Membaca Dongeng Digital Interaktif Melalui Aplikasi So Good Cerdik

aplikasi so good cerdik

Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan telepon genggam (handphone/HP) tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Seolah seperti mata pisau, jika digunakan dengan baik, maka telepon genggam bisa memberikan kebaikan dan keuntungan. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan gadget. Misalnya untuk belajar membaca bagi anak, menghafal Al – Qur’an, ataupun belajar memasak dan lain-lain. Namun, jika tidak digunakan secara bijak, keberadaan telepon genggam justru berbahaya.

Dari orang dewasa sampai anak-anak sekarang sudah mengenal HP. Di keluarga kami, anak-anak boleh main HP. Namun untuk mencegah ketergantungan, penggunaan HP untuk anak-anak kami batasi yaitu hanya di saat akhir pekan saja. Selain itu, sebagai orang tua, kami juga mengontrol dan mengawasi penggunaan HP oleh anak-anak. Tidak boleh sembarangan menonton video atau mengunduh aplikasi dan permainan (games). Ini semata-mata kami lakukan untuk memproteksi anak dari eksposur luar yang berbahaya.

Sebelum memberikan tontonan, aplikasi atau permainan bagi anak, kami biasanya melakukan screening dulu. Jika lolos, anak-anak boleh menonton video atau bermain aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang ramah anak yang lolos parenting control dan baru-baru ini kami coba adalah So Good CERDIK. Aplikasi cerita digital interaktif ini kami download di Play Store. Aplikasi ini menggunakan teknologi digital Augmented Reality (AR). Teknologi AR dapat menambahkan benda maya ke dalam proyeksi lingkungan nyata. Wah kok bisa ya, keren banget!

Permainan dengan menggunakan teknologi AR ini memang sedang kekinian dan anak-anak pasti sangat tertarik dan bersemangat ketika bersentuhan dengan teknologi terkini. Untuk memainkan aplikasi CERDIK ini, kita harus memiliki kartu cerdik terlebih dahulu. Nah untuk mendapatkan kartu cerdiknya, kita bisa peroleh saat membeli produk (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausege) kemasan 400 gram.

So Good Cerdik
Kartu So Good Cerdik

Kartu Cerdik ada di dalam bungkus So Good Siap Masak terbungkus rapi dalam frame yang berwarna-warni. Ada warna merah muda, biru, dan lain-lain yang warnanya ini sangat menarik bagi anak-anak. Bingkai kartu Cerdik berbentuk persegi dengan plastik yang lumayan tebal dan kuat. Selain itu, bingkai ini dapat disatukan dengan bingkai kartu Cerdik yang lain sehingga bisa dimainkan seperti puzzle dan bisa merangsang daya motorik anak.

Cara memainkannya, kita perlu memindai (scan) kartu CERDIK terlebih dahulu dengan menggunakan kamera aplikasi So Good Cerdik. Arahkan kamera ke kartu Cerdik. Setelah terbaca, dongeng akan segera terbuka dan kita bisa membaca dongeng bersama-sama dengan anak-anak.

So Good Cerdik

Ada 3 dongeng pilihan yang tersedia: Chika Chiko, Umbo Larage, & Lala dan Singsing. Kami sendiri sudah mencoba membaca dongeng Chika Chiko. Seru karena membaca dongengnya seperti nyata karena tampak 3 dimensi. Anak-anak jadi membayangkan bagaimana cerita asli dalam kehidupan nyata. Kami pun tertarik untuk mengoleksi seri dongeng lainnya.

Membaca dongeng bersama anak seperti ini dapat meningkatkan bonding kami, mendapatkan pesan moral dari cerita dongeng, melatih imajinasi anak dan juga mengembangkan pola pikirnya. Berbeda dengan membaca dongeng menggunakan buku, dongeng cerita dari So Good Cerdik ini tidak memakan tempat dan fleksibel, bisa dibawa ke mana-mana. Misalnya saat di perjalanan dan macet, bisa sambil membaca dongeng bersama anak-anak. Aplikasi ini cocok untuk kami yang hidup di rumah yang kecil dengan barang – barang yang minimalis.

So Good Cerdik

Selain cerita dongeng, di aplikasi So Good CERDIK ini ada juga berbagai resep praktis mengolah produk So Good. Misalnya bagaimana membuat Chicken Croissant, Macaroni Cups, So Good Pie, Sate Bakso, dan lain-lain. Jadi, So Good Siap Masak ternyata tidak hanya diolah dengan di goreng saja. Masih banyak cara lain untuk mengolahnya.

resep makaroni cups

Nah sebelum membaca dongeng, anak-anak biasanya makan dulu. Jadi saat bermain, anak-anak sudah ada tenaga dan lebih semangat dalam bermain. Menu makan andalan anak-anak adalah nugget. Kemarin saya mencoba memasak nugget Chick’NVeggie. Alhamdulillah anak saya doyan sekali makan nugget ini. Lahap makannya sampai minta nambah.

So Good Cerdik

So Good Cerdik
Lahap makan nugget dari So Good

Yuk teman-teman, cobain juga mainkan aplikasi So Good Cerdik ini. Penuhi nutrisi anak dengan So Good dan kembangkan imajinasinya dengan kartu Cerdik. So Good-nya bergizi, kaya protein, ceritanya menarik!

Kalau sudah bermain aplikasi ini, coba bagikan cerita keseruannya ke yang lain ya. Agar orang lain juga bisa mendapatkan manfaat bagaimana sehatnya makan produk So Good dan juga bagaimana serunya membaca dongeng di aplikasi So Good Cerdik.

So Good Cerdik

Ohya, jika teman-teman masih bingung bagaimana cara memainkan aplikasi So Good Cerdik, bisa dilihat di video di bawah ini ya.

Sampai ketemu di cerita kami selanjutnya dan tetap dampingi anak saat bermain gadget ya 😊

Comments

  1. aplikasinya keren y teh aku aja yg emak2 suka bingits hahaha krn emang baru tau ada teknologi AR

    1. Armita Fibriyanti says:

      Bagus ya teknologinya. Saya aja sampai amazed gitu, kok bisa ya.

  2. Neng Marwah juga seneng mainin aplikasi So Good Cerdik ini, ibunya juga seneng dapat resep baru huahaha

    1. Armita Fibriyanti says:

      Lumayan buat nyontek resep ya Teh 🙂

  3. Ulu says:

    Menarik reviewnya, Mit! Saya jadi kepengen beli So Good nih. Samaan Nabil juga pake hapenya sabtu minggu doang. Itu juga buka yutub aja hehehe. Thanks reviewnya, Mit 🙂

    1. Armita Fibriyanti says:

      Sama-sama, semoga bermanfaat ya. Salam buat Nabil 🙂

  4. Wow canggih yah. Makin digital nih anak2na masa depan.

  5. Nathalia DP says:

    Keren ya… Saya mau beli tp belum sempet aja…

  6. Wah, seneng banget ya, sekarang produsen paham kebutuhan para ibu muda

    Zaman anak2 saya masih kecil, kita dapat buku komik kecil2 …

  7. Aku jadi lapar liat foto-foto nugetnya nih, Mit huehehe…
    By the way, konsep AR buat edukasi ini keren, ya. Hiburannya dapet, moral story iya, plus mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

  8. Ida Tahmidah says:

    Wah asyiik ya, tapi ga terlalu cocok buat teteh mah, dah ga ada anak kecil lagi soalnya hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *