Tragedi Kulkas

review kulkas LG

Bersih-bersih kulkas 2 pintu adalah PR banget. Kalau gak kepepet, gak bakalan deh. Iya gak?

Ceritanya, beberapa waktu lalu saya lagi semangat banget beres-beres rumah. Perabotan digeser ke sana ke mari demi menciptakan suasana baru di dalam rumah. Biar gak bosan gitu. Termasuk geser posisi si kulkas 2 pintu kesayangan.

Nah kebetulan hari berikutnya, kami sekeluarga ada agenda pergi ke luar kota selama 5 hari. Inget gak, beberapa waktu lalu saya pernah menulis di blog ini tentang perjalanan kami ke Sukabumi dan Depok? Yap, saya dan anak-anak kebagian ngintilin suami yang lagi tugas ke Sukabumi dan lanjut ada acara syukuran keluarga adik saya di Depok. Kebiasaan kami kalau pergi keluar kota itu cabut tabung gas dan matiin alat-alat listrik yang gak kepake kecuali kulkas. Tugas ini yang ngelakuin biasanya suami.

Baca: Senangnya Berenang di Hotel Augusta Sukabumi.

Karena semua persiapannya udah beres, barang sudah masuk semua ke mobil dan anak-anak juga sudah ready to go, cuss lah kami sekeluarga ke luar kota. Tujuan pertama kami adalah Sukabumi. Sudah jalan sekitar 2 jam dari rumah dan kami sudah sampai di Cianjur, kira-kira setengah perjalanan menuju ke lokasi. Di sini baru inget, saya nanyain ke suami apa dia cabut colokan listrik semuanya. Dia jawab, yes, termasuk colokan si kulkas 2 pintu.

Huaaa… Langsung pengen nangis. Ngebayangin seisi kulkas bakalan busuk semua, bahan makanan gak bisa kepakai lagi, apalagi ada daging sapi sekitar 2 kg di dalam freezer yang pasti gak bakalan tahan ditinggal selama 5 hari.

Bukan salah suami juga sih sebenarnya nyabut colokan kulkas. Toh dia gak tahu kalau colokan kulkasnya ganti/pindah gara-gara hari sebelumnya kulkas saya geser posisinya. Salah saya gak bilang-bilang ke doi kalau sekarang posisi colokan kulkas 2 pintunya ada di tempat yang baru. Sepanjang liburan 5 hari kemarin, hati saya enggak tenang mikirin si kulkas 2 pintu yang ditinggal mati sendirian di rumah.

Lima hari berlalu. Saatnya kami pulang ke rumah dari liburan panjang ke luar kota.

Yap, bener aja, sesuai dugaan begitu sampai rumah, seisi rumah bau banget. Daging sapi yang ada di dalam freezer sudah jadi hitam, darah merah ngocor ke mana-mana, dan bau busuk banget. Bahan makanan lain yang ada di kulkas bagian bawah juga busuk, berjamur, dan meninggalkan aroma tidak sedap.

Untung banget suami mau ikutan bersihin kulkas. Semua bahan makanan yang ada di kulkas dan freezer dibuangin semua. Ludes bersih tidak bersisa.

Si kulkas 2 pintu ini kosong mlompong selama seminggu. Sengaja memang gak mau diisi apa-apa dulu soalnya masih tersisa bau busuknya. Sudah dibersihin pakai cairan antiseptik plus dikasih kopi selama seminggu penuh buat menghilangkan bau busuknya. Alhamdulillah, akhirnya setelah seminggu hilang juga baunya. Kulkas 2 pintu kami tampak seperti baru lagi.

Sekarang tinggal tugas saya menata kulkas lagi dan mengisinya dengan bahan makanan biar stok keamanan dan ketahanan pangan keluarga tercapai. Tsah.

Kulkas 2 Pintu
Akhirnya Selesai Juga Bersihin Kulkas Setelah Tragedi

Cerita dikit tentang sejarah si kulkas 2 pintu kami ini ya. Dulu, kami beli kulkas ini sekitar 5,5 tahun yang lalu. Kulkas ini termasuk salah satu barang-barang pertama yang kami beli setelah nikah. Namanya baru nikah ya, budget keuangan masih terbatas. Dulu kepengen banget punya kulkas 2 pintu. Pertimbangannya nanti kalau sudah punya bayi, kulkas bagian atasnya/freezernya bisa dipakai khusus buat menyimpan ASI perah.

Gimana caranya dengan anggaran terbatas saya bisa beli kulkas 2 pintu. Caranya, pertama saya survei dulu donk harga kulkas 2 pintu di toko-toko online yang menjual peralatan elektronik. Cari yang harga kulkas 2 pintunya sesuai dengan budget. Usahakan agar tidak melebihi anggaran karena kami perlu juga uangnya untuk membeli kebutuhan rumah tangga yang lain. Anggaran kami waktu itu cuma 3 juta.

Baca: Rumah Itu Pun Menjadi Milik Kami

Selain masalah harga yang murah, saya juga maunya dapat kulkas 2 pintu yang awet, desainnya moderen, dan performanya bagus. Kalau bisa warnanya yang putih biar keren. Haha, kayak ibu-ibu zaman sekarang aja ya kulkasnya warna putih terus dihias-hias atau tempelin stiker shabby chic biar kekinian 😀 Zaman dulu saya mana mikir kalau kulkas bisa dihias-hias kayak yang banyak muncul di feed Instagram. Dulu belum ada Instagram euy. Ohya, jangan lupa follow IG saya ya (@armitafibri)

Setelah dapat bayangan kisaran harga kulkas 2 pintu di toko online, saya dan suami meluncur ke toko elektronik dekat rumah. Rencananya mau beli kulkas 2 pintu yang mereknya LG. Kalau tipe seri detailnya mau seperti apa, waktu itu belum nemu. Yang penting yang ada di stok tokonya aja. Hasil tanya-tanya ke mas-mas penjaga tokonya, akhirnya kami dapat kulkas 2 pintu merek LG dengan model GN-V212RP. Harga tepatnya berapa saya gak terlalu ingat. Kalau gak salah harga kulkas 2 pintu ini sekitar 3 jutaan. Pokoknya gak lebih dari anggaran.

Salah satu hal lain yang saya suka dari kulkas LG saya ini adalah raknya yang terbuat dari tempered glass sehingga sangat kuat dan bisa menahan beban berat. Karena terbuat dari tempered glass, si kulkas jadi bisa menahan dingin lebih lama dan ujungnya tentunya lebih hemat. Begitu kata mas penjualnya. Hahaha, gara-gara ini saya jadi kepincut beli si LG dulu 🙂

Sampai sekarang, kulkas LG ini performanya awet banget. Belum pernah ada kerusakan apapun. Satu-satunya masalah ya pas kami tinggal ke luar kota kemarin itu. Tapi itu juga bukan masalah dari si kulkasnya, tapi murni karena kesalahan kami. Wkwkwk.

Memang ya, segala sesuatu itu ada hikmahnya. Kalau gak ada kejadian mati kulkas kayak gini, mungkin saya malas bersih-bersihin kulkas.

Teman, pernah ngalamin hal serupa gak? Ceritain di kolom komentar ya 🙂

Comments

  1. nofan says:

    Wah… kulkas legend,,
    Sekarang ada yang baru gak ya mbak kulkas seperti itu…

    1. Armita Fibriyanti says:

      Gak tahu deh, model yang sama masih dijual gak ya?

  2. Aku juga pake LG mba sama banget udah 5 tahun menemani alhamdulilah awet seperti aku awetnya hahaha
    btw aku membayangi klo jadi mba selama di Sukabumi pengen rasanya cpt pulang huhuhu 2kg daging sapi membusuk aku kok rasanya makjleb gitu mba :/ semoga ga kejadian lagi y mba eman dagingnya bahahaha

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya Mbak, sayang banget itu daging 2 kg :((

  3. anggunfuji says:

    hihi koq samaan barang pertama setelah nikah XD hihihi.

    kebayang banget sih, aku pernah ngalamin juga, insidennya gara2 ibu empunya kontrakan suka matiin sekering kalo saya pergi lama dan nitip rumah. :)) Alhasil setelah ditinggal 5 hari liburan di kampung, isi kulkas jadi korban semua. 🙁 huhuhu

  4. NunungYuniA says:

    Wah buang daging sapi 2 kg? Sayaaang bangeeet. Ngebayangin gimana bau busuknya si kulkas ya. Hihi…

  5. Fanny f nila says:

    Ngenes bangat baca dagingnya mbaaa -_-.. Aku sendiri blm prnh sih ngalamin :D.. Kalo traveling sampe semua kluarga ikut, kita memang g matiin kulkas, lagian selalu ada orang kepercayaan suami yg mau jagain rumah.. Jd sampe skr blm prnh tragedy brg di kulkas hrs dibuang krn kulkasnya dimatiin 😀

  6. Ratna Dewi says:

    Aku juga pernah kejadian begitu, sama adik iparku dimatiin semua listriknya pas kami mudik. Untung kuncinya dititipin sama tanteku jadi bisa minta nyalain kulkasnya aja.

  7. Vindy Putri says:

    Pernah banget tragedi kulkas mati karena rusak tapi. Dan untungnya sih semua anggota keluarga di rumah. Tapi moment menyelamatkan makanan mentah itu juga PR banget memang. Tapi kalau sampai ditinggal dan membusuk wah… sepertinya yaa… mau nggak mau ngebuang semua. 🙁 sayang banget…

  8. Kalau sampe dibuang karena matiin kulkas belum pernah, sih. Dulu di rumah pake kulkas 2 pintu berukuran besar. Karena dulu listrik sering padam dan kulkas gak dikasih stabilizer akhirnya rusak. Gak bisa diperbaiki lagi.

    Dan karena saya tergantung banget ma kulkas, langsung beli lagi. Tapi karena saat itu budgetnya gak cukup beli kulkas gede, akhirnya beli yang ukuran biasa. Sampe sekarang masih awet. Cuma berasa kurang aja ukurannya. Makanya kalau lagi mati listrik trus saya komplen ke PLN, cerita kulkas masih suka saya bawa. Masih rada belum ikhlas kayaknya padahal udah bertahun-tahun hehehe

  9. Wah teh sayang banget yaa dagingnyaa.. Padahal lumayan banget kalau dibikin gepuk atau rendang hehehe

  10. Ida Tahmidah says:

    Wah benar2 tragedi, sayang daging 2 kg..hiks… Kulkas saya juga dua pintu, sayangnya yang bawah karet pintunya dah rusak jadi ga terlalu dingin, makanannya jadi ga awet… paling buat sehari aja…jadi kalau nyimpen di atas aja ..heuheu..mau benerin males banget ngurusinnya ya sudah pasrah..

  11. tivia says:

    Membusuk sampai ada uletnya enggak mba ?? barusan kemarin kejadiannya menimpa kulkas saya juga..

    1. Armita Fibriyanti says:

      Enggak sih. Sampai mati berapa lama kulkasnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *