Masjid Hagia Sophia di Istanbul Turki

Mengapa wisatawan berbondong-bondong datang ke Turki belakangan ini? Apakah karena banyak paket umroh plus Turki murah yang banyak ditawarkan oleh tour and travel?

Atau jangan-jangan karena Turki begitu istimewa dengan berbagai destinasi wisata religi di Turki yang ditawarkan negara 2 benua ini?

Coba kita cari tahu yuk.

Sejarah Turkiye

Kita bahas secara singkat dulu ya tentang sejarah Turki. Ini nanti ada kaitannya dengan mengapa banyak wisatawan muslim yang menunjuk Turki sebagai salah satu wish list jalan-jalannya.

Turki atau Turkiye terletak membentang dari Semenanjung Anatolia (Asia Barat Laut) sampai Balkan (Eropa Negara). Makanya negara Turki sering disebut dengan negara 2 benua.

selat bhosporus
Galata Tower di Kejauhan

Laut Marmara memisahkan batas Benua Asia dan Benua Eropa ini. Atau yang disebut transkontinental.

Turki adalah negara sekuler tanpa agama resmi. Warga negaranya bebas beragama.

Islam itu sendiri, masuk ke negara Turki sudah sangat lama. Pada awal abad masehi.

Puncaknya, saat Muhammad Al Fatih menaklukan Konstantinopel (sekarang menjadi Istanbul) tahun 1453 dengan Kesultanan Utsmaniyahnya. Ratusan tahun menguasai, daerah kekuasan militer meluas. Kekayaan pun berlimpah.

Tahun 1923, Kesultanan Utsmaniyah hancur menjadi Republik Turki. Keberadaan Islam mulai memudar.

“If the Earth were a single state, Istanbul would be its capital.” Napoleon Bonaparte

Nah melihat Turkiye memiliki kejayaan Islam di masa lampau yang begitu hebat, tidak ada salahnya jika sekarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Turki untuk wisata religi di Turki.

Bisa menggunakan paket umroh plus Turki, perjalanan pribadi, atau ikut tour murah ke Turki.

Wisata Religi di Turki

Buat teman-teman yang berencana wisata ke Turki, ini aku tuliskan beberapa tujuan yang bisa kalian pertimbangkan. Beberapa destinasi wisata di Turki ini sudah pernah aku kunjungi langsung.

Namun ada beberapa juga yang belum aku datangi. Namun, masuk ke wish list aku. Doakan aku bisa datang ke sana ya.

Semoga list di bawah ini bisa menjawab pertanyaan kalian tentang di Turki ada apa aja?

  1. Hagia Sophia

wisata halal di Turki
Hagia Sophia, Masjid di Istanbul yang Dulunya Merupakan Gereja

Apa nama masjid di Turki ? Yang pertama muncul dibenakku kalau ngomongin Turki adalah Masjid Hagia Sophia. No debat. 

Masjid ini sudah jadi iconnya Turki. Ke Turki pasti wajib ke Hagia Sophia atau yang juga dikenal dengan Aya Sophia.

Hagia Sophia dulunya merupakan gereja pada abad ke – 6 Masehi. Digunakan beribadah oleh umat Kristen Ortodoks Yunani.

Kemudian di tahun 1453, gereja ini berhasil diubah menjadi masjid bersamaan dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani oleh Sultan Mehmed II.

Tahun 1934 fungsinya diubah dari masjid menjadi museum oleh pemerintah Republik Turki. Dan pada akhirnya, tahun 2020, dikembalikan lagi menjadi masjid. Alhamdulillah.

masjid aya sofya
Masjid Hagia Sophia Bagian Dalam

Waktu aku masuk ke dalam Hagia Sophia atau Hagia Sofya, memang masih kerasa kental nuansa gerejanya. Seperti ornamennya, arsitekturnya juga.

Bangunannya tinggi banget. Sampai harus mendongak ketika melihat ke atas.

2. Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque

Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque atau Sultahahmet Camii masih berada di lingkungan yang sama dengan letak Hagia Sophia. Kedua masjid ini saling berhadapan.

wisata ke Turki 2023
Blue Mosque Turki

Disebut dengan Blue Mosque karena dekorasi masjid ini banyak menggunakan warna biru. Arsitektur bangunan tempat bersejarah Islam di Turki ini sangat cantik dan dekorasinya begitu memukau. Membuat aku jadi terkagum-kagum.

Tempat wisata rohani Turki Istanbul ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Waktu aku ke sana, pasti ketemu dengan orang Indonesia.

Wisatawan boleh masuk secara gratis. Sayangnya, pas di sana, masjid yang terletak di Istanbul ini masih dalam tahap dekorasi. Sehingga belum boleh sholat di sana. Hanya kunjungan saja.

3. Mevlana Museum

Mevlana Museum masuk wish list tempat wisata di Turki yang wajib aku kunjungi kalau aku ada rezeki, kesempatan, dan waktu ke Turki lagi.

Museum ini terletak di kota Konya. Kalau ditempuh dari Istanbul, butuh waktu 7-8 perjalanan darat pakai mobil.

Seorang sufi terkenal bernama Jalaluddin Rumi lahir dan besar di kota ini. Bahkan sampai ia wafat.

Wisatawan sering menjuluki Mevlana Museum sebagai Istana Kebun Mawar/Rose Garden. Saking banyaknya bunga mawar aneka warna yang ditanam di sini.

Kalau teman-teman mengenal tarian sufi, nah dari kota inilah tarian ini berasal.

Lokasi Mevlana Museum lebih lengkapnya aku cantumkan di bawah ini ya teman-teman:

Barangkali nanti wisata ke Turki, gampang deh cari alamat Mevlana Museum.

4. Bursa Grand Mosque

Grand Mosque Bursa atau Masjid Agung Bursa atau Bursa Ulu Camii terletak di Kota Bursa. Sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Istanbul.

Masjid ini adalah landmark kota Bursa. Dibuka tahun 1399. Dan termasuk masjid bersejarah di Turki.

Dua menaranya menjulang tinggi dan kubahnya berjumlah 20 buah.

Bursa Grand Mosque
Masjid Agung Bursa

Waktu aku berkunjung ke Bursa Ulu Camii ini, hanya sebentar selewatan gitu. Gak sempat masuk ke dalam karena waktu itu kami harus ke destinasi wisata Bursa Turki selanjutnya.

Kalau nanti aku berkesempatan berkunjung lagi ke Kota Bursa Turki, aku mau ikut sholat pakai mukena cantik di Masjid Agung Bursa ini. Mau ambil stok foto dan video yang banyak banget.

5. Topkapi Palace

Topkapi Palace terletak di pinggir Selat Bosporus, Istanbul, Turkiye. Pelancong muslim banyak berdatangan ke tempat ini karena di sinilah kita bisa melihat berbagai benda peninggalan para Nabi.

selat bosporus
Selat Bhosporus

Misalnya tongkat Nabi Musa AS, sorban Nabi Yusuf AS, peninggalan Nabi Ibrohim AS, dan juga pedang Rosulullah SAW. Begitupun pedang milik Umar bin Khattab, Ali bin Abi Tholib, dan Khalid bin Walid tersimpan di Topkapi Palace.

Masya Allah keren banget ya.

Tempat ini juga masuk dalam daftar tempat yang mau aku kunjungi kalau nanti ke Istanbul lagi. Karena pas tahun lalu ke sana, aku gak sempat mampir.

Segera Rencanakan Liburan ke Turki

“The world is a book and those who do not travel read only one page.”

Jadi gimana teman-teman, udah punya bayangan kan ya kalau liburan ke Turki mau ke mana aja? Umroh Turki boleh, mau sekedar liburan boleh, atau mau wisata rohani di Turki juga bisa.

Semoga dengan tulisan singkatku ini tentang wisata religi di Turki bisa membantu kalian menentukan pilihan mau ke tempat wisata di Turki yang mana.

Tinggalkan komentar kalau masih ada yang mau ditanyakan.