya.

Adikku yang tinggal di Depok juga kemungkinan besar tahun ini gak akan mudik ke Purworejo. Dia dan keluarganya akan tetap stay di Depok saat libur Lebaran nanti.

Sebagai warga sekitar Jakarta, adikku dan keluarganya ini pernah beberapa kali ngerasain libur lebaran gak mudik. Mereka cerita, kalau selama musim lebaran, Jakarta dan daerah sekitarnya, termasuk Depok, akan sangat sepi. Jalanan lengang dan nyaris tidak ada macet sama sekali. Ya iya lah, soalnya hampir semua warga Jakarta mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Staycation di Jakarta

hotel murah di Jakarta Pusat
Staycation yuk

Musim liburan Lebaran yang sepi seperti ini, biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang gak mudik untuk menikmati Jakarta. Ada yang sekedar berkendara keliling Jakarta. Ada yang main ke tempat hiburan seperti water park, TMII, Kebun Binatang Ragunan, Monas, Ancol, dan lain-lain. Kalau ke mall sepi katanya. Relatif gak ramai seperti hari-hari biasa.

Kalau teman-teman ingin menikmati Jakarta saat sepi, saat seperti inilah yang paling tepat. Saat hampir seluruh warganya pergi, teman-teman bisa datang ke Jakarta. Menikmati Jakarta akan lebih nyaman.

Ada juga yang memanfaatkan staycation. Staycation adalah liburan di dalam kota saja. Orang-orang gak perlu pergi jauh. Cukup dengan menginap di hotel saja. Menikmati liburan dengan cara staycation seperti ini sedang digandrungi banyak teman milenials.

Temans, kalau misalnya kamu sekarang tinggal di Jakarta atau pun di luar Jakarta dan berencana untuk tidak mudik Lebaran tahun ini, mungkin temans bisa mencoba menikmati Jakarta saat situasi lengang. Atau mau coba staycation di Jakarta. Kapan lagi kan bisa libur lebaran dekat dari rumah. Apalagi Jakarta lagi sepi gini.

Biaya lebih murah karena kita cuma ngeluarin ongkos buat bayar hotel dan transportasi dari rumah-hotel-rumah saja. Gak perlu keluar uang banyak seperti saat mudik. Gak ngeluarin uang juga buat beli oleh-oleh. 😀

hotel murah di Jakarta Pusat
Anak-anak happy diajak nginep di hotel.

Menikmati Jakarta saat sepi begini, gak perlu bingung pilih lokasi menginap. Kamu bisa pilih untuk menginap di hotel murah di Jakarta Pusat. Karena, di sekitar Jakarta Pusat lokasinya strategis. Dari info yang aku baca di webnya Traveloka, di sekitar Jakarta Pusat, kamu bisa menginap di hotel yang ada di daerah Cikini, Pasar Baru, Tamrin, Senen, Tanah Abang, Mangga Dua, Menteng dan lain-lain.

Jika bosan di hotel, bisa main di tempat wisata di sekitar Jakarta Pusat. Ada banyak alternatif tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat libur Lebaran sebagai berikut :

  • Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat nomor 12,
  • Galeri Nasional di Jalan Merdeka Timur nomor 14,
  • Museum Sejarah Nasional,
  • Museum Taman Prasasti di Jalan Tanah Abang nomor 1,
  • Monumen Nasional,
  • Fun World Grand Indonesia,
  • Masjid Istiqlal,
  • Gedung Kebangkitan Nasional di Jalan Doktor Abdurrahman Saleh nomor 26,
  • Tugu Proklamasi,
  • Taman Suropati,
  • Taman Menteng,
  • Taman Ismail Marzuki,
  • Istana Merdeka,
  • Museum Sumpah Pemuda,
  • Perpustakaan Nasional,
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII),
  • Pasar Baru,
  • Pasar Tanah Abang,
  • Thamrin City Mall,
  • Wisata Kuliner Pecenongan,
  • Area Mangga Besar,
  • Gedung Joang 45,
  • Taman Kodok Menteng,
  • Galeri Indonesia Kaya di Jalan MH. Thamrin.

Banyak ya pilihan tempat wisata sekitar Jakarta Pusat yang bisa dikunjungi.

Kalau mau murah, saat menginap kamu bisa pilih hotel bintang 2 (**). Yang harganya Rp 250.000 juga ada.

Tapi kalau kamu mau nyobain nginep di hotel bintang 5 di Jakarta juga bisa. Ada Merlynn Park Hotel, Hotel Borobudur, Grand Sahid Jaya Jakarta, Hotel Indonesia dan lain-lain. Dari sisi kocel emang kamu perlu rogoh lebih dalam. Harganya sekitar 1 juta/malam sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Mau staycation di Jakarta di hotel bintang 2 atau 5, terserah kalian. Sok aja disesuain dengan budget liburan kamu. Yang penting kalian happy tanpa nguras kantong. And gak bikin cashflow keuangan bulanan kamu amburadul. Jangan sampai juga pulang dari staycation malah nambah utang.

Cari Info Hotel Murah di Jakarta Pakai Traveloka

hotel murah di Jakarta Pusat
Pesan Hotel Pakai Traveloka

Teman, kalau kalian mau cari info hotel murah di Jakarta Pusat untuk libur Lebaran nanti, kamu bisa gerilya atau utak atik aja webnya Traveloka. Atau bisa juga via aplikasi Traveloka yang bisa kamu unduh di Play Store atau App Store. Misalnya, di gambar di atas aku cari info hotel murah di Jakarta Pusat untuk check in tanggal 7 Juni 2019. Ketika di search, langsung deh keluar informasi hotel yang sesuai.

Aku sendiri biasanya kalau cari hotel murah pakai aplikasi Traveloka yang sudah terunduh di smartphone-ku. Traveloka udah jadi semacam andalan banget. Soalnya kalau pakai aplikasi, aku bisa cari info hotel sambil tiduran. Dan bahkan sambil menyusui bayi. Gampang kan? Tinggal pencet-pencet layar HP, ketemu deh hotel yang sesuai.

Enaknya cari info hotel di Traveloka, kita bisa atur filter. Misalnya mau berapa tamu hotelnya. Mau range harga berapa. Bisa saved hotel juga. Bisa pilih mana hotel yang bisa dibayar di tempat. Pilih hotel yang family-friendly atau apartemen, hostel, luxury, dan lain-lain. Tampilan layarnya itu friendly banget dan gak bikin capek mata saat harus searching lama.

Hotel Murah di Jakarta Pusat
Anak-anak happy bisa staycation di Jakarta Pusat

Pembayaran hotel Traveloka juga banyak pilihan. Bisa via Alfamart, Indomaret, kartu kredit, transfer bank, mobile banking, internet banking, dan kartu debit. Pilih aja mana yang paling mudah. Kalau aku biasanya bayar pakai mobile banking, gampang bisa transfer sambil nyusuin bayi. Kayak pas kemarin aku pesan hotel murah di Jakarta Pusat untuk staycation pakai Traveloka. Anak-anak senang banget diajak menikmati Jakarta.

Oke deh temans, itu aja cerita aku tentang pilihan staycation di Jakarta. Semoga bisa membantu kalian menikmati Jakarta saat sedang lengang. Aku mau balik nyusuin bayi lagi.

Baca: Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

15 thoughts on “Staycation di Jakarta Saat Libur Lebaran”

  1. Seru ya libur lebaran diisi dengan staycation di Jakarta. Pastinya lowong gak penuh kayak biasanya. Lebaran ini juga aku malah ke ibukota. Tapinya mungkin diem di rumah kakak. Mau jalan-jalan ke tempat-tempat yang Mita sebutin aaah 😀

  2. Pengen deh staycation. Bisa hiburan buat keluarga. Yang paling senengnya berenang dan menikmati suasana baru. Makasih infonya teh bisa jadi pilihan kalau mau ke Jakarta bada lebaran nanti

  3. Anak-anak juga paling seneng kalau diajak staycation, apalagi kalau hotelnya ada kolam renangnya, betah, deh, belum pernah nih staycation di Jakarta, perlu dicoba, hehehe makasih ya tips dan infonya, Mita

  4. udh 3 thn lebaran, aku slalu pindah hotel selama mba art dan babysitter mudik :D. dan dari dulu selalu pake traveloka juga utk bayar hotelnya.lumayan bgt sih sering dpt promo. apalagi pake kartu trtentu. thn ini sepertinya hg bakal begitu. staycation lg di jkt :D. cm msh bingung nentuin hotelnya 😀

  5. Pernah banget…lebaran malah ke Jekarda.
    Tapi malah nyaman looh..sepi dan bersahabat.
    Yaa…sekalian stay-cation di hotel yang deket sama tempat wisata yaa…pakai Traveloka memang memudahkan.

  6. Baca tulisannya Mbak Armita jadi mendadak pengen staycation di salah satu hotel di Jakarta. Pengen yang ada kolam renangnya, trus dekat tempat wisata juga. Cari di Traveloka ah, kan fitur di aplikasi travel yang satu ini lengkap banget. Memudahkan untuk pilih-pilih tempat staycation karena ada fitur-fiturnya yang bisa bantu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.