Berenang di Kolam Renang di Bandung tepatnya di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Awal tahun baru kemarin, iseng coba-coba berenang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Biasanya kami sekeluarga berenang di kolam renang Al Ma’soem Rancaekek.

Tapi karena bosan renang di sana terus, pengen cari suasana baru, jadilah kami coba berenang di Hotel Puri Khatulistiwa ini.

Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini letaknya gak jauh dari rumah.

Alamatnya ada di Jalan Raya Jatinangor KM. 20, Cibeusi, Jatinangor, Sumedang.

Posisinya ada di depan IPDN. Sebenarnya, hotel ini tiap hari kami lewati tapi baru setelah 5 tahun menetap di sini baru kemarin itu kami punya kesempatan nyobain renang di sana.

Kolam Renang di Bandung Timur

Tempat Parkir

Tempat parkir di Hotel Puri Khatulistiwa ini besar dan lega. Bisa muat puluhan mobil dan motor. Waktu kami ke sana, hotel lagi agak sepi, cuma ada empat mobil yang parkir. Kami sengaja parkir di bawah pergola biar teduh dan mobil gak kepanasan.

Biaya parkir di Hotel Puri Khatulistiwa ini Rp 3.000. Kayaknya biaya ini biaya sekali parkir deh, hitungannya bukan yang per jam gitu. Soalnya kami berenang kira-kira satu setengah jam dan biaya parkirnya cuma Rp 3.000

Kolam Renang Murah di Jatinangor

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berenang di Hotel Puri Khatulistiwa ini kita perlu merogoh uang Rp 30.000/orang. Bayi juga dihitung ya. Biasanya bayi kan kalau berenang di tempat lain gratis, tapi di sini bayar. Jadi untuk sekeluarga (4 orang), kami harus membayar Rp 120.000. Bayarnya di resepsionis depan ya.

Setelah bayar, kita akan mendapatkan karcis masuk. Simpan karcis ini karena nanti akan ditukar dengan welcome drink-nya. Kemarin, kami dapat empat gelas welcome drink berupa sirup rasa jeruk. Lumayan banget lah. Sirupnya segar.

Biasanya, kami kalau berenang di tempat lain gak pernah dapat welcome drink dan ini baru pertama kalinya kami berenang di hotel dan dapat welcome drink. Hahaha. Hati mana yang tak senang. ^^

Harga Rp 30.000/orang ini juga sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan. Lihat foto-fotonya di bawah ya. Tempatnya bagus, keren, dan yang penting airnya bersih. Jadi kami gak masalah jika harus membayar segitu.

Ruang Tunggu

Ada beberapa spot ruang tunggu di pinggir kolam renang. Mulai dari yang tertutup atasnya sampai yang terbuka. Kami pilih ruang tunggu yang tertutup atasnya simply karena dekat dengan pintu masuk dari lobby menuju ke kolam renang.

Di ruang tunggu ini, kita bisa meletakkan segala macam kebutuhan dan alat-alat renang. Misalnya baju ganti, handuk, bekal makanan, tas, sandal, dan lain-lain. Karena ini tempatnya terbuka, mohon simpan barang-barang berharga teman-teman ya misalnya kunci mobil/motor, kacamata, dompet, uang, jam tangan, dll. Saya gak tau apakah hotel ini menyediakan fasilitas loker atau tidak. Kalau misalnya ada fasilitas loker, kita bisa memanfaatkan loker ini untuk menyimpan barang-barang penting kita.

Jumlah meja dan kursi di ruang tunggu ini ada banyak. Pas kemarin kami ke sini lagi sepi pengunjung jadi cuma ada beberapa meja saja yang dipenuhi oleh pengunjung. Seingat saya cuma ada 4 meja yang terpakai.

Kolam Renang

Kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa ini ada dua yaitu satu untuk kolam anak (yang bentuknya bulat) dan satu lagi untuk kolam dewasa (yang bentuknya kotak). Kedua kolam ini dipisahkan oleh tembok berkeramik.

Seneng banget pas kesan pertama masuk kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa ini karena ada kolam renang khusus untuk anak-anaknya. Pas untuk ukuran family. Apalagi buat kami yang ke mana-mana masih pergi dengan membawa anak-anak.

Untuk kolam besarnya, dalamnya ada yang sekitar 80 cm, 120 cm. Yang lain mungkin ada sisi kolam yang lebih dalam. Tapi saya gak sempat mencoba yang sisi lebih dalam karena nungguin anak main. Emang sih ada suami, tapi ada kalanya Akmal dan Azril maunya ditungguin sama saya. Jadi baru berenang sebentar di kolam yang agak dalam, mereka udah manggil-manggil. Kali takut ibunya gak muncul-muncul dari dalam kolam. Fyuh, sepertinya lain kali perlu menjadwalkan diri berenang sendiri di sini supaya gak direcokin anak-anak. Wakakak.

Tidak ada tangga besi di kolam renang Hotel Puri Khatulistiwa ini sebagaimana yang dimiliki oleh kolam renang lainnya. Tapi tangganya terbuat dari keramik seperti yang bisa dilihat di gambar di bawah ini. Buat saya sih gak terlalu masalah ya gak ada tangga besi, tangga dari keramik ini malah bisa buat dipakai main-main sama anak.

Air kolamnya bersih banget. Tidak ada daun berguguran yang mengambang di kolam. Lumut juga kayaknya tidak ada. Kaporitnya gak terlalu kerasa. Mungkin karena standar hotel kali ya, jadi kolam renangnya dijaga agar selalu bersih dan terawat.

Ruangannya lega. Gak terkesan sempit dan pengap. Suka banget. Cuma kolam ini masih campur antara laki-laki dan perempuan. Jadi saya masih malu-malu kalau mau berenang di tempat yang campur kayak gini. Tapi ada enaknya juga kalau kolamnya campur, saya bisa bareng sama suami ngawasin anak-anak.

Air kolamnya dingin semua ya. Tidak ada kolam renang air panasnya (hangat). Tidak seperti kolam renang yang kami kunjungi minggu sebelumnya di Taman Air Sabda Alam Cipanas Garut.

Baca: Berenang di Kolam Renang Sabda Alam Cipanas Garut

Kebetulan pas kami ke sana pas sore hari. Kami tiba sekitar pukul 14.30 dan selesai pukul 16.00. Saat itu angin lagi lumayan kencang. Jadi pas kami berenang, terasa banget dinginya. Udahlah airnya dingin, ditambah kencang anginnya pula. Jadi berasa tambah dingin.

Anak-anak sih kesenengan ya. Kayaknya gak ngerasain dinginnya. Soalnya mereka gak mau diangkat dari kolam dan gak mau diajak pulang walaupun tangan sudah keriput. Dasar anak-anak kalau disuruh main air betah banget.

Ohya, ada tali pembatas untuk membedakan kolam yang dalam dan kolam agak dalam. Jadi kalau bawa anak-anak, kita bisa lebih waspada supaya anak-anak tidak masuk ke kolam yang dalam.

Kamar Mandi

Berhubung sudah sore dan terdengar suara adzan ashar, kami memutuskan untuk berhenti berenang. Gantian mandi dan ganti bajunya. Saya mandi duluan sama Azril disusul suami dan Akmal.

Kamar mandi di kolam renang Hotel Puri Khatulistiwa ini ada tiga. Masing-masing kamar mandi dilengkapi dengan shower, tempat sabun, dan tempat gantungan baju/handuk. Airnya dingin dan mengalir cukup deras dari shower.

Cahaya di dalam kamar mandinya lumayan terang. Cahaya didapat dari glass block dan lampu yang terpasang di atas kamar mandi.

Kunci pintunya masih berfungsi dengan baik. Jadi jangan khawatir jebol lalu tiba-tiba ada orang masuk saat kita ganti baju/mandi. Hehehe.

Fasilitas Tambahan

Ada ayun-ayun di beberapa titik di pinggir kolam renang. Kalau tidak salah jumlahnya ada dua. Selain itu, kalau kita lapar kita bisa juga pesan makanan di restoran hotel. Tinggal bilang aja, nanti bisa dianterin. Atau kalau mau makan di restoran hotelnya juga bisa. Tapi kayaknya harganya lumayan mahal ya, namanya juga di hotel. wkwkwkw.

Kami sendiri kemarin gak beli makanan di sini karena sudah bawa bekal sendiri dari rumah. Makanan besar isi nasi dan lauk sedangkan makanan kecil belanja di minimarket. Dengan bawa bekal sendiri, ketolong banget menekan pengeluaran belanja makanan.

Kekurangannya, kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini tidak ada penjaga kolam renang yang stand by. Jadi masing-masing harus menjaga keluarganya sendiri-sendiri.

Selain tidak ada penjaga kolam, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini juga tidak menyewakan ban atau pelampung ya seperti kolam renang lain. Lebih baik bawa sendiri dari rumah.

How To Go There

Ada banyak kendaraan yang lewat depan Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor. Kamu bisa pakai angkot, ojek, taksi, motor pribadi atau mobil pribadi.

Kalau dari arah Bandung, ambil jalan yang menuju Sumedang ya. Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini letaknya ada di Jalan Raya Jatinangor KM 20, sebelahnya ada pom bensin, dan sebrangnya ada IPDN. Bangunannya besar, pasti kelihatan.

Kalau dari arah Sumedang, ambil jalan yang menuju pintu tol Cileunyi. Letak Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini ada di kiri jalan sekitar 2 km sebelum pintu tol Cileunyi.

Total Pengeluaran

HTM: Rp 120.000 (4 orang x @ Rp 30.000)

Parkir mobil: Rp 3.000

Total pengeluaran untuk berenang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini adalah Rp 123.000.

Sejauh ini kami puas dengan pelayanan kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini. Kesempatan untuk balik lagi ke sini sangat besar. Soalnya dekat banget sih dari rumah dan harga yang ditawarkan juga pantas.

Seneng bisa berenang sore-sore di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Sumedang ini. Semoga lain kali bisa ke sini lagi ya. Mungkin cobain berenangnya pagi-pagi mumpung kolam renang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor ini buka mulai pukul 06.00.

Ohya kelupaan, kolam renangnya tutup jam 20.00. Boleh juga nih kalau mau nyobain sensasi berenang malam-malam. Kira-kira gimana ya kalau berenang malam-malam. Dingin kali ya. Tapi kayaknya seru tuh berenang sambil lihat bulan. ^^