kasur ibu hamil
Tips & Informasi

Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Nabi

Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Nabi. Ketika masih kecil, mungkin teman-teman merasa kesal dan sering membantah jika disuruh jangan tidur larut malam oleh orangtua. Apalagi saat sedang menonton acara tv kesukaan.

Tapi setelah dewasa, waktu tidur justru bisa menjadi momen berharga dan paling dinanti-nantikan. Dan ternyata, selain menghilangkan rasa kantuk, tidur juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.



Bicara soal tidur, alangkah baiknya jika kita mencontoh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang memang merupakan sosok suri tauladan  yang baik bagi manusia, khususnya bagi orang Islam.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali aku akan coba membahas tentang adab sebelum tidur sesuai Sunnah Nabi sebagai berikut ini :

  1. Jangan Tidur Larut Malam

Jangan sering begadang sehingga tidur larut malam yang membuat jam tidur teman-teman tidak maksimal. Selain tidak baik untuk kesehatan, kebiasaan begadang atau terjaga di malam hari juga tidak disukai oleh Nabi, kecuali ada keperluan yang sangat penting.

Selain itu, begadang juga dinilai hanya menyia-nyiakan waktu saja dan bisa mempengaruhi waktu ibadah menjadi terbengkalai seperti kesiangan melaksanakan sholat subuh.

Diriwayatkan dari Abu Barzah radhiyallahu anhu, beliau berkata; “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur malam sebelum Sholat Isya dan berbincang-bincang yang tidak bermanfaat setelahnya.” (HR. Bukhari Muslim).

kasur ibu hamil lazada
Jenis Kasur Menentukan Kualitas Tidur
  1. Berwudhu Terlebih Dahulu

Sebelum tidur sebaiknya teman-teman berwudhu terlebih dahulu. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Bukhari Muslim).

Dengan berwudhu terlebih dahulu, tentunya hal ini akan membuat tubuh teman-teman lebih bersih dan terasa lebih nikmat saat tidur, serta lebih mudah untuk beribadah karena dalam keadaan suci.

  1. Membersihkan Tempat Tidur

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menganjurkan kepada umatnya untuk selalu membersihkan tempat tidur saat hendak tidur. Caranya adalah dengan mengambil sehelai kain dan mengibaskannya ke arah tempat tidur.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘Bismillah’. Karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Bukhari Muslim).

  1. Matikan Lampu dan Menutup Wadah Makanan Serta Minuman

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Matikan lampu-lampu kalian jika kalian hendak tidur. Dan tutuplah pintu-pintu, tutuplah bejana serta wadah makanan dan minuman kalian,” (HR. Bukahri).

  1. Membaca Ayat Kursi

Saat hendak tidur, biasanya kita membaca doa mau tidur, yakni “Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, dianjurkan juga untuk membaca bacaan lainnya, seperti membaca Ayat Kursi. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Barang siapa yang membaca Ayat Kursi ketika akan tidur, maka Allah senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampah subuh,” (HR. Bukhari).

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga menganjurkan untuk membaca Surah Al Ikhlas, An Naas, dan AL Falaq. Setelah dibaca, ditiupkan ke tangan lalu diusap ke seluruh tubuh.

  1. Berbaring Menghadap Ke Kanan

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Berbaringlah di atas rusuk sebelah kanan” (HR. Bukhari Muslim)

  1. Tutup Dengan Doa

Diriwayatkan oleh Bara bin Azib radhiyallahu anhu ia berkata ketika Rasulullah akan tidur, beliau akan berbaring di sisi kanan dan berdoa :

Allahumma aslamtu nafsiy ilayka wa fawwadhtu amri ilayka wa wajjahtu wajhiya ilaiyika wa aljaatu zhohrii ailayka astaghfiruka wa attuubu ilayka aamantubukitabika alladzii anzalta wabinabiyyikalladzii arsalta.”

Artinya : “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena mengharap dan takut kepada-Mu,”

Oke deh teman-teman. Itu adab sebelum tidur yang patut kita lakukan. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan berikutnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.