Kolam renang air panas di Garut
Travel

Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut

Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut. Masih dalam rangka cerita liburan akhir tahun 2016, sehari setelah kami main-main di Taman Lalu Lintas Bandung, saya dan keluarga melanjutkan liburan ke Garut. Masih juga belum berani pergi jauh-jauh dari Bandung karena ada kunjungan BPK ke kantor suami, maka kami memutuskan ke Garut. Pilih Garut karena relatif dekat dengan lokasi rumah kami dan di Garut pastinya tidak terlalu macet seperti di Bandung.

Baca: Bermain di Taman Lalu Lintas, Bandung

Akhir tahun 2015, kami ke Derajat Pass di Garut. Sayang banget cerita liburan di Derajat Pass ini belum sempat saya tuliskan di blog karena belum ada waktu, huhuhu, sampai udah keburu ganti tahun. Mau nulis cerita yang ke Derajat Pass belum dapat feelnya lagi, udah kelamaan soalnya. Hiks.

Nah untuk akhir tahun 2016 ini, kami pilih liburan ke kolam renang air panas Taman Air Sabda Alam di Cipanas Garut simply karena kami sekeluarga belum pernah ke sana. Sebenarnya di Garut ada banyak tempat untuk mandi/berenang di air panas atau hangat. Di sepanjang jalan Cipanas banyak yang menyediakan jasanya, baik itu hotel maupun kolam renang khusus. Ada juga yang menyediakan kolam berendam khusus yang lebih private dengan kapasitas untuk 2 – 4 orang.

Kali ini kami ingin mencoba Taman Air Sabda Alam yang beralamat di Jalan Cipanas nomor 3, Cipanas Garut. Selain kolam renang, di tempat ini juga menyediakan fasilitas hotel. Lain kali semoga kami bisa mencoba kolam renang lain selain Taman Air Sabda Alam di Cipanas ya. Semoga ada waktu, rezeki dan umur. Aamiin.

Berangkat dari rumah hari Minggu pukul 06.00 pagi. Sengaja harus berangkat pagi-pagi biar gak kena macet dan suasana juga masih segar. Anak-anak baru pada bangun tidur, masih kriyipan belum sadar bener udah langsung diangkut ke dalam mobil. Gak perlu mandi, hehehe, la wong nanti kan mau berenang, ngapain mandi dulu.

Kalau dari rumah kami, lokasi Taman Air Sabda Alam di Cipanas, Garut ini berjarak sekitar sekitar 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan santai menggunakan mobil.

Alhamdulillah perjalanan menuju kolam renang Taman Air Sabda Alam ini gak macet, lancar banget. Mungkin karena masih pagi dan bertepatan juga dengan Hari Natal. Jadi sebagian orang-orang yang mau liburan masih melaksanakan ibadah natalnya atau mungkin juga melakukan hal lain.

Tempat Parkir

Sabda Alam Garut

Memasuki gerbang kolam renang Sabda Alam, kami langsung cari tempat parkir. Di sini sudah ada petugas penjaga gerbang parkir dengan palang pintu otomatis. Kalau kita sudah bayar, kita boleh masuk. Biaya untuk parkirnya Rp 5.000,00 dan dibayarkan di awal.

Sampai di lokasi sekitar pukul 08.00. Lebih lama dari estimasi waktu keberangkatan yang hanya sekitar 1,5 jam. Molor setengah jam karena pas berangkat kami mampir dulu di sebuah pom bensin untuk buang air kecil lanjut sarapan pagi dan belanja di minimarket beli beberapa cemilan dan air minum untuk bekal. Sengaja memang beli stok snacks di minimarket karena  harganya pasti lebih murah daripada beli di lokasi wisata. Sudah jadi rahasia umum kalau makanan dan minuman di lokasi wisata harganya pasti lebih mahal dari harga biasa. Saya sudah bawa sih bekal makan, minum, buah, dan susu untuk anak-anak, tapi takut kurang. Kalau kurang, khawatir anak-anak telat makannya dan takut juga sih kalau kena maag.

Baca: Punya Penyakit Maag, Mungkin Inilah Penyebabnya

Tempat parkir di Sabda Alam ini lumayan besar. Selain bisa menampung puluhan mobil, ada juga lahan untuk parkir bis. Jadi teman-teman yang bawa rombongan bisa juga ke sini ya, jangan khawatir gak dapat tempat parkir.

Kolam Renang

Sabda Alam Garut

Setelah parkir, kami langsung masuk menuju kolam renangnya. Bayar dulu sebelum masuk, wuehehe. Harga tiket masuk kolam renang air panas ini Rp 40.000, anak-anak dan bayi gratis. Asyiiikk.. Jadi untuk kami berempat (2 dewasa, 1 anak, dan 1 bayi) bayarnya cukup Rp 80.000,00. Harga ini sudah naik dari harga tahun 2015. Kebetulan tetangga tahun 2015 ke sana dan harga masuknya masih Rp 35.000,00.

Di dalam kolam renang, ternyata sudah banyak orang donk. Hahahaa. Kirain saya masih sepi karena masih pagi. Ternyata oh ternyata, orang-orang sudah berdatangan meskipun masih pagi dan saya kalah pagi. Wkwkwk.

Airnya gak berwarna biru seperti kolam renang pada umumnya, tapi agak hijau. Mungkin karena warna dasar kolamnya yang dibuat natural dari bebatuan gitu kali ya jadi warna airnya hijau keabuan gitu. Memang tidak terlalu jernih, agak kotor gitu, terutama di kolam yang banyak orangnya. Agak keruh, wkwkwk.

Jumlah kolam renangnya ada banyak banget sampai gak sempat menghitung. Ada yang khusus buat anak kecil, ada juga yang kolam dalam untuk orang dewasa. Ada yang dilengkapi dengan seluncuran, ada yang tidak.

Luasnya cukup, kurang hafal juga berapa berapa meternya. Untuk sekelas waterpark lumayan luas juga lah ya. Karena luas, walaupun banyak orang jadi terlihat gak terlalu crowded. Selain itu, posisi kolam renang/water park ini juga dikelilingi gunung, adem lihatnya. Jadi sambil kita berenang, kita bisa sambil melihat gunung.

Kolamnya ada yang ramai dikunjungi orang, ada yang tidak. Yang ramai ini dekat pintu masuk, yang agak sepi itu yang paling ujung dan ada seluncuran tingginya. Saya sebenarnya kepengen nyobain tapi pas mau sewa bannya antrenya luar biasa bok. Sampai puluhan orang. Saya gak kuat antre, padahal pengen. Gak jadi deh sewa bannya. Ohya untuk kamu yang mau sewa, harga sewa ban di sini Rp 50.000. Uang ini nanti sebagai deposit. Nanti kita dikasih semacam karcis untuk sewa dan bisa ditukerin lagi uangnya pas nanti udah selesai main.

Air Hangat

Saya kira kolam renang di Sabda Alam Cipanas Garut ini bakalan sepanas kolam renang di Derajat Pass. Tapi ternyata airnya suam-suam kuku saja. Kalau di Derajat Pass memang air di kolam renangnya panas banget, makanya kalau di sana kita harusnya hanya berendam sekitar 15 menit saja.

Nah kalau di Cipanas ini, airnya cenderung lebih dingin. Plus lebih banyak orang juga jadinya gak terlalu panas. Kalau mau panas, kita harus ke kolam yang ada payung-payungnya itu, berdiri di air mancur yang keluar dari payung-payungan ini. Atau bisa juga ke kamar mandi. Pas kita bilas atau mandi, airnya panas loh. Beneran panas, saya sampai gak kuat hihihi.

Kamar Ganti dan Toilet

Jumlahnya ada banyak, hampir di tiap pojokan ada. Kebetulan yang saya cobain kamar ganti dan kamar bilasnya rata-rata selot kunci pintunya sudah pada rusak, dan shower-nya gak terlalu berfungsi. Jadinya air panas ngocor gede dari kran. Terus beberapa krannya juga rusak.

Kantin

Cipanas Garut

Ada kantin dan beberapa jual makanan di luar kolam renang. Saya kemarin karena bawa bekal sendiri, jadi gak perlu jajan di kantin. Makan saja kami di pinggir kolam kan ada tempat duduk-duduknya.

Di dalam kolam renang juga ada yang jual pop mie gitu. Harganya sekitar Rp 10.000/cup. Emang enak sih habis berenang kan lapar, enaknya makan yang hangat dan berkuah.

Ohya, di kolam renang ini kita tidak diizinkan makan di dalam kolam renangnya ya. Kalau mau makan lebih baik di pinggir-pinggir kolam renangnya atau di meja yang sudah disediakan. Bisa juga menggelar tikar sekalian piknik. Gak usah malu, karena yang menggelar tikar juga banyak kok.

Total Pengeluaran

Parkir: Rp 5.000,00

Tiket masuk : Rp 80.000,00 (untuk 2 orang, @Rp 40.000)

Snack dan minum : Rp 50.000 (beli di minimarket)

Jadi total pengeluaran yang kami belanjakan kemarin di Sabda Alam adalah Rp 135.000,00 di luar bensin ya. Kalau bensin mobil bolak balik sekitar Rp 50.000 (perkiraan aja sih), soalnya gak menghitung benar-benar.

***

Saya pulang sekitar pukul 11.00 siang sebelum orang-orang datang dalam jumlah yang lebih banyak. Hehehe. Lumayan lah ya 3 jam berendam di kolam air hangat sambil main sama anak-anak.

Begitulah, cerita liburan akhir tahun kami dengan cara berenang dan main-main air di Taman Air Sabda Alam, Cipanas Garut. Bahagia dan sepulang dari jalan-jalan ini jiwa dan raga seperti recharge kembali. Segar!

You may also like...

24 Comments

1. sepertinya kami perlu menjadwalkan untuk datang kesana

2. ternyata Sabda Alam luas ,
    anak2 tahan ya berenang nya, apa ada tingkatan panas airnya? beda2 suhu begitu maksudnya?

3. Hastira says:

wah aku sudha pernah ke mari saat liburan ke garut

4. Lumayan juga ya mak uang masuknya…

5. istianasutanti says:

Aaah.. jadi mau ke sini, kapan2 aah

6. main air itu ga ada bosennya ya, Mba. Apalagi buat anak2. Kalu siang pasti tempatnya tambah rame bgt ya, Mba

7. tempatnya cakep fotonya juga oke…jadi pingin kesana nih mbak

1. Yuk Mbak, ke sini

8. Astri Hapsari says:

Kalau airnya anget, anak2 pasti betah seharian berenang
    Gak takut masuk angin

1. Yoi bener banget ^^

9. […] Daripada enggak liburan, sementara hati ini resah lihat orang-orang liburan dan time line penuh dengan foto-foto orang liburan, wkwkwk, jadilah kami liburan sambil mengasuh anak-anak di dekat rumah saja. Satu hari main di Taman Lalu Lintas Bandung dan hari berikutnya lanjut berenang di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Garut. […]

10. Yasinta Astuti says:

Seru ya teh. Pasti seneng banget ngajak anak ke sini.
    Dan tempatnya selalu rame ya banyak pengunjung terus

11. yang tambah nilai plus ada air panasnya itu ya mba

tfs 🙂

12. […] Baca: Berenang di Kolam Renang Sabda Alam Cipanas Garut […]

13. […] Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas Garut […]

14. Wah enak kolam rennagnya airnya panas. Jadi gak khaatir kalau anak2 rennag di sana. Cuma kudu ke Garut dulu ya hehe TFS

15. Hwaaa, segeeerrr!
    Pengin aahhh kalo main ke Garut 🙂

16. Bunda belum pernah ke tempat ini setelah punya cucu, hehe… Dulu pernah sih, tapi gak ke lokasi ini. Cipanas belanja sayur-sayuran segar. Asyiknya liburan keluarga.

17. Banyak manfaat mandi di air panas untuk kesehatan kulit

18. […] ArmitaFibri, baru beberapa tulisan saja. Misalnya tentang bermain di Taman Lalu Lintas Bandung, Berenang di Taman Air Sabda Alam Garut, Berenang di Kolam Renang Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, dan Senja di Pantai Jetis Purworejo. […]

19. […] Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas, Cipanas, Garut […]

20. […] Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut. […]

21. […] Daripada enggak liburan, sementara hati ini resah lihat orang-orang liburan dan time line penuh dengan foto-foto orang liburan, wkwkwk, jadilah kami liburan sambil mengasuh anak-anak di dekat rumah saja. Satu hari main di Taman Lalu Lintas Bandung dan hari berikutnya lanjut berenang di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Garut. […]