Sumber Alam, Kolam Renang Air Panas di Garut

Sumber Alam, Kolam Renang Air Panas di Garut. Garut selalu mengundang kami untuk kembali. Ini karena kami pengen jalan-jalan tapi lelah dengan kemacetan di Bandung. Jadilah Garut sebagai tempat pelarian keluarga kecil kami menghabiskan waktu di akhir pekan kemarin.

Pilihan kami jatuh ke kolam renang Sumber Alam Tirtamadu, Cipanas, Garut. Sebelumnya, kami pernah mampir main ke kolam renang air panas di Sabda Alam. Tapi kali ini kami ingin mencoba berenang di tempat yang berbeda. Di sepanjang jalan Cipanas Garut, banyak banget tempat wisata kolam renang/hotel/cottage yang menyediakan kolam renang dengan air panas/hangatnya. Kita tinggal pilih mau yang mana.

Baca: Sabda Alam, Kolam Renang Air Panas di Garut

Tapi berdasarkan rekomendasi tetangga aku yang asli orang Garut, katanya kolam renang di Sumber Alam masih bagus dan lumayan bersih dengan harga tiket masuk yang masih terjangkau. Baiklah, mari kita buktikan!

Karena kemarin liburan dadakan, jadi kami berangkat dari Bandung ke Garut agak siang. Padahal biasanya kami kalau ke Garut itu pagi-pagi mruput supaya gak kena macet. Oh sungguhlah ini macet sudah dimana-mana, gak cuman di Bandung aja. Seperti pas kami main ke Kebun Binatang Cikembulan Garut, kami berangkat pagi-pagi banget. Saking paginya, tempat wisatanya malah belum buka begitu kami sampai. Jadilah kami pengunjung pertama di Taman Satwa Cikembulan ini. Wohoho.

Baca: Taman Satwa Cikembulan Garut

Berangkat cuss dari rumah jam 10.00. Dan benar saja, di jalan udah macet. Apalagi menjelang puasa gini. Orang-orang pengen liburan sebelum bulan Ramadhan tiba. Macet di Kadungora Garut. Rrrr… Macetnya lebih karena peningkatan volume kendaraan sih. Soalnya aku lihat gak ada penyebab kemacetan yang fatal. Ohiya, plus ada yang lagi wedding. Mobil-mobil tamu undangan parkir gak karuan di pinggir jalan. Jadinya bener-bener gak teratur dan bikin macet. Rrrr… Itu yang nikah bener deh udah dzolim ke pengguna jalan sampai bikin kemacetan yang mengular luar biasa. Aku sampai esmosi. >_<.

Biasanya, jarak dari rumah ke Cipanas Garut itu cuma sejaman. Eh kemarin bisa sampai 2 jam. Kami sampai di kolam renang air panas Sumber Alam Garut jam 12.00. Bareng dengan adzan dzuhur. Panasnya luar biasa. Padahal Cipanas ini harusnya sejuk karena berada di kaki Gunung Guntur. Untuk mengobati hawa panas, kami pesan es doger yang dijual mamang-mamang di dekat tempat parkir. Alhamdulillah, sedikit lega.

Tempat Parkir yang Luas

Masuk ke kolam renang Sumber Alam Cipanas Garut ini, saya langsung bisa menangkap aura tanah Sunda yang kuat. Lihat deretan rumah – rumah dengan atap ijuk, rumah-rumah semi panggung, duh damai rasanya. Meski cuaca panas, tapi seneng aja kalau lihat rumah tradisional macam gini.

Karena kami gak menginap, jadi langsung kami menuju ke arena kolam renang. Ohya, area kolam renang memang terbuka untuk umum ya. Jadi walaupun kita gak menginap di sini. Biaya masuk kolam renang Sumber Alam ini harga tiketnya Rp 40.000 untuk orang dewasa. Kalau untuk anak-anak Rp 35.000. Total uang untuk tiket yang saya keluarkan untuk 4 orang jumlahnya Rp 150.000 (2 dewasa dan 2 anak-anak).

Harga Tiket Masuk Kolam Renang Sumber Alam Cipanas Garut

Waktu udah jam 12 siang. Perut keroncongan. Kami buka bekal yang kami bawa dari rumah. Makan dengan lahap soalnya memang perut udah keroncongan plus lelah menghadapi kemacetan tadi. fyuh. Kalau teman-teman main ke Sumber Alam Garut ini dan gak sempat bawa bekal, beli aja makanan di tempat. Ada beberapa food stall yang jual makanan. Kayak bakso dan pop mie gitu. Harga dan rasanya gak tahu berapa dan gimana soalnya kami enggak sempat beli.

Selesai makan, langsung ganti di ruang ganti yang agak serem menurutku. Hihihi. Soalnya sepi dan gak ada teman barengnya. Maklum, rombongan aku isinya cowok semua. Jadi aku terpaksa ganti di tempat ganti wanita sendirian.

Byurr aja langsung nyebur di kolam dewasa. Eh bener ternyata airnya hangat. Suam-suam kuku lah. Gak sepanas kayak di Derajat Pass. Tapi ya cukup lumayan hangat lah.

Airnya juga lumayan bersih kok. Ada sih beberapa lumut hijau. Tapi masih bisa ditolerir.

Cipanas Garut
Kolam Renang Dewasa

Anak-anak sendiri lebih sibuk main di kolam renang khusus anak. Ada perosotannya dan juga ember tumpah. Bisa dilihat di gambar di bawah ini ya. Tapi sayang ember tumpahnya gak dinyalain jadi kurang seru aja. Wohoho.

Airnya juga hangat kok. Akmal Azril betah banget main di sini. Sampai 2 jam main air. Kalau gak dipaksa pulang, mereka gak mau mentas.

Kolam Renang untuk Anak

Aku sendiri juga malah asyik ikutan renang. Memang udah berapa lama gak ikutan renang bareng anak-anak. Selama ini cuma bertugas di pinggiran kolam, duduk-duduk, foto, sambil jagain tas. Tapi aku kan juga kangen pengen renang juga.

2 jam renang gak kerasa ya. Tau-tau aku ngerasa lelah aja. Oke, kita putuskan pulang. Ternyata malamnya aku malah masuk angin gara-gara kebablasan renang kelamaan. Hahaha. Mentang-mentang air kolam di Sumber Alam hangat akunya keenakan. Tapi badan juga udah gak fit lagi sih gak seperti dulu pas renang zaman gadis. Bolak-balik renang gak ada tuh masuk angin. wkwkwk.

Selamat berenang!
 Oke deh manteman. Sekian itu aja dulu ya cerita keluarga kami main di kolam renang Sumber Alam Garut. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kalau kamu lagi ada di sekitaran Bandung atau Garut. Ini videonya. Tonton ya!

Ohya, lupa nulis tentang gimana kalau mau sholat di Sumber Alam, Cipanas, Garut ini. Mushola juga ada ya di Sumber Alam Garut ini. Kami sempat sholah dzuhur dan ashar di sini. Letaknya dekat pintu masuk bayar tiket. Tapi ya memang sepi musholanya. Tampaknya sepi pengunjung deh musholanya. Orang-orang prefer langsung pulang kalau udah selesai renang. Atau bisa jadi sholat di dalam kamar kalau menginap di sini.

Terima kasih. Sampai ketemu lagi di cerita jalan-jalan keluarga kami selanjutnya.

Sumber Alam Tirtamadu, Cipanas, Garut. Alamatnya bisa dicek di peta di bawah ini ya:

21 thoughts on “Sumber Alam, Kolam Renang Air Panas di Garut”

1. Asiknyaaa, pas ke Garut blum pernah kesini. Ikut parkir bentar doang trus lanjut ke kolam air panas yg lain 😀