Cara Nyaman Ibu Hamil Mudik Lebaran dengan Menggunakan Kereta Api

Tips Naik Kereta Api Ekonomi Secara Aman dan Nyaman

Tips Naik Kereta Api Ekonomi Secara Aman dan Nyaman. Hai teman-teman, pernah naik kereta kan ya? Naik kereta kelas Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif tentunya berbeda. Perbedaan tersebut terlihat jelas dari segi fasilitas yang akan diberikan, dan juga harga tiket. Tiket kereta kelas Ekonomi adalah yang paling murah, dengan fasilitas yang terbilang cukup strandard. Namun jika dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan pada kelas ekonomi sebelumnya. Maka fasilitas yang diberikan oleh PT. KAI ini terbilang mengalami peningkatan. Walaupun demikian, ada baiknya jika teman-teman memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar perjalanan teman-teman menggunakan kereta Ekonomi kali ini, terasa lebih nyaman dan aman.



1.Rencanakan Secara Matang 

Hal pertama yang harus teman-teman persiapkan sebelum bepergian menggunakan kereta kelas ekonomi adalah merencanakan segala sesuatunya secara matang. Maksudnya disini adalah tujuan keberangkatan, apakah berlibur atau pulang kampung. Berikutnya adalah tujuan atau lokasi yang dituju, misalnya saja teman-teman akan berlibur ke Jogjakarta. Berapa lama teman-teman akan melakukan perjalanan tersebut, apakah hanya beberapa hari, atau bahkan 1 minggu lebih. Hal lainnya yang juga penting untuk direncanakan adalah anggaran. Walaupun teman-teman menggunakan kereta ekonomi, bukan berarti teman-teman harus membawa budget secara pas-pasan, sebaiknya bawa lebih, sebagai antisipasi hal-hal yang tidak disangka-sangka.

2. Cek Jadwal Keberangkatan  

Selain melakukan persiapan secara matang, teman-teman juga perlu mempersiapkan secara tepat, kapan teman-teman akan berangkat. Jika tujuan teman-teman ke Jogja, maka perhatikan dengan baik jadwal keberangkatan kereta api ke kawasan tersebut. Akan lebih baik, jika teman-teman berlibur bukan pada musim liburan, seperti akhir pekan atau waktu libur umum lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk tarif transportasi dan fasilitas lainnya jadi lebih murah, dan objek wisata yang akan dituju kelak, tidak terlalu padat. Akan lain halnya jika teman-teman bertujuan untuk pulang kampung, dengan tujuan untuk merayakan hari besar bersama keluarga. Dalam hal ini, pilih hari baik, dengan perkiraan jumlah penumpang kereta ekonomi yang tidak terlalu padat.

Foto stasiun kutoarjo
Stasiun Kutoarjo

 

3. Booking Tiket secara Online 

Untuk membantu Teman-teman, yang ingin pergi ke Jogja dari Jakarta misalnya, baik untuk tujuan berlibur atau pulang kampung. Maka kereta api kelas ekonomi yang pas adalah Kereta Api Gajah Wong. Dalam hal ini cek dan pesan tiket kereta api Gajah Wong, menggunakan layanan online. Dibandingkan mengunjungi langsung loker tiket KAI yang ada di stasiun, booking tiket secara online ini dinilai jauh lebih efisien.

Terdapat beberapa fitur menarik yang ada pada layanan online tersebut. Seperti fitur pencarian tiket (dengan memasukkan kota asal dan kota tujuan), ada juga fitur cek tanggal keberangkatan, fitur pemesanan secara pulang pergi, fitur jumlah peserta yang akan ikut naik kereta dan beberapa fitur lainnya. Adanya fitur-fitur tersebut, tentunya akan mempermudah teman-teman memprediksi, kapan waktu yang tepat untuk bepergian, sekaligus mengetahui harga tiket yang ditawarkan, dan tiket yang harus dibayar.

Penyedia jasa tersebut juga melengkapi dirinya dengan sistem pembayaran yang mudah, seperti transfer antar bank, membayar menggunakan aplikasi online atau yang lainnya. Hasilnya booking tiket kereta jadi lebih mudah dan efisien. Setibanya di stasiun, Teman-teman dapat melakukan print dokumen, yang berasal dari penyedia booking online ke mesin print yang tersedia, dengan demikian, print tiket kereta akan Teman-teman peroleh.




4. Jangan Bawa Terlalu Banyak Barang 

Agar nyaman selama perjalanan, sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang. Simpan berbagai macam perlengkapan umum di dalam 1 tas berukuran besar. Sedangkan berbagai keperluan khusus, dan paling sering Teman-teman gunakan, seperti dompet, tiket, kosmetik dan hal lainnya, sebaiknya disimpan dalam 1 tas kecil yang terpisah. Tas tersebut dapat teman-teman simpan atau selendangkan, sedangkan untuk tas berukuran besar, dapat digendong, dan disimpan di dalam bagasi.

foto kereta ekonomi
Tidur di kereta ekonomi

5. Siapkan Perlengkapan Tidur yang Nyaman

Dibandingkan kereta api kelas eksekutif, layanan bantal atau guling, akan disediakan secara gratis, sedangkan pada kereta api ekonomi tidak. Teman-teman dapat menyewa bantal dan selimut tersebut pada petugas yang ada, atau teman-teman dapat membawa selimut dan bantal sendiri. Misalnya saja bantal leher, dan yang lainnya.

Selain itu, fasilitas umum, seperti AC, dan stop kontak kini sudah tersedia di masing-masing kursi. Jadi teman-teman tidak kepanasan lagi ketika bepergian, dan aman untuk masalah charger baterai ponsel atau peralatan elektronik yang lainnya.

Oke deh teman-teman, itu aja cerita tips naik kereta api ekonomi dari aku. Semoga bermanfaat ya.




Baca juga:

Tips Nyaman Naik Kereta Lanjutan Untuk Lakukan Perjalanan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.