AC Low Watt Dan Cara Memaksimalkannya

Assalamu’alaikum. Hai teman-teman. Hidup di negara tropis tuh kerasa banget ya engapnya kalau lagi panas. Pengennya ngadem di ruangan yang ber-AC. Kalau gak punya AC ya bisa pakai kipas angin. Tapi kadang kalau kipas angin suka bikin masuk angin. hihihi.

Akhir-akhir ini, orang-orang lebih banyak memilih menggunakan AC daripada kipas angin. Termasuk dalam penggunaan AC sehari-hari baik di perkantoran maupun di perumahan. Tak heran jika kemudian orang-orang berbondong-bondong mencari AC Low Watt terbaik yang dikenal hemat listrik dan tahan lama.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan AC Low Watt itu? AC Low Watt adalah AC yang menggunakan daya listrik rendah. Sesuai namanya, menggunakan jenis AC seperti ini ternyata mampu menghemat pemakaian listrik sekitar 20% dari penggunaan AC konvensional. Daya listrik pada AC Low Watt sebagian besar dikonsumsi oleh kompresor. Itu sebabnya, jika kompresor pada AC memiliki watt yang lebih kecil, maka daya listrik yang ditanggung pun akan lebih kecil juga.

Lalu bagaimana caranya agar AC Low Watt bekerja maksimal sesuai yang kita inginkan dan benar-benar mampu menghemat energi listrik? Berikut ini hal-hal yang bisa teman-teman lakukan.

  1. Meskipun teman-teman membeli AC Low Watt terbaik sesuai yang teman-teman inginkan, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada unit AC itu sendiri. Ganti atau bersihkan filter serta cuci unit indoor dan outdoor secara rutin minimal setiap 3 bulan sekali.
  2. Pastikan outdoor AC Anda berada di tempat yang teduh dan di ruangan terbuka agar udara panas dapat mengalir bebas. Jangan tutupi outdoor AC dengan benda apapun termasuk tersembunyi dalam semak-semak.
  3. Tutupi ruangan teman-temanyang terkena sinar matahari langsung dengan gorden atau tirai, sehingga AC dalam ruangan dapat bekerja maksimal.
  4. Selama ada AC dalam sebuah ruangan, tutup lubang-lubang udara dalam ruangan itu sehingga dapat mengurangi beban kerja AC itu sendiri.
  5. Matikan lampu ruangan jika tidak digunakan, karena lampu memancarkan panas dan memaksa AC bekerja lebih maksimal.
  6. Semakin gelap warna ruangan Anda, maka semakin banyak panas yang terserap. Maka pertimbangkan untuk mengganti warna ruangan dengan lebih cerah agar dinginnya AC lebih terasa.
  7. Tanamlah pepohonan peneduh di sekitar rumah untuk mengurangi panas dari sinar matahari.
  8. Pastikan udara dingin yang dikeluarkan oleh AC tidak terhalang tirai atau furniture dalam ruangan.

Nah, itulah pengertian AC Low Watt dan cara memaksimalkannya. Jika teman-teman telah membeli AC Low Watt terbaik sesuai yang teman-teman inginkan, jangan lupa untuk melakukan beberapa cara di atas, agar AC dapat bekerja maksimal dan lebih tahan lama.

Semoga bermanfaat ya 🙂

Comments

  1. Thanks ia Sarannya, sangat bermanfaat nih ….

  2. Lia Lathifa says:

    masih maju mundur mau beli AC krn takut listriknya boros, nah pas bgt nih ada yg low watt, nice info mbak 🙂

  3. Ratna Dewi says:

    Tadi siang lagi rasan-rasan sama suami pengen beli AC buat di rumah, eh ndilalah baca ini malamnya. Lumayan buat tambahan informasi.

  4. vika says:

    Terimakasih saran dan informasinya sangat bermanfaat mbak.. ini yang jarang dilakukan menanam pohon di sekitar biasanya jarang dilakukan ya mbak

  5. ac yg dikamarku, itu jg ac low watt… dan lumayan puas ama kinerjanya, krn skr udh 5 thn, masih okelah… memang sih dinginnya udah ga bikin cermin rias jd berembun lagi kayak awal mula dulu :).. tp dinginnya msh bagus menurutku. krn memang aku slalu rutin service nya… 🙂 . Padahal awal2 agak ragu mau beli ac low watt krn mikirnya ga bkal sedingin ac biasa… ternyata ga terbukti 🙂

  6. evrinasp says:

    AC low watt bikin jadi hemat energi dan hemat biaya, lebih ramah lingkungan pula

  7. Astri Hapsari says:

    Aku dulu galau antara Daikin sama Panasonic
    Akhirnya milih Panasonic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *