Kolam Renang di Bandung : Sukamanah Waterboom

Kolam Renang di Bandung : Sukamanah Waterboom

Salah satu kolam renang di Bandung yang kami cobain minggu lalu adalah Sukamanah Waterboom. Iseng-iseng pas pulang servis mobil di Rancaekek, Bandung, anak-anak saya tawarin berenang. Eh mereka mau. Ya udah deh, coba cari waterboom yang dekat wilayah Rancaekek, Jatinangor, dan Cileunyi. Ketemulah Sukamanah Waterboom di Google Maps. Tadinya mau nyobain water park baru di Rancaekek. Tapi gak ketemu lokasinya. Jadi weh coba berenang di seketemunya kolam renang di Bandung timur.

Baca: Pengen Deh Ganti Mobil, Cek Ah ke Dealer Mobil Baru Gratis

Terakhir kali, anak-anak kami ajak berenang di kolam renang air panas di Garut: Sumber Alam. Itu tuh udah 2 bulanan yang lalu. Weh, dah lama juga ya ternyata gak main air. Pantesan pas bocah-bocah diajakin renang, mereka langsung menyambut dengan antusias.

Baca: Sumber Alam, Kolam Renang Air Panas di Garut

Tempat Parkir

kolam renang di Bandung
Tempat parkir mobil di Sukamanah Waterboom

Di Sukamanah Waterboom, tempat parkirnya cukup lega buat parkir motor dan mobil. Harga parkir untuk mobil kemarin dipatok Rp 5.000 oleh petugasnya. Tepatnya oleh satpam yang jaga pintu masuk komplek. Karena kolam renang ini lokasinya berada di satu pintu dengan perumahan Green Sukamanah Residence. Kirain kami biaya parkirnya Rp 2.000 – Rp 3.000, eh ternyata diminta Rp 5.000 dan gak dapat karcis parkir pula. Langsung masuk ke kantong satpamnya. Wkwk. Nyengir deh.

Baca: Senangnya Berenang di Hotel Augusta Sukabumi



Harga Tiket Masuk Waterboom

Untuk bisa masuk ke Sukamanah Waterboom ini, harga tiket kolam renangnya Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp 17.000 untuk anak-anak. Jadi kemarin kami berempat (2 dewasa dan 2 anak), total pengeluarannya Rp 104.000. Biaya ini sudah termasuk biaya sewa loker. Harga masuk kolam renang ini, sama dengan harga tiket masuk saat kami main outbound di Kampung Ciherang, Tanjungsari, Sumedang.

Baca: Outbound di Kampung Ciherang Sumedang

Kalau mau sewa pelampung, bisa juga. Tapi ada biaya tambahan lagi. Kemarin kami bawa ban pelampung sendiri, jadi gak ngeluarin uang apa-apa lagi.

kolam renang anak bandung
Gerbang masuk Sukamanah Waterboom

Kondisi Air

Air di kolam renang Sukamanah Waterboom Rancaekek ini air dingin ya. Bukan termasuk kolam renang air panas atau hangat seperti di Cipanas, Garut.

Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut

Kondisi airnya ya gitu deh. Nanti bisa dilihat di video di bagian bawah tulisan ini ya. Airnya kurang bersih menurut saya. Warnanya agak hijau, buthek/keruh gitu, seperti berlumut. Pas kami datang bareng dengan anak-anak SD yang lagi outing. Jadi kondisi kolam renang cukup ramai. Mungkin itu juga yang menyebabkan kondisi airnya jadi keruh dan terlihat beberapa sampah bekas makanan mengapung di kolam renang. Ada juga sampah yang bertebaran di pinggir kolam renang. Sedih lihatnya. 🙁

Baca: Berenang Sore-Sore di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor

Kamar Ganti dan Mushola

Kamar bilas/kamar ganti ada beberapa di Sukamanah Waterboom ini. Kemarin sempat ikut numpang pipis dan ternyata kamar gantinya lumayan bersih kok. Airnya juga bersih. Poin ini salah satu hal yang menyenangkan dari Sukamanah Waterboom ini.

Mushola juga tersedia. Kami ikut sholat dzuhur di sini karena kami selesai renangnya siang-siang. Mukena, sarung, dan sajadah juga tersedia lengkap.

Baca: Review Kolam Renang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor, Sumedang

Fasilitas Kolam Renang

waterboom di Bandung
Kolam untuk anak

Waterboom di Bandung ini bisa dijadikan salah satu alternatif kalau kita sedang berada di wilayah Bandung timur dan sekitarnya. Ukurannya agak kecil ya menurut saya. Walau banyak permainan kolam untuk anak-anak. Misalnya air mancur, hewa-hewan, ember tumpah, dan seluncuran. Ragam flora juga banyak jadi kesannya lebih adem.

Kolam renang sayangnya hanya untuk anak-anak saja. Ada yang agak dalam, tapi cuma setinggi anak SD aja. Gak ada yang buat orang dewasa. Bahkan pas kami ke sana, seluncuran yang tinggi buat anak yang lebih besar tidak dijalankan. Kecewa sih. Udah bayar mahal tapi gak bisa menikmati fasilitas dengan maksimal.

Tempat tunggu untuk orang tua juga banyak. Ada yang berupa bangunan permanen dan ada juga yang non permanen. Ada soket untuk colokan listrik di tiap gazebonya. Lumayan bisa buat nge-charge HP kalau lowbat. Sambil nungguin anak renang, emak-emak bisa scrolling Instagram atau cek email kerjaan.

Cek video lengkap pas kemarin kami main ke salah satu kolam renang di Bandung: Sukamanah Waterboom ini ya teman-teman.

Lokasi Sukamanah Waterboom

Sukamanah Waterboom ini terletak tepatnya di Jalan Raya Majalaya – Rancaekek nomor 98, Bandung. Kalau dari arah Bandung, Cileunyi, Cibiru, Jatinangor, bisa ambil jalan putar dulu di jalan raya Rancaekek terus belok kiri ke arah Majalaya. Sukamanah Waterboom letaknya sekitar 5 km dari jalan raya Rancaekek. Lokasi detailnya bisa di cek di map di bawah ini ya.

Akses jalan menuju ke salah satu waterboom di Bandung timur ini memang agak macet. Terutama pas melewati RTC atau Rancaekek Trade Center. Setelah itu, sedikit lenggang. Macet lagi pas lewat dekat pasar dan stasiun Rancaekek. Banyakin aja stok sabar ya. Karena banyak kendaraan lalu lalang, angkot ngetem sembarangan, kondisi jalan kotor dan berdebu pula.

Sayang akses menuju ke sana macet, agak jauh dari rumah saya, tidak ada kolam untuk dewasa, dan air yang kotor. Namun untuk teman-teman yang tinggal di sekitar Rancaekek dan Majalaya, bisa coba main air disalah satu waterboom di Bandung ini. Mungkin jika ada penambahan kolam untuk dewasa dan airnya lebih bersih, bisa jadi kami akan balik ke sana lagi. Walau macet dijabanin juga deh. Semoga pelayanannya makin ditingkatkan.

Oke deh, sekian dulu review tentang Sukamanah Waterboom ini. Lain kali mau nyobain kolam renang lain dan semoga bisa dituliskan lagi review lengkapnya di blog ini ya. Ada saran gak kolam renang di Bandung yang teman-teman suka? Tulis di kolom komentar ya. Nanti Insya Allah kami mau kunjungi.



33 thoughts on “Kolam Renang di Bandung : Sukamanah Waterboom”

  1. Pak Satpamnya nyambi jadi tukang parkir ya Mbak, lumayan 5.000 kali berapa pengunjung tuh, hehe ….

    Buat saya kalau lagi berwisata kesuatu tempat harus ada fasilitas yang memadai, paling nggak kamar mandi bersih dan air lancar, kemudian ada musholla dan tempat makan. Kalau itu sudah terpenuhi sudah nyaman, nggak bakal gelisah dan bingung.

    Kolam renang Waterboom Sukamanah ini dari segi fasilitas oke sih, tapi tiketnya agak mahal buat saya. Makmum emak-emak irit :).

  2. Baru tau kalo di daerah rancaekek ada waterboom..tapi sayang lokasinya lumayan jauh dr rmh . n mdh2an d waterboom sukamanah ada layanan kotak sarannya ya teh..supaya diperhatikan sm bag.manajemenya. yg prtama di liat d kolam renang kan pasti airnya.Tfs teh

  3. Ya ampun ada mereun 4thnan nggak ke waterboom.. kangen juga renang-renang gini walopun nggak terlalu bisa yang penting serunya. Sayang ya teh weterboomnya banyak sampah dan cuma buat renang anak SD aja huhu

  4. Kalau di kolam renang, aku mah suka pasrah teh…
    Karena kalau bersiih banget…pasti kaporitnya banyak.

    Tapi kalo kotor, mm…mungkin belum waktunya dibersihin.
    Hhaha…kan petugas kolam kaya punya waktu bersih-bersih kolam gituu…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.