Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo

Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo

Hai teman-teman. Sebelum Ramadan ini, aku sempat mudik ke kampung halamanku di Purworejo, Jawa Tengah. Mudik yang istimewa karena aku baru beres ngerjain proyek terjemahan. Jadi bisa mudik dengan tenang tanpa bayang-bayang kerjaan. Bisa menjenguk orang tua sekaligus mampir main ke Pantai Jatimalang.

Haih, ngapain ke Pantai Jatimalang? Paling gitu-gitu aja pantai dan lautnya. Gak ada yang istimewa. Pantai pasir hitam yang sudah terabrasi.

Ups! Jangan salah teman. Itu mungkin pikiran lama kamu. Cepetan segera di upgrade dan coba mampir main ke Pantai Jatimalang, Purworejo. Karena sekarang ada yang baru dari Pantai Jatimalang.

 

View this post on Instagram

 

Ada tampilan baru dari Pantai Jatimalang, Purworejo. Mau dikasih tau gak? #jatimalang #pantaijatimalang #purworejo #beach

A post shared by Armita Fibriyanti (@armitafibri) on

Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo

Surprise banget begitu masuk ke Pantai Jatimalang. Makasih teman yang sudah kasih info tentang patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang ini.

Setelah bayar tiket, mobil yang disetiri suami langsung menuju tempat parkir. Nah dari pintu masuk ini, terlihat ada patung besar yang tengah bertarung dengan seekor ular. Di belakang patung tersebut, ada tulisan besar DEWA RUCI. Dan si patung ini lah yang memang dikenal dengan nama DEWA RUCI, sang penjaga lautan.

Begitu parkir mobil selesai, aku menuju patung besar tersebut. Besar banget. Aku sampai mendongak loh. Coba lihat perbandingan/rasio antara manusia dan patung di gambar awal aku di atas.

Yang aku ingat dengan patung ini adalah patung Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali. Memang sih patung Dewa Ruci ini gak segede GWK. Tapi entah kenapa aku langsung inget GWK ini. Mungkin karena GWK adalah patung besar pertama yang aku lihat pas SMA dulu.

Karena icon wisata ini termasuk baru, makanya banyak wisatawan lokal yang tertarik untuk berfoto di depan, bawah, maupun belakang si Patung Dewa Ruci ini. Kalau baca tulisan blogger lain, Patung Dewa Ruci ini mulai ada bulan Januari 2019.

Berfoto-foto di bagian tulisan DEWA RUCI nya juga menarik. Contohnya kedua anakku, Akmal dan Azril. Mereka minta difoto berkali-kali di sana. Tapi aku gak tahan di pantai pengen cepat-cepat pulang karena cuaca panas dan silau banget. Padahal kami datang pukul 08.00 pagi.



Cara Menuju Pantai Jatimalang Purworejo

Pantai-pantai sepanjang jalur selatan Jawa Tengah, khususnya Kebumen dan Purworejo, belakangan ini tengah berbenah besar-besaran. Pantai-pantai ini saling berlomba merias diri dan menarik wisatawan masuk. Apalagi kalau bukan karena kehadiran Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang terletak di Kabupaten Kulonprogro, Yogyakarta.

Dengan adanya bardara baru Yogya ini, sudah pasti nanti akan ramai. Makanya banyak tempat wisata baru dan lama yang disulap tampil segar di sekitar Yogya. Salah satunya ya Pantai Jatimalang ini.

Untuk menuju Pantai Jatimalang ini, kalian bisa cek dulu map di bawah ini. Mau pakai kendaraan umum atau pribadi juga bisa. Pesan tiket big bird online  dari bandara terdekat pun patut dicobain. Tinggal cek aja kalian mau berangkat dari mana.

Letak Pantai Jatimalang ini sejajar dengan Pantai Jetis dan Pantai Hutan Mangrove Jembatan Api-Api Kulonprogo yang pernah aku kunjungi sebelumnya.

Baca:

Harga Tiket Masuk Pantai Jatimalang

Pas kemarin ke sana, aku pergi sekeluarga. Satu mobil yang isinya ada 5 orang. Tapi yang bayar tiket masuk cuma 4 orang. Bayi gratis.

Harga tiket masuk Pantai Jatimalang Rp 3.000/orang. Sedangkan harga tiket parkirnya Rp 5.000/mobil. Harga ini termasuk murah loh. Makanya, ayo datang ke Purworejo. Ramaikan wisata lokal.

Baca: Pantai di Purworejo yang Wajib Kamu Kunjungi

Kondisi Pantai Jatimalang

Pas kemarin aku ke sana, kebetulan banget lagi bulan purnama malamnya. Laut pasang dan ombak tinggi. Akibatnya, deburan ombaknya sampai jauh masuk ke bibir pantai.

Orang-orang gak ada yang berani mandi di laut karena ombaknya emang tinggi banget. Sekitar 3 m. Aku aja lihatnya ngeri dari jauh.

pantai mangrove jembatan api api Kulon Progo Jogjakarta
Akmal main pasir di pantai

Anak-anak sudah cukup puas dengan bermain di pantainya saja. Main pasir dan cari kepiting. Lalu menceburkan diri di kolam air tawar yang ada di pinggiran.

Abrasi makin parah di Pantai Jatimalang. Saung-saung terlalap ombak. Kondisi pantai curam. Terlihat beberapa kotoran sampah di pasir. Padahal sudah disediakan tempat sampah, tapi tetap saja masih ada yang buang sampah sembarangan.

Jangan lupa bawa sampahmu ya kawan kalau main ke tempat umum. Apalagi ini objek wisata. Kan malu kalau dilihat tempat wisatanya jadi jelek gini.

Baiklah teman, itu aja cerita mudik dan lihat patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang. Video lengkapnya bisa ditonton di chanel YouTube aku: Armita Fibriyanti. Semoga bermanfaat dan ayo dolan 🙂

8 thoughts on “Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo”

  1. Dewa Ruci itu pengejawantahan Tuhan sang Maha tidak terdeskripsikan. Namun karena pikiran dan indera manusia terbatas, jadilah ada sosok-sosok yang dijadikan “perwakilan” diriNya di alam dunia, makanya ada Dewa dan Dewi. Dewa Ruci sendiri adalah sang Diri yang Sejati <3

  2. Memperindah tempat wisata di beberapa daerah memang sedang digalakkan ya…
    Sayangnya masyarakat masih saja ada yang tidak peduli dengan kebersihan. Tempat wisata yang indah jadi tercemar karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan.

  3. Akutu agak parno kalau melihat patung.
    Entah gimana, di dalam otakku selalu berpikir yang enggak-engga.
    Huhuu…
    Kalau main di pantainya aja, oke yaa…sambil menikmati es degan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.