Resep Ikan Gurame Krispi

Resep Ikan Krispi

Selama ini, aku jarang sekali masak ikan gurame sendiri. Ya karena aku gak bisa ngebersihin ikan guramenya. Biasanya, ikan gurame itu kan besar jadi aku agak kerepotan kalau harus bersihin sendiri. Plus males juga sih. Hehehe.

Aku tahunya makan ikan gurame aja. Soalnya enak. Walau durinya agak besar dan tajam tapi daging ikannya tebal dan rasanya gurih. Top banget deh!

Makanya pas kemarin pesanan filet ikan datang, aku langsung excited untuk mengolah filet ikan guramenya dulu. Ada 3 jenis ikan filet yang datang. Yaitu filet ikan lele, filet ikan golden dory atau patin, dan filet ikan gurame. Karena aku suka sama ikan gurame, maka ikan gurame duluan yang diolah.

Filet Ikan
3 Jenis Filet Ikan yang Aku Terima. Ada filet ikan lele, ikan golden dory, dan ikan gurame

Kebetulan Akmal & Azril itu selalu suka menu berbahan dasar ikan. Kalau makan sama ikan, wuih, dijamin bisa berpiring-piring. Ada kali 2-3 piring nasi habis per anak. Makanya aku selalu suka kalau nyuapin anak-anak dengan menu ikan. Soalnya senang lihat anak-anak lahap makan ikan. Jadi gak sia-siap udah capek masak. #momgoals

Filet ikan khusus datang dari Fish Express, sebuah UMKM yang berlokasi di Bandung khusus menyediakan filet ikan yang bersih dan segar. Cek lokasi detailnya di bagian bawah tulisan ini ya beserta link sosial media dari Fish Express.

Satu kantong berisi filet ikan gurame segar sebesar 500 gram. Ini lumayan banyak loh buat keluargaku yang isinya cuma 4 orang.

Keempat orang ini menu kesukaannya beda-beda. Aku lebih suka yang berkuah-kuah sedangkan suami lebih suka yang digoreng kering. Kalau anak-anak, selera mereka in between. Karena kesukaan kami berbeda-beda, maka dari 500 gram filet ikan gurame ini, aku bagi menjadi 3. Bagian pertama aku masak ikan gurame krispi, bagian kedua aku masak menjadi sop ikan gurame, dan yang terakhir aku masak menjadi ikan gurame kering.

Tapi di blogpost kali ini aku ingin cerita bagian gimana bikin ikan gurame krispinya ya. Insya Allah lain kali aku bakalan nulis tentang gimana bikin sop ikan gurame dan ikan gurame kering. Tungguin next blogpost – nya 🙂

Resep Ikan Gurame Goreng
Filet Ikan Gurame Setelah di Defrost

Bahan:

  • 250 gram filet ikan gurame dari Fish Express
  • Tepung beras secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung krispi secukupnya
  • Minyak goreng

Bumbu halus:

  • Bawang putih
  • Merica
  • Garam

Cara memasak

  • Setelah di defrost, potong ikan gurame sesuai selera. Ini aku potong kecil-kecil soalnya buat anak-anak biar bisa 2-3 kali bites habis.
  • Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan tepung krispi. Aduk-aduk rata. Takaran persisnya aku gak tahu soalnya enggak punya timbangan tepung. Aku kira-kira aja pasnya buat sekitar 25o gram filet ikan gurame.
  • Bagi 2 campuran tepung dan tempatkan dalam 2 wadah terpisah. Satu wadah tepung tuangi dengan air dingin. Aduk sampai rata dan campur dengan bumbu halus.
  • Masukkan potongan filet ikan gurame ke tepung kering, bolak-balik. Lalu masukkan ke tepung yang cair sambil dibolak-balik. Masukkan kembali ke tepung yang kering lagi dan sambil dibolak-balik dan cubit-cubit. Kibas-kibaskan.
  • Ulangi sampai potongan filet ikan guramenya habis.
  • Goreng filet ikan gurame ini dalam minyak panas sampai berwarna keemasan. Ikan krispi siap diangkat dan sajikan bersama nasi hangat.

resep Ikan krispi

Gampang banget cara bikinnya kan? Menu ikan gurame krispi ini enak banget. Lembut, gurih, renyah. Bahkan langsung ludes disantap oleh Akmal & Azril. Aku cuma nyobain 2 potong aja karena sudah keburu habis dimakan sama mereka. Haha.

Sebenarnya aku take video untuk cara membuat ikan gurame krispi ini. Tapi ngeditnya belum selesai udah keburu kepengen nulis blogpost-nya. Nanti deh kalau videonya sudah jadi, aku tempel di blogpost ini ya.

Baiklah teman-teman, sekian aja blogpost hari ini tentang resep ikan gurame krispi ya. Semoga bermanfaat!


FISH EXPRESS

Jl. Laswi Ciparay no 609 Ciparay Kabupaten Bandung
Bandung

Facebook | Instagram

Comments

  1. Sulis says:

    Enak ya mba klo udah ada ayam fillet jadi gini.. dalam kondisi “genting” pun masih tetap bisa masak..

    1. Armita Fibriyanti says:

      Halo Mbak. Ini aku bikinnya ikan fillet, bukan ayam filet 🙂

  2. Favorite banget nih gurame crispy, cocol sambel sama mayonaise enak

  3. Wah mupeng. Saya suka gurame krispi kayak gini. Biasanya bikin dari gurame segar. Kalo ada yang praktis, kenapa mesti pilih yang ribet, ya. Kudu nyobain nih Fish Express…

  4. Wah baru tau ada yg dah difillet teh soalnya aku kalau beli gurame idup biasanya aku bakar aja atau goreng jadi pengen beli nih fillet guramenya 🙂

  5. ericka says:

    Enak nih mbak kalo ada yang kemasan siap goreng hihihi, soalnya juga males mau mbetet ikan, dan bau amisnya itu duhh..

  6. gampang ya Teh cara bikinnya, udah mah ada fillet ikan yang praktis pisan 🙂

  7. Sandra says:

    Wahhh mau dong fillet ikan biar gampang masaknya hehe tfs ya jadi laper nih

  8. Ulu says:

    Waaaaahhhhhh anak-anaknya Mita doyan makan ikan. Bagus, Mit. Pinter2 nih pasti nih Akmal & Azril 🙂

  9. Hastira says:

    Wah , mantap yang crispy itu yang paling disuka banyak orang

  10. Seneng deh kalo liat anak kecil suka ikan. Adik aku aja susah banget makan ikan, disiasatin gimana pun tetep gamau. Suka kesel jadinya teh.

  11. Cerita Bunda says:

    Anak-anak juga suka banget makan ikan, jadi pengen bikin gurami krispi nih

  12. Waaah,asyikyah ada gurami filet, nggak uah repot bersihin ikannya,paling males kalau harus bersihin ikan

  13. Nathalia DP says:

    Sama… Sebelum kenak fish express ga pernah masak gurame 😀

  14. Nyam..nyam..kapan-kapan bikin juga ah 😀

  15. […] Baca Selengkapnya […]

  16. Zia says:

    Kebayang enak dan bocah bakalan suka ini. Mau pesen ikan filletnya dan mau ikutin resepnya teteh ya. Makasih udah berbagi. :*

  17. Sama Teh, aku juga ga bisa bersihin ikan hihi

  18. Aihhh jadi laper yes makasih resepnya…Keluarga ku lebih suka yang goreng2 gitu kalau ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *