aplikasi absensi yang bagus
Tips & Informasi

3 Alasan Utama Menggunakan Aplikasi Absensi. 

3 Alasan Utama Menggunakan Aplikasi Absensi. Hai teman-teman, udah 4 bulan sejak pandemi corona berlangsung. Gimana kabar kerjaan kalian? Masih ada yang working from home seperti aku atau udah balik aktif lagi working from office?

Ngomong-ngomong tentang kerjaan kantoran, biasanya karyawan gak lepas dari yang namanya absensi ya. Baik absensi waktu masuk kerja atau pas lagi pulang.

Fyuh, aku udah lama gak melakukannya karena terakhir kerja kantoran ya 10 tahun lalu. Lama juga ya.

Evaluasi mandiri sering dilakukan oleh karyawan untuk memahami bagaimana kinerja yang  efektif dan efisien. Banyak karyawan melakukan evaluasi mandiri untuk meningkatkan kinerja dan jenjang karir.

Ada banyak metode dan media yang dapat digunakan karyawan dalam melakukan evaluasi mandiri. Salah satunya dengan menggunakan Aplikasi Absensi

Apa itu Aplikasi Absensi?

Aplikasi absensi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mencatat dan menyimpan data kehadiran karyawan. Data kehadiran akan tersimpan secara real time dalam cloud server. Jadi, keamanan data terjamin dan terlindungi dari tangan jahil yang hendak melakukan manipulasi.

Basis cloud server juga yang menjadikan Aplikasi Absensi bisa diakses oleh pihak yang memiliki kepentingan atas data tersebut seperti Manajer HRD dan staf HRD. Karyawan juga dapat mengakses dan melihat data kehadirannya sendiri, tetapi tidak dapat melihat dan mengakses data kehadiran karyawan lain.

Cara absensi manual dengan kertas memakan banyak waktu dan tempat karena HRD harus terus-terusan menyediakan alat tulis dan kertas. Lama-lama kertas absensi akan menjadi tumpukan dokumen yang menggunung.

Fenomena ini tidak akan ditemukan pada Aplikasi Absensi yang menyediakan pencatatan otomatis. Dengan begitu, tidak ada lagi tumpukan kertas yang mengganggu.

Alasan Mengapa Perusahan Menggunakan Aplikasi Absensi

Absensi tak hanya berhubungan dengan catatan kehadiran karyawan, tetapi juga sebagai bukti yang menyimpan data dan informasi sebagai indikator produktivitas, kedisiplinan, dan dasar pembuatan keputusan perusahaan.

Manajer HRD juga bisa menyimpulkan kebiasaan karyawan dari rekam jejak data kehadiran. Di bawah ini alasan mengapa perusahaan perlu menggunakan Aplikasi Absensi:

Evaluasi Kebijakan tentang Waktu Kerja

Banyak perusahaan berusaha merombak jam kerja, terutama disaat pandemi COVID-19 yang mengharuskan perusahaan melakukan physical distancing dan pembatasan jumlah orang di ruang kerja.

Saat perusahaan berusaha merombak kebijakan jam kerja, Aplikasi Absensi dapat membantu menyediakan data yang dapat memberitahu apakah kebijakan itu memberikan efek positif atau negatif terhadap kehadiran karyawan.

Mengecek Produktivitas Kerja

Memantau data absensi secara periodik dapat menunjukkan tingkat produktivitas karyawan di sebuah divisi. Aplikasi Absensi bisa menjadi indikator produktivitas.

Semakin banyak kehadiran karyawan yang tepat waktu dan pulang tepat waktu, idealnya kinerja  juga menunjukkan semakin produktif. Jika kehadiran karyawan tidak sebanding dengan produktivitas kinerja, maka perlu observasi terhadap aktivitas kerja harian karyawan untuk menemukan penyebabnya.

Dasar Membuat Keputusan

Data absensi menunjukkan bagaimana kinerja individu di perusahaan khususnya dalam loyalitas dan komitmen terhadap pekerjaan. Kemudian, data tersebut dapat menentukan apakah seorang karyawan akan diberi surat peringatan, dipecat, atau tidak diangkat menjadi pegawai tetap karena sering terlambat masuk terlambat atau kurang produktif.

Aplikasi Absensi LinovHR untuk Kemudahan Perusahaan

Proses absensi lebih mudah jika menggunakan Aplikasi Absensi dari LinovHR.

Sistem yang terkoneksi secara online akan memberikan data real time sehingga data jam kehadiran akan tersimpan langsung saat itu juga.

Aplikasi Absensi dari LinovHR cocok untuk karyawan yang memiliki mobilitas tinggi seperti melakukan perjalanan dinas. Dengan user interface yang mudah dimengerti, Aplikasi Absensi dari LinovHR mudah dipahami dan digunakan oleh karyawan manapun dari divisi yang berbeda.

Manteman yang butuh aplikasi absensi, bisa hubungi LinovHR untuk mendapatkan Aplikasi Absensi idaman perusahaan!

Sampai ketemu di tulisan berikutnya ya 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.