Pesawat Ketinggalan
Travel

Ketinggalan Pesawat, Ini yang Perlu Kita Lakukan

Ketinggalan Pesawat, Ini yang Perlu Kita Lakukan. Hai, semua! Siapa yang kangen pergi-pergi naik pesawat nih setelah hampir setahun diem aja di rumah karena pandemi?

Pergi-pergi terutama buat tujuan liburan itu memang menyenangkan ya. Jadi ingat masa-masa naik pesawat dulu sebelum pandemi saat liburan gak perlu seketat sekarang.

Bepergian untun liburan maupun pulang kampung menggunakan pesawat memang menyenangkan ya teman-teman.

Berbeda dengan bus yang jadwalnya seringkali masih bisa molor, jadwal keberangkatan pesawat dikenal cukup tepat waktu jika tidak ada kasus tertentu.

Walaupn tepat waktu, tapi tetap aja ada beberapa orang mengalami ketinggalan penerbangan. Alhamdulillah aku belum pernah ngalamin sih ketinggalan pesawat.

Hmm, lalu, gimana nih kalau kita ngalamin ketinggalan pesawat? Apa aja yang harus dilakukan?  Yuk simak ulasan tips berikut.

Tips Traveling ke Luar Negeri

Ini yang Perlu Kita Lakukan Saat Ketinggalan Pesawat

1. Bersikap Tenang

Ketinggalan pesawat memang suatu hal yang menyesakkan. Melihat pesawat telah lepas landas membuat teman-teman bingung harus kemana.

Namun, kondisi panik dan sedih yang teman-teman alami hanya akan memperpanjang masalah tanpa solusi. Untuk itu, duduklah dan kuatkan hati agar menjadi lebih tenang.

Pikiran dan hati yang lebih tenang dapat membuat teman-teman lebih yakin untuk mengambil langkah. Dalam hal ini, coba pikirkan kembali tentang rencana lain yang bisa teman-teman lakukan.

Teman-teman bahkan bisa mencoba mengingat kembali di mana tempat pembelian tiket sebelumnya. Cobalah hitung kembali uang yang teman-teman miliki atau menghubungi teman jika mendesak.

2. Menghubungi Agen atau Pihak Maskapai

Apa yang dilakukan jika ketinggalan pesawat? Menghubungi agen perjalanan dapat dilakukan jika teman-teman membeli tiket dari agen.

Teman-teman bahkan dapat menjelaskan masalah yang teman-teman alami ketika ketinggalan. Pihak agen perjalanan ini biasanya akan memberikan tiket pengganti jika ketinggalan pesawat terjadi bukan karena kesalahan pribadi.

Jika menghubungi agen perjalanan tidak bisa memberikan solusi, cobalah menghubungi pihak maskapai yang ada di bandara. Teman-teman juga dapat menanyakan refund tiket terhadap peristiwa yang telah terjadi.

Begitu pula, menanyakan ketersediaan tiket penerbangan selanjutnya juga dapat ditanyakan agar tetap bisa menjangkau tujuan teman-teman.

Tiket penerbangan secara mendesak memang sulit didapatkan. Namun, pihak maskapai lebih tahu berbagai informasi ini.

Maka dari itu, teman-teman bisa ketersediaan tiket dan menanyakan jam penerbangan selanjutnya yang sesuai dengan tujuan teman-teman. Akan lebih beruntung jika teman-teman mendapatkan diskon khusus dalam hal ini.

beli tiket pesawat

3. Membeli Tiket Baru

Ketersediaan tiket baru dapat menjadi solusi atas pertanyaan apa yang dilakukan jika ketinggalan pesawat. Terlebih lagi jika masih tersedia jadwal pemberangkatan pada jam berikutnya dengan tujuan yang sama.

Namun, ketersediaan tiket yang habis mengharuskan teman-teman menunda perjalanan sesuai dengan waktu yang teman-teman inginkan.

Jika teman-teman telah menemukan tiket baru, pastikan memilih pembelian tiket dengan pembayaran yang praktis.

Penerbangan yang dilakukan pada jarak jam yang tidak jauh sebaiknya jangan diabaikan. Teman-teman bahkan bisa melakukan pembelian tiket secara online maupun menggunakan kartu debit.

Tentunya, pembelian dengan cara ini akan lebih praktis dan mudah.

4. Stand By di Bandara

Mengikuti penerbangan selanjutnya sangat disarankan untuk tidak pergi jauh dari bandara. Teman-teman bahkan bisa memastikan kembali terkait jam penerbangan tiket yang dimiliki.

Tentunya, penerbangan yang akan berlangsung 1 hingga 2 jam lagi sebaiknya ditunggu agar teman-teman tidak menemui pertanyaan kedua kali tentang apa yang dilakukan jika ketinggalan pesawat.

Teman-teman bisa bersantai dan menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh bandara. Terdapat layanan wifi, kamar mandi hingga restoran makanan lezat yang bisa menemati waktu penantian teman-teman.

Tentunya, kesibukan yang teman-teman lakukan dapat mengalihkan waktu terasa berjalan sangat cepat hingga mendapatkan pesawat.

Rasa tenang harus selalu diutamakan agar teman-teman bisa mencari solusi atas masalah yang sedang dialami.

Begitu pula, ketersedian uang juga harus dipastikan ketika teman-teman hendak membeli tiket baru untuk penerbangan selanjutnya.

Jika sebelumnya teman-teman membeli asuransi perjalanan, tak ada salahnya juga untuk mencoba menghubungi pihak asuransi.

Biasanya dalam premi asuransi juga ada yang bisa memberikan kompensasi saat teman-teman tertinggal jadwal pesawat yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan jika teman-teman mengalami ketinggalan pesawat. Semoga bermanfaat ya dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.