Tetap Aman Selama Liburan di Luar Negeri

Tetap Aman Selama Liburan di Luar Negeri

Tetap Aman Selama Liburan di Luar Negeri. Impian banget nih bisa liburan sekeluarga ke luar negeri. Pengen banget, semoga tahun ini bisa ya liburan ke luar negeri bareng-bareng sama keluarga tercinta. Aamiin. Tolong aminkan ya teman-teman. Rencananya sih pengen ke Malaysia dulu yang dekat sekalian ziarah ke makam Ibu mertua yang meninggal 4 tahun lalu di Malaysia dan dimakamkan di sana.

Liburan ke luar negeri merupakan salah satu bentuk kebahagiaan ya karena kita bisa menyaksikan kultur budaya yang berbeda dengan apa yang biasa kita alami sehari-hari. Dengan traveling ke luar negeri kita juga bisa merasakan kuliner negara asing dengan cita rasa aslinya. Pun kita juga bisa melihat-lihat negeri orang dengan lebih nyata. Wah menyenangkan ya.

Teman-teman, saat liburak ke luar negeri, tak jarang ada kemungkinan tindak kriminal kepada turis di beberapa negara. Kalau bisa sih kita sebaiknya selalu waspada saat berada di negara orang. Dari info yang saya baca, ada beberapa tips agar kita tetap aman selama liburan di luar negeri, saya bagi infonya ke teman-teman ya, siapa tahu nanti kita bisa bareng-bareng jalan-jalan ke luar negeri. Yang punya tips lain, boleh juga share ya, terutama teman-teman yang sudah sering traveling ke luar negeri. 

  1. Lakukan Check Up Kesehatan

Sebelum berangkat ke luar negeri, kita sebaiknya memastikan tubuh kita cukup sehat. Misalnya jika teman-teman liburan ke negara empat musim seperti liburan ke korea, cuaca di sana cukup dingin terutama saat musim dingin/winter, maka persiapkan tubuh kita sebelum berangkat. Jika merasa perlu vaksinkan diri kita sebelum berpergian, misalnya saat pergi umroh atau haji.

  1. Jangan Membawa Barang Penting

Saat kita menyusuri daerah di luar negeri, sebaiknya kita membawa hal yang perlu saja. Jangan membawa semua barang penting seperti credit card dll. Sebaiknya simpanlah barang-barang tersebut di ruang terkunci di kamar hotel atau tempat kita menginap.

  1. Berbicara Seperlunya Pada Orang Asing

Hindari bebincang-bincang atau menceritakan berbagai hal pribadi mengenai perjalanan kita kepada orang asing, untuk jaga-jaga saat karena kita tidak mengenal dengan siapa kita berbicara dan juga kita sedang berada di tempat asing.

  1. Hindari Penggunaan Kartu Kredit di Internet Cafe

Internet cafe adalah lokasi populer yang sering dikunjungi turis, komputer yang tersedia di internet cafe sangat tidak aman, terkadang mereka memasang keylogger di komputer mereka. Untuk menghindari kejahatan cyber yang mungkin menimpa kita, sebaiknya bayarlah dengan uang tunai saat mengunjungi internet cafe.

  1. Tempatkan Barang Anda di Depan

Sangat tidak aman untuk barang seperti tas dipakai di belakang, istilahnya apa ya, di gemblok kali ya karena ini akan beresiko lebih besar kita kehilangan barang.

  1. Jangan Pergi Sendirian

Ada baiknya wanita jangan pergi sendirian di lokasi yang belum familiar dengan. Carilah teman atau mahrom untuk menemani perjalanan kita. Misalkan kita akan melakukan liburan ke wilayah ASIL yang dekat-dekat, katakanlah liburan ke Korea. Banyak yang mengatakan untuk jangan keluar sendirian terlebih pada malam hari, karena budaya masyarakat mereka yang suka mabuk di malam hari.

Ohya, sebelum berangkat carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai budaya di daerah yang akan teman-teman kunjungi, misalkan mau liburan ke Korea carilah terlebih dahulu informasi bagaimana sifat masyarakat Korea agar lebih mudah bagi teman-teman untuk beradaptasi begitu tiba disana.

Begitulah teman-teman bagaimana kita bisa tetap aman saat liburan ke luar negeri. Semoga tahun ini bisa ya jalan-jalan ke luar negeri. Teman-teman mau juga gak jalan-jalan ke luar negeri sama saya?

 

2 thoughts on “Tetap Aman Selama Liburan di Luar Negeri”

  1. aamiin mita, semoga bisa ke Malaysia, aku batal pergi ke Malaysia soalnya udah ke Korsel duluan, jadi pak suami aja yang berangkat, untung aku belum punya CC ya, jadi aman hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.