nasi liwet sunda
Dapur dan Makanan

Nasi Liwet Khas Sunda Lauk So Good Chicken Nugget

Jika ditanya menu makanan apa yang paling enak dan cocok dijadikan menu untuk berbuka puasa? Saya akan jawab: menu yang enak dan menggugah selera. Salah satu menu nusantara yang enak banget dan lezat tersebut adalah nasi liwet. Jika dihadapkan pada menu makanan yang satu ini, hmmm… jangan heran ya. Saya yang berbadan kecil begini bisa habis 3-4 piring nasi. Wkwkwk. Nambah terus makan sampai kenyang.

Padahal saya dulu gak kenal dan gak pernah makan nasi liwet loh. Baru pas saya tinggal dan kuliah di Bogor sekitar 14 tahun lalu, saya baru mencicipi nasi liwet. Daerah asli saya adalah Purworejo, Jawa Tengah. Di lingkungan tempat tinggal saya dulu, tidak ada menu makanan nasi liwet. Jadi saat saya dulu berkenalan dengan nasi liwet, ini benar-benar pengalaman baru buat saya.

Sedikit flash back ya dengan pengalaman waktu dulu. Saya tidak langsung begitu saja jatuh cinta dengan nasi liwet. Malah cenderung menatapnya aneh. La wong makan nasi kok dicampur-campur langsung dengan ikan asin dan bumbunya gitu. Cenderung berantakan. Apalagi makannya bareng-bareng pakai tangan dan alas daun. Duduk ngampar di lantai.

Saya yang biasa makan duduk manis di kursi makan dengan piring, sendok, dan garpu tertata rapi, melihat menu makan nasi liwet udah skeptis duluan. Ah palingan gak enak. Rasanya bakal gitu-gitu aja.

Dan beneran loh. Pertama kali ditawarin makan nasi liwet oleh ibu kos, saya gak habis makannya. Maafin saya ya ibu kos, nasinya jadi saya buang. Soalnya lidah dan perut saya belum bisa menerima rasa nasi liwet. Masih aneh.

Perjumpaan saya dengan nasi liwet di tahun – tahun berikutnya makin intensif. Soalnya tetangga kamar kos saya adalah orang sunda dari Purwakarta, yang mana dia sangat suka masak menu makanan Sunda. Dia sungguh baik. Sering menawari saya hasil racikan makanannya. Termasuk nasi liwet. Karena gak enak nolak, saya terima aja deh kiriman makanannya.

Di akhir perkuliahan, saya ditugaskan KKN (Kuliah Kerja Nyata) oleh kampus selama sebulan di daerah Cianjur. Di sini, saya makin sering makan nasi liwet. Bisa tiap hari makan nasi liwet. Gimana enggak coba, tiap hari ada aja masyarakat yang ngajakin makan nasi liwet. Entah di kebunnya atau di halaman rumah mereka.

Puncaknya saat tahun 2011. Saya menikah dengan orang Sunda asli dari Subang. Setelah menikah, kami tinggal di Bandung. Alamak, makin sering makan menu makanan Sunda ini mah.

Tetangga
Makan nasi liwet bersama tetangga di komplek rumah.

Hukum witing tresno jalaran seko kulino ternyata berlaku untuk saya dan nasi liwet. Mendapat paparan nasi liwet hampir setiap hari, ternyata lidah dan perut saya makin terbiasa. Lama-kelamaan malah makin enak. Makin bisa menikmati betapa enaknya nasi liwet Sunda ini. Bahkan sekarang bisa dibilang nasi liwet adalah menu makanan favorit saya dan keluarga.

Makanya pas bulan Ramadan ini, saya kepikiran untuk masak nasi liwet buat berbuka puasa. Menu makanan yang menggugah selera adalah kunci lezatnya dan enaknya saat berbuka setelah sehari penuh menahan lapar dan dahaga. Harum pula nasinya karena penuh dengan rempah-rempah. Nyam!

Di tulisan kali ini, saya mau cerita gimana bikin nasi liwet khas Sunda ya teman-teman. Cara bikinnya gampang banget. Tinggal cemplung-cemplung bahannya like a boss dan pencet rice cookernya. Yap saya bikin nasi liwetnya pakai rice cooker aja, biar gampil.

CARA MEMASAK NASI LIWET KHAS SUNDA

Bahan:

  • Beras 2 cangkir yang sudah dicuci bersih.
  • Ikan teri, cuci dan goreng setengah matang.
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun pandan 2 lembar
  • Batang sereh geprek 1 batang
  • Daun kemangi secukupnya
  • Salam yang sudah digeprek
  • Bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, dan bawang bombay 1 buah. Tumis sampai harum.
  • Cabai merah/rawit secukupnya, kalau sudah pedas.
  • Minyak/margarin/mentega untuk menumis

Cara Memasak

  1. Tumis semua bawang-bawangan dan cabai sampai layu.
  2. Goreng ikan teri sampai setengah matang.
  3. Cuci beras sampai bersih dan tambahkan air secukupnya seperti menanak nasi biasa.
  4. Masukkan bawang-bawangan dan cabai yang sudah ditumis tadi dan juga ikan teri goreng ke dalam panci rice cooker. Aduk hingga merata.
  5. Masukkan daun salam, daun pandan, daun kemangi, batang sereh dan lengkuas geprek di atas beras.
  6. Masukkan ke dalam rice cooker, dan pencet tombok “on” untuk memasak.
  7. Tunggu sekitar 1 jam, nasi liwet akan matang sendiri. Haruuum.

TUMIS KANGKUNG DAN NUGGET AYAM, TEMAN PELENGKAP NASI LIWET

Sambil menunggu nasi liwet matang, saya biasanya akan memasak menu lauk dan sayur untuk teman makan nasi liwet. Sebenarnya, nasi liwet dimakan gitu aja juga udah enak karena udah ada sayur dan lauknya. Tapi sepertinya kurang afdhol kalau gak ada sayur dan lauk pelengkap.

Salah satu menu sayur yang paling enak buat pelengkap nasi liwet adalah sayur tumis kangkung. Cara memasaknya juga sangat mudah. Kedua anak saya juga sayur kangkung. Kalau dimasakin sayur kangkung, bisa ludes tak bersisa.

Sayur Tumis Kangkung

Bahan:

  • 1 ikat sayur kangkung, siangi dan cuci bersih
  • Bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih. Bisa diiris/diulek.
  • Cabai secukupnya.
  • Lengkuas geprek.
  • Air secukupnya.
  • Daun salam.

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak lalu tumis bawang-bawangan dan cabai sampai harum.
  2. Masukkan daun dalam dan lengkuas.
  3. Tambahkan air.
  4. Jika air sudah matang, masukkan daun kangkung.
  5. Tumis sampai daun kangkung layu.

Lauk So Good Chicken Nugget

Lauk teman nasi liwet biasanya adalah ikan asin peda. Tapi karena suami dan anak-anak kurang suka dengan ikan asin peda, jadi saya pilih menu lauk yang bisa diterima semua orang di rumah. Biar masaknya gak repot juga.

Bulan puasa, masak yang gampang dan praktis itu andalan banget. Apalagi kalau waktunya mepet udah menjelang adzan magrib. Makanya saya selalu sedia frozen food di kulkas. Salah satunya nugget ayam siap masak dari So Good. Biar kalau waktu udah mepet, tinggal keluarin nugget dari kulkas dan goreng. Praktis dan enak. Anak-anak suka.

Chicken Nugget

Saya sengaja pilih menu So Good Chicken Nugget buat teman makan nasi liwet. Soalnya ayamnya kerasa banget. Ukurannya juga sesuai dengan takaran. Gak kegedean dan gak kekecilan juga. Beberapa kali gigit bisa langsung habis.

So Good Chicken Nugget juga bisa dibeli dengan mudah. Tersedia di supermarket dan bahkan minimarket dekat rumah. Saya beli di Indomaret yang ada di depan komplek rumah. Harganya pun terjangkau.

Bahan:

  • So Good Chicken Nugget
  • Minyak goreng

Cara Memasak:

  1. Panaskan minyak
  2. Masukkan nugget dalam minyak panas tersebut dan goreng sampai matang

Ohya, saya punya tip nih teman-teman gimana memasak nugget biar gak cepat gosong dan matang di dalam. Caranya, keluarkan nugget dari freezer dulu dan diamkan di suhu ruang beberapa lama sampai nuggetnya empuk dan tidak keras lagi (tidak ada bunga es). Goreng dalam minyak yang baru (jangan minyak bekas). Kalau minyaknya sudah panas, kecilkan apinya. Masukkan nugget ke dalam minyak panas tersebut dan bolak-balik sampai nuggetnya matang. Cirinya, warna nuggetnya jadi kuning keemasan.

JANGAN LUPA SAMBALNYA

Makan nasi liwet khas Sunda gak lengkap kalau gak pakai sambal karena sambal adalah salah satu menu pengugah selera yang terbaik.

Sayur kangkung dan lauk So Good Chicken Nugget sudah siap. Terakhir bikin sambal. Salah satu jenis sambal favorit keluarga saya adalah sambal goang.

Bahan sambal goang:

  • Cabai merah dan rawit.
  • Tomat.
  • Bawang merah, bawang putih.
  • Garam dan gula.

Cara membuat sambal goang:

  1. Goreng bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat sampai matang.
  2. Uleg semua bahan sampai halus.
  3. Tambahkan garam dan gula sampai rasanya pas.

Menjelang berbuka, nasi liwet sudah tercium harum memenuhi dapur. Sayur kangkung, So Good Chicken Nugget dan sambal juga sudah siap semua. Ohya, ada tambahan menu tempe goreng dan juga jengkol sisa makan sahur. Makan nasi liwet khas Sunda makin nikmat dengan tambahan menu tempe goreng dan jengkol. Nyaaam!

Nasi liwet paling enak dimakan dengan menggunakan alas daun pisang. Aroma daun pisang yang khas semakin menambah wanginya nasi liwet. Untunglah di dekat rumah ada pohon pisang. Walau tidak banyak daun pisangnya, tapi lumayan bisa dimanfaatkan buat alas makan nasi liwet. Serasa makan di kebun, nikmatnya luar biasa.

Alhamdulillah adzan berkumandang. Saat-saat berbuka yang ditunggu-tunggu sudah datang. Saya dan keluarga pun menikmati berbuka kali ini dengan menu nasi liwet khas sunda dengan lauk So Good Chicken Nugget. Suami dan saya sampai nambah makan 3x. Lezatnya tidak tertandingi. Anak-anak juga terlihat sangat menikmati makan malam mereka kali ini. Alhamdulillah, porsi makan yang saya ambilkan habis oleh mereka.

Ada suatu saat bahwa kita akan merindukan makanan warisan leluhur. Menu yang sederhana namun terasa sangat istimewa. Menu makanan yang tidak ada kerumitan bumbu dan cara membuat di dalamnya.

Nasi liwet khas Sunda adalah salah satu menu sederhana dan tradisional yang dulu berasal dari kehidupan masyarakat bawah. Dengan alasan penghematan, mereka memasak nasi yang langsung digabungkan dengan lauk-pauknya.

Tapi lihatlah sekarang. Nasi liwet tidak hanya untuk kalangan bawah saja. Tapi sudah menyebar luas disantap oleh berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit restoran yang saat ini menyajikan menu nasi liwet ini sebagai salah satu menu andalannya.

Yuk, ngaliwet! Video lengkap cara membuat nasi liwet khas Sunda dengan tumis kangkung dan So Good Chicken Nugget bisa dilihat di bawah ini ya:

Cobain, ya!



You may also like...

9 Comments

  1. Enak banget neh ngeliwet di rice cooker jadi lebih praktis ya mbak, ditambah sambal biar makin pas.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya Mbak, menggugah selera banget menu ini.

  2. kalo ga pake rice cooker bisa ga mba? nasi nya di aron seperti biasa ya

    1. Armita Fibriyanti says:

      Bisa banget, Mbak 🙂

  3. Ya ampuuun menu favoritku ala Sunda gini, bisa habisss sebakul wkwkwk

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya Mbak. Ini enak bangeeettt.. Nasi bisa ludes tak bersisa.

  4. Nasi Liwet emang enak mbak e. Wkwk. Apalagi skrg bikinnya mudah yak bisa pakai rice cooker. Zaman dulu pake panci, masih suka ada keraknya gitu. Oya kalau ditempatku di kampung halaman masih ada itu resto yang jualan nasi liwet pake panci tebel gitu. Duuh wanginya …

    1. Armita Fibriyanti says:

      Nah iya, enak banget tuh masak manual pakai panci. Apalagi masaknya di kebon ya

  5. Rasanya nasi liwet pasti enak yaa.
    Hemzz, jadi pengen nyobain.

    Thanks info resep nasi liwetnya.
    Oh iya ditambah ada video youtubenya lagi, keren banget..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.