Tips & Informasi

Tips Memiliki Apartemen Melalui Iklan di Website

Adanya internet saat ini membuat informasi sampai ke masyarakat mengalir dengan cepatnya, termasuk juga iklan yang berbentuk artikel hingga video marketing tentang beragam jenis produk. Selain itu informasi iklan perumahan pun juga saat ini mengalir cukup deras melalui agen yang memasarkan di sosial media hingga beragam jenis pilihan perumahan yang ditawarkan melalui website properti. Nah sebagai masyarakat modern yang tinggal dikota besar saat ini memiliki rumah tinggal di kota besar memang merupakan tujuan utama, namun padatnya lahan perkotaan membuat pilihan sangat sedikit mendapatkan rumah dijual. Sesuai dengan wilayah perkotaan yang terus melakukan pembangunan, agar dapat memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal, justru saat ini lebih banyak pilihan untuk memiliki apartemen.

Walaupun memang terlihat sedikit ada kemiripan antara rumah susun dengan apartemen, namun secara fasilitas tentu jauh berbeda. Sebagai contoh saja dari sisi keamanan yang menggunakan CCTV, lift khusus untuk pemilik apartemen, hingga lahan parkir dan fasilitas umum seperti swalayan yang jaraknya cukup terjangkau. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut tentunya jelas jika dibandingkan dengan rumah susun jauh berbeda, dan harga apartemen dijual tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan rumah susun. Lalu bagaimana dengan lokasi? Jelas dari sisi faktor lokasi pun juga apartemen sangat terjangku menuju ke gedung perkantoran hingga pusat perbelanjaan dibandingkan dengan rumah susun yang lokasinya sebagian besar berada di pinggiran jakarta.

Apartemen pun juga memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih oleh calon pembeli mulai dari harga jual yang diminatinya. Akan tetapi secara umum dapat disimpulkan apartemen ada yang desainnya satu kamar dan dua kamar. Selain itu umumnya dari sisi perlengkapan kamar pun juga sudah dilengkapi  dengan peralatan rumah tangga mulai dari sofa, televisi, hingga tempat tidur. Jadi bergantung pada teman-teman akan memilih jenis apartemen dengan berapa kamar di dalamnya.

Selain itu apartemen pun juga ada yang menggunakan konsep super blok, ada pula apartemen biasa. Bedanya, jika apartemen super blok memudahkan penghuninya yang ingin berbelanja tinggal pergi ke tower selanjutnya, begitu pula jika ingin berbelanja kebutuhan pokok, karena sudah dibangun fasilitasnya tidak jauh dari unit apartemen yang dipilih penghuninya. Oleh karenanya agar pilihan apartemen yang diinginkan sesuai, sekaligus efisien dari sisi biaya berikut beberapa tips dalam memilih apartemen melalui iklan di website, antara lain :

  • Lokasi

Pilih lokasi apartemen yang ingin dimiliki yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat teman-teman bekerja. Dengan begitu teman-teman tidak perlu lagi repot bermacet-macetan di jalan hanya untuk melakukan rutinitas pekerjaan di kantor. Sehingga semakin banyak waktu yang teman-teman bisa manfaatkan bersama keluarga. Secara umum penjelasan lokasi akan diberikan di website mulai dari alamat hingga acuan untuk menuju lokasi apartemen. Jika digambarkan bahwa jarak dari lokasi apartemen menuju bandara internasional Soekarno Hatta hanya 30 menit, maka teman-teman bisa pastikan dengan membuka map Google dan mengetikkan alamat lokasi apartemen kemudian menghitung jaraknya menuju ke bandara Soekarno Hatta. Nanti akan terlihat jarak sebenarnya dan estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan jika menggunakan kendaraan pribadi. Dengan cara ini teman-teman bisa lebih puas mendapatkan informasi dibandingkan menelaah bahasa marketing di website yang menyatakan hanya 30 menit menuju bandara Soekarno Hatta.

  • Harga jual

Harga jual apartemen umumnya merupakan gambaran dari metode pembayaran dengan cara cicil atau cash keras. Sebagai pembeli yang cerdas pastikan bahasa tersebut dan jangan dengan mudah mencernanya mentah-mentah agar tidak salah paham. Jadi jika digambarkan hanya dengan cicilan 20 juta per bulan teman-teman sudah dapat memiliki apartemen di kawasan bisnis Jakarta, maka cicilan tersebut bisa didapatkan dengan uang muka yang telah ditentukan, dan uang muka tersebut umumnya dijelaskan oleh agen marketing-nya namun tidak di website.

  • Bedakan DP dan Inden

Sebagian masyarakat masih ada yang belum bisa membedakan antara down payment (DP) atau uang muka untuk membeli apartemen dengan indent dimana keduanya sama-sama memberikan uang di awal. Perbedaannya jika DP diberikan untuk memastikan cicilan apartemen lebih ringan dan bangunan unit apartemennya sudah selesai dibangun. Sedangkan untuk indent adalah uang muka yang dicicil, artinya bangunannya akan dibangun jika dana indent sudah masuk dan akan selesai pembangunan beriringan dengan jatuh tempo cicilan uang muka selesai. Jelas sekali untuk yang sistem indent umumnya harga jual unit apartemen yang dijual masih murah karena dalam tahap pembangunan, sedangkan yang memberikan DP umumnya bangunan sudah siap huni tinggal dicicil saja agar resmi menjadi hak milik teman-teman.

Nah dari uraian tips tersebut menunjukkan bahwa apartemen yang djual melalui website mengandung bahasa marketing dengan tujuan menarik minat calon pembeli terlebih dulu agar merespon iklan yang dipasang. Setelah itu penjelasan akan diberikan sejelas-jelasnya melalui agen, sekaligus menindaklanjutinya untuk segera mengambil unit yang ditawarkan.

Selamat cari-cari apartemen ya teman-teman!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.