USB OTG Sandisk, Solusi Back-Up Data Praktis Masa Kini

USB OTG Sandisk, Solusi Back-Up Data Praktis Masa Kini

Yah, mana tadi foto hamil aku yang diambil di depan rumah sakit? Mau aku unggah di Instagram buat keperluan kerjaan.” Tanyaku ke suami.

Itu ada di HP kamu.” Jawab suami lempeng.

Langsung aku ambil HPku yang aku letakkan di dalam tas. Begitu HP aku temukan, jari otomatis menekan tombol power untuk menghidupkan layar HPku. Aku tunggu beberapa saat, tapi kok HP gak hidup-hidup. Aku masih sabar dan berprasangka baik.

Oh mungkin HPnya habis batre.” Gumamku dalam hati.

Tidak lama aku ambil charger untuk mengisi baterai HPku. Tiga puluh menit menunggu aku segera mencoba menghidupkan HPku lagi. Aku sudah tidak sabar ingin melihat bagaimana hasil jepretan pregnancy photo yang dihasilkan suamiku. Aku mau segera unggah foto hamilku ke Instagram karena kebetulan memang ada pekerjaan yang berkaitan dengan kehamilanku. Deadline waktu unggah foto di Instagram sudah hampir dekat jadi aku ingin cepat-cepat unggah biar tuntas pekerjaanku itu.

Smartphone Mati, File Data Hilang

Krik.. krik..

Yang ditunggu-tunggu tidak menyala. HPku mati total donk.

Panik? Tentu. Siapa yang gak panik saat ada deadline pekerjaan menunggu eh malah HP mati total. Aku sudah berusaha pencet tombol power on-off berkali-kali tapi tetap hasilnya sama: HPku mati total.

Blogging
Smartphone adalah barang penting saat ini

Langsung lemes donk aku. Ini pasti gak bisa beres dalam sejam problem ini. HP perlu dibawa ke tukang servis karena aku gak ahli kalau disuruh utak-atik peralatan elektronik seperti ini. Paling tidak, HP harus menginap sehari semalam di tukang servis untuk diperbaiki kerusakannya. Kemungkinan error karena HPku memorinya terlalu berat karena kebanyakan file foto, video, gambar, aplikasi, dan dokumen yang tidak pernah dipindah sudah berbulan-bulan. HPku mungkin lelah menanggung semua beban tersebut.

Fyuh, terbayang-bayang kalau HP pasti nanti akan di reset factory yang berakibat akan hilangnya semua file foto, gambar, video dan dokumen yang tersimpan di HPku. Sesuai dugaan, Akang tukang servisnya me-reset factory HPku. Nangis bombay deh aku. Bye semua file. Mana aku gak punya back up-an nya pula. #DibuangSayang alau sudah begini kejadiannya, kerjaan jadi banyak yang tertunda deh.

Kalau udah kena kejadian seperti ini baru deh nyesel. Kenapa gak sering-sering back up file dari HP.

Sebelumnya aku emang paling males pindahin data, foto, dan video dari HP ke komputer atau hard disk. Soalnya ribet aja gitu kudu nyolokin HP ke kabel data. Terus kabel datanya baru kemudian dicolokin ke komputer. Ribet kan. Belum lagi kalau kabel datanya nyelip hilang entah ke mana. Sigh, problem banget dah.

Pentingnya Melakukan Back-Up Data

USB OTG Sandisk

Berdasarkan survei dari Western Digital Corp bahwa sekitar 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian. Mereka menggunakan ponsel pintarnya ini kebanyakan untuk mengambil gambar, menelepon, chatting, merekam video dan juga untuk mengakses media sosial. Di memori smartphone mereka biasanya diisi dengan foto, video, musik, aplikasi dan juga dokumen-dokumen.

Masih berdasarkan hasil survei yang disampaikan oleh Western Digital, sebanyak 67% orang di Indonesia pasti pernah merasakan kehilangan data di ponsel pintarnya. Termasuk aku. Responden juga sebenarnya sadar bahwa melakukan back up data itu penting. Namun hanya sepertiga dari mereka yang rajin melakukan back up data secara teratur setiap bulan sekali.

USB OTG Sandisk, Solusi Back-Up Data Praktis Masa Kini

USB OTG Sandisk
USB on the go yang multi fungsi

Sempat kepikiran ada gak sih cara praktis mindahin file dari HP ke komputer dan sebaliknya? Biar gak ribet urusan transfer-transfer file.

Ow ow. Ternyata ada cara praktisnya loh, kawan!

Apakah itu? Pakai USB OTG SanDisk

USB OTG (On The Go) adalah kemampuan smartphone untuk dapat membaca data yang ada di USB flashdisk dan bahkan bisa melakukan transfer data tanpa harus melewati komputer. Menurut aku ini terobosan di dunia elektronik yang keren banget. Karena praktis dan no ribet-ribet club.

Review USB OTG Sandisk

Berkaca dari hilangnya foto dan video di HP aku serta sadar bahwa tindakan back up file dan data itu sangat penting, suamiku kemudian membelikanku sebuah USG OTG #SanDiskAPAC. Dia berpesan supaya aku rajin back up data, foto, dan video. Supaya kejadian kehilangan foto tidak terulang lagi.

Seneng deh suami ngasih aku hadiah USB OTG SanDisk ini. Selain bisa digunakan untuk transfer file dari HP ke komputer, USB OTG ini juga bisa digunakan untuk menyimpan file lagu-lagu dan musik. Bisa aku colokin juga ke mobil. Sambil nyetir bisa juga sambil dengerin lagu dari USB OTG dan perjalanan selama di mobil jadi lebih menyenangkan deh.

Ohya, btw kalian gak bingung kan dengan penjelasan yang udah aku tulis di atas? Kalau masih bingung, tonton video ini dulu biar jelas gimana sih sebenarnya cara kerja dari USB OTG SanDisk ini.

Keunggulan USB OTG SanDisk

Gimana udah ditonton kan videonya?

Sebagai pengguna USB OTG Sandisk, aku puas banget dengan layanannya. Karena alasan di bawah ini:

  1. Kecil dan Ringan

USB OTG SanDisk ini besarnya cuma seujung jari kelingking aku. Panjang sekitar 3 cm dan lebar sekitar 1,5 cm saja. Kecil kan? Jadi mudah dimasukkan ke saku baju dan celana. Dia juga muat kalau dimasukkin ke dompet koin dan pouch kosmetik aku.

  1. Praktis dan Gak Ribet

Ada 2 port dari USB SanDisk ini. Terdapat tonjolan kecil slider yang bisa memunculkan masing-masing port tersebut bergantian Pertama port micro USB untuk tersambung ke smartphone atau tablet, dan yang kedua port USB berukuran standard seperti gambar di bawah ini, untuk data transfer yang cepat pada komputer. Karena ada 2 port, jadi transfer data/gambar/video/dokumen dari HP ke komputer bisa lebih gampang dan gak ribet.

Review USB Sandisk
Port USB berukuran standard untuk data transfer yang cepat pada komputer.
  1. Harga Terjangkau

Gak perlu takut mahal kalau beli USB OTG SanDisk. Kita cukup sediakan uang Rp 68.000 untuk beli USB dengan kapasitas 16 GB. Aku pakai yang segini kapasitasnya dan masih punya banyak ruang tersisa. Padahal USBku sudah aku isi dengan berfolder-folder lagu dan foto loh. Untuk USB yang berkapasitas 32 GB, harganya Rp 86.000. Murah kan?

  1. Kapasitas Beragam

Ada berbagai macam kapasitas dari USB OTG SanDisk ini. Ada yang 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Kita bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Review USB OTG SanDisk
Infografis Keunggulan USB OTG SanDisk by Armita Fibriyanti

Kalian sudah punya USB OTG SanDisk? Gak perlu ragu lagi ya pilih USB OTG dari SanDisk ini. Cepetan punya sebelum kalian kehilangan data di smartphone seperti kejadian yang pernah menimpa aku dulu.

1 thought on “USB OTG Sandisk, Solusi Back-Up Data Praktis Masa Kini”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.