Resep Soto Ayam Khas Klaten

Resep Soto Ayam Khas Klaten. Musim hujan begini enaknya makan yang hangat-hangat ya. Lumayan untuk menghilangkan hawa dingin yang merasuk tubuh. Apalagi buat anak kecil, memakan makanan yang masih hangat dan berkuah, biasanya bisa meningkatkan selera makan.

Beberapa hari yang lalu, pas libur tahun baru Imlek, saya dan keluarga berkesempatan jalan-jalan ke Yogjakarta. Kalau sedang di Yogja, kami pasti tidak ketinggalan mencicipi soto ayam Pak Min yang sudah melegenda itu. Rasanya yang enak, segar, dan harganya yang murah membuat kami tak pernah ketinggalan menyantapnya jika kami ke Yogja. Di sana, saya lihat Akmal lahap sekali menyantap soto yang juga dikenal dengan nama soto bening ini. Satu porsi soto ayam dewasa ludes dilahapnya. wow! saya sendiri sampai heran.

Berhubung di daerah sekitar kami tinggal sekarang (Bandung), kami belum menemukan soto seenak Soto Ayam Khas Klaten ini, maka membuatnya sendiri adalah jawaban dan sekaligus tantangan bagi saya. Saya cek bahannya semua ada di kulkas dan rintik hujan diluar sana semakin membuat sempurna menu soto ayam untuk disantap siang ini.

Kebetulan siang tadi saya mencoba membuat makanan rumahan untuk MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) bagi Akmal, anak saya yang berumur 2 tahun. Nama menu makanannya Soto Ayam Khas Klaten. Kali ini di blog saya mau berbagi resepnya dan juga saya mau bongkar rahasia agar masakan lebih istimewa. Apa itu? simak ya dan jangan lupa dipraktekkan.

Soto Ayam Khas Klaten, lezat disantap di musim hujan.

Bahan :

  • 250 gram ayam. Seharusnya pakai ayam kampungnya biar rasanya lebih enak. Tapi berhubung saya punyanya ayam daging biasa, tak mengapalah pakai ayam ini. Ayam dipotong menjadi beberapa bagian, boleh kecil-kecil supaya bumbu mudah meresap, dan cepat masak. Ayam dilumuri dengan garam dan jeruk lemon. Di penyet-penyet ya biar bau amisnya hilang. Kemudian diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap ya. Cuci bersih
  • 1 buah wortel yang di potong-potong sesuai selera.
  • 1 batang seledri (dirajang halus)
  • 1 buah tomat kecil (dipotong sesuai selera)
  • Air untuk merebus secukupnya
Bumbu Kaldu
  • 1 batang daun bawang tali simpul
  • 1 batang seledri tali simpul
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 ruas laos digeprek
  • 1 ruas jahe digeprek
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang sereh digeprek
  • Garam, gula
Bumbu halus:
  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak:

  1. Berdoa dulu ya semoga makanannya nanti enak.
  2. Rebus air dalam panci yang jumlahnya kira-kira bisa merendam seluruh ayam hingga mendidih.
  3. Masukkan ayam ke dalam air rebusan tersebut dan rebus kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang supaya daging ayamnya empuk dan juga untuk menghilangkan lemak pada ayam karena kita menginginkan kuah yang bening dan tidak berminyak.
  4. Buang air rebusan tadi dan pindahkan ayam ke wadah yang bersih.
  5. Rebus lagi air secukupnya dalam panci hingga air mendidih. Penggantian air rebusan ini supaya masakan kita nanti gak berbau amis ya.
  6. Masukkan ayam ke dalam air rebusan yang baru ini dan masak dengan api sedang.
  7. Sambil menunggu ayam yang direbus ini, tumis bumbu halus kemudian masukkan ke dalam rebusan soto ayam
  8. Masukkan pala, jahe, laos, salam, sereh, merica bubuk.
  9. Masukkan wortel.
  10. Masukkan daun bawang dan seledri ketika soto sudah hampir masak.
  11. Koreksi rasa dengan menambahkan garam dan gula.

Soto Ayam Khas Klaten ini bisa disajikan dalam mangkuk yang ditaburi dengan daun seledri dan bawang goreng. Sayangnya siang ini saya sedang tidak ada stok bawang goreng. Jika ada taburan bawang goreng, pasti rasanya lebih sempurna. Enak dimakan hangat-hangat dengan nasi panas dan tempe goreng.

Reaksi Akmal? “Wow, enaaak.. sedapnyaa”. Satu mangkok ludes. Minta nambah lagi. Total 2 mangkok soto ayam berhasil disantap Akmal.

Saya? Bahagia banget donk. Masakan saya ludes disantap anak. MPASI Homemade memang YESS!

Akmal lahap makan siang pakai soto ayam khas Klaten sampai habis 2 mangkok Ludes tak bersisa, cuma tinggal tulangnya doang :’D

Resep ini bisa diterapkan untuk anak di atas satu tahun karena menggunakan garam, gula, dan merica. Namun jika Mama penasaran dan ingin mencoba untuk anaknya yang masih berumur di bawah satu tahun, tentunya gula, garam, dan merica boleh untuk tidak diberikan.

Sedikit kulak kulik manfaat dari soto ayam boleh ya. Ternyata soto ayam tidak hanya lezat rasanya tapi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh orang dewasa dan anak-anak. Soto terbuat dari berbagai bumbu dan rempah-rempah yang kaya manfaat. Coba kita lihat ya apa saja manfaat rempah yang terkandung dalam Soto Ayam Khas Klaten ini.

  • Serai berguna untuk mengobati bermacam infeksi seperti infeksi lambung dan kulit. Serai juga dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi sistem saraf.
  • Jahe ampuh untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan masuk angin.
  • Lengkuas bermanfaat untuk menambah nafsu makan, menghangatkan dan membersihkan tubuh (detoksifikasi). Selain itu lengkuas juga dapat mengencerkan dahak pada batuk.

Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya serta sensasi lidah bergoyang ketika mencicipi Soto Ayam Khas Klaten ini. Anak-anak pasti suka dan minta nambah. Akmal sudah membuktikan. Ohya, jangan lupa berdoa ketika mulai memasak ya karena saya yakin ketika dimulai dengan doa dan memasak dilakukan dengan penuh cinta, pasti hasilnya memuaskan. Ssssttt… ini rahasia memasak ala saya, Armita.

“Postingan ini diikutkan dalam Lomba Kreasi Resep ‘Say YES to Homemade MPASI”

Alhamdulillah masuk sebagai pemenang ketiga kategori non buku. Terimakasih Stiletto dan para sponsor!

Comments

  1. naniknara says:

    Sop dan Soto dari Klaten itu memang enak
    *bangga neh sebagai orang klaten 🙂

    1. Iya Mba Nanik, saya suka banget soto ayam khas Klaten ini. Mantaap deh. Juara!

  2. hadi selamet says:

    wihh bisa dicobak nih resepnya. terima kasih mbak ^^

    RUJAK SOTO BANYUWANGI

  3. Oci YM says:

    Duh enaaaaaknyaaaa… cobain resepnya ah buat anak sulung saya 🙂

    1. Silahkan.. Enak banget ini Mba. Cobain deh

  4. endah00 says:

    Waahhh jd pengen nyoba.
    Makasih resepnya ya mba 🙂

    1. Silahkan… terimakasih kembali 🙂

  5. citramanica says:

    Hallo Mak Armita, salam kenal… Kapan2 nyoba ah soto ayam khas Klaten ini… Aku sih taunya selama ini cuma soto ayam Lamongan….

    1. Salam kenal juga Mba Citra, Hayu atuh lah dicobain.. seger banget ini mah. Aku aja ketagihan. 🙂

  6. aaa mb mita posting makanan mulu, tanganku jd gatel pengen masak

  7. aku malah belum pernah nyobain versi aslinya di Klaten
    memalukan! hahahaha

    1. Ya ampuuuunn, jitak ih!

  8. HM Zwan says:

    wah,bisa dicoba nih kapan2…saya juga baru kemarin bikin soto bak,silahkan mampir di hotwajan.blogspot.com ^^

    1. Oke, nanti siap mampir ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *